Contoh KOSP SD Kurikulum Merdeka Format Word

Kherysuryawan.id – Contoh Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) SD Terbaru Kurikulum Merdeka format word (Doc).

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, pada postingan kali ini admin akan membahas tentang Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) yang merupakan salah satu dokumen penting yang harus di buat dan disiapkan oleh setiap satuan pendidikan.

 


Saat ini semua satuan pendidikan telah menggunakan kurikulum merdeka, dan untuk kelancaran proses pembelajaran di sekolah maka pihak sekolah harus membuat KOSP yang nantinya akan menjadi dasar dan pedoman bagi sekolah dalam pengembangan dan peningkatan mutu satuan pendidikan.

 

Sebagai informasi bahwa Pada struktur Kurikulum Merdeka, Kurikulum Opersional Satuan Pendidikan (KOSP) disusun berdasarkan kerangka dasar dan struktur yang ditetapkan secara nasional, visi misi, serta karakteristik satuan pendidikan.

Penyusunan KOSP perlu mendapatkan perhatian khusus dalam rangka mencapai tujuan pelaksanaan pembelajaran di satuan pendidikan. Setiap satuan pendidikan memiliki karakter kurikulum yang berbeda-beda. KOSP ini menjadi bagian yang penting karena akan dijadikan acuan dalam menjalankan proses pembelajaran di sekolah. Oleh karena itu, dalam penyusunannya harus disesuaikan dengan keadaan yang sebenarnya di satuan pendidikan.

 

Setiap sekolah diwajibkan untuk membuat Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) sebab Tujuan penyusunan KOSP adalah untuk memberikan pedoman bagi tenaga pendidik dalam menyelenggarakan pembelajaran yang relevan, efektif, dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik serta tuntutan perkembangan zaman dan dunia kerja.

 

Perlu untuk di ketahui bahwa dalam proses pembuatan KOSP ada beberapa komponen yang nantinya akan termuat dalam penyusunan KOSP, diantaranya yaitu sebagai berikut :

  1. Dokumen 1 yang disebut dengan Buku I KOSP berisi sekurang-kurangnya visi, misi, tujuan, muatan, pengaturan beban belajar, dan kalender pendidikan
  2. Dokumen 2 yang disebut dengan Buku II KOSP berisi Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)
  3. Dokumen 3 yang disebut dengan Buku III KOSP berisi Modul Pembelajaran

 

Berbicara mengenai KOSP maka melalui postingan ini admin kherysuryawan akan mencoba untuk berbagi file contoh KOSP yang dapat di jadikan sebagai referensi bagi sekolah-sekolah yang belum membuat dan belum memiliki KOSP. Adapun contoh KOSP yang akan admin bagikan disini ialah KOSP untuk sekolah jenjang SD.

 

File contoh KOSP jenjang SD yang akan admin bagikan pada kesempatan ini telah disimpan dalam format word, sehingga akan sangat mudah untuk digunakan serta bagi anda yang ingin menggunakan dan ingin mengeditnya maka anda bisa melakukannya dengan mudah sesuai kebutuhan. Namun perlu untuk di perhatikan bahwa file KOSP SD ini hanyalah contoh saja dan bisa dijadikan sebagai referensi bagi sekolah yang ingin menyusun KOSP disekolahnya masing-masing.

 

Baiklah bagi anda yang membutuhkan file contoh KOSP jenjang SD format doc (word), maka silahkan dapatkan filenya yang telah admin kherysuryawan siapkan di bawah ini :

 

  • KOSP SD Format Word - (DISINI)


Demikianlah informasi yang bisa admin kherysuryawan bagikan mengenai Contoh Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) SD Terbaru Kurikulum Merdeka format word (Doc). Semoga file tersebut bisa menjadi referensi dan bermanfaat bagi setiap satuan pendidikan yang membutuhkannya khususnya untuk Sekolah Dasar (SD).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel