Rangkuman Seni Rupa Kelas 7 Unit 3 Semester 2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Seni Rupa Kelas 7 SMP Unit 3 Semester 2 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, pada kesempatan kali ini admin akan mencoba untuk berbagi informasi pendidikan yang berhubungan dengan salah satu mata pelajaran yang akan di pelajari di kelas 7 SMP kurikulum merdeka yaitu mata pelajaran Seni Rupa.

 


Seni merupakan salah satu unsur kebudayaan manusia. Sepanjang keberadaan kita di dunia ini, salah satu yang membedakan kita baik dengan makhluk lain maupun antar kita adalah kegiatan berkesenian dan karya-karya seninya. Oleh karena itu, melalui seni kita bisa melihat dan memahami sebuah fenomena dari berbagai sudut pandang, berempati, dan juga menghargai perbedaan dan keragaman. Nilai utama dari seni adalah keindahan. Bersama dengan nilai kebenaran dari ilmu pasti, dan nilai kebaikan dari ilmu sosial kemanusiaan; nilai keindahan memampukan seseorang untuk menjalani hidup yang bermakna.

 

Seni rupa merupakan salah satu bentuk seni. Seni rupa mengandalkan hal-hal yang bisa dilihat dan juga proses persepsi visual. Keindahan rupa hadir dalam kehidupan sehari-hari, misalnya pada padu padan pakaian, dekorasi rumah, hias pengantin, ataupun saat menata makanan di meja (Gambar 1). Keindahan melahirkan kenyamanan dan perasaan aman, sehingga dari tingkat-tingkat yang lebih individual tersebut pembelajaran seni rupa juga bisa berdampak besar pada kemampuan kita menciptakan masyarakat yang harmonis. Maka dari itu, pembelajaran seni rupa tidak lagi difokuskan pada kemampuan artistik saja, tetapi juga bagaimana menggunakan seni rupa untuk membuat perubahan positif.

 

Disini admin kherysuryawan telah menyiapkan ringkasan/rangkuman materi pelajaran untuk mata pelajaran seni rupa kelas 7 kurikulum merdeka. Adapun rangkumannya yaitu mengulas tentang materi yang ada pada Unit 3 dengan judul “Membuat Tipografi Dan Logo” yang akan di pelajari pada mata pelajaran seni rupa kelas 7 SMP Semester 2.

 

Sebagai informasi bahwa pada materi Unit 3 “Membuat Tipografi Dan Logo” akan ada beberapa materi inti yang dipelajari di dalamnya, diantaranya yaitu sebagai berikut :

Hubungan Dengan Sejarah Seni Rupa

A. Tipografi: Mengenal Dasar Tipografi

B. Tipografi: Aplikasi Tipografi

C. Logo: Mengenal Logo

D. Logo: Membuat Logo

 

Adapun capaian pembelajaran yang di harapkan pada pembelajaran Seni Rupa Kelas 7 SMP Unit 3 “Membuat Tipografi Dan Logo” yaitu sebagai berikut ;

Capaian Pembelajaran Unit 3 :

Pada akhir materi, siswa mampu:

1. Membuat tipografi sederhana.

2. Membuat logo yang mencerminkan identitas personal peserta didik.

 

Baiklah di bawah ini sajian Rangkuman/Ringkasan materi pelajaran Seni Rupa Unit 3 “Membuat Tipografi Dan Logo” yang akan di pelajari di Semester 2 kurikulum merdeka.

 

Unit 3 Membuat Tipografi Dan Logo

Konsep Menggambar

Tipografi adalah seni menata huruf dan mengatur penyebarannya pada ruang yang tersedia. Tipografi sering dapat kita temukan dimana-mana dan menjadi bagian penting dalam mendesain khususnya desain grafis. Dalam tipografi terdapat proses mengenal jenis-jenis huruf dan juga ukuran huruf sebelum memasuki tahap mengatur penyebaran huruf pada ruang yang tersedia yang banyak kita lihat di dalam poster, cover buku, kemasan, dll.

 

Logo adalah identitas visual terhadap suatu entitas yang mempunyai kriteria khusus seperti bentuk, filosofi dan warna. Sama halnya dengan tipografi kita dapat menemukan banyak logo disekitar kita. Logo diperlukan untuk menyam[1]paikan identitas visual yang memiliki makna spesifik yang tertuang dalam kombinasi huruf, gambar, warna, dan pola. Logo dapat juga digunakan untuk menampilkan identitas personal kita.

 

HUBUNGAN DENGAN SEJARAH SENI RUPA

Tipografi di dunia mulai digunakan oleh bangsa-bangsa Viking Norwegia, Viking, Mesir dll yang kemudian berkembang di Yunani dan menyebar keseluruh Eropa. Kata tipografi berasal dari bahasa Yunani yaitu typos (bentuk) dan graphein (menulis, mengukir). Tipografi terus berkembang seiringnya perkembangan teknologi hingga saat ini. Dalam sejarah seni rupa khususnya desain tipografi adalah bagian penting yang perlu dikuasai oleh seorang desainer khususnya seorang desainer grafis. Huruf sendiri di Indonesia sudah dikenal sejak lama jauh sebelum bangsa Eropa datang ke Indonesia dimana kita bisa menemukan adanya aksara Jawa, Bali, Bugis, Makasar dan Batak. Tipografi berkembang di Indonesia pada zaman penjajahan Belanda dimana mereka mengenalkan sistem huruf Roman yang lebih general. Tipografi pada zaman penjajahan Belanda digunakan dalam penyiaran berita dan iklan dalam perdagangan.

 

Tipografi terus berkembang sejak awal ditemukannya mesin cetak dan kemudian berkembang hingga era komputerisasi seperti saat ini. Tipografi sendiri terus ber[1]tambah dan berkembang seiring berdirinya sekolah desain khususnya desain grafis. Saat ini tipografi juga berkembang menjadi bentuk- bentuk baru contohnya graffiti yang sangat dekat dengan budaya anak muda.

 

Logo pertama kali muncul pada masa Yunani kuno. Awal mula logo sangatlah sederhana, hanya berupa satu kode yang terdiri dari satu huruf atau lebih yang digabungkan. Kode tersebut digunakan untuk membentuk inisial, nama atau nama depan dari seseorang. Aplikasi logo pada saat itu diletakan pada benda-benda pribadi, lambang kekuasaan, lambang agama, dll. Seiring berkembangnya teknologi dan juga kreativitas manusia bentuk-bentuk logo menjadi berkembang dan bertam[1]bah. Sama seperti tipografi, logo juga mengalami perkembangan pesat saat sekolah desain mulai dibuat dan juga perkembangan teknologi komputer.

 

A. Tipografi : Mengenal Dasar Tipograf

Tipografi adalah seni menata huruf dan mengatur penyebarannya pada ruang yang tersedia.

Tipografi di kehidupan sehari-hari sering digunakan seperti dalam buku pelajaran, koran, komik, dll.

Kegiatan yang akan di lakukan oleh peserta didik dalam pembelajaran ini diantaranya :

a.       Peserta didik mengamati jenis jenis tipografi yang ditampilkan oleh guru.

b.       Peserta didik memilih salah satu tipografi.

c.       Peserta didik meniru salah satu tipografi dan dikerjakan di atas kertas A3 dengan menggunakan metode grid (langsung nama).

 

B. Tipografi : Aplikasi Tipograf

Dalam sub unit ini peserta didik akan mengaplikasikan pengetahuan mereka tentang tipografi secara kreatif dengan cara membuat tulisan indah dengan menggunakan nama mereka.

 

Adapun media yang akan di gunakan dalam pembelajaran ini yaitu :

Kertas, pensil, pewarna (pensil warna, krayon, cat poster/cat air).

 

Kegiatan yang akan di lakukan peserta didik :

1. Mengaplikasikan tipografi ke dalam sebuah karya

a. Peserta didik memilih jenis tipografi yang akan dipakai.

b. Peserta didik memilih karakter apa yang mereka tampilkan dalam tipografi yang mereka akan buat.

c. Peserta didik mengaplikasikan karya dalam kertas A3 dengan menggunakan pensil.

d. Peserta didik mewarnai dan menghias karya tipografi yang sudah dibuat.

 

C. Logo : Mengenal Logo

Logo adalah identitas visual terhadap suatu entitas yang mempunyai kriteria khusus seperti bentuk, filosofi dan warna. Pada sub unit 3.3 ini peserta didik akan diajak untuk mengenal pengertian tentang logo dan juga manfaatnya. Para peserta didik akan diajak untuk mengamati beberapa contoh logo yang ada disekitar kita agar mereka dapat mengerti tentang elemen-elemen dasar dari sebuah logo.

 

Media yang akan di gunakan pada pembelajaran ini adalah :

Kertas, pensil, pewarna (pensil warna, krayon, cat poster/cat air).

 

Pada pembelajaran ini peserta didik diharapkan memahami pengertian tentang logo dan pentingnya logo dalam kehidupan kita dengan menggunakan contoh-contoh logo dari perusahaan terkenal dari dalam dan luar negeri. Logo memberikan informasi kepada orang yang melihatnya tentang nilai dan tujuan dari perusahaan tersebut. Logo juga memberikan dapat memiliki efek pengenalan yang cepat kepada para konsumen. (Contohnya beberapa logo yang sudah terkenal Coca- Cola, Nike, Apple, Youtube dll).

 

D. Logo : Membuat Logo

Elemen dasar dalam pembuatan logo yaitu bentuknya harus sederhana, logo mudah diingat, logo harus sesuai dengan tujuan dari perusahaan atau merek yang diwakilkan. Logo juga harus dikemas dalam bentuk yang unik. Selain itu, di dalam logo ini dapat ditambahkan gambar ataupun bentuk geometris maupun organis untuk menambah keindahan logo.

 

Itulah rangkuman seni rupa kelas 7 Unit 3 untuk Semester 2 kurikulum merdeka yang bisa admin kherysuryawan sajikan melalui artikel ini. Bagi anda yang ingin melihat materinya lebih lengkap lagi maka anda bisa langsung mendapatkannya pada buku teks pelajaran seni rupa kelas 7 SMP kurikulum merdeka yang telah admin bagikan di bawah ini :

 

  • Buku Siswa & Guru Seni Rupa Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka – (DISINI)

 

Demikianlah sajian ringkasan/rangkuman materi pelajaran Seni Rupa Kelas 7 SMP Unit 3 Tentang “Membuat Tipografi Dan Logo” yang bisa admin kherysuryawan sampaikan pada kesempatan ini. Semoga postingan ini bermanfaat bagi sahabat pendidikan yang membutuhkannya.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel