Soal & Jawaban Sumatif Sejarah Kelas 11 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Soal & Jawaban Asesmen Sumatif Akhir Semester Sejarah Kelas 11 Semester 1 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan, selamat datang di website pendidikan ini. Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan sajian informasi pendidikan yang ada hubungannya dengan mata pelajaran sejarah di kelas 11 semester 1 kurikulum merdeka.

 


Seperti kita ketahui bahwa pada kurikulum merdeka khususnya pada mata pelajaran sejarah di kelas 11 ada 2 bab yang akan di pelajari di pembelajaran semester 1 kurikulum merdeka, diantaranya yaitu sebagai berikut :

 

Bab 1 Kolonialisme dan Perlawanan Bangsa Indonesia

A. Keterkaitan Sejarah antara Situasi Regional dan Global

B. Perlawanan Bangsa Indonesia Terhadap Kolonialisme

C. Dampak Penjajahan di Negara Koloni


Bab 2 Pergerakan Kebangsaan Indonesia

A. Kebangkitan Bangsa Timur (Nasionalisme Asia)

B. Munculnya Embrio Kebangsaan dan Nasionalisme

C. Akhir Masa Negara Kolonial Belanda


Nah melalui postingan ini admin akan menyajikan soal asesmen sumatif untuk mata pelajaran sejarah kelas 11 kurikulum merdeka. Soal yang akan di sajikan disini yaitu soal sumatif yang berhubungan dengan materi sejarah yang akan di pelajari di kelas 11 bab 1 dan bab 2 sesuai dengan yang telah di jabarkan diatas.

 

Jika mengacu pada buku teks pelajaran sejarah kelas 11 semester 1 kurikulum merdeka ada kumpulan soal sumatif yang telah di siapkan pada akhir pembelajaran di Bab 1 dan di bab 2. Sebagai informasi bahwa pada buku teks pelajaran sejarah kelas 11 kurikulum merdeka halaman 46 dan 47 telah disiapkan soal latihan yang berhubungan dengan materi bab 1 serta pada halaman 84 dan 85 juga telah disajikan kumpulan soal sumatif untuk materi bab 2.

 

Nah, melalui kesempatan ini admin akan mencoba untuk membagikan kumpulan soal-soal sumatif sejarah kelas 11 semester 1 kurikulum merdeka yang mana soal-soalnya telah dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasannya sehingga akan sangat membantu siswa dalam melakukan aktivitas pembelajaran.

 

Selain admin kherysuryawan akan menyajikan kumpulan soal dan jawaban sumatif sejarah kelas 11 semester 1 kurikulum merdeka pada artikel ini, admin juga akan sekaligus membagikan kumpulan soalnya dalam bentuk file berformat word sehingga bisa di miliki oleh siapapun yang ingin menggunakannya sebagai bahan belajar mandiri. Selain itu file yang akan di bagikan disini juga bisa diedit sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

 

Baiklah di bawah ini sajian soal-soal asesmen sumatif mata pelajaran sejarah kelas 11 semester 1 kurikulum merdeka :

 

SOAL ASESMEN BAB 1 Kolonialisme dan Perlawanan Bangsa Indonesia (Halaman 46 sampai 47)

 

1. Pada tahun 1511, Portugis berhasil menaklukkan Malaka. Meskipun demikian, Portugis tidak bisa sepenuhnya menguasai perdagangan di Asia karena beberapa hal berikut, kecuali ….

a. Portugis tidak bisa memenuhi kebutuhannya sendiri di Malaka

b. Portugis mengalami kesulitan finansial dan kekurangan tenaga kerja

c. Tindakan korupsi yang dilakukan oleh pejabat Portugis di Malaka

d. Pedagang-pedagang Asia pindah ke pelabuhan lain yang aman

e. Serangan dan perlawanan balik dari Kesultanan Malaka

Jawaban :

e. Serangan dan perlawanan balik dari Kesultanan Malaka

 

2. Kepulauan Banda merupakan salah satu penghasil pala terbaik dunia. Pada tahun 1621, VOC di bawah J.P. Coen membantai penduduk Banda. Salah satu dampak dari peristiwa tersebut adalah ….

a. Penduduk Banda trauma dan tidak lagi menanam pala

b. Berkurangnya petani yang memahami tentang budidaya pala

c. VOC berhasil memonopoli komoditas pala di dunia

d. Timbulnya berbagai perlawanan balas dendam rakyat Banda

e. Meningkatnya produksi pala di kepulauan Banda tahun 1622

Jawaban :

b. Berkurangnya petani yang memahami tentang budidaya pala

 

3. Pada awal abad ke-19 terjadi perlawanan rakyat Maluku terhadap Belanda. Perlawanan yang dipimpin oleh Pattimura ini dilatarbelakangi oleh ….

a. Praktik pelayaran hongi yang memusnahkan tanaman pala

b. Perebutan lahan perkebunan pala dengan Belanda

c. Penerapan monopoli cengkeh dan kerja rodi oleh Belanda

d. Pelarangan perdagangan bebas di wilayah Maluku

e. Penderitaan rakyat Maluku karena kolonialisme Belanda

Jawaban :

c. Penerapan monopoli cengkeh dan kerja rodi oleh Belanda

 

4. Salah satu dampak negatif dari kolonialisme Belanda adalah munculnya sentimen rasial. Hal ini disebabkan oleh ….

a. Belanda hanya mengakui kehebatan orang Eropa

b. Penduduk lokal iri dengan kekayaan bangsa Belanda

c. Bangsa Timur Asing tidak mau berbaur dengan pribumi

d. Belanda menerapkan berbagai aturan yang diskriminatif

e. Belanda melarang interaksi antar ras yang berbeda

Jawaban :

d. Belanda menerapkan berbagai aturan yang diskriminatif

 

5. Urbanisasi dan pertumbuhan kota terjadi dengan pesat sejak penerapan kebijakan ekonomi liberal oleh pemerintah colonial dikarenakan ….

a. Sulitnya mencari pekerjaan yang layak di desa-desa

b. Lahan-lahan pertanian di desa tidak lagi menjanjikan

c. Lahan pertanian di desa yang semakin menyempit

d. Munculnya berbagai perkebunan dan perusahaan baru

e. Pemerintah kolonial membangun kota-kota baru

Jawaban :

d. Munculnya berbagai perkebunan dan perusahaan baru

 

Soal Esai

1. Interaksi bangsa-bangsa di nusatara dengan berbagai bangsa asing dalam jalur rempah telah menjadikan nusantara sebagai melting potkebudayaan. Sebutkan 3 contoh adopsi dan akulturasi kebudayaan jalur rempah yang masih bisa ditemui di masa kini!

 

Jawaban :

bahasa, sistem penanggalan atau kalender, bangunan candi, masjid-masjid kuno, dan sebagainya.

 

2. Bagaimana keterkaitan antara jatuhnya Konstatinopel 1453 dengan perjumpaan bangsa Indonesia dengan bangsa Eropa dalam jalur rempah?

 

Jawaban :

Konstatinopel merupakan salah satu pusat perdagangan di Laut Tengah pada abad pertengahan. Jatuhnya kota ini ke tangan Turki Usmani membuat pedagang Eropa mengalami kesulitan dalam menjalankan usahanya, termasuk dalam perdagangan rempah. Oleh karenanya, orang-orang Eropa kemudian berusaha untuk melakukan pelayaran untuk mencari sumber rempah-rempah hingga ke kepualauan nusantara. Dari sinilah kemudian terjadi interaksi atau perjumpaan bangsa Indonesia dengan bangsa Eropa dalam perdagangan rempah.

 

3. Bagaimanakah dinamika hubungan saudagar dan penguasa lokal di nusantara sebelum datangnya bangsa Eropa?

 

Jawaban :

Sebelum kedatangan bangsa Eropa, telah banyak saudagar dan penguasa lokal di Nusantara yang memiliki kuasa, kekayaan dan kemampuan untuk melakukan penjelajahan bahkan perlawanan terhadap dominasi asing yang ingin menguasai Nusantara. Hubungan politik antara kerajaan-kerajaan besar dan saudagar-saudagar yang berada di bawah kekuasannya adalah untuk mendapatkan hak dan menjalankan kewajiban yang saling menguntungkan satu sama lain. Para saudagar mendapatkan perlindungan dari penguasa lokal, dan penguasa lokal mendapatkan pembayaran upeti atau komoditi perdagangan.

Namun, jika penguasa lokal tidak dapat memberikan perlindungan, maka para saudagar ini bisa dengan mudah berpindah dan mencari perlindungan dari kerjaan atau penguasa lokal lainnya di Nusantara.

 

4. Bagaimanakah karakteristik perlawanan terhadap Belanda sebelum dan sesudah abad ke-19?

 

Jawaban :

Sebelum abad ke-19, perlawanan rakyat Indonesia masih bersifat lokal, pejuang bisa melawan penjajah, dan perjuangan dilakukan dengan kekerasan yang dipimpin oleh para pemimpin kharismatik. Sejak abad ke-19 dan seterusnya, dengan bantuan organisasi, perjuangan menjadi lebih teratur dan terorganisir, munculnya kaum intelektual, rasa persatuan dan kesatuan mulai tumbuh.

 

5. Mengapa Belanda mendirikan STOVIA pada awal abad ke-20?

 

Jawaban :

Sebagai bentuk penerapan politik etis atau politik balas budi yang mulai diperkenalkan pada awal abad ke-20, adanya wabah penyakit menular sehingga pemerintah kolonial berusaha memperluas layanan kesehatan masyarakat ke kalangan bumiputera, dan sebagainya.

 

SOAL ASESMEN Bab 2 Pergerakan Kebangsaan Indonesia (Buku Teks Halaman  84 sampai 85)

 

Soal Pilihan Ganda !

1. Mahatma Gandi merupakan tokoh nasionalis India yang pemikirannya banyak memengaruhi tokoh nasionalis Indonesia.

Salah satu bentuk perjuangannya adalah mengajak rakyat India untuk memakai produk asli dalam negeri. Gerakan ini disebut sebagai ....

a. Satyagraha

b. Swadaya

c. Swadeshi

d. Ahimsa

e. Hartal

Jawaban : c. Swadeshi

 

2. Indische Partij merupakan organisasi pergerakan nasional yang bersifat inklusif yang berarti ....

a. Keanggotaannya terbuka untuk penduduk pribumi saja

b. Keanggotannya terbuka untuk semua kelompok di Hindia Belanda

c. Keanggotannya terbuka untuk penduduk di Jawa dan Madura

d. Keanggotannya terdiri dari kalangan menengah ke atas

e. Keanggotannya terdiri dari kalangan yang terdidik saja

Jawaban : b. Keanggotannya terbuka untuk semua kelompok di Hindia Belanda

 

3. Rohana Kudus merupakan salah satu tokoh pers perempuan yang memprakarsai penerbitan surat kabar ....

a. Soenting Melayoe

b. Soeara Perempuan

c. Poetri Hindia

d. Warta Hindia

e. Soeloeh Indonesia

Jawaban : a. Soenting Melayoe

 

4. Salah satu latar belakang terjadinya Perang Dunia II di wilayah Asia adalah ....

a. Kegagalan LBB dalam menciptakan perdamaian dunia

b. Perlombaan senjata antar negara-negara besar

c. Perbedaan ideologi antara negara-negara Asia

d. Serangan Jepang ke Indo-Cina

e. Serangan Jepang terhadap Pearl Harbour

Jawaban : d. Serangan Jepang ke Indo-Cina

 

5. Salah satu alasan pihak Belanda pada awalnya menolak untuk menyerah kepada Jepang karena ....

a. Belanda merasa memiliki kekuatan militer yang lebih besar

b. Pihak Belanda merasa Jepang pasti akan kalah

c. Pihak Sekutu akan datang membantu Belanda

d. Wewenang penyerahan ada di tangan Ratu Belanda

e. Jepang tidak memiliki persenjataan yang baik

Jawaban : d. Wewenang penyerahan ada di tangan Ratu Belanda

 

Soal Esai

1. Bagaimanakah pengaruh nasionalisme di Asia terhadap pergerakan nasional Indonesia?

 

Jawaban :

Kebangkitan nasionalisme Asia ikut membangkitkan semangat kebangsaan di Indonesia.

Serta memberikan kepercayaan diri bahwa bangsa Asia seharusnya memiliki hak untuk menentukan nasibnya sendiri.

 

2. Bagaimanakah keterkaitan antara Kongres Perempuan Pertama dengan Kongres Sumpah Pemuda?

 

Jawaban :

Kongres Perempuan Pertama terjadi sekitar dua bulan setelah Kongres Pemuda II atau dikenal juga dengan Kongres Sumpah Pemuda.

Beberapa penggagas Kongres Perempuan Pertama juga hadir dalam Kongres Sumpah Pemuda.

Mereka terinspirasi dari kongres tersebut dan merasa bahwa para perempuan juga perlu melakukan kongres serupa untuk membahas berbagai permasalahan perempuan di masa itu.

Dan mempersatukan organisasi-organisasi perempuan di masanya.

 

3. Bagaimanakah dampak the great depression terhadap Hindia Belanda?

 

Jawaban :

Dampak the great depression bagi Hindia Belanada antara lain:

  • menurunnya harga pasar karena menurunnya permintaan komoditas internasional,
  • terdapat permasalahan dalam usaha tanaman perdagangan khususnya gula dan karet, dan
  • krisis keuangan yang terjadi di hampir seluruh pelosok negeri karena berkurangnya penerimaan dan belanja negara.

 

4. Bagaimanakah dampak Perang Dunia II terhadap Indonesia?

 

Jawaban :

Perang Dunia II yang berlangsung di Asia membuat Jepang meningincar Indonesia.

Jepang kemudian berhasil mengalahkan Belanda dan memaksa mereka untuk menyerah di Kalijati.

Peristiwa ini menandai berakhirnya kekuasaan negara kolonial Hindia Belanda.

 

5. Mengapa bangsa Indonesia tidak membantu Belanda saat Jepang menyerang?

 

Jawaban :

Sebelumnya Jepang sudah mendekati mempelajari tentang kondisi bangsa Indonesia dan mendekati para pemimpin pergerakan.

Adanya kepercayaan terhadap ramalan Jayabaya di Jawa, dan sebagainya.

 

Bagi anda yang ingin memiliki file kumpulan soal yang telah di lengkapi dengan kunci jawaban seperti yang telah di sajikan di atas, maka silahkan dapatkan filenya yang telah di simpan dalam format word di bawah ini :

 

  • Soal & Jawaban Sumatif Sejarah Kelas 11 semester 1 Kurikulum Merdeka VERSI 1 – (DISINI)
  • Soal & Jawaban Sumatif Sejarah Kelas 11 semester 1 Kurikulum Merdeka VERSI 2 - (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai kumpulan soal lengkap dengan kunci jawaban asesmen sumatif akhir semester untuk mata pelajaran sejarah kelas 11 semester 1 kurikulum merdeka. Semoga apa yang telah di sajikan pada postingan ini bermanfaat bagi sahabat-sahabat pendidikan yang membutuhkannya.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel