Materi Seni Rupa Kelas 11 Semester 1&2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Materi Seni Rupa Kelas 11 Semester 1 Kurikulum Merdeka, Materi Seni Rupa Kelas 11 Semester 2 Kurikulum Merdeka.

Mata pelajaran Seni Budaya memiliki 4 aspek, diantaranya yaitu Seni Rupa, Seni Teater, Seni Rupa dan Seni Tari. Pada kurikulum merdeka ke 4 aspek seni tersebut nantinya akan di pelajari oleh setiap satuan pendidikan mulai dari jenjang SD, SMP hingga SMA.

 


Pada kesempatan kali ini admin akan membahas salah satu dari ke 4 seni yang telah admin sebutkan diatas yaitu mengenai materi Seni Rupa yang akan di pelajari di kelas 11 SMA kurikulum merdeka. Pada artikel ini admin akan memberikan susunan daftar judul materi yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran Seni Rupa Kelas 11 Semester 1 dan Semester 2 Kurikulum Merdeka.

 

Pembelajaran seni rupa mengajak peserta didik Indonesia dapat berpikir terbuka, apresiatif, empatik, serta menghargai perbedaan dan keberagaman. Selain itu, peserta didik Indonesia juga memperoleh pengalaman estetik sebagai hasil proses perenungan dari dalam maupun luar diri mereka yang dituangkan dalam karya seni rupa. Karya yang mencerminkan emosi dan hasil pemikiran mereka yang berdampak pada diri, lingkungan maupun masyarakat. Pembelajaran seni rupa memperlihatkan seni rupa sebagai kekuatan adidaya yang dapat membentuk sejarah, budaya dan peradaban sebuah bangsa maupun seluruh dunia. Peserta didik Indonesia harus menghargai dan melestarikan budaya, terutama budaya Indonesia. Karena melalui budaya peserta didik Indonesia akan tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang dapat melihat, merasakan dan mengalami sebuah keindahan sehingga dengan kesejahteraan jiwanya itu, peserta didik dapat memberikan kemampuan terbaik yang dimiliki dirinya pada lingkungan dan masyarakat.

 

Pembelajaran seni rupa bertujuan menjadi wahana yang menyenangkan bagi peserta didik untuk mengalami bagaimana kreativitas dapat membantu mening[1]katkan kualitas hidupnya. Melalui pengalaman belajar yang menye nang kan, relevan dan dekat secara emosional dengan kehidupan peserta didik sehari-hari, Pendidikan Seni Rupa bertujuan menghasilkan peserta didik yang antusias untuk terus belajar (life long learner), kreatif, mampu berani mengekspresikan diri, gigih berusaha, reflektif, bernalar kritis, berkontribusi aktif bagi lingkungannya dan selalu membuat keputusan dengan tanggung jawab.

 

Perlu diketahui bahwa khusus pada mata pelajaran Seni Rupa Kelas 11 SMA Kurikulum merdeka buku paket pelajaran yang disediakan hanya buku guru saja dan tidak ada buku siswa sehingga kadang kala siswa akan bingung untuk mengetahui materi apa saja yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran Seni Rupa di kelas 11 kurikulum merdeka.

 

Melalui kesempatan ini lah admin kherysuryawan ingin membantu para siswa maupun para guru yang ingin mengetahui susunan daftar materi pelajaran pada mata pelajaran Seni Rupa kelas 11 SMA kurikulum merdeka. Postingan ini admin sengaja buat agar dapat memudahkan rekan-rekan pendidikan yang belum memiliki buku teks pelajaran Seni Rupa kelas 11 kurikulum merdeka sehingga bisa mengetahui susunan materi yang nantinya akan dipelajari pada mapel Seni Rupa kelas 11 kurikulum merdeka.

 

Sebagai informasi bahwa seluruh materi Seni Rupa kelas 11 semester 1 dan semester 2 kurikulum merdeka yang akan admin bagikan pada postingan ini merupakan materi yang bersumber dari buku guru Seni Rupa kelas 11 SMA kurikulum merdeka.

 

Materi yang akan di pelajari pada Seni Rupa kelas 11 Kurikulum Merdeka berjumlah 5 unit dengan rincian untuk unit 1 hingga unit 3 akan di pelajari pada semester 1 sedangkan unit 4 hingga unit 5 akan dipelajari pada pembelajaran disemester 2.

 

Baiklah bagi anda yang ingin melihat susunan materi yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran Seni Rupa kelas 11 semester 1 kurikulum merdeka dan susunan materi Seni Rupa kelas 11 semester 2 kurikulum merdeka, maka anda bisa melihat daftar materinya di bawah ini.

 

MATERI PELAJARAN SENI RUPA KELAS 11 SEMESTER 1 KURIKULUM MERDEKA

Unit 1 Menciptakan Karya Seni Rupa yang Berdampak Bagi Lingkungan Sekitar

A. Memahami Masalah di Lingkungan Sekitar Sekolah

B. Perancangan Karya Seni Rupa

C. Membuat Karya Seni Rupa

D. Menyusun Bahan Presentasi Proses Kreatif Berkarya

E. Presentasi Proses Kreatif Berkarya

 

Unit 2 Apresiasi Seni Rupa

A. Apresiasi Seni Rupa

B. Apresiasi Seni Rupa Indonesia

 

Unit 3 Membuat Karya Seni Rupa

A. Membuat Karya Seni Rupa yang Dikembangkan dari Hasil Apresiasi

B. Apresiasi Karya Seni Rupa Teman Sekelas

 

 

MATERI PELAJARAN SENI RUPA KELAS 11 SEMESTER 2 KURIKULUM MERDEKA

Unit 4 Membuat Karya Ekspresi Personal

A. Mengenal Proses Kreatif

B. Eksplorasi Ide, Teknik, dan Media Dua Dimensi

C. Subunit 4.3 Membuat Karya Dua Dimensi

D. Presentasi Karya

 

Unit 5 Ilustrasi Deskriptif

A. Komunikasi Gambar

B. Memilih Materi Mata Pelajaran Lain Sebagai Obyek Gambar

C. Membuat Ilustrasi Deskriptif

D. Publikasi Karya

 

Apabila anda yang membutuhkan Buku Teks Pelajaran Seni Rupa Kelas 11 Kurikulum Merdeka, maka silahkan miliki filenya di bawah ini :

  • Buku Guru & Siswa Seni Rupa Kelas 11 Kurikulum Merdeka - (DISINI)


Demikianlah penjelasan mengenai daftar susunan materi yang ada pada mata pelajaran Seni Rupa kelas 11 SMA kurikulum merdeka. Semoga susunan materi pelajaran pada mapel Seni Rupa kelas 11 kurikulum merdeka yang telah di paparkan diatas bisa membantu rekan pendidikan dalam mengetahui apa saja materi yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran Seni Rupa di kelas 11 SMA kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel