Buku Guru dan Siswa Seni Teater Kelas 9 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Buku Guru Seni Teater Kelas 9 SMP/Mts Kurikulum Merdeka dan Buku Siswa Seni Teater Kelas 9 SMP/Mts Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, pada kesempatan kali ini admin akan membahas tentang buku teks pelajaran yang akan di gunakan pada pembelajaran di kurikulum merdeka. Salah satu mata pelajaran yang akan dipelajari pada kurikulum merdeka yaitu mata pelajaran Seni Budaya.

 


Kita ketahui bersama bahwa mata pelajaran Seni Budaya terdiri atas Seni Teater, Seni Musik, Seni Tari dan Seni Rupa. Dari ke 4 jenis seni tersebut semuanya telah di siapkan buku teks pelajaran untuk dapat digunakan pada pembelajaran di kurikulum merdeka.

 

Secara khusus pada postingan ini admin akan membagikan buku teks pelajaran untuk mata pelajaran Seni Teater Kelas 9 SMP Kurikulum Merdeka. Nantinya mata pelajaran seni Teater akan dipelajari di kelas 9 kurikulum merdeka sehingga sangat penting bagi guru dan siswa memiliki buku teks pelajarannya sebagai bahan dan sarana pembelajaran.

 

Berikut ini ulasan mengenai Buku teks pelajaran Seni Teater yang telah disiapkan untuk kelas 9 kurikulum merdeka :

Pendidikan seni teater di sekolah membutuhkan materi pembelajaran yang komprehensif agar peserta didik menguasai pengetahuan, kete rampilan, dan sikap yang dapat dijadikan dasar dalam membentuk insan yang cerdas, terampil, dan berwawasan luas. Melalui pendidikan seni teater diharapkan akan terbentuk insan yang bertaqwa, menghargai sesama, peduli terhadap lingkungan, dan menghargai perbedaan dalam kehidupan masyarakat yang berbhineka Tunggal Ika.

 

Pembelajaran seni teater di sekolah pada dasarnya merupakan pen didikan berbasis budaya bangsa yang akan membentuk jati diri peserta didik. Seni teater yang bersifat kolektif memberi ruang pada peserta didik untuk mempelajari keragaman seni di Nusantara. Keragaman seni di Nusantara memberikan pemahaman yang baik tentang pluralitas bang-sa sebagai suatu kekayaan yang dapat dipakai untuk membentuk iden-titas diri, baik seni tradisonal maupun seni modern.

 

Materi pembelajaran Seni Teater Kelas 9 tentang teater nonrealis. Suatu bentuk dan gaya pertunjukan teater yang berciri stilistik dan sim bolik. Stilistik merupakan suatu bentuk dan gaya yang dilebihkan, di gayakan, diperindah, atau dipiuhkan. Disebut simbolik karena gaya ung kapnya sarat menggunakan tanda-tanda yang bersifat metaforis. Teater nonrealis dapat ditemukan pada bentuk teater-teater tradisional, baik yang bersifat istana sentris maupun kerakyatan. Contohnya gambuh di Bali, randai di ranah Minang, wayang orang dan ketoprak di Jawa, dan sebagainya. Dalam tradisi teater Barat, teater nonrealis dapat ditemu kelani pada teater Yunani Klasik atau teater-teater pascarealisme.

 

Materi teater nonrealis dalam buku ini meliputi pengenalan akting stilistik, bermain teknik improvisasi, merancang cerita, belajar menjadi sutradara, merancang dan membuat tata artistik, dan memproduksi pertunjukan teater.

 

Sebagai informasi bahwa buku teks pelajaran seni Teater kelas 9 SMP kurikulum  merdeka telah di siapkan oleh pusat perbukuan dalam bentuk pdf sehingga akan sangat mudah untuk digunakan baik sebagai bahan belajar di sekolah maupun sebagai bahan belajar di rumah.

 

Baiklah bagi anda yang membutuhkan buku teks pelajaran seni Teater kelas 9 SMP Kurikulum Merdeka, maka silahkan dapatkan filenya di bawah ini :

 

  • Buku Guru Seni Teater Kelas 9 SMP Kurikulum Merdeka – (DISINI)
  • Buku Siswa Seni Teater Kelas 9 SMP Kurikulum Merdeka – (DISINI)

 

DAPATKAN JUGA :

👉 Buku Guru & Siswa Kelas 9 Kurikulum Merdeka Semua Mata Pelajaran


Demikianlah informasi yang bisa admin kherysuryawan bagikan mengenai buku teks pelajaran seni Teater kelas 9 kurikulum merdeka. Semoga informasi ini bisa menjadi bermanfaat bagi bapak/ibu guru khususnya yang membutuhkan buku teks seni Teater untuk pembelajaran di kelas 9 SMP kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel