50 Soal & Jawaban Sumatif IPS Tema 2 Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Kumpulan Soal Sumatif IPS Tema 2 Keberagaman Lingkungan Sekitar Semester 1 Kurikulum Merdeka Khususnya pada Materi Berkenalan dengan Lingkungan Sekitar.

Halo sahabat kherysuryawan pada kesempatan kali ini admin akan membahas tentang soal-soal yang ada pada materi IPS khususnya pada Tema 2 kelas 7 kurikulum merdeka. Soal-soal ini merupakan bagian terpenting bagi siswa dalam melatih penguasaan materi khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas 7 SMP.

 


Seperti diketahui bahwa pada mata pelajaran IPS kelas 7 SMP Semester 1 kurikulum merdeka khususnya pada Tema 2 “Keberagaman Lingkungan Sekitar” ada beberapa sub materi yang akan di pelajari di dalamnya diantaranya yaitu :

A.      Berkenalan dengan Lingkungan Sekitar

B.      Pembiasaan Diri untuk Melestarikan Lingkungan

C.      Pembangunan Berkelanjutan dan Kelangkaan

 

Melalui postingan ini admin kherysuryawan hanya akan membahas tentang kumpulan soal-soal pada Materi Berkenalan dengan Lingkungan Sekitar. Melalui postingan ini admin akan menampilkan kumpulan soal-soal yang ada hubungannya dengan materi tersebut sehingga bisa menjadi bahan referensi dalam belajar dan dapat digunakan sebagai bahan evaluasi maupun latihan. Kumpulan materi IPS kelas 7 semester 1 kurikulum merdeka ini kiranya bisa membantu rekan pendidikan dalam memahami lebih dalam seputar Materi Berkenalan dengan Lingkungan Sekitar.

 

Kumpulan soal-soal sumatif IPS ini juga telah dilengkapi dengan kunci jawabannya sehingga akan sangat mudah untuk dimengerti, namun apabila masih ada terdapat kunci jawaban yang dianggap kurang tepat atau kurang sesuai maka mohon untuk di lakukan perbaikan.

Untuk anda yang menginginkan sajian kumpulan soal sumatif IPS kelas 7 SMP Tema 2 Materi Berkenalan dengan Lingkungan Sekitar, maka silahkan lihat sajian soal-soal plus kunci jawabannya di bawah ini :

 

SOAL SUMATIF IPS KELAS 7 TEMA 2 KURIKULUM  MERDEKA

MATERI :

A. Berkenalan dengan Lingkungan Sekitar

 

1. Zaman praaksara diartikan sebagai  ....

A. masa manusia sudah mengenal tulisan

B. masa manusia membuat tulisan

C. masa sebelum manusia mengenal tulisan

D. masa dimana manusia sudah mengenal peradaban tinggi

JAWABAN : C

 

2. Perhatikan ciri- ciri zaman berikut ini,

1) zaman sebelum adanya kehidupan

2) bumi baru terbentuk dengan suhu yang relatif tinggi

3) waktu lebih dari 1 miliar tahun

 

Ciri- ciri zaman dalam deskripsi diatas adalah ....

A. arkaekum

B. paleozoikum

C. mesozoikum

D. neozoikum

JAWABAN : A

 

3. Zaman purba tertua dimana pada masa ini sudah meninggalkan fosil flora dan fauna dan munculnya makhluk hidup berupa organisme bersel satu dan berlangsung kira- kira 340 juta tahun adalah ....

A. azoikum

B. paleozoikum

C. mesozoikum

D. neozoikum

JAWABAN : B

 

4. Zaman purba tengah dimana hewan mamalia, amfibi, burung dan tumbuhan berbunga mulai ada dan memiliki lama kira- kira 140 juta tahun disebut zaman ....

A. azoikum

B. mesozoikum

C. paleozoikum

D. neozoikum

JAWABAN : B

 

5. Zaman purba baru dimana mulai sekitar 60 juta tahun lalu dan makhluk- makhluk tingkat tinggi dan manusia mulai hidup adalah ....

A. azoikum

B. mesozoikum

C. paleozoikum

D. neozoikum

JAWABAN : D

 

6. Kondisi yang terjadi pada zaman tersier pada zaman hidup baru/ Neozoikum adalah ....

A. mulai ada tanda- tanda kehidupan manusia

B. kemunculan aktivitas manusia

C. berkembangnya hewan dinosaurus

D. berkembangnya binatang menyusui atau mamalia

JAWABAN : D

 

7. Kejadian saat panas di bumi terperangkap karena terhalang gas emisi seperti karbon dioksida pada atmosfer sering disebut dengan istilah ....

A. pemanasan global

B. efek rumah kaca

C. pemanasan bumi

D. emisi gas

JAWABAN : B

 

8. Efek rumah kaca dapat berdampak bagi kehidupan manusia dan makhluk- makhluk lainnya di bumi, salah satunya adalah sebagai berikut ini, kecuali ....

A. pemanasan global

B. mencairnya es di kutub

C. pencemaran air laut akibat limbah industri

D. kerusakan ekosistem dan tingginya keasaman laut

JAWABAN : C

 

9. Efek rumah kaca dapat dicegah dengan cara ....

A. penghentian pembalakan liar

B. pemanfaatan energi alternatif selain bahan bakar fosil

C. pengolahan limbah secara berkesinambungan

D. semua jawaban benar

JAWABAN : D

 

10. Tingginya konsentrasi zat-zat berbahaya yang terkandung dalam air mengakibatkan pencemaran air. Pencemaran air dapat diakibatkan oleh aktivitas manusia ....

A. pembuangan limbah ke sungai atau sumber air

B. penebangan hutan secara liar

C. pembakaran untuk pembukaan lahan baru

D. penggunaan bahan bakar fosil

JAWABAN : A

 

11. Dampak yang terjadi akibat pencemaran air terhadap keseimbangan makhluk hidup adalah ....

A. berkurangnya ketersediaan air bersih

B. munculnya penyakit pencernaan pada manusia

C. terganggunya ekosistem air

D. berkurangnya sumber air untuk kehidupan manusia

JAWABAN : C

 

12. Solusi nyata yang dapat ditempuh untuk mencegah pencemaran air adalah ....

A. membangun pabrik pengolahan limbah

B. mengedukasi masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan

C. memberikan layanan penyediaan air bersih

D. melarang segala bentuk aktivitas pembuangan sampah, limbah, pengunaan bahan peledak di sumber air, sungai, danau ataupun laut

JAWABAN : D

 

13. Hilanganya komponen penting tanah sebagai daya dukungnya dapat menyebabkan adanya pencemaran tanah. Pernyataan yang tepat berkaitan dengan hal tersebut adalah ....

A. satu- satunya penyebab pencemaran tanah adalah pestisida

B. pencemaran tanah dapat dicegah dengan penggunaan pestisida alami dan pengurangan limbah plastik

C. pencemaran tanah berdampak langsung pada kesehatan manusia

D. pencemaran tanah akan mempengaruhi kadar oksigen di udara

JAWABAN : B

 

14. Sampah plastik menjadi penyebab utama dari pencemaran tanah karena sifatnya yang sulit bahkan tidak dapat diuraikan dalam waktu yang singkat. Salah satu yang dapat dilakukan dalam mencegah limbah plastik adalah ....

A. memakai plastik yang sifatnya biodegradable

B. pemakaian kemasan kertas dalam berbagai bungkus

C. menggunakan kantong yang dapat dipakai kembali (reusable)

D. semua jawaban benar

JAWABAN : D

 

15. Manusia tidak dapat melepaskan diri dari kehidupan masyarakat karena pada hakikatnya manusia merupakan makhluk ....

A. pribadi

B. individu

C. sosial

D. berfikir

JAWABAN : C

 

16. Interaksi sosial dapat disimpulkan sebagai hubungan antara ....

A. individu dengan individu

B. individu dengan kelompok

C. kelompok dengan kelompok

D. semua jawaban benar

JAWABAN : D

 

17. Dalam suatu hubungan interaksi sosial, hubungan yang terjadi harus dilakukan secara timbal balik, artinya ....

A. saling merespon antara kedua belah pihak

B. saling menguntungkan kedua belah pihak

C. ada satu pihak yang memulai

D. saling mengerti satu sama lain

JAWABAN : A

 

18. Salah satu syarat terjadinya interaksi sosial adalah terjadinya kontak sosial. Berikut ini pernyataan yang benar tentang kontak sosial adalah ....

A. kontak sosial merupakan hubungan seseorang dengan pihak lain baik secara langsung maupun tidak langsung

B. kontak sosial dapat berwujud secara fisik, verbal dan reaksi pasif berupa simbol

C. kontak sosial menuntut kedua belah pihak mengerti dengan pesan yang disampaikan

D. jawaban A dan B benar

JAWABAN : D

 

19. Kontak sosial dapat bersifat primer dan sekunder. Berikut ini adalah contoh kontak sosial yang bersifat primer, kecuali ....

A. jabat tangan

B. tegur sapa saat berpapasan

C. saling senyum ketika bertemu

D. melakukan panggilan telepon dengan orang yang jauh

JAWABAN : D

 

20. Kontak anak dengan ibunya, kontak antar teman merupakan contoh dari bentuk kontak sosial ....

A. antarkelompok

B. antarindividu dengan kelompok

C. antarindividu

D. kelompok dengan individu

JAWABAN : C

 

21. Salah satu contoh kontak antarindividu dengan kelompok ataupun sebaliknya adalah ....

A. presentasi siswa dihadapan siswa- siswa lain dan guru

B. guru menerangkan pelajaran didepan kelas

C. kontak bisnis antar perusahaan

D. jawaban A dan B benar

JAWABAN : D

 

22. Penyampaian pesan dari satu pihak kepada pihak yang lain sehingga terjadi pengertian bersama disebut ....

A. kontak sosial

B. komunikasi

C. hubungan

D. interaksi

JAWABAN : B

 

23. Contoh sikap tubuh seperti mengangkat bahu, menganggukkan kepala, mengacungkan ibu jari dikenal dalam interaksi sosial sebagai aturan ....

A. ruang

B. tempat

C. waktu

D. gerak dan sikap tubuh

JAWABAN : D

 

24. Suatu usaha bersama antara orang perorangan atau kelompok manusia untuk mencapai satu atau beberapa tujuan bersama disebut ....

A. kerjasama

B. akomodasi

C. asimilasi

D. kompetisi

JAWABAN : A

 

25. Berikut ini faktor yang menunjang terjadinya kerjasama adalah ....

A. masing- masing pihak memiliki rencana dan tujuan yang sama

B. kesadaran akan pentingnya kerja sama

C. pengetahuan dan pengendalian diri yang cukup untuk memenuhi kepentingan tertentu melalui kerja sama

D. semua jawaban benar

JAWABAN : D

 

26. Bargaining merupakan salah satu bentuk kerja sama yang didefinisikan sebagai ....

A. pelaksanaan perjanjian mengenai pertukaran barang- barang dan jasa atau dua organisasi atau lebih

B. proses penerimaan unsur- unsur baru dalam kepemimpinan atau pelaksanaan politik dalam suatu organisasi

C. kombinasi antardua organnisasi atau lebih yang mempunyyai tujuan yang sama

D. perpaduan dua unsur yang saling melengkapi

JAWABAN : A

 

27. Koalisi pada proses kerja sama merupakan ....

A. pelaksanaan perjanjian mengenai pertukaran barang- barang dan jasa atau dua organisasi atau lebih

B. penerimaan unsur- unsur baru dalam kepemimpinan atau pelaksanaan politik dalam suatu organisasi

C. kombinasi antardua organisasi atau lebih yang mempunyyai tujuan yang sama

D. kerja sama dengan perjanjian pembagian keuntungan menurut proporsi tertentu 

JAWABAN : C

 

28. Suatu bentuk kerjasama dalam bentuk pendirian atau penyelesaian dalam suatu proyek-proyek yang dirancang sebelumnya disebut ....

A. koalisi

B. bargaining

C. joint venture

D. kooptasi

JAWABAN : C

 

29. Kooptasi pada bentuk kerja sama merupakan proses ....

A. pelaksanaan perjanjian mengenai pertukaran barang- barang dan jasa atau dua organisasi atau lebih

B. penerimaan unsur- unsur baru dalam kepemimpinan atau pelaksanaan politik dalam suatu organisasi

C. kombinasi antardua organnisasi atau lebih yang mempunyyai tujuan yang sama

D. perpaduan dua unsur yang saling melengkapi

JAWABAN : B

 

30. Sebagai suatu proses, akomodasi merujuk pada usaha- usaha manusia untuk ....

A. meredakan suatu pertentangan

B. menyelesaikan suatu pertentangan tanpa menghancurkan pihak lawan

C. menyamakan perbedaan dalam suatu kesatuan pikiran dan tindakan

D. jawaban A dan B benar

JAWABAN : D

 

31. Suatu bentuk akomodasi yang dilaksanakan karena adanya paksaan, baik secara fisik ataupun psikologis disebut ....

A. koersi

B. kompromi

C. arbitrasi

D. mediasi

JAWABAN : A

 

32. Suatu bentuk akomodasi diantara pihak - pihak yang terlibat untuk dapat saling mengurangi tuntutannya agar penyelesaian masalah yang terjadi dapat dilakukan disebut ....

A. koersi

B. kompromi

C. arbitrasi

D. mediasi

JAWABAN : B

 

33. Di bawah ini yang merupakan bentuk koersi dalam proses akomodasi adalah ....

A. penjajahan dan perbudakan

B. pembagian kekuasaan partai politik

C. penyelesaian konflik antara buruh dengan manajemen perusahaan

D. proses penengahan pertikaian antarwarga

JAWABAN : A

 

34. Pembagian kekuasaan partai politik sesuai dengan suara yang diperoleh pada pemilu merupakan contoh bentuk proses akomodasi yaitu ....

A. koersi

B. kompromi

C. arbitrasi

D. mediasi

JAWABAN : B

 

35. Suatu cara mencapai kesepakatan yang dilakukan antara dua pihak dengan bantuan pihak ketiga dimana pihak ketiga tersebut memiliki kewenangan dalam penyelesaian sengketa dan biasanya berkedudukan lebih tinggi dari pihak- pihak yang bertikai disebut ....

A. koersi

B. kompromi

C. mediasi

D. arbitrasi

JAWABAN : D

 

36. Suatu cara mencapai kesepakatan yang dilakukan antara dua pihak dengan bantuan pihak ketiga dimana pihak ketiga tersebut tidak memiliki kewenangan dalam penyelesaian sengketa disebut ....

A. koersi

B. kompromi

C. arbitrasi

D. mediasi 

JAWABAN : D

 

37. Seorang ketua RT mendamaikan pertikaian anggota warganya. Hal ini merupakan contoh dari proses ....

A. koersi

B. kompromi

C. arbitrasi

D. mediasi

JAWABAN : D

 

38. Dinas tenaga kerja menyelesaikan pertikaian yang terjadi antara pihak perusahaan dengan tenaga kerjanya. Hal ini merupakan contoh dari proses ....

A. koersi

B. kompromi

C. arbitrasi

D. mediasi

JAWABAN : C

 

39. Usaha mempertemukan keinginan dari beberapa pihak yang sedang berselisih demi tercapainya tujuan bersama disebut ....

A. koersi

B. konsiliasi

C. arbitrasi

D. stalemate

JAWABAN : B

 

40. Salah satu contoh dari proses konsiliasi adalah ....

A. konsultasi para penguasaha hotel dengan pihak Dinas Pariwisata dan satgas Covid-19 terkait pelarangan kunjungan wisatawan

B. penengahan pertikaian antarwarga oleh polisi

C. penyelesaian kasus sengketa tanah di pengadilan

D. perselisihan antara negara- negara di kawasan Teluk

JAWABAN : A

 

41. Cara- cara bersikap dan bertingkah laku dalam menghadapi perbedaan untuk mencapai kesatuan dalam pikiran dan tindakan disebut proses ....

A. asimilasi

B. akomodasi

C. kooperasi

D. akulturasi

JAWABAN : A

 

42. Terjadinya asimilasi akan mudah terjadi apabila terdapat faktor berikut ini, kecuali ....

A. toleransi di dalam masyarakat

B. sikap terbuka dari golongan berkuasa

C. ketidakseimbangan kesempatan dalam ekonomi

D. sikap menghargai asing dan kebudayaannya

JAWABAN : C

 

43. Berikut ini faktor faktor yang menghambat terjadinya asimilasi adalah ....

A. adanya isolasi kebudayaan dari salah satu kebudayaan kelompok

B. minimnya pengetahuan dari salah satu kebudayaan kelompok atas kebudayaan kelompok lain

C. ketakutan atas kekuatan kebudayaan kelompok lain

D. semua jawaban benar

JAWABAN : D

 

44. Penerimaan unsur- usnur kebudayaan asing sehingga dapat diterima tanpa menyebabkan hilangnya kepribadian itu sendiri disebut ....

A. asimilasi

B. akulturasi

C. akomodasi

D. toleransi

JAWABAN : B

 

45. Contoh kebudayaan asing yang mudah diterima oleh kebudayaan tertentu adalah ....

A. paham- paham asing seperti liberalisme kapitalisme, dan komunisme

B. keyakinan

C. penggunaan handphone, komputer, dan teknologi tepat guna lainnya

D. kebudayaan berkenaan dengan ideologi tertentu

JAWABAN : C

 

46. Seorang pendaftar perguruan tinggi bersaing dengan pendaftar lainnya untuk mendapatkan kursi di program studi sesuai pilihannya. Hal ini merupakan contoh dari bentuk proses disosiatif ....

A. persaingan

B. kontravensi

C. pertentangan

D. pertikaian

JAWABAN : A

 

47. Kontravensi merupakan bentuk proses sosial yang terjadi apabila ....

A. proses tersebut berada diantara persaingan dan pertikaian

B. perseorangan atau kelompok saling bersaing untuk mencari keuntungan

C. perseorangan atau kelompok berusaha untuk memenuhi tujuan dengan jalan menantang pihak lawan yang disertai dengan ancaman atau kekerasan

D. jawaban B dan C benar

JAWABAN : A

 

48. Proses sosial yang terjadi apabila perseorangan atau kelompok berusaha untuk memenuhi tujuan dengan jalan menantang pihak lawan yang disertai dengan ancaman atau kekerasan disebut ....

A. kontravensi

B. konflik

C. persaingan

D. penghasutan

JAWABAN : B

 

49. Di bawah ini yang merupakan contoh bentuk kontravensi adalah ....

A. penghasutan dan pemfitnahan

B. pengacauan rencana pihak lain

C. provokasi dan pengkhianatan

D. semua jawaban benar

JAWABAN : D

 

50. Pernyataan yang tepat tentang kebudayaan adalah ....

A. kebudayaan membentuk individu untuk memandang dunia dengan sudut pandangnya

B. kebudayaan dapat diciptakan dan digunakan bersama

C. kebudayaan merupakan segala sesuatu yang tercipta dan dimiliki oleh seorang manusia pada saat berinteraksi secara bersama-sama

D. semua pernyataan benar

JAWABAN : D

 

Bagi anda yang membutuhkan file kumpulan soal diatas maka anda bisa mendapatkan filenya yang telah admin siapkan dalam format word di bawah ini :

 

  • Soal & Jawaban Sumatif IPS Kelas 7 Tema 2 Materi 1 Kurikulum Merdeka (DISINI)
  • Soal & Jawaban Sumatif IPS Kelas 7 Tema 2 Materi 2 Kurikulum Merdeka (DISINI)
  • Soal & Jawaban Sumatif IPS Kelas 7 Tema 2 Materi 3 Kurikulum Merdeka (DISINI)


Demikianlah informasi mengenai sajian kumpulan soal-soal sumatif IPS kellas 7 SMP Tema 2 semester 1 kurikulum merdeka khususnya pada Materi Berkenalan dengan Lingkungan Sekitar. Semoga bermanfaat bagi rekan-rekan pendidikan dalam persiapan menghadapi ulangan/ujian sumatif pada mata pelajaran IPS di kelas 7 SMP kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel