Rangkuman Matematika Kelas 5 Bab 4 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi matematika Kelas 5 SD Bab 4 Kekongruenan dan Sudut dari Bangun Datar semester 1 kurikulum merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan, bagaimana kabar anda hari ini ? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat. Oh ya, pertama admin ingin mengucapkan selamat datang di website pendidikan ini. Disinilah tempat admin kherysuryawan untuk bisa selalu berbagi informasi khususnya informasi seputar pendidikan.

 


Pada kesempatan kali ini admin kherysuryawan akan membahas tentang salah satu mata pelajaran yang nantinya akan dipelajari di kelas 5 SD Kurikulum merdeka yakni mata pelajaran matematika. Melalui postingan ini admin akan berbagi tentang materi pelajaran matematika kelas 5 SD semester 1 kurikulum merdeka.

 

Perlu diketahui bahwa pada mata pelajaran matematika kelas 5 SD kurikulum merdeka semester 1 akan ada 8 Bab yang akan dipelajari dan dikesempatan ini admin akan memabahas materi yang terdapat pada Bab 4 yaitu tentang “Kekongruenan dan Sudut dari Bangun Datar”.

 

Untuk memudahkan para guru dan siswa dalam mempelajari materi pelajaran khususnya pada mata pelajaran matematika maka diperlukan sebuah rangkuman atau ringkasan materinya. Oleh sebab itu melalui artikel ini admin kherysuryawan telah menyiapkan dan membuat ringkasan/rangkuman materi pelajaran matematika kelas 5 Bab 4 yang berjudul “Kekongruenan dan Sudut dari Bangun Datar” yang akan di pelajari di kurikulum merdeka.

 

Rangkuman / ringkasan materi pelajaran matematika kelas 5 SD Bab 4 kurikulum merdeka ini akan dipelajari di semester 1 dan admin kherysuryawan sengaja membuatnya agar memudahkan bagi para sahabat pendidikan khususnya yang berada di jenjang sekolah SD sehingga bisa menjadikannya sebagai bahan belajar pada pembelajaran matematika di kelas 5 kurikulum merdeka.

 

Jika di sekolah anda sudah menerapkan pembelajaran kurikulum merdeka dan anda membutuhkan informasi mengenai materi pelajaran matematika Kelas 5 SD Bab 4 tentang Kekongruenan dan Sudut dari Bangun Datar, maka anda bisa mendapatkan rangkuman materinya pada postingan ini secara lengkap dan gratis. Seluruh hasil rangkuman materi yang telah admin kherysuryawan berikan pada artikel ini merupakan materi yang bersumber dari buku teks pelajaran matematika kelas 5 SD Volume 1 kurikulum merdeka.

 

Sebagai informasi bahwa pada materi matematika Kelas 5 Bab 4 ada beberapa materi pokok yang nantinya akan dipelajari, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Gambar Datar yang Kongruen
  • Sudut-sudut Dari Segitiga dan Segi Empat

 

Baiklah berikut ini sajian materi matematika Kelas 5 Bab 4 Kekongruenan dan Sudut dari Bangun Datar yang akan dipelajari di semester 1 kurikulum merdeka.

 

Tujuan unit pembelajaran matematika kelas 5 Bab 4 adalah sebagai berikut :

  • Untuk memperdalam pemahaman bangun datar melalui kegiatan seperti observasi dan komposisi bentuk.
  • Pahami kesesuaian angka.
  • Identifikasi properti bentuk dan gunakan untuk menyelidiki dan membangun bentuk.


Bab 4 Kekongruenan dan Sudut dari Bangun Datar

Dua bangun datar dikatakan kongruen jika kedua bangun datar tersebut tepat berimpit saat bangun yang satu diletakkan di atas bangun yang lain.

 

Bangun Datar yang Kongruen

Farida sedang menggambar segitiga pada “buku berpetak” dengan ukuran petak 1 cm. Dia meminta temannya untuk menggambar bangun yang sama. Dia mencoba untuk menjelaskan bangun tersebut dengan kata-kata di papan tulis.

1. Ayo gambar segitiga ABC.

2. Panjang BC adalah 3 cm.

3. Panjang garis tegak lurus dari A ke BC adalah 2 cm

 

Jenis segitiga manakah yang dapat digambar berdasarkan penjelasan Farida?


Ayo pikirkan cara menggunakan jangka dan busur untuk menggambar segitiga yang kongruen.


Ayo diskusikan cara menentukan posisi dari titik A.


Ayo simpulkan bagaimana cara menggambar segitiga yang kongruen.


Segitiga FGH di bawah ini adalah simetris dari segitiga ABC.


Dua bangun datar juga dikatakan kongruen jika kedua bangun tersebut tepat berimpit dengan kebalikannya. Dalam bangun yang kongruen berlaku:

• Titik yang saling berimpit disebut titik yang bersesuaian.

• Sisi yang saling berimpit disebut sisi yang bersesuaian.

• Sudut yang saling berimpit disebut sudut yang bersesuaian.

 

Dalam bangun yang kongruen, sisi-sisi yang bersesuaian panjangnya sama dan sudut-sudut yang bersesuaian besarnya sama.


Segitiga Kongruen

1) Penemuan

      Dua bangun datar dikatakan kongruen jika kedua bangun tersebut tepat berimpit saat bangun yang satu diletakkan di atas bangun yang lain.

      Ada 3 cara untuk menggambar segitiga yang kongruen. Gambar di samping menunjukkan tempat pengukuran.

      Dua segitiga juga dikatakan kongruen jika kedua segitiga tersebut tepat berimpit dengan kebalikannya.

      Jangka dapat digunakan sebagai alat untuk menyalin sisi yang panjangnya sama.

      Sisi yang saling berimpit disebut sisi yang bersesuaian dan sudut yang saling berimpit disebut sudut yang bersesuaian.

 

2) Hal yang menarik

      Bangun datar yang diputar atau dicerminkan juga kongruen.

      Ada 3 kondisi untuk menunjukkan kekongruenan dua segitiga. Sedangkan ada 4 kondisi untuk menunjukkan kekongruenan dua segiempat.

      Dua segitiga yang memiliki ketiga sudut dengan besar yang sama belum tentu kongruen.

 

3) Kesulitan

      Menentukan sisi-sisi dan sudut-sudut yang bersesuaian jika kedua bangun dibalik.

4) Ide yang bagus dari teman

      Ide “Kadek” untuk menggambar segitiga yang kongruen hanya dengan jangka dan tidak perlu untuk mengukur sudutnya.

 

Segi empat Kongruen

Jika kamu mengukur keempat sisi segi empat untuk menggambar, dapatkah kamu menggambar segi empat yang kongruen?


Ayo diskusikan cara menggambar segiempat yang kongruen dengan teman sekelasmu. Bagaimana kita menentukan posisi dari keempat titiknya?


Dua segi empat di bawah ini kongruen. Tunjukkan titik-titik yang bersesuaian, sisi-sisi yang bersesuaian, dan sudut-sudut yang bersesuaian


1. Titik yang bersesuaian dengan titik A adalah titik H. Tulislah dalam buku catatanmu titik-titik bersesuaian yang lain.

Sudut I dan sudut KE, sudut U dan sudut KA, sudut E dan sudut KI

2 Sisi yang bersesuaian dengan sisi AB adalah sisi HI. Tulislah dalam buku catatanmu sisi-sisi bersesuaian yang lain.

Sisi IU dan sisi Ke-Ka, sisi UI dan sisi Ka-Ki, sisi EA dan sisi Ki-Ku

3 Sudut yang bersesuaian dengan sudut A adalah sudut H. Tulislah dalam buku catatanmu sudut-sudut bersesuaian yang lain.

Sudut I dan sudut KE, sudut U dan sudut KA, sudut E dan sudut KI

 

Bagi anda yang ingin mengetahui materi lengkapnya, maka anda bisa mendapatkannya pada buku teks pelajaran matematika Kelas 5 SD kurikulum merdeka, yang filenya telah admin siapkan di bawah ini :

  • Buku Guru & Siswa Matematika Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai rangkuman materi pelajaran matematika Kelas 5 SD Bab 4 Kekongruenan dan Sudut dari Bangun Datar yang akan dipelajari di semester 1 kurikulum merdeka. Semoga rangkuman materi ini senantiasa bermanfaat baik bagi guru maupun bagi siswa yang membutuhkannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel