CARA TARIK PESERTA DIDIK BARU DAN SISWA PINDAHAN DI DAPODIK SECARA ONLINE

Kherysuryawan.id - Cara Tarik Siswa Baru di Aplikasi Dapodik Versi 2023.
Salam Satu Data,
Pada kesempatan ini kherysuryawan.id akan berbagi sedikit mengenai cara penarikan data peserta didik atau menambah peserta didik baru maupun siswa pindahan/mutasi ke dalam aplikasi dapodik secara online.
Sebagai seorang operator sekolah pekerjaan Dapodik merupakan pekerjaan utama yang harus diselesaikan disekolah. Apalagi jika sudah memasuki tahun ajaran baru maka biasanya aplikasi dapodik mengeluarkan atau merilis aplikasi terbaru yang akan digunakan di tahun ajaran baru.

Disaat memasuki tahun ajaran baru pekerjaan sebagai seorang operator dapodik pastilah sangat banyak karena pekerjaan rutin yang harus dilakukan yaitu menaikkan kelas peserta didik dan juga menginput peserta didik baru serta mengatur jam pelajaran sesuai dengan hasil rapat sekolah masing-masing. Namun pekerjaan tersebut akan terasa ringan jika kita bisa melakukannya dengan niat dan usaha yang besar, apalagi sebagai seorang operator dapodik yang sudah berpengalaman pekerjaan tersebut rasanya sudah diluar otak karena dapat di ibaratkan sebagai makanan pokok sehari-hari.

Setelah dapodik versi 2023 di rilis maka tugas pertama yang harus dilakukan oleh seorang operator dapodik adalah menaikkan kelas peserta didiknya dari tingkat sebelumnya ke tingkat yang lebih tinggi.
Meskipun banyak operator sekolah yang sudah mahir dalam mengolah data dapodik namun belum tentu hal tersebut berlaku bagi para operator yang baru saja di tugaskan untuk menangani data dapodik di sekolahnya. Oleh sebab itulah pada kesempatan ini saya ingin berbagi kepada rekan-rekan operator yang mungkin masih belum mengetahui cara mudah untuk menginput data peserta didik baru melalui system tarik peserta didik baru secara online kedalam aplikasi dapodik.

Cara ini sangat memudahkan para operator dapodik karena tidak perlu lagi menginput data peserta didik baru secara manual melainkan cukup menarik data peserta didik baru dari sekolah asalnya menuju sekolah baru yang akan di tempatinya. Jika data siswa tersebut telah berhasil ditarik dan masuk di sekolah baru maka tugas kita sebagai operator dapodik tinggal melengkapi data – data penunjang yang belum terisi pada aplikasi dapodik.

Selain dapat menarik data peserta didik baru cara ini juga dapat digunakan untuk menambah siswa pindahan atau mutasi dari sekolah asalnya menuju sekolah baru. Tetapi cara ini dapat dilakukan apabila siswa pindahan tersebut telah berhasil di mutasikan dari sekolah asalnya.
Hal itu juga berlaku bagi siswa baru yang akan di tarik datanya dimana siswa tersebut harus sudah di keluarkan dengan cara meluluskan siswa tersebut dari sekolah asalnya.

Baiklah berikut ini saya akan menjelaskan cara untuk menarik data peserta didik baru maupun siswa pindahan/mutasi ke dalam aplikasi dapodik secara online.

1. Langkah pertama silahkan anda kunjungi alamat link di bawah ini
sehingga akan tampil seperti pada gambar di bawah ini dan klik "login menggunakan SSO"

2. Selanjutnya silahkan anda masukkan username dan password dapodik lalu klik "masuk"

3. Jika sudah berhasil login, maka silahkan anda pilih menu "Aplikasi" dan selanjutnya klik menu icon "PD Baru" seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini :

4. Selanjutnya akan ada 2 pilihan proses tarik data yaitu menggunakan tarik data pada sekolah yang menggunakan dapodik atau tarik data pada sekolah yang tidak menggunakan aplikasi dapodik.
Jika anda ingin menarik data siswa yang disekolah asalnya menggunakan dapodik maka pilih "Dapodik"

5. Perlu di ingat bahwa Jika peserta didik yang akan di tarik tersebut berasal dari sekolah yang menggunakan aplikasi dapodik maka silahkan pilih “ DAPODIK” namun jika peserta didik yang akan di tarik tersebut berasal dari sekolah yang tidak menggunakan aplikasi dapodik seperti sekolah di bawah naungan departemen agama maka silahkan pilih “NON DAPODIK”

6. Selanjutnya untuk melakukan tarik data siswa maka silahkan isi data yang di perlukan seperti di bawah ini
  • Pada pilihan “propinsi” : silahkan isi sesuai dengan propinsi tempat sekolah asal peserta didik yang akan di tarik
  • Pada pilihan “kabupaten” : silahkan isi sesuai dengan kabupaten tempat sekolah asal peserta didik yang akan di tarik
  • Pada pilihan “kecamatan” : silahkan isi sesuai dengan kecamatan tempat sekolah asal peserta didik yang akan di tarik
  • Pada pilihan “sekolah asal” : silahkan isi sesuai dengan nama sekolah asal tempat peserta didik yang akan di tarik datanya
  • Pada pilihan “tahun lulus” : silahkan isi sesuai dengan tahun kelulusan peserta didik tersebut
Jika semua pilihan tersebut telah diisi degan benar, maka silahkan lanjutkan dengan mengklik Tampilkan” dengan tujuan agar seluruh nama-nama peserta didik yang akan di tarik dari sekolah tersebut muncul dan terlihat.

7. Selanjutnya silahkan anda pilih nama-nama siswa yang ingin di tarik datanya dengan memilih nama-nama siswa yang sesuai dengan daftar PPDB yang akan di tarik ke dalam aplikasi dapodik versi 2023, caranya yaitu dengan melakukan ceklis satu persatu nama-nama siswa yang akan di tarik tersebut kemudian jika semua nama-nama peserta didik telah di pilih maka langkah terakhir silahkan klik "Daftarkan"

Sebagai contohnya berikut ini tampilan nama-nama siswa yang siap untuk dilakukan penarikan datanya ke dalam aplikasi dapodik versi 2023.

Perlu di ingat bahwa jika seluruh proses penarikan data tersebut telah dilakukan dengan benar data yang telah di tarik tersebut tidak langsung masuk kedalam aplikasi dapodik versi 2023, sebab untuk dapat memasukkan nama-nama peserta didik tersebut maka anda harus terlebih dahulu melakukan tarik data di aplikasi dapodik versi 2023 dengan tujuan agar siswa yang telah di tarik dapat masuk kedalam aplikasi dapodik.

Jika anda telah berhasil melakukan tarik data pada aplikasi dapodik versi 2023 maka secara otomatis nama-nama peserta didik yang telah anda tarik tadi akan masuk kedalam aplikasi dapodik 2023.

Apabila anda telah berhasil melakukan seluruh tahapan di atas, maka data peserta didik yang telah anda tarik tersebut akan masuk ke dalam aplikasi dapodik sekolah anda setelah anda melakukan syncronisasi dapodik dan Jika anda telah berhasil melakukan syncronisasi dapodik maka secara otomatis nama-nama peserta didik yang telah anda tarik tadi akan masuk kedalam aplikasi dapodik sekolah anda masing-masing.

UNTUK MELAKUKAN TARIK DATA PESERTA DIDIK PINDAHAN MAKA ANDA DAPAT MELAKUKANNYA DENGAN CARA BERIKUT INI :

  • LAKUKAN LANGKAH NOMOR 1 DAN 2 DIATAS
  • PADA MENU APLIKASI PILIH "MUTASI"
  • SELANJUTNYA SILAHKAN PILIH LOKASI SESUAI DATA AWAL PESERTA DIDIK YANG AKAN DI TARIK DATANYA DAN TENTUKAN PADA ROMBEL MANA SISWA TERSEBUT AKAN DIMASUKKAN
  • KLIK "TAMPILKAN"
  • SILAHKAN CENTANG NAMA SISWA PINDAHAN TERSEBUT
  • KLIK "DAFTARKAN"
  • SELESAI


Demikian tutorial mengenai cara menarik data peserta didik baru dan siswa pindahan kedalam aplikasi dapodik versi terbaru, semoga artikel ini dapat bermanfaat buat anda yang membutuhkannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel