CARA MENAIKKAN KELAS PESERTA DIDIK DI DAPODIK VERSI 2020

Salam Satu Data,
Baru-baru ini dapodik versi 2020 telah di rilis yang artinya bahwa tugas seorang operator dapodik sudah menanti. Dengan di rilisnya dapodik terbaru versi 2020 maka tugas seorang operator dapodik untuk menginput data sekolah di tahun ajaran 2019/2020 sudah siap untuk di kerjakan.

Pada postingan sebelumnya saya telah membagikan artikel mengenai cara melakukan tarik peserta didik secara online agar dapat secara otomatis masuk kedalam aplikasi dapodik 2020. Selain itu saya juga telah membagikan cara untuk melakukan tambah peserta didik baru dan tambah peserta didik pindahan secara manual ke dalam aplikasi dapodik versi 2020.

Meskipun pada buku panduan dapodik versi 2020 dikatakan bahwa tidak lagi bisa malakukan penambahan peserta didik secara manual namun hal itu ternyata masih bisa untuk dilakukan hanya saja caranya agak sedikit berbeda dengan aplikasi dapodik versi sebelumnya.
Untuk mengetahui cara terbaru melakukan tarik peserta didik di dapodik 2020 dan juga cara melakukan penambahan peserta didik secara manual di aplikasi dapodik 2020 maka anda dapat mengetahui informasinya melalui postingan yang telah saya publish sebelumnya.

Secara umum Langkah awal yang harus di kerjakan setelah menginstal aplikasi dapodik 2020 yaitu melakukan pekerjan awal yang wajib di lakukan oleh seorang operator dapodik yaitu meluluskan peserta didik pada tingkat akhir dan melakukan penaikkan kelas pada pada tiap-tiap kelas sesuai dengan jumlah kelas yang terdapat pada aplikasi dapodik masing-masing sekolah.

Terdapat beberapa perbedaan yang terjadi pada aplikasi dapodik versi sebelumnya dengan aplikasi dapodik versi 2020 ini, salah satunya adalah proses meluluskan peserta didik pada tingkat akhir.
Jika pada aplikasi dapodik versi sebelumnya setiap operator dapodik wajib untuk melakukan proses meluluskan siswa tingkat akhirnya di aplikasi dapodik namun berbeda dengan aplikasi dapodik versi 2020 dimana proses untuk melakukan pelulusan siswa pada tingkat akhir sudah tidak perlu dilakukan oleh operator dapodik karena aplikasi dapodik 2020 telah secara otomatis meluluskan siswa yang berada pada tingkat akhir.

Baiklah pada posingan kali ini kembali saya akan membahas mengenai cara untuk melakukan proses menaikkan kelas pada siswa yang berada di kelas 7 dan 8 pada jenjang SMP atau menaikkan siswa yang berada di kelas 10 dan 11 pada jenjang SMA dan SMK.
Kegiatan menaikkan kelas di aplikasi dapodik 2020 masih berlaku dan wajib dilakukan secara manual oleh operator dapodik agar siswa dapat berada di rombel yang sesuai dengan rombel saat ini.
Untuk mengetahui cara melakukan proses menaikkan kelas peserta didik pada dapodik 2020 maka silahkan simak penjelasan di bawah ini :

1. Pertama silahkan anda buka aplikasi dapodik versi 2020 kemudian silahkan anda login menggunakan username dan password yang sesuai dengan yang anda gunakan selama ini.
2. Setelah itu pada menu dapodik 2020 klik tulisan “Rombongan Belajar”
3. Kemudian pada bagian bawah klik tulisan “ Menu Aksi”
4. Pada pilihan Menu Aksi pilih tulisan “Kenaikan Kelas”


5. Setelah itu silahkan anda masukkan/pilih nama rombel yang akan anda naikkan kelasnya.


6. Dalam contoh ini saya memilih kelas 7A sesuai dengan nama rombel yang ada di dapodik yang saya miliki


7. Setelah itu akan muncul peringatan yang bertuliskan “ Anda yakin akan menaikkan kelas pada rombel  kelas 7A” jika anda telah merasa yakin maka silahkan klik “YA” maka secara otomatis seluruh peserta didik yang berada di kelas tersebut akan naik ke kelas 8A.



Demikianlah cara menaikkan kelas peserta didik di dapodik versi 2020, semoga postingan kali ini dapat bermanfaat buat operator dapodik yang membutuhkan informasi ini.

15 Responses to "CARA MENAIKKAN KELAS PESERTA DIDIK DI DAPODIK VERSI 2020"

  1. Kalau ada pd yg tidak naik gimana pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keluarkan nama siswa yang naik tersebut kemudian masukkan kembali ke rombel tempat asal siswa tersebut

      Delete
  2. sekolah saya memiliki rombel kelas 6a dan 6b tapi kurikulum nya berbeda, yg 6a ktsp dan 6b k13 bagaimana caranya mengganti menjadi ktsp semua,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan baca dan pahami baik-baik buku panduan mengerjakan dapodik versi terbaru saat ini

      Delete
  3. pa bagimana klo misalkan semester kemaren sya salah memilih tingkat . ,harus y tingkat 8 .. saya mlah tingkat 7 .. ,jdi sekarng gk bsa masuk ke tingkat 9 .. ,mohon solusi y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika tidak bisa di buat tingkat rombel secara otomatis maka coba buat nama rombel secara manual saja atau jika masih ada kendala silahkan hubungi operator dinas setempat.

      Delete
  4. ada siswa sd, di dapodik kelas 2, seharusnya udah kelas 3, jika kita keluarkan dari rombel dan masukkan ke kls 3 namanya tidak ada, gmn solusinya, mohon penjelasan, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya namanya tidak ada itu bagaimana? coba lakukan refresh atau tekan f5 pada keyboard, insyaallah namanya akan muncul.

      Delete
  5. Izin bertanya pak, untuk kesalahan memasukkan anak ke Rombel. saya memasukkan anak yg tinggal kelas di kelas 8, ke rombel kelas 9. Apakah bisa saya keluarkan siswa tersebut dari rombel kelas 9 dan memasukkannya kembali ke rombel kelas 8?

    ReplyDelete
  6. Selamat siang pak.maaf mau bertanya saya operator baru.siswa saya 1 orang harusnya sudah masuk di kelas 9 tapi di dapodik masih di kelas 8 mohon solusinya pak

    ReplyDelete
  7. bagaimana cara mengatasi menu menaikkan rombel tercatat semester 2 tapel 20182019 sedangkan yang mau dinaikkan ke semester satu tapel 2019-2020

    ReplyDelete
  8. Gimana caranya mengatasi di menu aksi tdk ada rombel kelasnya

    ReplyDelete
  9. halo gan. gimana cara memindahkan siswa yang seharusnya kelas 6 sd tapi di dapodiknya cuma terlihat di rombel kelas 1, di kelas 6 tidak muncul namanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Caranya silahkan anda keluarkan terlebih dahulu nama siswa tersebut dari rombel kelas 1 kemudian silahkan anda masukkan kembali nama siswa tersebut ke kelas 6.

      Delete
  10. hallo, salam jumpa dapodikmas. bagaimana cara mengeluarkan satu nama peserta didik pada dua rombel

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

<-- -->