CARA MELIHAT / CEK HASIL NILAI UN (UJIAN NASIONAL) ONLINE SMP, SMA, SMK

Ujian nasional merupakan suatu kegiatan yang wajib di ikuti oleh setiap pendidik mulai dari tingkat SD, SMP, SMA, SMK dengan tujuan untuk mengetahui hasil dari pengetahuan yang telah di miliki selama mengikuti proses pembelajaran mulai dari awal hingga akhir pendidikan.

Bagi anda yang sudah penasaran untuk mengetahui informasi kelulusan maka silahkan baca baik-baik artikel ini.
seperti yang sudah di jadwalkan bahwa pengumuman kelulusan untuk hasil UNBK jenjang SMA dan SMK tahun 2019 akan di umumkan pada tanggal 13 mei 2019 Selain itu untuk jenjang SMP pengumuman hasil UNBK tahun 2019 akan di umumkan pada tanggal 29 mei 2019 oleh sebab itu untuk mengetahui hasilnya anda dapat mengeceknya secara online.

Bagi jenjang SMP yang telah mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK) atau ujian nasional berbasis kertas dan pensil (UNKP) pada tahun 2019 ini maka hasil pengumumannya akan di umumkan pada tanggal 29 Mei 2019 dan untuk bisa mengetahui hasil kelulusan maka anda dapat memantaunya melalui link pengumuman hasil UN tahun 2019 jenjang SMP melalui hasil pengumuman UN SMP Tahun 2019
Jika pada tahun-tahun sebelumnya UN (ujian nasional ) merupakan suatu hal yang bai sebagian orang menjadi momok yang menakutkan dan menegangkan dalam pelaksanaannya karena merupakan faktor penentu bagi kelulusan bagi seorang siswa, namun di tahun ini hal tersebut sudah tidak lagi di berlakukan karena nilai ujian nasional sudah tidak lagi menjadi penentu bagi kelulusan siswa di suatu jenjang sekolah.
Meskipun demikian bukan berarti pelaksanaan UN sudah tidak berarti lagi namun saat ini ujian nasional menjadi tolak ukur keberhasilan suatu sekolah dalam melakukan kegiatan pembelajran dan juga nilai dari ujian nasional tersebut dijadikan sebagai alat untuk mengukur mutu pendidikan dengan cara membandingkan hasil di masa lalu dan di masa sekarang.

Apakah nilai ujian nasional dapat di lihat dan di cek secara online ???
Jawabannya adalah bisa, karena saat ini pihak pemerintah telah menyediakan alamat yang dapat di akses oleh semua orang di seluruh Indonesia untuk dapat melihat ataupun hanya sekedar mengecek nilai UN yang di peroleh sekolahnya mulai dari tahun ke tahun selama mengikuti kegiatan ujian nasional.
Pada postingan kali ini penulis akan memberikan tutorial mengenai cara melihat dan mengecek nilai ujian nasional secara online.
Berikut ini penjelasannya :

- Pertama silahkan kunjungi alamat berikut :
Maka akan tampil seperti pada tampilan di bawah ini


Untuk melihat hasil UN, maka silahkan isi kolom yang telah di sediakan sesuai dengan data yang di butuhkan, Berikut keterangannya :

1. Kolom jenjang silahkan pilih dengan jenjang pendidikan yang di inginkan untuk di cek hasil UN nya ( SMP, SMA, SMK ).
2. Kolom provinsi silahkan pilih dengan nama provinsi yang sesuai dengan provisi tempat anda bersekolah
3. Kolom Kota / Kabupaten silahkan pilih dengan nama Kota / Kabupaten yang sesuai
4. Kolom status sekolah silahkan isi dengan status sekolah anda ( negeri atau swasta )
5. Kolom jenis sekolah silahkan isi dengan jenis sekolah yang anda inginkan ( SMP,SMA,SMK )

Jika semua tabel telah diisi maka akan muncul hasil nilai ujian nasional yang akan anda cari tersebut sesuai dengan data yang telah anda pilih pada tabel tersebut, Namun data sekolah yang akan di tampilkan terdiri dari beberapa sekolah yang bernaung di bawah kabupaten yang sesuai pada pilihan anda saat mengisi kolom kabupaten.

Jika anda hanya ingin melihat atau mengecek data hasil UN sekolah anda saja maka anda dapat menggunakan cara ini :
Silahkan isi data sekolah yang ingin anda lihat hasil UN nya sesuai tabel pada gambar di bawah ini :
Untuk mengisinya lihat keterangan pengisiannya berikut ini :
1. Pada kolom “NPSN” silahkan inputkan nomor NPSN sekolah anda
2. Pada kolom “KODE SEKOLAH” silahkan inputkan nomor kode sekolah anda
Jika kedua kolom tersebut telah anda isi dengan benar maka langkah terakhir silahkan klik tulisan “CARI” maka akan tampil hasil ujian untuk sekolah anda saja.
Berikut ini contoh tampilan hasil ujian yang di tampilkan.
Demikian tutorial yang dapat penulis share pada kesempatan ini , semoga penjelasan mengenai cara melihat / cek hasil ujian nasional di atas dapat bermanfaat buat anda yang membutuhkannya.

6 Responses to "CARA MELIHAT / CEK HASIL NILAI UN (UJIAN NASIONAL) ONLINE SMP, SMA, SMK"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

<-- -->