Rangkuman Matematika Kelas 5 Bab 13 Semester 2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id - Rangkuman Materi Matematika Kelas 5 SD Bab 13 “ Segi Banyak Beraturan dan Lingkaran” Semester 2 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, dikesempatan kali ini admin akan kembali berbagi informasi pendidikan yang mana pada kesempatan ini admin akan mencoba untuk menyajikan sebuah materi pelajaran matematika kelas 5 SD kurikulum merdeka yang telah di rangkum sehingga akan sangat membantu bagi para guru maupun siswa yang akan menggunakannya sebagai bahan belajar.

 


Adapun materi yang telah admin siapkan dalam bentuk rangkuman di kesempatan ini ialah materi pelajaran matematika kelas 5 SD Bab 13 dengan judul materi “ Segi Banyak Beraturan dan Lingkaran” yang mana materi ini merupakan materi yang akan di pelajari di semester 2 kurikulum merdeka.

 

Admin sengaja membuat rangkuman materi Bab 13 “ Segi Banyak Beraturan dan Lingkaran” Semester 2 Kurikulum Merdeka ini dengan maksud agar bisa menjadi sebuah referensi belajar yang akan memudahkan guru maupun siswa yang akan melakukan aktivitas belajar pada mapel matematika di kelas 5 SD versi kurikulum merdeka.

 

Bagi anda yang saat ini sedang membutuhkan ringkasan atau rangkuman materi matematika Bab 13 “ Segi Banyak Beraturan dan Lingkaran” pada kelas 5 SD Semester 2 Kurikulum Merdeka maka anda bisa mendapatkan rangkuman materinya secara lengkap pada postingan ini.

 

Dalam materi matematika Bab 13 “ Segi Banyak Beraturan dan Lingkaran” Semester 2 Kurikulum Merdeka, ada beberapa materi inti yang akan di pelajari didalamnya, diantaranya yaitu sebagai berikut ;

1.       Segi Banyak Beraturan

2.       Diameter dan Keliling

 

Nah, melalui kesempatan ini admin kherysuryawan telah menyiapkan ringkasan/rangkuman materinya secara lengkap dan semoga bisa membantu rekan pendidik dan peserta didik dalam mempelajari materi yang ada di semester 2 Kelas 5 SD kurikulum merdeka. Sajian rangkuman materi matematika Kelas 5 SD semester 2 Bab 13 kurikulum merdeka yang telah admin kherysuryawan buat ini hendaknya bisa di jadikan sebagai salah satu sumber belajar yang bisa membantu rekan pendidikan dalam belajar baik untuk belajar di sekolah maupun untuk belajar di rumah masing-masing.

 

Sebelum admin kherysuryawan membagikan dan menyajikan rangkuman/ringkasan materi pelajaran matematika Kelas 5 SD Semester 2 pada Bab 13 tentang Segi Banyak Beraturan dan Lingkaran, maka ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu isi dari tujuan pembelajaran yang ingin di capai pada pembelajaran di Bab 13 ini.

 

Tujuan Unit Pembelajaran Bab 13, yaitu sebagai berikut :

  • Memperdalam pemahaman bangun datar melalui aktivitas seperti observasi dan komposisi bentuk.
  • Mengerti tentang segi banyak dan segi banyak beraturan
  • Memahami tentang rasio keliling. 
  • Menggunakan 3,14 sebagai rasio keliling.

 

Baiklah untuk lebih jelasnya maka silahkan di simak sajian ringkasan/rangkuman materi matematika Kelas 5 SD Bab 13 semester 2 kurikulum merdeka di bawah ini :

 

BAB 13 " SEGI BANYAK BERATURAN DAN LINGKARAN"

Segi banyak Beraturan

Segi banyak yang semua sisinya sama panjang dan semua sudutnya sama besar disebut segi banyak beraturan.


Soal:

Gambarlah segi banyak beraturan dengan sisi 2 cm dan besar sudut sebagai berikut

1. 90°

2.  120°

3.  135°

 

Jawaban :

Berikut ini Gambar segi banyak beraturan dengan panjang sisi 2 cm dan besar sudut 900 , 1200 ,1350


Cara menggambar segi delapan beraturan


Diameter dan Keliling

Soal :

Gambarlah segi enam beraturan yang letaknya tepat di dalam lingkaran dengan jari-jari 2 cm.

1. Berapa kali diameter lingkaran dibandingkan dengan panjang sisi yang membentuk segi enam beraturan?

2. Bandingkan panjang garis lengkung yang mengitari lingkaran dengan panjang sisi yang mengitari segi enam beraturan

 

Jawaban :

1. Karena panjang sisi segi enam beraturan sama dengan panjang jari-jari lingkaran luar, panjang sisi yang mengitari segi enam beraturan adalah 3 kali diameter.

2. Panjang garis lengkung yang mengitari lingkaran lebih besar dari panjang sisi yang mengitari segi enam beraturan, sehingga panjang garis lengkung yang mengitari lingkaran lebih besar dari 3 kali diameter lingkaran.

 

Soal:

Lukislah persegi yang tepat menyentuh lingkaran dengan jari-jari 2 cm.

1. Berapa kali diameter lingkaran dibandingkan dengan panjang sisi yang membentuk persegi?  

2. Bandingkan panjang garis lengkung yang mengitari lingkaran dengan panjang sisi yang membentuk persegi.

 

Jawaban :

1. Karena panjang sisi persegi sama dengan panjang diameter lingkaran dalam, panjang sisi yang mengitari persegi adalah 4 kali diameter lingkaran tersebut.

2. Panjang garis lengkung yang mengitari lingkaran lebih kecil dari 4 kali diameter.

  • Panjang garis lengkung yang mengitari lingkaran disebut keliling. Garis yang melengkung seperti pada lingkaran disebut kurva.
  • Keliling : Diameter adalah sebuah bilangan yang sama yang nilainya tidak tergantung dari ukuran lingkaran.
  • Rasio keliling = keliling : diameter
  • Rasio keliling adalah suatu bilangan yang angka desimalnya berlanjut terus sampai tak hingga seperti 3,14159…. . Kita biasa menggunakan 3,14.

 

Soal :

Berapa cm keliling sebuah lingkaran yang diameternya 8 cm?

 

Jawaban :

Keliling  = diameter × 3,14

                = 8 x 3,14

                = 25,12

Jadi keliling lingkaran adalah 25,12 cm. 


Itulah sajian rangkuman materi matematika Kelas 5 SD Bab 13 Semester 2 Kurikulum Merdeka yang bisa admin kherysuryawan bagikan pada kesempatan ini.

 

Bagi anda yang ingin melihat materinya lebih lengkap pada mata pelajaran matematika Kelas 5 SD Bab 13 semester 2 kurikulum merdeka maka anda bisa melihat sajian materinya pada judul di bawah ini :

 

  • Buku Siswa Matematika Kelas 5 SD Semester 2 Kurikulum Merdeka Lengkap – (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai rangkuman materi pelajaran matematika Kelas 5 SD semester 2 khususnya pada materi yang ada di Bab 13 yang akan di pelajari di kurikulum merdeka pada pembelajaran semester 2. Semoga sajian materi ini dapat membantu rekan guru dan siswa dalam belajar matematika di Kelas 5 SD semester 2 kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel