Rangkuman Materi PAI Kelas 4 Bab 4 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI & BP) Kelas 4 SD Bab 4 “Menyambut Usia Balig” Kurikulum Merdeka.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, bagaimana kabar anda hari ini ? Semoga kita semua sekalian selalu dalam keadaan sehat wal afiat. Selamat berjumpa kembali di blog pendidikan ini, dikesempatan kali ini admin kherysuryawan akan membahas seputar materi pelajaran pada mata pelajaran PAI kelas 4 SD Kurikulum merdeka khususnya materi yang akan di pelajari pada Bab 4 dengan judul Menyambut Usia Balig” yang akan dipelajari di kelas 4 SD kurikulum merdeka.

 


Materi Bab 4 tentang Menyambut Usia Balig” akan di pelajari di kelas 4 semester 1 kurikulum merdeka. Admin sengaja memberikan rangkuman materi ini dengan harapan dapat memudahkan bagi guru dalam mengajar dan juga tentunya akan memudahkan bagi siswa dalam belajar.

 

Kita ketahui Bersama bahwasannya saat ini semua sekolah telah menerapkan pembelajaran kurikulum merdeka sehingga dalam melakukan aktivitas pembelajaran di sekolah maka buku teks pelajaran yang akan digunakan harus sesuai dengan buku teks mata pelajaran yang telah terintegrasi dengan pembelajaran kurikulum merdeka.

 

Apabila disekolah anda telah menggunakan kurikulum merdeka dan saat ini anda sedang membutuhkan ringkasan atau rangkuman untuk materi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI & BP) Kelas 4 SD khususnya materi pada Bab 4, maka anda bisa mendapatkan ringkasan materinya secara lengkap melalui artikel ini.

 

Adapun ringkasan/rangkuman materi PAI kelas 4 Bab 4 tentang “Menyambut Usia Balig” yang akan disajikan pada postingan ini merupakan materi yang bersumber dari buku teks pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka. Bagi anda yang juga belum memiliki buku teks PAI kelas 4 Kurikulum Merdeka maka anda juga bisa mendapatkan filenya melalui postingan ini.

 

Demi memudahkan siswa dalam mempelajari materi pelajaran maka dibutuhkan sebuah ringkasan atau rangkuman, sehingga olehnya itu disini admin kherysuryawan akan memberikan ringkasan/rangkuman materi untuk mata pelajaran PAI kelas 4 SD Bab 4 dengan judul Menyambut Usia Balig” dengan tujuan agar bisa membantu para siswa dalam belajar sehingga bisa lebih mudah memahami materi yang ada.

 

Baiklah bagi anda yang ingin mengetahui rangkuman materi pelajaran pada mata pelajaran PAI Kelas 4 Kurikulum Merdeka Bab 4 dengan judul Menyambut Usia Balig” maka silahkan lihat sajiannya di bawah ini :

 

Bab 4 Menyambut Usia Balig

Ada beberapa tujuan pembelajaran yang diharapkan untuk di capai oleh peserta didik pada Bab 4 ini, diantaranya yaitu sebagai berikut :

  • Menyebutkan tanda-tanda usia balig atau kedewasaan dengan benar.
  • Membuat paparan mengenai tanda-tanda usia balig dalam pandangan ilmu fikih dan ilmu biologi dengan benar.
  • Membiasakan sikap bersyukur, taat beribadah dan bertangung jawab.

 

A. Tanda-Tanda Usia Balig Menurut Ilmu Fikih

Fikih ialah Ilmu tentang hukum Islam. Fikih membahas tentang tata aturan ibadah baik yang berhubungan dengan Allah Swt. atau yang berhubungan dengan sesama manusia. Di antara bahasannya adalah tentang tanda-tanda balig.

 

Tanda-tanda balig terjadi pada anak laki-laki dan perempuan. Ada juga yang khusus terjadi pada perempuan saja.

 

1. Mimpi Basah

Mimpi basah Biasanya terjadi ketika usia kalian 9 tahun atau lebih.

Apabila mimpi basah itu terjadi maka kalian bukan anak-anak lagi tapi tergolong balig (dewasa). Mimpi basah juga dapat terjadi pada anak perempuan.

 

Anak yang mimpi basah sedang berhadas besar dan disebut junub. Agar suci dari hadas besar, maka dia harus mandi wajib.

Tahukah kalian nama air yang keluar waktu mimpi basah? Namanya air mani atau sperma.

 

2. Haid (Menstruasi) bagi Anak Perempuan

Kodrat anak perempuan akan mengalami seperti datangnya haid atau menstruasi. Datangnya haid menandakan bahwa kalian telah balig.

 

Datangnya awal haid sebagai tanda balig tidak bisa dipastikan. Di usia berapa kalian akan mengalaminya. Bisa jadi ia datang ketika kalian kelas IV, V atau kelas VI. Untuk itu bersiaplah menyambutnya dengan ilmu dan mental yang kuat.

 

3. Berumur lima belas tahun

Sempurna berumur lima belas tahun bagi anak laki-laki dan perempuan, dengan berdasar perhitungan kalender hijriyah. Anak laki-laki dan perempuan yang sudah mencapai usia lima belas tahun, ia telah masuk usia balig meskipun sebelumnya tidak mengalami tanda-tanda balig lainnya.

 

Kewajiban Mandi Bagi yang berhadas besar

Tatacara mandi adalah sebagai berikut, dan disajikan pada gambar dibawah ini :


Berikut ini larangan bagi yang berhadas besar, disajikan pada gambar di bawah ini ;



B. Tanda-Tanda Balig dalam Pendangan Ilmu Biologi

Tahukah kalian apa ilmu biologi?

Biologi ialah ilmu yang mempelajari tentang keadaan atau sifat makhluk hidup (manusia, binatang dan tumbuhan). Biologi secara khusus dan mendalam mempelajari perkembangan manusia. Tahap perkembangan manusia antara lain usia remaja atau puber.

Ayo kita mengenal masa puber melalui tanda-tandanya.

 

1. Bagi anak laki-laki

Laki-laki memiliki hormon testosteron. Hormon ini berguna untuk menghasilkan sperma di dalam testis. Hormon ini juga mengatur hadirnya tanda-tanda seksual sekunder yang ditandai dengan adanya perubahan fisik. Perubahan fisik meliputi wajah yang ditumbuhi kumis, jenggot dan jambang. Selain itu tumbuh juga rambut alat kelamin dan rambut ketiak. Badan kelihatan lebih kekar dan berotot, tumbuh jakun, dan suaranya terdengar lebih berat. Pertumbuhan badan bertambah cepat/cepat besar, gerak menjadi lebih aktif, nafsu makan meningkat, makan lebih banyak.

 

Selain fisik, hormon testosteron juga memengaruhi perkembangan mental. Laki-laki menjadi cenderung bersikap cuek, tenang, dan rasional. Bila mengalami masalah, maka ia cenderung diam dan menyelesaikan secara praktis.

 

2. Perempuan

Perkembangan pada perempuan dipengaruhi oleh hormon estrogen dan progesteron. Hormon ini berguna untuk mematangkan ovum dan mengatur perkembangan seksual sekunder. Hal ini ditandai dengan perubahan fisik pada perempuan. Perubahan itu antara lain terjadi pada pinggul dan payudara yang mulai membesar, tumbuh rambut pada alat kelamin dan ketiak. Hormon estrogen juga menyebabkan kulit perempuan lebih halus dibanding laki-laki. Selain itu, perempuan juga akan mengalami menstruasi atau haid.

 

Haid adalah gugurnya sel telur (ovum) karena tidak dibuahi sperma bersama dengan lapisan dinding rahim. Peristiwa ini ditandai dengan keluarnya darah melalui alat kelamin perempuan. Haid biasanya terjadi setiap 28 hari sekali. Jadi, jika kalian telah memasuki remaja dan mengalami menstruasi, jangan takut! Karena itu peristiwa biasa pada perempuan.

 

Hormon progesteron dan estrogen juga dapat memengaruhi perkembangan mental perempuan. Hormon ini memengaruhi perempuan menjadi cenderung mendahulukan perasaan, ingin dimanja dan diperhatikan. Apabila perempuan menghadapi suatu masalah, maka ia mudah mengadu, menangis, atau menyesali diri.

Perubahan fisik antara lain pertumbuhan badan bertambah cepat, gerak menjadi lebih aktif, nafsu makan meningkat, makan lebih banyak, dan suara menjadi lebih merdu.

 

C. Kewajiban setelah Usia Balig

Bila kalian telah mengalami tanda-tanda balig berarti kalian telah disebut mukalaf.

Mukalaf artinya orang dewasa yang wajib menjalankan hukum agama. Semua aturan agama wajib kalian indahkan. Aturan dalam akidah (keimanan), ibadah, dan akhlak. Seluruh perbuatan akan dibalas oleh Allah Swt. Amal baik dengan pahala dan amal buruk dengan dosa.

 

Diantara aturan-aturan yang wajib kalian patuhi yaitu:

1. Salat Fardu

Salat adalah tiang agama. Orang yang mendirikan salat berarti dia menegakkan agama dan sebaliknya orang yang meninggalkan salat berarti dia merobohkan agama.

 

Salat diperintahkan kepada anak sejak berusia tujuh tahun. Rasulullah saw. bersabda “Perintahkanlah anak-anak kalian untuk mengerjakan salat pada usia tujuh tahun dan pukullah mereka untuk salat pada usia sepuluh tahun, serta pisahkanlah tempat tidur mereka.” (HR. Abu Daud) Salat bukan sekadar kewajiban tapi kebutuhan ruhani kita. Salat mengajari kita akan kebesaran Allah Swt., optimis dalam kehidupan dan pasrah atas kehendak Allah Swt.

 

2. Menutup Aurat

Aurat ialah bagian tubuh manusia yang harus ditutupi menurut ketentuan syariat. Bagi laki-laki auratnya adalah anggota badan antara pusar dan lutut. Sedang perempuan adalah seluruh badan selain wajah dan telapak tangan. Pakaian tidak terlalu ketat sehingga menampakkan bentuk tubuh dan juga bukan kain yang tipis sehingga warna kulit terlihat.

 

Bahwa Islam tidak mengharuskan umatnya memakai model pakaian khas tertentu dalam menutup aurat. Setiap suku dan bangsa memiliki ciri khas budaya pakaian masing-masing. Model pakaian yang kita pakai mungkin berbeda dengan orang yang berasal dari suku dan bangsa lain.

 

Hal itu bukanlah masalah asal aturan syariat menutup aurat terpenuhi. Kita tetap wajib menghargai perbedaan apapun termasuk model pakaian sebagai penutup aurat kita.

 

3. Mencari Ilmu

Setiap muslim laki-laki dan perempuan berkewajiban untuk mencari ilmu. kewajiban mencari ilmu itu sejak seseorang lahir sampai meninggal dunia. Anak yang telah balig dibebani hukum syariat. Oleh sebab itu, ia akan menerima balasan sesuai perbuatannya. Ilmu hanya dapat diperoleh dengan belajar. Dimulai dengan tekun membaca, terus berlatih dan mengamalkan ilmunya. Namun jangan lupa perbanyak berdoa agar Allah Swt. memberi ilmu yang luas dan bermanfaat.


Itulah sajian ringkasan materi PAI kelas 4 Bab 4 Kurikulum Merdeka yang bisa admin kheryuryawan sampaikan dan bagikan lewat artikel ini.

Bagi anda yang membutuhkan file buku teks pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka, maka silahkan dapatkan filenya di bawah ini :

 

  • Buku Guru & Siswa PAI Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka – (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai Rangkuman/Ringkasan materi pelajaran PAI kelas 4 SD Bab 4 dengan judul Menyambut Usia Balig” yang dapat admin sajikan pada kesempatan kali ini, kiranya rangkuman tersebut dapat membantu siswa dan guru yang akan menggunakannya sebagai bahan pembelajaran di kurikulum merdeka.

Semoga Bermanfaat !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel