Kisi-Kisi TKA Bahasa Indonesia SD Tahun 2025/2026
Kherysuryawan.id – Kisi-Kisi Tes Kemampuan Akademik (TKA) Bahasa Indonesia Kelas 6 SD Terbaru Tahun 2025/2026.
Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, selamat
berjumpa kembali di website pendidikan ini. Pada kesempatan kali ini admin akan
memberikan informasi seputar pelaksanaan Tes Kemampuan Akademik yang akan
segera di mulai di masing-masing satuan pendidikan mulai dari jenjang SD, SMP
hingga SMA.
Tes Kemampuan Akademik atau yang biasa di singkat dengan
TKA akan di ikuti oleh siswa-siswi yang berada di tingkat akhir. Sebagai contoh
untuk jenjang SD maka siswa-siswi yang akan mengikuti ialah siswa-siswi yang
berada di kelas 6 SD. TKA menjadi sebuah tes/ujian yang sangat penting bagi
siswa yang akan melanjutkan pendidikannya ke tahap jenjang berikutnya.
Tes Kemampuan Akademik (TKA) bukanlah evaluasi untuk
menentukan kelulusan siswa dari satuan pendidikan. Evaluasi penentuan kelulusan
siswa tetap menjadi kewenangan pendidik dan satuan pendidikan. Karena itu tidak
semua mata pelajaran yang ada dalam kurikulum menjadi mata uji dalam Tes
Kemampuan Akademik (TKA).
Seperti pada jenjang Sekolah Dasar (SD) nantinya mata
pelajaran yang akan di ujikan ada 2, yakni mata pelajaran Bahasa Indonesia dan
mata pelajaran Matematika. Khusus untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, para
peserta dalam hal ini murid yang akan mengikuti Tes Kemampuan Akademik (TKA)
maka harus bisa mempersiapkan diri dengan baik agar nantinya bisa mengikuti
ujian TKA dengan baik sehingga bisa mendapatkan hasil yang sesuai dengan
harapan.
Salah satu cara terbaik dalam mempersiapkan diri sebelum
mengikuti Tes Kemampuan Akademik (TKA) khusus bagi peserta jenjang SD maka hal
pertama yang harus di lakukan ialah mengetahui kisi-kisi materi yang akan di
ujikan pada pelaksanaan Tes Kemampuan Akademik (TKA) nantinya. Melalui postingan
ini admin telah menyiapkan salah satu kisi-kisi TKA untuk jenjang SD yakni
untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Kisi-kisi TKA Bahasa Indonesia jenjang SD yang akan admin
jabarkan disini dapat dijadikan sebagai acuan atau dasar bagi murid dalam belajar
sehingga bisa mempersiapkan diri dengan baik saat mengikuti Tes Kemampuan
Akademik (TKA) nantinya. Seluruh kisi-kisi Tes Kemampuan Akademik (TKA) untuk
mata pelajaran Bahasa Indonesia jenjang SD ini telah sesuai dengan panduan
tentang kerangka asesmen Tes Kemampuan Akademik yang di tetapkan oleh
kementerian pendidikan.
Baiklah untuk anda yang ingin mengetahui apa saja muatan
dan kompetensi yang masuk sebagai kisi-kisi TKA pada mata pelajaran Bahasa
Indonesia jenjang SD, maka silahkan lihat penjabaran kisi-kisi nya di bawah ini
:
KISI-KISI TKA BAHASA INDONESIA SD TERBARU
TKA Bahasa Indonesia SD/MI/sederajat difokuskan pada
salah satu keterampilan berbahasa, yakni membaca. Membaca dipilih sebagai fokus
karena merupakan keterampilan yang menjadi fondasi untuk terus belajar dan
bekerja pada era teknologi yang berubah dan berkembang sangat cepat.
Muatan
Keterampilan membaca diujikan pada dua jenis teks, yaitu
teks informasi dan teks fiksi.
- Teks informasi merupakan teks yang berisi fakta sederhana dari berbagai bidang atau topik serta berskala lokal dan nasional.
- Teks fiksi merupakan cerita rekaan yang dapat berupa fantasi atau faktual (sejarah/biografi) dengan latar cerita konkret, tokoh berkarakter datar, konflik tunggal dengan penyelesaian tertutup, alur maju, dan sudut pandang orang pertama.
Teks yang digunakan TKA memiliki karakteristik kosakata,
kalimat, dan wacana sebagai berikut.
- Karakteristik kosakata: kata dasar, kata berimbuhan, kata konkret, dominan makna denotatif, makna konotatif konteks terbatas.
- Karakteristik kalimat: jumlah kata 3–7 per kalimat, pola kalimat dasar SPOK, struktur bahasa tulis bercampur bahasa lisan terbatas.
- Karakteristik wacana: kohesi pengacuan/referensi, konjungsi antarparagraf penambahan/penjelasan; panjang teks 150–200 kata (kecuali teks puisi).
Kompetensi
Aspek keterampilan membaca yang diukur adalah:
- mengidentifikasi informasi tersurat dalam teks;
- menyusun ulang, mengelompokkan, membuat ikhtisar, dan menyajikan kembali informasi tersurat dalam teks;
- mengidentifikasi dan menyimpulkan informasi tersirat dalam teks;
- menilai gagasan, fakta, atau opini dalam teks; dan
- menanggapi isi teks, merefleksi diri dengan tokoh atau kejadian, dan menanggapi bahasa penulis dalam teks.
Aspek-aspek tersebut dikelompokkan ke dalam tiga
kompetensi, yaitu:
- pemahaman tekstual, yaitu kemampuan untuk memahami informasi yang dikemukakan secara eksplisit, mengelompokkan, menyusun ulang, dan menyajikan kembali informasi secara eksplisit dari teks;
- pemahaman inferensial, yaitu kemampuan untuk menarik kesimpulan berdasarkan informasi yang tersirat dalam teks; dan
- evaluasi dan apresiasi, yaitu kemampuan untuk membuat penilaian terhadap ide, menanggapi teks secara emosional dan estetis dengan mempertimbangkan dampaknya terhadap perasaan, imajinasi, serta penggunaan bahasa oleh penulis.
Tabel berikut menjabarkan subkompetensi yang terkandung
dalam masing-masing kompetensi:
|
NO |
KOMPETENSI |
SUBKOMPETENSI |
|
1 |
Pemahaman Tekstual |
Mengidentifikasi penggunaan kosakata umum dan khusus dalam berbagai
bidang. |
|
Mengidentifikasi objek berdasarkan kosakata yang digunakan dalam teks
fiksi atau nonfiksi. |
||
|
Menyusun kembali informasi dari teks dalam bentuk ikhtisar/bagan. |
||
|
Mengidentifikasi informasi tersurat dalam teks. |
||
|
2 |
Pemahaman Inferensial |
Menyimpulkan ide pokok, gagasan pendukung, amanat, tokoh, peristiwa,
dan/atau nilai-nilai dalam teks. |
|
Menyimpulkan perubahan sederhana pada objek, karakter, dan/atau latar
dalam teks fiksi atau nonfiksi. |
||
|
Menjelaskan makna ungkapan yang digunakan dalam teks. |
||
|
3 |
Evaluasi dan Apresiasi |
Menilai relevansi peristiwa dalam teks dengan kehidupan sehari-hari
berdasarkan pengalaman atau pengetahuan pribadi. |
|
Menilai kesesuaian antarunsur dan/atau antarinformasi dalam teks. |
||
|
Menyimpulkan respons emosional terhadap unsur teks fiksi. |
Demikianlah informasi mengenai kisi-kisi Tes Kemampuan
Akademik (TKA) untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia jenjang Sekolah Dasar,
semoga apa yang telah admin sampaikan ini dapat menjadi referensi bagi guru SD
maupun bagi seluruh murid jenjang SD dalam mempersiapkan diri menghadapi
pelaksanaan Tes Kemampuan Akademik yang akan di selenggarakan di sekolah
masing-masing.