3 SK Komunitas Belajar Dalam Sekolah

Kherysuryawan.id – Download 3 Contoh SK Komunitas Belajar Dalam Sekolah, Program Komunitas Dalam Sekolah serta Jurnal/Catatan Komunitas Belajar Dalam Sekolah.

Halo sahabat pendidikan, selamat berjumpa kembali pada website pendidikan ini. Pada kesempatan kali ini admin kherysuryawan akan membahas tentang salah satu kegiatan yang penting untuk di bentuk dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka yakni mengenai komunitas belajar.

 


Apa itu komunitas belajar dalam kurikulum merdeka ?

Komunitas belajar adalah sekelompok pendidik dan tenaga kependidikan yang berperan bersama dan berkolaborasi secara rutin dan berkelanjutan, dengan tujuan yang jelas dan terukur untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar murid berlandaskan pada tiga ide besar dan lima dimensi yang menjadi pijakan dalam menjalankan seluruh prosesnya di dalam sebuah siklus untuk perbaikan yang berkelanjutan.

 

Pada implementasi Kurikulum Merdeka, Komunitas Belajar mendukung guru, tenaga kependidikan dan pendidik lainnya untuk dapat mendiskusikan dan menyelesaikan berbagai masalah pembelajaran yang dihadapi saat implementasi Kurikulum Merdeka.

 

Dalam membangun sebuah Komunitas Belajar, terdapat beberapa tujuan utama yang harus diterapkan. Di antaranya seperti mengedukasi anggota komunitas dengan mengumpulkan dan berbagi informasi terkait pertanyaan dan masalah terkait praktik, memfasilitasi anggota komunitas untuk terus belajar, mendorong peningkatan kompetensi anggota lewat diskusi dan sharing, serta mengintegrasikan pembelajaran yang didapatkan melalui komunitas dalam pekerjaan sehari -hari.

 

Beberapa peran Komunitas Belajar dalam implementasi Kurikulum Merdeka adalah sebagai berikut:

1.       Memfasilitasi belajar bersama tentang Kurikulum Merdeka

2.       Memfasilitasi diskusi pemecahan masalah sekaligus berbagi praktik baik Kurikulum Merdeka

3.       Memfasilitasi kolaborasi pengembangan perangkat ajar berbasis Kurikulum Merdeka

4.       Memfasilitasi refleksi pembelajaran rekan sejawat

 

Untuk di ketahui bahwa komunitas belajar ada 3 jenisnya yaitu komunitas belajar dalam sekolah, komunitas belajar antar sekolah dan komunitas belajar di Platform Merdeka Mengajar (PMM). Pada postingan sebelumnya admin telah memberikan penjelasan tentang ke 3 jenis komunitas belajar tersebut, namun untuk kembali mengingatkan maka disini admin akan kembali menjelaskan pengertian dari ke dua jenis komunitas belajar tersebut.

 

Komunitas belajar dalam sekolah adalah sekelompok pendidik dan tenaga kependidikan dalam satu sekolah yang belajar bersama-sama dan berkolaborasi secara rutin dengan tujuan yang jelas dan terukur untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar peserta didik.

 

Komunitas belajar antar sekolah terdiri dari beberapa sekolah. Ragam komunitas belajar antar sekolah meliputi komunitas belajar seperti KKG/MGMP di tingkat gugus ataupun kabupaten/kota, komunitas pendidik penggerak, komunitas sekolah penggerak, atau komunitas belajar antar sekolah lainnya. Pertemuan para pendidik di dalam komunitas belajar antar sekolah juga dilakukan secara rutin biasanya 1 (satu) bulan sekali dengan agenda belajar yang telah ditetapkan. pendidik di dalam komunitas belajar ini dapat menjadi fasilitator kegiatan ataupun penggerak komunitas belajar.

 

Komunitas Belajar di Platform Merdeka Mengajar adalah kelompok belajar yang ada dalam fitur PMM yang beroperasi secara online. Kelompok ini bisa terdiri dari guru di sekolah yang sama atau dari berbagai sekolah yang berbagi informasi dan belajar bersama melalui platform ini. Ketika terdaftar di PMM, komunitas ini menjadi komunitas daring, yang artinya mereka dapat belajar dan berkomunikasi tanpa terbatas oleh jarak atau lokasi fisik.

Komunitas belajar daring ini dapat menggunakan PMM untuk berinteraksi, berbagi informasi, dan meningkatkan pengetahuan bersama. Para penggerak komunitas juga bisa mengadakan webinar yang bisa diikuti oleh pengguna PMM lainnya. Ini adalah cara untuk memfasilitasi guru dan tenaga pendidik dalam belajar dan berbagi pengetahuan secara online melalui platform PMM.

 

Dalam membentuk komunitas belajar dalam sekolah maka di butuhkan program dan juga SK pembentukan komunitasnya. Olehnya itu melalui kesempatan kali ini admin kherysuryawan disini akan mencoba untuk berbagi tentang program komunitas belajar dan juga SK Pembentukan Tim Komunitas belajar dalam sekolah.

 

Bagi anda yang saat ini sedang ingin membuat atau membangun sebuah komunitas belajar di sekolah namun masih bingung bagaimana cara membuat program kerja dari komunitas yang akan di bentuk tersebut serta tidak tau bagaimana cara untuk membuat SK Komunitas belajar dalam sekolah, maka anda tak perlu kuatir dan cemas sebab melalui postingan ini admin kherysuryawan akan mencoba berbagi file seputar SK Komunitas Belajar dalam sekolah yang juga telah di lengkapi dengan Program komunitas belajar serta jurnal atau catatan kegiatan yang akan di lakukan pada komunitas belajar yang akan di bentuk.

 

Melalui artikel ini admin kherysuryawan akan membagikan 3 contoh file SK Komunitas Belajar lengkap dengan elemen-elemen lainnya seperti Program Komunitas belajar dan juga Jurnal kegiatan komunitas belajar. Seluruh file yang akan admin bagikan disini telah disimpan dalam format word sehingga akan sangat mudah untuk di edit dan di sesuaikan dengan kebutuhan di sekolah masing-masing.

 

Baiklah di bawah ini admin bagikan 3 Contoh SK Komunitas belajar dalam sekolah lengkap dengan program serta jurnal kegiatannya. Bagi anda yang membutuhkan, maka silahkan unduh filenya yang telah di siapkan dalam format word berikut ini :

 

  • SK Komunitas Belajar Model 1 - (DISINI
  • SK Komunitas Belajar Model 2 - (DISINI
  • SK Komunitas Belajar Model 3 - (DISINI
  • Program dan Jurnal kegiatan Komunitas Belajar - (DISINI


Demikianlah informasi seputar SK Komunitas belajar yang bisa admin kherysuryawan bagikan, semoga apa yang telah admin bagikan ini bisa menjadi bahan referensi bagi para guru yang disekolahnya baru akan memulai membuat Komunitas belajar.

Sekian dan semoga Bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel