CARA TARIK PESERTA DIDIK BARU DAN SISWA PINDAHAN DI DAPODIK SECARA ONLINE

Salam Satu Data,
Pada kesempatan ini kherysuryawan.id akan berbagi sedikit mengenai cara penarikan data peserta didik atau menambah peserta didik baru maupun siswa pindahan/mutasi ke dalam aplikasi dapodikdasmen versi 2020 secara online.
Sebagai seorang operator sekolah pekerjaan Dapodik merupakan pekerjaan utama yang harus diselesaikan disekolah. Apalagi jika sudah memasuki tahun ajaran baru maka biasanya aplikasi dapodik mengeluarkan atau merilis aplikasi terbaru yang akan digunakan di tahun ajaran baru.
Di aplikasi dapodik 2020 cara melakukan tarik peserta didik baru atau siswa pindahan kini di lakukan dengan cara dan penampilan yang sedikit berbeda dari sebelumnya.
Apabila anda memiliki permasalahan yang belum mendapatkan solusi dalam hal pengerjaan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020, maka anda dapat membaca mengenai TANYA JAWAB SEPUTAR DAPODIK VERSI 2020 untuk mengetahui solusi dari masalah yang sering di hadapi oleh seorang operator dapodik dalam mengerjakan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020.
Pada aplikasi dapodik versi 2020 terdapat beberapa perubahan terutama mengenai cara untuk melakukan penambahan peserta didik baru atau penambahan siswa pindahan.

Disaat memasuki tahun ajaran baru pekerjaan sebagai seorang operator dapodik pastilah sangat banyak karena pekerjaan rutin yang harus dilakukan yaitu menaikkan kelas peserta didik dan juga menginput peserta didik baru serta mengatur jam pelajaran sesuai dengan hasil rapat sekolah masing-masing. Namun pekerjaan tersebut akan terasa ringan jika kita bisa melakukannya dengan niat dan usaha yang besar, apalagi sebagai seorang operator dapodik yang sudah berpengalaman pekerjaan tersebut rasanya sudah diluar otak karena dapat di ibaratkan sebagai makanan pokok sehari-hari.

Setelah dapodik versi 2020 di rilis maka tugas pertama yang harus dilakukan oleh seorang operator dapodik adalah menaikkan kelas peserta didiknya dari tingkat sebelumnya ke tingkat yang lebih tinggi.
Meskipun banyak operator sekolah yang sudah mahir dalam mengolah data dapodik namun belum tentu hal tersebut berlaku bagi para operator yang baru saja di tugaskan untuk menangani data dapodik di sekolahnya. Oleh sebab itulah pada kesempatan ini saya ingin berbagi kepada rekan-rekan operator yang mungkin masih belum mengetahui cara mudah untuk menginput data peserta didik baru melalui system tarik peserta didik baru secara online kedalam aplikasi dapodik.

Cara ini sangat memudahkan para operator dapodik karena tidak perlu lagi menginput data peserta didik baru secara manual melainkan cukup menarik data peserta didik baru dari sekolah asalnya menuju sekolah baru yang akan di tempatinya. Jika data siswa tersebut telah berhasil ditarik dan masuk di sekolah baru maka tugas kita sebagai operator dapodik tinggal melengkapi data – data penunjang yang belum terisi pada aplikasi dapodik.

Selain dapat menarik data peserta didik baru cara ini juga dapat digunakan untuk menambah siswa pindahan atau mutasi dari sekolah asalnya menuju sekolah baru. Tetapi cara ini dapat dilakukan apabila siswa pindahan tersebut telah berhasil di mutasikan dari sekolah asalnya.
Hal itu juga berlaku bagi siswa baru yang akan di tarik datanya dimana siswa tersebut harus sudah di keluarkan dengan cara meluluskan siswa tersebut dari sekolah asalnya.

Baiklah berikut ini saya akan menjelaskan cara untuk menarik data peserta didik baru maupun siswa pindahan/mutasi ke dalam aplikasi dapodik secara online.
  • Kemudian silahkan anda login menggunakan username dan password dapodik sekolah anda
  • Maka akan muncul gambar informasi akun seperti pada gambar berikut, dan lanjutkan dengan mengklik tulisan “ kelola data pokok”
  • Jika sudah maka akan tampil seperti pada gambar di bawah ini, lalu pilih menu “Peserta Didik”
  • Setelah itu klik tulisan “tambah peserta didik” seperti pada gambar di bawah
  • Maka akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah.
Untuk Pengisiannya berikut ini penjelasannya:
  • Pada kolom pilihan “sumber data” silahkan pilih sesuai dengan jenis peserta didik yang akan di tarik.Apakah peserta didik yang akan di tarik tersebut berasal dari sekolah yang menggunakan aplikasi dapodik atau peserta didik tersebut berasal dari luar dapodik.
  • Jika peserta didik yang akan di tarik tersebut berasal dari sekolah yang menggunakan aplikasi dapodik maka silahkan pilih “ TARIK PD DAPODIK” namun jika peserta didik yang akan di tarik tersebut berasal dari sekolah yang tidak menggunakan aplikasi dapodik maka silahkan pilih “TAMBAH PD DI LUAR DAPODIK
  • Pada pilihan “Propinsi” : silahkan isi sesuai dengan propinsi tempat sekolah asal peserta didik yang akan di tarik
  • Pada pilihan “Kabupaten” : silahkan isi sesuai dengan kabupaten tempat sekolah asal peserta didik yang akan di tarik
  • Pada pilihan “Kecamatan” : silahkan isi sesuai dengan kecamatan tempat sekolah asal peserta didik yang akan di tarik
  • Pada pilihan “Sekolah asal” : silahkan isi sesuai dengan nama sekolah asal tempat peserta didik yang akan di tarik datanya
  • Pada pilihan “Tahun Lulus” : silahkan isi sesuai dengan tahun kelulusan peserta didik tersebut

Jika semua pilihan tersebut telah diisi degan benar, maka silahkan lanjutkan dengan mengklik tulisan
Tampilkan” dengan tujuan agar seluruh nama-nama peserta didik yang akan di tarik dari sekolah tersebut muncul dan terlihat.
Sebagai contohnya berikut ini tampilan nama-nama siswa yang siap untuk dilakukan penarikan datanya ke dalam aplikasi dapodikdasmen versi 2020.
Untuk memilih nama-nama siswa yang sesuai dengan daftar PPDB yang akan di tarik ke dalam aplikasi dapodik versi 2020 maka silahkan anda ceklis satu persatu nama-nama siswa yang akan di tarik tersebut kemudian jika semua nama-nama peserta didik telah di pilih maka langkah terakhir silahkan klik “ SIMPAN”.
Apabila anda telah berhasil melakukan seluruh tahapan di atas, maka data peserta didik yang telah anda tarik tersebut akan masuk ke dalam aplikasi dapodik sekolah anda setelah anda melakukan syncronisasi dapodik dan Jika anda telah berhasil melakukan syncronisasi dapodik maka secara otomatis nama-nama peserta didik yang telah anda tarik tadi akan masuk kedalam aplikasi dapodik sekolah anda masing-masing.

UNTUK MELAKUKAN TARIK DATA PESERTA DIDIK PINDAHAN MAKA ANDA DAPAT MELAKUKANNYA DENGAN CARA YANG SAMA SEPERTI YANG TELAH SAYA JELASKAN DI ATAS, YAITU ANDA CUKUP MEMILIH SEKOLAH ASAL TEMPAT PESERTA DIDIK TERSEBUT BERASAL DAN UNTUK SEKOLAH TUJUANNYA SUDAH SECARA OTOMATIS AKAN TERISI SEBAGAI SEKOLAH ANDA.

Demikian tutorial mengenai cara menarik data peserta didik baru dan siswa pindahan kedalam aplikasi dapodik versi terbaru, semoga artikel ini dapat bermanfaat buat anda yang membutuhkannya.

0 Response to "CARA TARIK PESERTA DIDIK BARU DAN SISWA PINDAHAN DI DAPODIK SECARA ONLINE"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel