Rangkuman Materi IPAS Kelas 4 Bab 4 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Materi IPAS Kelas 4 SD Bab 4 Semester 1 Kurikulum Merdeka “ Mengubah Bentuk Energi”

Halo sahabat kherysuryawan, pada posringan kali ini admin akan membahas mengenai materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran IPAS dikelas 4 SD Semester 1 Kurikulum merdeka. Adapun materi yang akan di sajikan pada kesempatan kali ini yaitu rangkuman materi IPAS Kelas 4 SD kurikulum merdeka Bab 4 yaitu tentang Mengubah Bentuk Energi.

 

Belajar tentunya membutuhkan sebuah rangkuman dari materi yang akan dipelajari. Dengan membuat rangkuman maka akan lebih memudahkan bagi siswa dalam belajar. Rangkuman berisikan kumpulan materi inti yang menjadi materi terpenting dalam pembelajaran. Siswa akan lebih cepat tanggap dan mudah memahami materi jika materi yang di sajikan lebih ringkas dan terperinci.

 

Nah bagi anda yang saat ini sedang membutuhkan rangkuman materi untuk mata pelajaran IPAS kelas 4 Bab 4 tentang Mengubah Bentuk Energi yang akan dipelajari pada pembelajaran dikurikulum merdeka, maka anda bisa mendapatkan rangkuman materinya pada artikel ini. Disini admin akan mencoba untuk menyajikan ringkasan materi IPAS kelas 4 SD Bab 4 kurikulum merdeka secara mendetail.

 

Perlu diketahui bahwa materi Bab 4 tentang Mengubah Bentuk Energi yang akan dipelajari di kelas 4 SD kurikulum merdeka yang akan di sajikan pada postingan ini merupakan materi yang bersumber dari buku teks pelajaran IPAS kelas 4 kurikulum merdeka.

Adapun jenis materi yang akan di pelajari di Bab 4 Mengubah Bentuk Energi yaitu memuat 3 point penting diantaranya adalah :

A. Transformasi Energi di Sekitar Kita

B. Energi yang Tersimpan

C. Energi yang Bergerak

 

Ada beberapa Tujuan pembelajaran yang ingin di capai pada pembelajaran ini diantaranya yaitu sebagai berikut :

1. Mengidentifikasi ragam transformasi energi pada kehidupan sehari-hari.

2. Membuat simulasi transformasi energi menggunakan bagan/ alat bantu sederhana dalam kehidupan sehari-hari.

 

Baiklah untuk mengetahui rangkuman materi IPAS kelas 4 Bab 4 kurikulum merdeka, maka di bawah ini sajian lengkapnya :

 

RANGKUMAN MATERI PELAJARAN IPAS KELAS 4 SD KURIKULUM MERDEKA BAB 4 “MENGUBAH BENTUK ENERGI”

Bab 4 Mengubah Bentuk Energi

Energi tidak dapat diciptakan. Energi juga tidak dapat dimusnahkan. Namun, energi bisa kita ubah bentuknya. Dalam kehidupan sehari-hari manusia menggunakan energi dengan mengubah bentuknya. Energi kimia dari makanan diubah menjadi energi gerak saat kita berjalan dan beraktivitas.

 

Topik A: Transformasi Energi di Sekitar Kita

Transformasi Energi di Sekitar

Kita Manusia memanfaatkan energi dengan mengubah bentuknya menjadi bentuk yang lain. Umumnya alat-alat buatan manusia adalah alat untuk mengubah bentuk energi. Dalam aktivitas sehari-hari, banyak sekali perubahan energi yang terjadi di sekitar kita.

 

·         Energi kimia dapat menjadi energi gerak

·         Energi listrik dapat menjadi energi bunyi dan energi cahaya

·         Energi listrik dapat menjadi energi gerak

·         Energi gerak dapat menjadi energi bunyi

·         Energi listrik dapat menjadi energi panas

·         Energi gerak dapat menjadi energi cahaya

Berikut ini contoh gambar perubahan energy :


Pada suatu alat, bisa terjadi perubahan energi lebih dari satu kali. Contohnya adalah baterai. Baterai menyimpan energi kimia. Ketika digunakan, baterai akan menghasilkan energi listrik. Energi listrik ini kemudian diubah lagi menjadi bentuk lain sesuai fungsi alatnya.

Energi cahaya Matahari juga bisa diubah menjadi energi listrik dengan bantuan panel surya. Panel surya menyimpan energi kimia yang bisa mengubah cahaya Matahari menjadi energi listrik.

Namun, tidak semua energi bisa sepenuhnya kita ubah menjadi energi yang kita inginkan. Mari kita lihat contoh perubahan energi pada mobil.

 

Saat mengisi mobil dengan bensin, kita mengharapkan semua bensin akan berubah bentuk menjadi energi gerak. Namun pada kenyataannya, sebagian energi akan berubah bentuk menjadi energi panas dan energi kimia lagi dalam bentuk asap kendaraan.

Kedua energi ini adalah energi sampingan yang terbentuk saat mobil dipakai.

 

INFO PENTING !

1. Energi bermacam-macam bentuknya yaitu:

a. energi gerak;

b. energi cahaya;

c. energi kimia;

d. energi panas;

e. energi bunyi;

f. energi listrik.

2. Transformasi energi adalah perubahan bentuk energi menjadi bentuk energi yang lain. Ini adalah salah satu cara manusia memanfaatkan energi.

3. Contoh transformasi energi adalah:

a. aktivitas manusia: energi kimia (dari makanan) energi gerak;

b. bermain gitar: energi gerak energi bunyi.

 

Topik B: Energi yang Tersimpan

Ketika kalian makan, kalian menyimpan energi kimia dalam tubuh. Ketika melakukan berbagai macam aktivitas, kalian mengubah energi kimia pada tubuh. Jika energi pada tubuh kalian sudah hampir habis, tubuh akan terasa lemas dan tidak memiliki tenaga untuk beraktivitas.

Umumnya sumber energi yang ada di alam tersimpan dalam berbagai macam benda. Energi yang tersimpan pada suatu benda disebut sebagai energi potensial. Artinya benda ini memiliki potensi atau kemampuan untuk menjadi sumber energi. Namun, tentu saja membutuhkan transformasi energi untuk memanfaatkannya.

 

Energi Potensial

Energi potensial adalah suatu energi yang tersimpan pada benda. Ada yang tersimpan dalam bentuk energi kimia dan juga benda elastis (energi pegas).

Ada yang tersimpan karena berada di tempat yang tinggi. Kita bisa menyebutnya sebagai energi gravitasi. Ketika jatuh karena gravitasi, energi potensial berubah menjadi energi kinetik.

Sebagai contoh, pohon mangga memiliki grafitasi.


Energi Potensial sebagai Pembangkit Listrik

Semua bahan bakar fosil mengandung energi potensial kimia. Bahan bakar ini menyediakan energi yang kita pakai sehari-hari untuk memasak, penerangan, pembangkit listrik, dan menjalankan kendaraan.

 

Air yang mengalir menuju air terjun juga memiliki energi potensial yang sangat besar. Kedua jenis energi potensial ini, bisa dimanfaatkan untuk membangkitkan listrik. Listrik terbentuk melalui proses transformasi energi yang cukup panjang. Perhatikan alur pembangkit listrik yang menggunakan air dan batu bara sebagai sumber energinya.



INFO PENTING !

1. Energi potensial adalah energi yang tersimpan pada suatu benda.

2. Energi yang termasuk dalam bentuk energi potensial adalah:

a. Energi kimia: tersimpan dalam makanan, baterai, dsb.

b. Energi pegas: tersimpan pada benda elastis seperti per.

c. Energi gravitasi: energi yang tersimpan pada benda di tempat tinggi dan bisa berubah menjadi energi gerak akibat gravitasi. Disebut juga dengan energi potensial kinetik. Contohnya adalah air terjun.

 

Topik C: Energi yang Bergerak

Kita bisa membagi bentuk energi menjadi dua jenis, yaitu energi potensial dan energi kinetik. Apa itu energi kinetik?

Energi kinetik adalah energi yang disebabkan oleh gerakan. Semua yang bergerak artinya memiliki energi kinetik.

 

Energi Kinetik

Semua yang bergerak akan memiliki energi kinetik. Walaupun beberapa energi gerakannya tidak terlihat, tetapi kita dapat merasakannya.

1. Energi cahaya Matahari bergerak dari luar angkasa dan sampai ke Bumi.

2. Energi panas dari api bergerak menghangatkan badan kalian.

3. Suara alat musik bergerak sampai ke telinga kalian.

4. Listrik dari pusat pembangkit listrik bergerak dalam kabel sampai ke rumah kalian.

 

Energi Kinetik dan Bentuk Energi Lainnya

Walaupun berbentuk energi panas, listrik, cahaya, dan bunyi, namun energi kinetik tidak bisa dipisahkan dari energi ini.

1. Ban sepeda akan terasa panas saat kalian pakai.

2. Badan kalian akan terasa panas sehabis berolahraga.

3. Petir yang keras akan membuat kaca-kaca bergetar.

4. Bahkan leher kalian akan terasa bergetar saat berbicara.

 

INFO PENTING !

1. Energi kinetik adalah energi yang disebabkan oleh gerak.

2. Energi yang termasuk energi kinetik yaitu energi bunyi, energi panas, energi cahaya, dan energi listrik.

 

Itulah rangkuman materi IPAS Kelas 4 SD Kurikulum merdeka Bab 4 tentang “ Mengubah Bentuk Energi”.

Bagi anda yang membutuhkan Buku teks pelajaran IPAS Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka maka anda bisa mendapatkan filenya di bawah ini :

 

  • Buku Guru & Siswa IPAS Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai rangkuman / ringkasan materi pelajaran IPAS untu kelas 4 SD kurikulum merdeka yang ada pada Bab 4 yaitu tentang  “ Mengubah Bentuk Energi”. Semoga sajian materi diatas dapat menjadi bahan pembelajaran yang bermanfaat baik bagi siswa maupun bagi guru dalam pembelajaran di kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel