Materi Agama Hindu Kelas 10 Semester 1&2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Materi Pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas 10 SMA/SMK Semester 1 Kurikulum Merdeka, dan Materi Pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas 10 SMA/SMK Semester 2 Kurikulum Merdeka.

Melalui postingan kali ini admin akan membagikan daftar susunan materi pelajaran pendidikan agama hindu jenjang SMA/SMK khususnya untuk kelas 10 kurikulum merdeka.

 


Untuk bisa memperlancar proses pembelajaran di sekolah maka guru dan siswa harus mengetahui materi yang akan di pelajari. Biasanya materi yang akan di pelajari terdapat dibuku teks pelajaran namun saat ini di kurikulum merdeka masih banyak sekolah yang belum menyiapkan atau melengkapi buku teks pelajaran di sekolahnya.

 

Jika disekolah anda sudah menggunakan kurikulum merdeka dan belum memiliki buku teks pelajaran kurikulum merdeka maka tentunya itu akan menyulitkan dalam mengetahui daftar materi yang akan di pelajari nantinya. Di kesempatan ini admin akan mencoba berbagi mengenai daftar materi pelajaran yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran pendidikan agama hindu kelas 10 versi kurikulum merdeka. Materi yang akan admin bagikan disini sudah mencakup materi untuk pembelajaran di semester 1 dan juga materi untuk disemester 2 kurikulum merdeka.

 

Sebagai informasi bahwa materi agama hindu kelas 10 SMA/SMK kurikulum merdeka yang akan admin sajikan disini bersumber dari buku teks pelajaran pendidikan agama hindu dan budi pekerti kelas 10 SMA/SMK Kurikulum merdeka. Jadi bagi anda yang disekolahnya telah menerapkan pembelajaran kurikulum merdeka dan sedang membutuhkan daftar susunan materi pelajaran agama hindu kelas 10 maka anda bisa memanfaatkan isi dari artikel ini yang menyajikan daftar susunan materi pelajaran pendidikan agama hindu kelas 10 SMA/SMK.

 

Selain isi materi pelajaran pendidikan agama hindu kelas 10 disini admin juga akan sekaligus membagikan buku teks pelajaran pendidikan agama hindu kelas 10 berupa buku guru dan buku siswa pendidikan agama hindu kelas 10 kurikulum merdeka. File buku ini dapat anda manfaatkan untuk melakukan aktivitas pembelajaran baik pembelajaran di sekolah maupun di rumah masing-masing.

 

Sebelum admin membagikan dan memberikan daftar susunan materi pelajaran pendidikan agama hindu kelas 10 SMA/SMK Kurikulum Merdeka, maka admin akan sajikan terlebih dahulu mengenai tujuan pembelajaran yang akan di harapkan untuk dapat di capai oleh peserta didik, diantaranya yaitu :

 

Tujuan pembelajaran pada Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti adalah agar peserta didik mampu 

  • Menjiwai dan menghayati nilai-nilai universal pesan moralitas yang terkandung dalam Weda.
  • Menunjukkan sikap dan perilaku yang dilandasi sraddha dan bhakti, menumbuhkembangkan dan meningkatkan kualitas diri.
  • Menumbuhkan sikap bersyukur, ksama (pemaaf), disiplin, satya (jujur), ahimsa (tidak melakukan kekerasan), karuna (menyayangi), rajin, bertanggung jawab, tekun, mandiri, mampu bekerja sama, dan gotong-royong dengan lingkungan sosial dan alam.
  • Memahami kitab suci Weda, sraddha, dan bhakti (tatwa dan keimanan), susila (etika), acara dan sejarah agama Hindu secara faktual, konseptual, substansial, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya yang berwawasan ketuhanan, kemanusiaan, kebangsaan, permusyawaratan, dan keadilan sesuai dengan perkembangan peradaban dunia.
  • Berpikir dan bertindak efektif secara sekala (konkrit) dan niskala (abstrak) melalui puja bhakti (sembahyang, japaI, dan doa), chanda (dharmagita, nyanyian Tuhan, kidung, tembang, suluk, kandayu, bhajan, dan sejenisnya), meditasi, upacara-upakara, tirthayatra (perjalanan suci), yoga, dharma wacana, dan dharma tula.
  • Berperan aktif dalam melestarikan budaya, tradisi, adat istiadat berdasarkan nilai-nilai kearifan lokal Hindu di Nusantara serta membangun masyarakat yang damai dan inklusif dengan menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi, gotong royong, berkeadilan sosial, berorientasi pada pembangunan berkelanjutan, dan memenuhi kewajiban sebagai warga negara untuk mewujudkan kehidupan yang selaras, serasi, dan harmonis.

 

Perlu di ketahui bahwa untuk materi yang nantinya akan dipelajari di mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu Kelas 10 SMA/SMK Kurikulum Merdeka yaitu terdiri atas 6 Bab yang mana mulai dari Bab 1 hingga Bab 3 akan di pelajari di semester 1 sedangkan untuk Bab 4 hingga Bab 5 akan dipelajari di semester 2.

 

Baiklah di bawah ini admin sajikan daftar susunan materi pelajaran yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas 10 SMA/SMK Kurikulum Merdeka mulai dari materi pelajaran semester 1 hingga materi pelajaran semester 2.

 

MATERI PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU KELAS 10 SEMESTER 1

Bab 1 Dharmaśastra Sebagai Sumber Hukum Hindu

A. Dharmaśastra pada Catur Yuga

B. Dharmaśastra Sebagai Sumber Hukum Hindu

C. Sloka-Sloka Dharmaśastra Sebagai Sumber Hukum Hindu

D. Nilai-Nilai Dharmaśastra di Setiap Yuga

E. Menghubungkan Nilai-Nilai Ajaran Dharmaśastra dengan Kaliyuga

 

Bab 2 Ajaran Punarbhawa sebagai Wahana Memperbaiki Kualitas Diri

A. Punarbhawa Sebagai Wahana Memperbaiki Kualitas Diri

B. Nilai-nilai Ajaran Punarbhawa Sebagai Wahana Memperbaiki Kualitas Diri

C. Cara Menghubungkan Ajaran Punarbhawa dengan Karmaphala Sebagai Wahana Memperbaiki Kualitas Diri

D. Implikasi Penerapan Ajaran Punarbhawa Terhadap Kualitas Diri

 

Bab 3 Catur Warna dalam Kehidupan Masyarakat

A. Catur Warna dalam Kehidupan Masyarakat

B. Sumber Ajaran Catur Warna dalam Susastra Hindu

C. Kewajiban dari Setiap Catur Warna dalam Kehidupan Masyarakat

D. Menghubungkan Kewajiban dari Setiap Catur Warna dalam Kehidupan Masyarakat


MATERI PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU KELAS 10 SEMESTER 2

Bab 4 Nilai-Nilai Yājña dalam Kitab Ramayana

A. Nilai-Nilai Yajňa dalam Kitab Ramayana

B. Sumber Ajaran Nilai-Nilai Yajňa dalam Kitab Ramayana

C. Menerapkan Nilai-Nilai Yajňa dalam Kitab Ramayana

D. Implikasi Penerapan Nilai-Nilai Yajňa dalam Kitab Ramayana

 

Bab 5 Peninggalan Sejarah Hindu di Asia

A. Peninggalan Sejarah Agama Hindu di Asia

B. Bukti Sejarah Peninggalan Agama Hindu di Asia

C. Nilai-Nilai Peninggalan Sejarah Hindu di Asia

D. Melestarikan Peninggalan Sejarah Hindu di Asia


Bagi anda yang juga membutuhkan buku teks pelajaran pendidikan agama hindu kelas 10 SMA/SMK maka silahkan anda dapatkan filenya di bawah ini :

 

  • Buku Guru & Siswa Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas 10 SMA/SMK Kurikulum Merdeka (DISINI)


Demikianlah informasi tentang daftar susunan materi pelajaran pendidikan agama hindu kelas 10 SMA/SMK kurikulum merdeka yang sempat admin bagikan di kesempatan kali ini, kiranya informasi ini dapat membantu para peserta didik maun guru yang membutuhkannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel