Contoh Laporan Pembina Ekstrakurikuler Untuk Bukti Dukung PMM

Kherysuryawan.id – Download Contoh Format Laporan Pembina Ekskul Pramuka Sebagai Bukti Dukung Pada Tugas Tambahan di Pengisian Pengelolaan Kinerja Pada Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Pramuka sebagai salah satu kegiatan ekstrakurikuler wajib yang ada di setiap satuan pendidikan. Eksrakurikuler Pramuka memiliki  peran  yang  penting  dalam  membentuk  karakter  dan  kepribadian  siswa. Kegiatan  ini  tidak  hanya  bertujuan  untuk  mengembangkan  keterampilan  fisik,  tetapi juga  melatih  kedisiplinan,  kepemimpinan,  serta  semangat  kebersamaan.  Melalui kegiatan pramuka, siswa diharapkan dapat menjadi generasi muda yang berkarakter, tangguh,  dan  memiliki  rasa  tanggung  jawab  terhadap  diri  sendiri,  lingkungan,  dan masyarakat.

 


Apakah anda di sekolah di beri wewenang untuk menjalankan tugas sebagai Pembina Ekstrakurikuler Pramuka ?

Jika anda adalah seorang guru di sekolah namun anda juga di beri tugas tambahan lainnya yaitu sebagai Pembina Ekstrakurikuler Pramuka, maka anda bisa memasukkan tugas tambahan tersebut sebagai salah satu modal penilaian dalam proses pembuatan Sasaran Kerja Pegawai atau yang biasa di sebut dengan SKP.


Saat ini untuk membuat SKP maka guru dapat langsung dengan mudah melakukan perencanaan pengelolaan kinerja melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM). Melalui PMM nantinya akan secara otomatis guru dapat membuat SKP secara online.


Salah satu tugas tambahan yang dapat di pilih pada saat guru akan melakukan perencanaan kinerja di PMM yaitu tugas tambahan sebagai Pembina Ekstrakurikuler. Untuk memilih tugas tambahan tersebut maka tentunya anda adalah merupakan guru yang disekolahnya di beri tugas tambahan sebagai Pembina Ekstrakurikuler.

 

Seperti kita ketahui bersama bahwa saat ini seluruh guru di wajibkan untuk membuat perencanaan pada pengelolaan kinerja di PMM. Nah, kewajiban itu merupakan tindak lanjut dari seorang guru dalam menyelesaikan tugas keseharian demi memperoleh nilai yang sesuai dengan harapan pada Sasaran Kerja Pegawai (SKP).

 

Membuat Rencana Hasil Kerja (RHK) di pengelolaan kinerja di PMM sebenarnya sangat mudah sebab melalui aplikasi PMM guru telah di siapkan pilihan – pilihan dimensi kompetensi yang ingin di kembangkan, namun demikian tentunya dalam setiap pilihan RHK yang telah di sepakati oleh guru harus di tinjak lanjuti dengan melaksanakan RHK tersebut dan juga menyiapkan seluruh bukti dukung yang di perlukan pada setiap item yang telah di pilih.

 

Dalam melakukan perencanaan pengelolaan kinerja di PMM ada beberapa tahapan yang harus di lakukan oleh seorang guru maupun kepala sekolah diantaranya yaitu :

1.       Guru dapat memilih Sub indikator yang direkomendasikan berdasarkan Rapor Pendidikan atau memilih sub indikator lainnya

2.       Guru melakukan pengembangan kompetensi dengan memilih Rencana Hasil Kerja (RHK) sesuai dengan minat dan pengembangan diri

3.       Guru memilih Tugas Tambahan yang sesuai dengan tugas yang di emban di luar dari tugas mengajar

4.       Guru memilih jenis perilaku kerja sesuai fokus pengembangan

5.       Terakhir adalah guru melihat rangkuman dari semua RHK yang telah di pilih dan dibuat dan selanjutnya menagajukan ke pimpinan/atasan (KS).


Nah, pada kesempatan kali ini admin akan mencoba untuk membahas tentang tugas tambahan sebagai Pembina Ekstrakurikuler Pramuka. Bagi anda yang di sekolahnya saat ini di beri tugas tambahan sebagai Pembina Ekstrakurikuler Pramuka dan anda memasukkannya kedalam RHK di perencanaan pengelolaan kinerja di PMM maka anda harus mengetahui bahwa bukti dukung yang harus di persiapkan adalah Laporan di sertai Surat Keputusan/Surat Tugas sebagai Pembina Ekstrakurikuler Pramuka.

 

Membuat laporan pada tugas tambahan sebagai Pembina Ekstrakurikuler di sekolah tidaklah mudah sebab anda harus bisa menyajikan laporan yang menarik dan tentunya sesuai dengan apa yang telah anda kerjakan selama menjadi Pembina Ekstrakurikuler di sekolah.

 

Tapi tenang saja, sebab melalui artikel ini admin kherysuryawan akan mencoba untuk membantu bapak/ibu guru yang saat ini sedang membutuhkan contoh laporan Pembina Ekstrakurikuler sebagai bukti dukung pada tugas tambahan di PMM. Disini admin kherysuryawan telah menyiapkan file contoh laporan Pembina Ekstrakurikuler Pramuka untuk dijadikan sebagai bukti dukung pada pengelolaan kinerja di PMM.

 

Perlu untuk di ketahui bahwa file Laporan Pembina Ekstrakurikuler Pramuka sebagai Bukti Dukung RHK di PMM ini sifatnya hanyalah sebagai contoh atau referensi bagi bapak/ibu guru yang memiliki tugas tambahan sebagai Pembina Ekstrakurikuler disekolah. Nantinya melalui file bukti dukung laporan Pembina Ekstrakurikuler untuk PMM ini dapat anda edit sesuai kebutuhan masing-masing dan tentunya anda sesuaikan dengan apa yang telah anda lakukan/kerjakan di sekolah masing-masing.

 

Tujuan utama admin kherysuryawan membagikan file contoh Laporan Pembina Ekstrakurikuler ini yaitu agar bisa membantu bapak ibu guru yang ingin membuat laporan sebagai salah satu Bukti Dukung pada perencanaan pengelolaan kinerja di PMM khususnya bagi guru yang di beri tugas tambahan sebagai Pembina Ekstrakurikuler di sekolahnya.

 

Baiklah untuk bapak/ibu guru yang ingin memiliki contoh Laporan Pembina Ekstrakurikuler Pramuka sebagai Bukti Dukung RHK di PMM maka disini admin kherysuryawan telah menyiapkan file contoh laporan sebagai Pembina Ekstrakurikuler, dan bagi anda yang membutuhkannya silahkan di dapatkan filenya di bawah ini ;

 

  • Laporan Pembina Ekstrakurikuler Pramuka Untuk PMM - (DISINI)
  • Kumpulan Contoh Laporan Tugas Tambahan Lainnya Untuk Bukti Dukung di PMM (DISINI)


Demikianlah informasi yang bisa admin kherysuryawan bagikan pada kesempatan ini tentang contoh membuat Laporan Pembina Ekstrakurikuler sebagai Bukti Dukung RHK di Platform Merdeka Mengajar (PMM). Semoga bapak/ibu guru yang ingin membuat Laporan Pembina Ekstrakurikuler untuk keperluan Bukti Dukung RHK di PMM maka dapat membuatnya dengan baik dan dapat menyelesaikan semua tahapan sesuai rencana pengelolaan kinerja yang telah di buat di PMM.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel