Jadwal, Syarat dan Cara Daftar KIP Kuliah Tahun 2024

Kherysuryawan.id – Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah 2024, Cara daftar KIP Kuliah 2024 dan Persyaratan Pendaftaran KIP Kuliah 2024.

Sahabat Pendidikan yang berbahagia, saat ini bagi setiap mahasiswa yang merasa memiliki hak untuk mendapatkan bantuan pendidikan kuliah dalam bentuk uang tunai dengan catatan merupakan mahasiswa/mahasiswi yang kurang mampu dan terkendala dengan biaya kuliah maka kini ada jalan terbaik yang bisa di tempuh sebagai solusi untuk mangatasi hal tersebut sehingga nantinya semua bisa kuliah dengan baik hingga selesai dan bisa menjadi sarjana. Salah satu cara yang terbaik yaitu dengan cara mendapatkan bantuak PIP melalui KIP Kuliah.

 


Nah, pada postingan kali ini admin kherysuryawan akan memberikan informasi tentang cara untuk mendapatkan KIP Kuliah dengan cara melakukan pendaftaran sehingga nantinya bisa mendapatkan KIP Kuliah dan bisa mendapatkan Bantuan Pendidikan dalam bentuk uang tunai yang di sebut dengan Bantuan PIP (Program Indonesia Pintar).

 

Sebagai informasi bahwa PIP adalah bantuan berupa uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik dan mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin/rentan miskin untuk membiayai pendidikan. Hal ini menjadi dasar komitmen pemerintah yang menempatkan akses pendidikan tinggi bagi seluruh masyarakat sebagai salah satu prioritas pembangunan. PIP Pendidikan Tinggi untuk mahasiswa diberikan dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP Kuliah.

 

Lantas bagaimana cara untuk mendaftar KIP Kuliah dana pa saja persyaratan serta kapan jadwal pelaksanaan pendaftaran KIP Kuliah ??? Tenang saja sebab pada postingan ini admin kherysuryawan akan memberikan informasi terlengkapnya seputar jadwal, syarat dan cara melakukan pendaftaran KIP Kuliah untuk tahun 2024.

 

# PERSYARATAN PENERIMA KIP KULIAH

1.     Penerima KIP Kuliah Merdeka adalah lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), atau bentuk lain yang sederajat yang lulus pada tahun berjalan atau maksimal lulus 2 (dua) tahun sebelumnya.

2.     Telah lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui semua jalur masuk Perguruan Tinggi Akademik atau Perguruan Tinggi Vokasi baik PTN atau PTS yang telah terakreditasi pada Program Studi yang juga telah terakreditasi secara resmi dan tercatat pada sistem akreditasi nasional perguruan tinggi.

3.     Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi atau berasal dari keluarga miskin/ rentan miskin dan/atau dengan pertimbangan khusus, yang didukung bukti dokumen yang sah.

 

# PERSYARATAN EKONOMI SEBAGAI KIP KULIAH MERDEKA TAHUN 2024

Persyaratan ekonomi penerima KIP Kuliah Merdeka adalah mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin/rentan miskin yang dibuktikan dengan:

1.     Mahasiswa pemegang atau pemilik Kartu Indonesia Pintar (KIP) Pendidikan Menengah.

2.     Mahasiswa dari keluarga yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau menerima program bantuan sosial yang ditetapkan oleh kementerian yang menangani urusan pemerintahan di bidang sosial seperti:

a.     Mahasiswa dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH).

b.     Mahasiswa dari keluarga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

3.     Masuk dalam kelompok masyarakat miskin/rentan miskin maksimal pada desil 3 (tiga) Data Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (PPKE) yang ditetapkan oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

4.     Mahasiswa dari panti sosial/panti asuhan.

5.     Jika calon penerima tidak memenuhi salah satu dari 4 kriteria di atas, maka dapat tetap mendaftar untuk mendapatkan KIP Kuliah Merdeka selama memenuhi persyaratan miskin/rentan miskin sesuai dengan ketentuan, yang dibuktikan dengan:

a.     Bukti pendapatan kotor gabungan orang tua/wali paling banyak Rp4.000.000 setiap bulan atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga paling banyak Rp750.000;

b.     Bukti keluarga miskin dalam bentuk Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang dikeluarkan dan dilegalisasi oleh pemerintah, minimum tingkat desa/kelurahan untuk menyatakan kondisi suatu keluarga yang termasuk golongan miskin atau tidak mampu.

 

# JADWAL PENTING KIP KULIAH MERDEKA 2024

Proses Seleksi Masuk SNBP

Registrasi Akun SNPMB

: 8 Januari - 15 Februari 2024

Siswa Pendaftaran SNBP

: 26 Maret 2024

Pengumuman Hasil SNBP

: 14 - 28 Februari 2024

 

Proses Seleksi Masuk UTBK-SNBT

Registrasi Akun SNPMB Siswa 

: 8 Januari - 15 Februari 2024

Pendaftaran UTBK-SNBT  

: 21 Maret - 5 April 2024

Pelaksanaan UTBK Gelombang I 

: 30 April dan 02 – 07 Mei 2024 

Pelaksanaan UTBK Gelombang II 

: 14 – 20 Mei 2024 

Pengumuman Hasil SNBT 

: 13 Juni 2024

Masa Unduh Sertifikat UTBK

: 17 Juni – 31 Juli 2024

 

Proses KIP Kuliah Merdeka

Registrasi/Pendaftaran Akun KIP-K*

: 12 Februari - 31 Oktober 2024

Seleksi KIP-K di Perguruan Tinggi

: 1 Juli - 31 Oktober 2024

Penetapan Penerima Baru

: 1 Juli - 31 Oktober 2024

 

# PENDAFTARAN KIP KULIAH MERDEKA

Tata cara pendaftaran KIP Kuliah Merdeka untuk seluruh jalur masuk (SNBP, SNBT, dan Mandiri) dilakukan secara online melalui laman KIP Kuliah Merdeka yaitu https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/

 

Penerima KIP Kuliah Merdeka ditetapkan oleh Puslapdik atas usulan perguruan tinggi setelah mahasiswa melakukan registrasi dan diterima secara resmi sebagai mahasiswa aktif di perguruan tinggi.

 

Pendaftaran akun di laman KIP Kuliah Merdeka dilakukan melalui dua cara:

1.     Siswa mendaftar secara mandiri.

2.     Perguruan Tinggi mendaftarkan mahasiswa yang sudah diterima dan melakukan registrasi.

 

Untuk pendaftaran akun di laman KIP Kuliah Merdeka, calon penerima harus memasukkan data yang valid di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kemendikbudristek sebagai berikut:

1. Nomor Induk Kependudukan (NIK);

2. Nomor Induk Siswa Nasional (NISN); dan

3. Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN).

 

Calon penerima juga harus memiliki email yang aktif untuk pengiriman Nomor Pendaftaran dan Kode Akses setelah sistem KIP Kuliah Merdeka berhasil melakukan validasi NIK, NISN, dan NPSN.

 

# TAHAPAN PENDAFTARAN KIP KULIAH MERDEKA

1.     Siswa melakukan Pendaftaran Akun secara mandiri melalui laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/

2.     Pada saat pendaftaran, siswa memasukkan NIK, NISN, NPSN, dan alamat email yang aktif;

3.     Sistem KIP Kuliah Merdeka selanjutnya akan melakukan validasi NIK, NISN, dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah Merdeka;

Jika proses validasi berhasil, Sistem KIP Kuliah Merdeka selanjutnya akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan. Pastikan siswa mendaftarkan email yang aktif agar dapat melihat kode akses yang dikirimkan.

4.     Siswa masuk ke dalam laman KIP Kuliah Merdeka dengan memasukkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses untuk menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah Merdeka dan memilih proses seleksi yang akan diikuti (SNBP/SNBT/Mandiri);

5.     Siswa menyelesaikan proses pendaftaran di laman KIP Kuliah Merdeka sesuai jalur seleksi yang dipilih melalui jalur SNBP/SNBT/Mandiri;

6.     Bagi calon penerima KIP Kuliah Merdeka yang telah dinyatakan diterima di perguruan tinggi, dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh perguruan tinggi sebelum diusulkan ke Puslapdik sebagai mahasiswa penerima KIP Kuliah Merdeka.

 

UNTUK MENGETAHUI INFO LEBIH LEBNGKAPNYA MAKA SILAHKAN ANDA UNDUH PEDOMAN PENDAFTARAN KIP KULIAH MERDEKA TAHUN 2024 → (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai persyaratan pendaftaran KIP Kuliah, Jadwal Pelaksanaan Pendaftaran KIP Kuliah serta Tahapan/Cara melakukan pendaftaran KIP Kuliah Tahun 2024. Semoga postingan ini dapat membantu sahabat pendidikan khususnya yang berada di perguruan tinggi dalam mendapatkan informasi seputar KIP Kuliah di Tahun 2024 ini.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel