Materi Agama Katolik Kelas 4 Semester 1&2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Materi Pelajaran Pendidikan Agama Katolik Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan pada kesempatan kali ini admin akan memberikan uraian daftar susunan materi pelajaran untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka. Materi yang akan admin sajikan disini yaitu materi untuk pembelajaran di semester 1 hingga materi pembelajaran untuk semester 2.

 


Pendidikan Agama Katolik pada dasarnya bertujuan membimbing peserta didik untuk memperteguh iman sesuai ajaran iman Katolik dengan selalu memperhatikan dan menghormati agama dan kepercayaan lain. Hal ini dimaksudkan untuk menciptakan keharmonisan hubungan antarumat beragama dalam masyarakat Indonesia yang majemuk demi terwujudnya semangat persatuan dan kesatuan nasional. Pendidikan Agama Katolik terutama bukanlah soal mengetahui mana yang benar atau yang salah. Tidak ada gunanya mengetahui tetapi tidak melakukannya, seperti dikatakan oleh Santo Yakobus: “Sebab seperti tubuh tanpa roh adalah mati, demikian jugalah iman tanpa perbuatan[1]perbuatan adalah mati” (Yak 2:26). Demikianlah, belajar bukan sekadar untuk tahu, melainkan dengan belajar seseorang menjadi tumbuh dan berubah. Tidak sekadar belajar lalu berubah, tetapi juga mengubah keadaan.

 

Dalam proses pembelajaran agama diharapkan tidak hanya menambah wawasan atau pengetahuan keagamaan katolik, tetapi juga mengasah “keterampilan beragama” dan mewujudkan sikap beragama peserta didik. Tentu saja sikap, beragama yang utuh dan berimbang, mencakup hubungan manusia dengan Penciptanya dan hubungan manusia dengan sesama dan lingkungan sekitarnya. Untuk memastikan keseimbangan ini, pelajaran agama perlu diberi penekanan khusus terkait dengan budi pekerti atau pendidikan karakter. Hakikat budi pekerti adalah sikap atau perilaku seseorang dalam berinteraksi dengan Tuhan, diri sendiri, keluarga, masyarakat, dan bangsa serta alam sekitar.

 

Bagi anda yang disekolahnya telah menggunakan kurikulum merdeka dan sedang ingin mengetahui apa saja materi yang nantinya akan dipelajari pada mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka, maka anda bisa mendapatkan susunan materinya pada artikel ini sebab disini admin akan menyiapkan susunan materinya secara lengkap.

 

Dalam proses pembelajaran di kelas atau disekolah maka hal utama yang sangat penting untuk di bahas yaitu adalah materi pelajaran. Nah, materi pelajaran akan menjadi topik yang sangat penting untuk di ketahui baik oleh guru yang akan mengajar maupun oleh siswa yang akan melakukan pembelajaran. Guru dan siswa harus bisa mengetahui dan memahami materi pelajaran yang akan dipelajari agar proses pembelajaran dapat berlangsung dengan baik dan lancar.

 

Pada postingan sebelumnya admin kherysuryawan telah membagikan file buku teks pelajaran untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka. Buku tersebut terdiri atas buku guru dan buku siswa. Didalam buku teks pelajaran Pendidikan Agama Katolik Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka sudah tersedia dengan lengkap daftar susunan materi pelajaran agama katolik yang nantinya akan di pelajari pada pembelajaran semester 1 hingga semester 2. Apabila anda yang di sekolahnya telah menggunakan kurikulum merdeka namun belum memiliki buku teks pelajaran Pendidikan Agama Katolik Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka maka anda pun bisa mendapatkan filenya pada artikel ini.

 

Melalui postingan ini admin hanya akan focus untuk bisa membagikan materi pelajaran Pendidikan Agama Katolik Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka semester 1 dan juga materi pelajaran Pendidikan Agama Katolik Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka semester 2. Adapun materi yang akan admin sajikan disini merupakan materi pelajaran agama katolik yang bersumber dari buku teks pelajaran Pendidikan Agama Katolik Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka.

 

Perlu di ketahui bahwa materi pelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka terdiri atas 5 Bab yang mana pada Bab 1 hingga Bab 3 akan di pelajari disemester 1 kemudian pada Bab 4 hingga Bab 5 akan di pelajari pada semester 2. Namun demikian guru nantinya dapat mengkondisikan keseluruhan materi tersebut sesuai dengan kebutuhan balajar murid dan menyesuaikan dengan kondisi yang ada di sekolah masing-masing.

 

Baiklah bagi para guru dan siswa yang beragama katolik dan sedang membutuhkan materi pelajaran Pendidikan Agama Katolik Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka, maka anda bisa melihat susunan materinya yang telah admin kherysuryawan siapkan di bawah ini:

 

MATERI AGAMA KATOLIK KELAS 4 SD SEMESTER 1 KURIKULUM MERDEKA

Bab I Aku Dipanggil untuk Berkembang

A. Aku Pribadi yang Unik

B. Mengembangkan Kemampuan Diriku

C. Lingkungan Turut Mengembangkan Diriku

D. Aku Mengembangkan Diri Bersama Orang Lain

 

Bab II Allah Membimbing Umat Israel

A. Kisah Pembebasan Bangsa Israel dan Perjalanan di Padang Gurun

B. Sepuluh Perintah Allah sebagai Pedoman Hidup

C. Bangsa Israel Memasuki Tanah Terjanji

D. Allah Memberkati Para Pemimpin Israel: Samuel, Saul dan Daud

 

Bab III Yesus Kristus Wujud Kehadiran Allah

A. Yesus Pemenuhan Janji Allah

B. Yesus Mewartakan Kerajaan Allah melalui Perumpamaan

C. Mujizat-Mujizat Yesus


MATERI AGAMA KATOLIK KELAS 4 SD SEMESTER 2 KURIKULUM MERDEKA

Bab IV Doa sebagai Tanggapan atas Kehadiran Allah

A. Ungkapan Syukur Tokoh-Tokoh Perjanjian Lama

B. Doa Syukur dalam Gereja

C. Doa Syukur secara Pribadi

D. Doa Syukur secara Bersama 


Bab V Menghayati Perintah Allah dalam Kehidupan Bersama

A. Menghormati Orang Tua

B. Menghormati Hidup

C. Menghormati Milik Orang Lain


Untuk anda bapak/ibu guru maupun siswa yang membutuhkan file buku teks pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka, maka bisa mendapatkannya di bawah ini :

  • Buku Guru & Siswa Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka (DISINI)


Demikianlah yang bisa admin kherysuryawan bagikan mengenai susunan materi pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka yang nantinya akan dipelajari di semester 1 dan semester 2. Semoga apa yang telah admin sampaikan ini dapat membantu para guru dan siswa untuk mengetahui materi pelajaran yang ada pada mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik di Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel