Soal Sumatif Tengah Semester B. Indonesia Kelas 4 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Kumpulan Soal Sumatif Tengah Semester (STS) Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka lengkap dengan kunci jawaban, Soal Ulangan Tengah Semester (UTS) Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka lengkap dengan jawaban.

Halo sahabat kherysuryawan, bagaimana kabar anda hari ini, semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat.

 


Oh ya, pada kesempatan kali ini admin kherysuryawan ingin berbagi info pendidikan khususnya mengenai soal-soal yang akan di gunakan sebagai bahan belajar dan latihan dalam menghadapi ulangan tengah semester atau sumatif tengah semester pada pembelajaran di kurikulum merdeka khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 4 SD kurikulum merdeka.

 

Apabila disekolah anda sudah menerapkan pembelajaran kurikulum merdeka maka di pertengahan semester tentunya akan dilakukan ulangan tengah semester atau dalam Bahasa lainnya di kurikulum merdeka yakni sumatif tengah semester. Pelaksanaan sumatif tengah semester akan menjadi penilaian yang sangat penting bagi siswa dengan tujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa dalam mempelajari materi selama setengah semester.

 

Melalui postingan ini admin kherysuryawan akan membantu para guru dan siswa yang ingin mendapatkan contoh soal-soal yang bisa digunakan sebagai referensi dalam melakukan penilaian tengah semester. Disini admin kherysuryawan telah menyiapkan beberapa soal yang juga telah dilengkapi dengan kunci jawaban serta pembahasannya.

 

Soal sumatif tengah semester atau soal ulangan telah semester untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 SD kurikulum merdeka ini sengaja admin bagikan dengan tujuan dapat menjadi bahan belajar bagi siswa dalam menghadapi pelaksanaan sumatif tengah semester. Agar siswa dapat menjawab pertanyaan dengan baik maka disetiap soal telah di lengkapi dengan kunci jawabannya.

 

Sebagai informasi bahwa jenis soal yang disajikan disini yaitu soal dalam 2 bentuk yaitu soal pilihan ganda dan soal essay atau uraian. Semua soal sudah dilengkapi dengan kunci jawabannya sehingga dapat memudahkan bagi siapapun yang akan menggunakannya sebagai bahan latihan dan belajar. Namun demikian sebagai manusia tentunya tidaklah luput dari kesalahan sehingga apabil ada kunci jawaban yang dianggap tidak sesuai maka hendaknya bisa dilakukan perbaikan sesuai kebutuhan masing-masing. Khusus untuk soal pilihan ganda maka kunci jawabannya telah di beri tanda dengan option jawaban yang di garis bawahi.

 

Perlu diketahui juga bahwa selain admin akan memberikan uraian soal dan jawaban ulangan tengah semester untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 SD Semester 1 kurikulum merdeka maka disini admin juga telah menyiapkan filenya secara gratis dan file soal tersebut disimpan dalam format word sehingga akan sangat mudah untuk di gunakan oleh siapapun yang membutuhkannya.

 

Baiklah untuk lebih jelasnya maka berikut ini kumpulan soal sumatif tengah semester yang telah dilengkapi dengan kunci jawaban untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 SD Semester 1 Kurikulum Merdeka :

 

Soal & Jawaban STS/PTS/UTS Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Semester Ganjil Kurikulum Merdeka

 

Bacalah teks berikut dengan cermat untuk menjawab soal no. 1 — 5!

 

Pentingnya Menjaga Imun Saat Pandemi

Dalam situasi pandemi Covid-19, menerapkan protokol kesehatan dan menjaga kekebalan tubuh atau imunitas menjadi hal wajib untuk dilakukan. Selama pandemi Covid-19 banyak orang yang mengalami stres, panik, dan cemas berlebihan akan tertular virus Corona. Hal tersebut sebenarnya justru bisa menurunkan kekebalan tubuh. Padahal, untuk mencegah infeksi virus Corona dibutuhkan daya tahan tubuh yang baik.

 

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh. Mengonsumsi makanan yang bergizi, berjemur di pagi hari, rutin berolahraga dan beristirahat dengan cukup harus dilakukan. Menerapkan pola hidup sehat tersebut merupakan langkah terbaik dalam menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh.

 

Sistem imun yang baik dapat melindungi kita sejak pertama kali kuman penyebab penyakit masuk ke dalam tubuh. Sistem imun bekerja mengenali berbagai faktor pemicu seperti bakteri, virus, hingga jamur yang bisa menyebabkan penyakit. Oleh karena itu, memiliki daya tahan tubuh yang kuat sangat penting untuk mencegah kita jatuh sakit, terutama di masa mewabahnya virus Corona seperti sekarang.

 

1. Gagasan pokok paragraf 1 pada bacaan di atas terletak di ... paragraf.

a. awal

b. tengah

c. akhir

d. awal dan akhir

 

2. Berdasarkan ide pokok paragraf 1, bahwa hal yang wajib dilakukan selama masa pandemi adalah ....

a. Memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

b. Menerapkan protokol kesehatan dan menjaga kekebalan tubuh.

c. Mengalami stres, panik, dan cemas yang berlebihan.

d. Menurunkan imunitas agar tidak tertular virus Corona.

 

3. Gagasan pokok pada paragraf 2 bacaan di atas yaitu ....

a. Mengonsumsi makanan bergizi, berjemur, berolahraga, dan beristirahat dengan cukup.

b. Asupan gizi yang cukup diperlukan untuk mendukung kerja sistem kekebalan tubuh.

c. Sistem kekebalan tubuh yang baik mampu melawan kuman penyakit.

d. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh.

 

4. Berdasarkan letak kalimat utamanya, paragraf 3 bacaan di atas termasuk jenis paragraf ....

a. deduktif

b. ineratif

c. induktif

d. campuran

 

5. Yang termasuk gagasan pendukung pada paragraf 1 bacaan di atas adalah ....

a. Kekebalan tubuh seseorang akan meningkat bila terinfeksi virus Corona.

b. Banyak orang mengalami stres, panik, dan cemas berlebihan akan tertular virus Corona.

c. Orang yang terinfeksi virus Corona menjadi stres, panik, dan cemas berlebihan.

d. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh.

 

6. Cermatilah paragraf berikut!

Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya. Dengan jumlah pulau yang begitu banyak memunculkan sebuah keberagaman dalam beberapa aspek misalnya, keagamaan, budaya, suku, dan ras. Meskipun demikian, bangsa Indonesia tetap bersatu sesuai dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Gagasan pokok paragraf tersebut adalah ....

a. Bangsa Indonesia tetap bersatu

b. Indonesia memiliki banyak pulau

c. Indonesia kaya akan budaya

d. Bhinneka Tunggal Ika semboyan kita

 

7. Ide utama yang dibahas dalam sebuah bacaan dinamakan ....

a. gagasan pokok

b. gagasan pendukung

c. judul

d. tema

 

8. Ayah Intan mengajarkan tentang gotong royong sejak Intan masih kecil. Beliau mengajarkan sikap tolong menolong pada sesama. Pelajaran tersebut diterapkan Intan di rumah, di sekolah, dan di lingkungan sekitarnya.

Paragraf tersebut bercerita tentang ....

a. Ayah Intan seorang guru

b. Intan menjadi murid ayahnya

c. Intan sudah bersekolah sejak kecil

d. Intan mengamalkan ajaran ayahnya

 

9. Cermatilah paragraf berikut!

Selain pakaian adat, setiap daerah di Indonesia juga memiliki tarian khas. Tarian Saman dari Aceh, Tari Gambyong dari Jawa Tengah, Tari Kecak dari Bali, dan masih banyak yang lainnya. Masing-masing daerah memiliki ciri khas tariannya. Tarian daerah adalah warisan berharga yang dimiliki bangsa Indonesia yang harus kita lestarikan.

Gagasan pokok pada paragraf di atas adalah ....

a. Tarian daerah di Indonesia memiliki ciri khas yang sama.

b. Tarian daerah satu-satunya warisan yang dimiliki bangsa Indonesia.

c. Melestarikan tarian daerah sebagai warisan berharga bangsa Indonesia.

d. Masih banyak tarian daerah di Indonesia yang belum dilestarikan.

 

10. Untuk soal nomor 10 dan 11, perhatikan teks berikut ini!

(1) Rumah Ahmad berada di depan rumahku. (2) Halaman rumahnya dipenuhi beraneka macam bunga yang indah. (3) Di sudut halaman tumbuh pohon rambutan yang sangat rindang. (4) Suasana terasa sejuk dan asri.

Gagasan pokok pada teks paragraf di atas adalah ....

a. Keadaan halaman rumah Ahmad

b. Keadaan rumah Ahmad dan rumahku

c. Ahmad gemar menanam bunga

d. Pohon rambutan Ahmad sedang berbuah

 

11. Gagasan pendukung paragraf pada bacaan di atas yang menjadikan suasana halaman terasa sejuk dan asri ditunjukkan nomor ....

a. (1) dan (2)

b. (1) dan (3)

c. (2) dan (3)

d. (2) dan (4)

 

12. Bahasa yang digunakan dalam teks petunjuk adalah ....

a. singkat dan terpercaya

b. singkat, jelas, dan rinci

c. jelas, rinci, dan padat

d. rumpang dan efektif

 

13. Perhatikan gambar!

Pemajangan poster seperti pada gambar di atas bertujuan memberikan petunjuk tentang ....

a. cara cuci tangan khusus bagi anak laki-laki

b. cara cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir

c. cara cuci tangan sambil menggunakan masker

d. cara cuci tangan setelah menggunakan masker

 

14. Perhatikan tabel!

(1) Buat garis diagonal dari setiap sudut kertas menuju bagian tengah kincir angin.

(2) Lipat kertas pada sisi yang telah ditandai ke tengah.

(3) Buatlah pola persegi dan gunting kertas sesuai ukuran.

(4) Basahi tiang kayu yang telah disiapkan dengan air. Lalu, tekan jarum pada kayu sampai menancap.

Urutan petunjuk pembuatan kincir angin yang tepat adalah ....

a. (1)-(2)-(3)-(4)

b. (1)-(3)-(2)-(4)

c. (3)-(2)-(1)-(4)

d. (3)-(1)-(2)-(4)

 

15. Alenia atau paragraf terdiri dari dua unsur, yaitu ....

a. gagasan pokok dan gagasan inti

b. gagasan pokok dan gagasan pendukung

c. gagasan pendukung dan penjelasan

d. gagasan pendukung dan ide tambahan

 

16. Setiap paragraf pada bacaan terdapat ... gagasan utama.

Jawab : Satu

 

17. Gagasan pokok suatu paragraf dapat ditemukan di bagian ... atau ... paragraf.

Jawab : Awal atau akhir

 

18. Kalimat yang berfungsi sebagai pendukung atau penguat gagasan pokok yang ada pada kalimat utama adalah ....

Jawab : Gagasan pendukung

 

19. Untuk menemukan pokok pikiran suatu paragraf perlu dilakukan dengan membaca secara …

Jawab : Teliti

 

20. Teks yang di dalamnya terdapat arahan, bimbingan, pedoman, atau panduan untuk melakukan, menggunakan, atau membuat sesuatu disebut ....

Jawab : Teks prosedur

 

21. Perhatikan gambar!

Poster pada gambar di atas bertujuan mengajak kita untuk ....

Jawab : Hemat listrik

 

22. Bagian paling atas dari laporan pengamatan adalah ....

Jawab : Judul laporan

 

23. Pemasangan poster bertujuan untuk memberikan informasi kepada khalayak ramai. Biasanya dipasang di tempat umum yang strategis, seperti ....

Jawab : Sekolah, kantor, pasar dan lain sebagainya

 

24. Sebelum membuat ringkasan teks bacaan, langkah pertama yang dilakukan adalah ....

Jawab : Membaca teks tersebut

 

25. Cermatilah paragraf berikut!

Permainan kasti merupakan salah satu permainan bola kecil. Permainan ini dimainkan oleh dua regu, yakni regu pemukul dan regu penjaga. Regu pemukul berusaha mendapat nilai dengan memukul bola, kemudian berlari mengelilingi lapangan. Sebaliknya regu penjaga berusaha menangkap bola serta mengalahkan regu pemukul. Regu yang terbanyak mengumpulkan nilai menjadi pemenang.

Berdasarkan gagasan pendukung paragraf di atas, bahwa regu yang berhasil menjadi pemenang dalam permainan bola kasti adalah ....

Jawab : Regu yang memiliki nilai terbanyak

 

26. Bagaimana cara agar mudah menemukan gagasan pokok dalam suatu paragraf?

Jawab : Membaca dan mencermati seluruh kalimat.

 

27. Buatlah sebuah kalimat ajakan untuk mematuhi protokol kesehatan Covid-19!

Jawab : Ayo kita patuhi protokol kesehatan dan jangan lupa pakai maskernya.

 

28. Sebutkan 3 (tiga) contoh jenis teks petunjuk!

Jawab : Petunjuk arah, petunjuk obat, petunjuk melakukan sesuatu.

 

29. Jelaskan apa tujuan meringkas sebuah buku atau karangan!

Jawab : Untuk membantu seseorang memahami dan menguasai isi sebuah buku atau karangan.

 

30. Perhatikan kalimat berikut!

(1) Cuci tangan setelah membuang masker yang telah digunakan ke dalam tempat sampah.

(2) Tutup mulut, hidung, dan dagu. Pastikan bagian masker yang berwarna berada di bagian depan.

(3) Lepas masker yang telah digunakan dengan hanya memegang tali dan langsung buang ke tempat sampah.

(4) Tekan bagian atas masker agar mengikuti bentuk hidung, dan tarik ke belakang di bagian bawah dagu.

a. Susunlah kalimat pada di atas agar menjadi sebuah paragraf yang padu dengan cara menuliskan nomor urut yang ada di depan teks kalimat!

b. Jelaskan tujuan teks petunjuk pada kalimat tersebut!

Jawab : 

a. (3), (1), (2), (4)

b. Untuk memberi informasi cara melepas dan menggunakan masker yang benar.

 

Bagi anda yang ingin mendapatkan file soal dan jawaban seperti yang telah di tampilkan diatas maka silahkan dapatkan filenya dalam format word di bawah ini : 


  • Soal & Jawaban UTS/STS Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka Semester 1 (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai soal dan kunci jawaban sumatif tengah semester atau ulangan tengah semester untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 SD Semester 1 kurikulum merdeka yang bisa admin kherysuryawan bagikan pada kesempatan ini, semoga bisa menjadi bahan referensi dalam belajar untuk menghadapi pelaksanaan ulangan tengah semester di kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel