Cara Daftar Komunitas di PMM Melalui Laptop

Kherysuryawan.id – Cara Mudah Untuk Mendaftar Komunitas Belajar Di Platform Merdeka Mengajar (PMM) Melalui Komputer / Laptop.

Halo sahabat kherysuryawan, Pada kesempatan kali ini admin kherysuryawan akan kembali memberikan penjelasan tentang cara melakukan pendaftaran Komunitas Belajar di aplikasi PMM. Jika pada postingan sebelumnya admin telah memberikan tutorial mendaftarkan Komunitas di PMM dengan menggunakan HP Android, maka pada postingan kali ini admin kherysuryawan akan memberikan penjelasan tentang membuat atau mendaftar Komunitas belajar di PMM dengan menggunakan laptop atau komputer.


Jadi perlu untuk diketahui bahwa dalam melakukan pendaftaran komunitas di PMM anda bisa memilih untuk melakukan pendaftaran dengan menggunakan media perangkat HP Android maupun dengan menggunakan laptop atau komputer. sebenarnya caranya hampirlah sama hanya saja perlu untuk di pahami dengan baik perbedaannya agar proses pendaftaran bisa terlaksana dengan baik.

 

Seperti kita ketahui bersama bahwa saat ini guru di harapkan dapat melakukan pembelajaran secara terus menerus. Guru di harapkan belajar bukan hanya melalui buku saja melainkan kini guru harus dapat memanfaatkan media elektronik sebagai salah satu sumber belajar di era digitalisasi seperti sekarang ini. Salah satu sumber belajar yang dapat dimanfaatkan oleh guru yakni dengan mengakses Platform Merdeka Mengajar (PMM).

 

Tahukah anda bahwa di dalam PMM ada begitu banyak menu yang dapat di pilih oleh guru sebagai sumber belajar yang bisa meningkatkan pengetahuan guru dalam menjalankan aktivitas keseharian di sekolah. Menu-menu yang dapat dimanfaatkan oleh guru di Platform Merdeka Mengajar (PMM) antara lain yaitu :

1.       Asesmen murid

2.       Perangkat Ajar

3.       Pelatihan mandiri

4.       Komunitas

5.       Video inspirasi

6.       Bukti karya

7.       Dan masih banyak yang lainnya.

 

Nah, melalui kesempatan ini admin kherysuryawan akan mencoba untuk membahas tentang bagaimana cara guru dalam membuat komunitas belajar di dalam Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Apa itu komunitas belajar ?

Komunitas Belajar adalah sekelompok guru, tenaga kependidikan, dan pendidik yang memiliki semangat dan kepedulian yang sama terhadap transformasi pembelajaran, terutama dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM).

 

Mungkin diantara para guru yang pernah mendengar tentang komunitas di PMM masih belum memahami tentang bagaimana sih cara membuat atau mendaftarkan sebuah komunitas di dalam Platform Merdeka Mengajar (PMM). Olehnya itu melalui kesempatan ini admin kherysuryawan akan memberikan penjelelasan atau tutorial tentang cara mudah mendaftar komunitas di Platform Merdeka Mengajar (PMM).

 

Baiklah di bawah ini penjelasan tentang cara mudah mendaftar komunitas belajar di dalam Platform Merdeka Mengajar (PMM) dengan menggunakan perangkat laptop/komputer.

 

Syarat dan Ketentuan Pendaftaran Komunitas Belajar 

1.     Memiliki penggerak atau pengurus komunitas yang aktif

2.     Memiliki pertemuan rutin, dapat secara daring atau luring untuk mendiskusikan isu-isu pembelajaran dan atau pengembangan diri guru

3.     Memiliki anggota yang sudah atau akan menerapkan Kurikulum Merdeka.

 

Setiap komunitas dapat diwakili paling sedikit 1 (satu) dan paling banyak 3 (tiga) penggerak komunitas. Pendaftaran dilakukan oleh Pengurus atau Penggerak Komunitas Belajar dengan kriteria sebagai berikut:

1.     Aktif menjadi bagian dari komunitas

2.     Aktif mengelola komunitas belajar atau memfasilitasi proses belajar dalam komunitas

3.     Memiliki akun belajar.id yang sudah terdaftar

4.     Sudah menggunakan platform Merdeka Mengajar

5.     Berkomitmen untuk memfasilitasi proses belajar rekan sejawat tentang Implementasi Kurikulum Merdeka

6.     Mengerjakan Pelatihan Mandiri pada topik Kurikulum Merdeka (hingga Aksi Nyata) sebagai syarat mendaftarkan komunitas

7.     Mengerjakan Pelatihan Mandiri pada topik Perencanaan Pembelajaran sebagai syarat membuat webinar.

 

Cara Mendaftarkan Komunitas ke Platform Merdeka Mengajar Menggunakan Laptop

Berikut langkah-langkah mendaftarkan komunitas Anda ke platform Merdeka Mengajar. Klik tab Versi Web.

 

Versi Web

Jika Anda membuka platform Merdeka Mengajar melalui peramban/browser laptop/HP, maka ikuti langkah-langkah berikut untuk mengakses menu Komunitas: 

1. Buka halaman https://guru.kemdikbud.go.id/ di browser Anda. Kemudian, Geser layar ke bawah dan temukan Pengembangan Diri, lalu klik Cek Komunitas.


2. Pada halaman Untuk Anda, klik Lihat info lengkap


3. Anda akan melihat informasi tahapan pendaftaran. Pastikan Anda telah mengerjakan topik Kurikulum Merdeka hinga Aksi Nyata sebagai syarat untuk melakukan pendaftaran. Setelah itu Anda dapat klik Isi Formulir.


4. Masukan nama komunitas di kolom yang tersedia, lalu klik Selanjutnya. Pastikan nama komunitas berbeda dengan komunitas yang sudah ada di platform Merdeka Mengajar. 


5. Masukan Lokasi dan Deskripsi (maksimal 2000 karakter) komunitas Anda.


6. Masukan detail komunitas di antaranya:

Wajib:

  1. Jenjang
  2. Mata pelajaran 
  3. Jenis komunitas 
  4. Profesi yang ingin disasar (boleh pilih lebih dari satu)

Tidak wajib:

  1. Tautan Facebook
  2. Tautan Telegram 
  3. Tautan Whatsapp 

Kemudian, klik Selanjutnya


7. Masukan Jabatan Anda. Klik Tambah Penggerak lain untuk memasukan data penggerak. Anda bisa memasukan maksimal 2 penggerak lainnya (total 3 penggerak dalam 1 komunitas). Klik Selanjutnya.


8. Periksa kembali detail komunitas yang telah dimasukan, jika sudah benar, klik Daftarkan Komunitas, maka komunitas Anda berhasil terdaftar di platform Merdeka Mengajar.

Setelah terdaftar, Komunitas Anda akan muncul di halaman Untuk Anda.

 

Bagaimana mudah bukan membuat komunitas di dalam Platform Merdeka Mengajar (PMM) dengan menggunakan laptop. Intinya jika anda sudah memenuhi syarat dan ketentuan yang di tetepkan dalam proses pembuatan komunitas di PMM maka anda akan mudah dalam membuat komunitas yang anda inginkan.

 

Setelah komunitas anda terdaftar maka jangan lupa untuk membagikan link komunitas anda kepada rekan guru lainnya agar mereka bisa bergabung untuk melihat dan ikut berpartisipasi dii dalam komunitas yang telah anda buat.

Semoga informasi ini bermanfaat. Sekian dan Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel