Buku Siswa & Guru Agama Katolik Kelas 5 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Buku Guru Pendidikan Agama Katolik Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka dan Buku Siswa Pendidikan Agama Katolik Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka.

Mata pelajaran pendidikan agama merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang akan dipelajari di setiap satuan pendidikan. Mata pelajaran agama menjadi dasar bagi murid dalam meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

 


Berbicara mengenai Mata Pelajaran Pendidikan Agama, maka kita ketahui Bersama bahwa diindonesia terdiri atas beberapa ragam agama yang salah satunya ialah Agama Kriten. Nah disini admin akan membahas tentang buku teks pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti khususnya untuk sekolah dasar.

 

Kita ketahui Bersama bahwa saat ini sekolah telah menggunakan kurikulum merdeka, jadi untuk sekolah yang telah menggunakan kurikulum merdeka maka pastinya pembelajaran yang akan di lakukan di sekolah mengacu pada buku teks pelajaran yang sudah terintegrasi dengan kurikulum merdeka.

 

Pada kesempatan kali ini admin kherysuryawan akan berbagi buku teks pelajaran yang sudah terintegrasi dengan kurikulum merdeka. Buku teks pelajaran yang akan admin bagikan pada postingan ini yaitu buku teks pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti untuk kelas 5 SD kurikulum merdeka.

 

Apabila di sekolah anda saat ini sudah menggunakan kurikulum merdeka, namun ternyata di sekolah anda belum menyiapkan buku teks pelajaran untuk mata pelajaran pendidikan agama Katolik kelas 5 kurikulum merdeka, maka kiranya postingan ini akan membantu dalam mendapatkan buku teks pelajaran agama Katolik jenjang sekolah dasar versi kurikulum merdeka.

 

Perlu di ketahui bahwa pada pembelajaran kurikulum merdeka ada 2 jenis buku teks pelajaran untuk setiap mata pelajaran yang akan di siapkan oleh sekolah diantaranya yaitu buku guru dan buku siswa. Buku guru akan di khususnya bagi guru sebagai panduan dalam mengajar sedangkan buku siswa akan di peruntukkan bagi siswa sebagai pegangan dalam belajar di kelas.

 

Sebelum admin membagikan Buku Guru Pendidikan Agama Katolik Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka dan juga Buku Siswa Pendidikan Agama Katolik Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka, maka terlebih dahulu silahkan di simak ulasan seputar di terbitkannya buku teks pelajaran Pendidikan Agama Katolik Jenjang SD di bawah ini :

Segala puji dan syukur kami haturkan kepada Allah Tritunggal Maha Kudus atas berkat dan bimbingan-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan penulisan buku mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti untuk jenjang pendidikan Sekolah Dasar. Pada dasarnya, pendidikan merupakan tugas sekaligus tanggung jawab pertama dan utama orang tua (lihat Gravissimum Educationis art.3). Demikian pula halnya dengan pendidikan iman anak. Pendidikan iman pertama-tama harus dimulai dan dilaksanakan di lingkungan keluarga tempat anak mulai mengenal dan mengembangkan iman. Pendidikan iman yang dimulai dalam keluarga perlu dikembangkan lebih lanjut bersama seluruh umat atau Gereja.

 

Berbagai krisis multi dimensional yang sedang dialami oleh bangsa Indonesia memang tidak hanya bisa dilihat dan diatasi dengan pendekatan satu dimensional. Namun demikian karena pangkal dari krisis tersebut adalah rendahnya moral, akhlak manusia manusia, maka pendidikan agama memiliki andil yang sangat besar dalam membangun watak dan peradaban bangsa yang bermartabat. Untuk itu diperlukan pembelajaran pendidikan agama Katolik yang efektif, sehingga keberhasilan penyelenggaraan pendidikan agama berkontribusi terhadap penyiapan generasi yang memiliki etika, moral, dan perilaku yang baik. Sebaliknya, kegagalan dalam penyelenggaraan pendidikan agama akan berakibat terhadap merosotnya akhlak generasi penerus di masa yang akan datang dan pada gilirannya akan merapuhkan karakter bangsa.

 

Sejalan dengan cita-cita dan tujuan pendidikan nasional tersebut di atas, Pendidikan Agama Katolik dan budi pekerti pada dasarnya bertujuan membimbing peserta didik untuk memperteguh iman sesuai ajaran iman Katolik dengan selalu memperhatikan dan menghormati agama dan kepercayaan lain. Hal ini dimaksudkan untuk menciptakan keharmonisan hubungan antarumat beragama dalam masyarakat Indonesia yang majemuk demi terwujudnya semangat persatuan dan kesatuan nasional. Pendidikan Agama Katolik dan budi pekerti terutama bukanlah soal mengetahui mana yang benar atau yang salah. Tidak ada gunanya mengetahui tetapi tidak melakukannya, seperti dikatakan oleh Santo Yakobus: “Sebab seperti tubuh tanpa roh adalah mati, demikian jugalah iman tanpa perbuatan-perbuatan adalah mati” (Yak 2:26). Demikianlah, belajar bukan sekadar untuk tahu, melainkan dengan belajar seseorang menjadi tumbuh dan berubah. Tidak sekadar belajar lalu berubah, tetapi juga mengubah keadaan.

 

Buku Untuk Siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas V ini ditulis dalam semangat Pendidikan Nasional dan semangat Pendidikan Katolik. Pembelajaran dirancang dengan pola katekese dengan tujuan peserta didik memahami, menyadari dan mewujudkan imannya dalam hidupnya sehari-hari. Karena itu pengetahuan agama bukanlah hasil akhir yang dituju. Pemahaman tersebut harus diaktualisasikan dalam tindakan nyata dan sikap keseharian yang sesuai dengan tuntunan ajaran iman Katolik. Untuk itu, sebagai buku pendidikan agama yang mengacu pada capaian pembelajaran berbasis kompetensi, dengan kegiatan pembelajaran berpusat pada peserta didik, di dalamnya dirancang urutan pembelajaran yang dinyatakan dalam kegiatan-kegiatan yang perlu dilakukan peserta didik. Dengan demikian, buku ini menuntun apa yang harus dilakukan peserta didik bersama guru untuk memahami dan menjalankan ajaran agama Katolik dalam hidupnya sehari-hari.

 

Baiklah bagi anda yang membutuhkan file buku guru dan buku siswa Pendidikan Agama Katolik kelas 5 SD Kurikulum Merdeka, maka silahkan dapatkan filenya yang telah admin kherysuryawan siapkan di bawah ini :

 

  • Buku Guru Pendidikan Agama Katolik Kelas V SD Kurikulum Merdeka – (DISINI)
  • Buku Siswa Pendidikan Agama Katolik Kelas V SD Kurikulum Merdeka – (DISINI)
  • Materi Pelajaran Pendidikan Agama Katolik Kelas V Semester 1 &2 Kurikulum Merdeka (DISINI)

 

Demikianlah informasi yang bisa admin bagikan seputar buku guru dan buku siswa untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik kelas 5 SD versi kurikulum merdeka. Semoga file yang telah di bagikan diatas senantiasa bermanfaat baik bagi guru maupun bagi murid dalam melaksanakan pembelaran kurikulum merdeka serta bisa menjadi referensi untuk belajar di rumah maupun di sekolah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel