CARA MEMASUKKAN NILAI RAPORT MUTU KE DALAM APLIKASI PMP

Selamat berjumpa lagi, pada postingan ini saya akan kembali membahas seputar masalah yang sering di pertanyakan oleh sebagian orang khususnya mereka yang menjadi operator pada aplikasi PMP sekolah. 
Aplikasi PMP merupakan aplikasi yang menjadi priorotas tahunan yang wajib diisi oleh setiap satuan pendidikan mulai dari jenjang TK, SD, SMP, SMA dan SMK.

Pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi informasi yang berhubungan dengan dunia pendidikan yaitu mengenai bagaimana cara agar dapat memasukkan hasil nilai Raport PMP ke dalam aplikasi PMP sehingga nilai raport tersebut dapat otomatis terbuka di aplikasi PMP.

PMP merupakan singkatan dari “penjaminan mutu pendidikan”
Berbicara mengenai aplikasi PMP biasanya pekerjaan ini merupakan tanggung jawab atau tugas rutin setiap operator dapodik dalam setiap tahunnya. PMP merupakan suatu aplikasi yang wajib untuk di kerjakan oleh setiap satuan pendidikan baik sekolah swasta maupun sekolah negeri dan dari tingkat SD, SMP, SMA, serta SMK.

Dalam mengerjakan aplikasi PMP terdapat beberapa hal yang harus dikerjakan oleh beberapa responden mulai dari mengisi kuesioner Kepala sekolah, mengisi kuesioner PTK, mengisi kuesioner siswa, mengisi kuesioner pengawas sekolah dan terakhir mengisi kuesioner komite sekolah. Apabila ada salah satu dari responden tersebut yang belum melakukan pengisian atau penginputan data maka pihak operator tidak akan dapat melakukan pengiriman data PMP ke pusat sehingga mau tidak mau seluruh responden wajib melakukan penginputan data sesuai dengan jumlah responden yang telah di tetapkan dan sesuai prosedur yang berlaku.

Setelah melakukan proses syncronisasi data atau melakukan pengiriman data PMP ke pusat secara online maka nantinya tiap-tiap sekolah yang telah melakukan pengiriman data kuesioner PMP akan memperoleh hasil atau nilai raport PMP yang dapat di gunakan sebagai acuan atau pembanding dari hasil penilaian mutu pendidikan dari tahun-tahun sebelumnya hingga tahun sekarang.

Saat ini pada aplikasi PMP terbaru yaitu PMP versi 2018.07 telah muncul tampilan baru pada beranda aplikasi PMP yaitu ‘RAPORT MUTU” yang mana pada menu raport mutu tersebut kita dapat mengetahui hasil yang di peroleh dari setiap melakukan pengisian PMP dari tahun ke tahun.

Pada menu “Raport mutu” kita tidak dapat melihat atau mengetahui nilai hasil raport PMP sekolah kita secara otomatis namun untuk dapat melihat hasil raport mutu PMP tersebut maka terlebih dahulu kita harus melakukan download raport mutu PMP sekolah kita dari tahun ke tahun kemudian hasil dari download tersebut kita masukkan ke dalam aplikasi PMP sekolah kita agar dapat dilihat secara langsung melalui menu “Raport Mutu” yang terdapat pada aplikasi PMP.

Untuk mengetahui bagaimana cara memasukkan hasil raport mutu PMP sekolah kita, maka pada kesempatan kali ini penulis akan menjelaskannya lengkap dengan gambar sehingga dapat dengan mudah untuk di pahami.

Sebelum penulis menjelaskannya ingat bahwa aplikasi PMP anda harus telah terinstal aplikasi PMP terbaru yaitu versi 2018.07
Berikut ini penjelasannya :

- langkah pertama silahkan anda download terlebih dahulu raport mutu PMP sekolah anda dari tahun ke tahun, dengan cara buka link berikut ini : http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id/
Kemudian pilih tulisan “Manajemen Data” dan klik tulisan “unduh raport mutu”


- Setelah itu silahkan login dengan cara mengisi email dan password pada kolom yang telah di sediakan menggunakan email dan password yang digunakan untuk login di aplikasi dapodik.



- setelah login silahkan klik menu “unduh raport mutu”


- kemudian silahkan anda download terlebih dahulu raport mutu sekolah anda mulai dari tahun sebelumnya hingga tahun sekarang sesuai dengan raport mutu yang telah disediakan pada web unduhan tersebut .
kemudian jika anda telah mendownloadnya jangan lupa anda simpan di folder tertentu agar mudah untuk di ingat


- jika semua hal di atas telah dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah silahkan buka aplikasi PMP sekolah anda, ingat aplikasi yang digunakan harus PMP versi 2018.07


- kemudian klik menu “Raport Mutu” pada beranda PMP sehingga akan tampil seperti pada gambar di bawah ini, dan lanjutkan dengan mengklik “export data raport mutu”


- kemudian silahkan anda pilih dan masukkan hasil download raport mutu yang telah anda download tadi


- lakukan hal yang sama untuk memasukkan raport mutu pada tahun berikutnya.
- jika hasil download tersebut telah berhasil di unggah di aplikasi PMP anda, maka akan muncul pemberitahuan seperti pada gambar di bawah ini


- apabila semua raport mutu telah anda unggah pada aplikasi PMP sekolah anda, maka kini anda dapat melihat hasil Raport mutu tersebut melalui aplikasi PMP dan dapat dilihat meskipun tanpa menggunakan jaringan atau secara offline.

- Untuk melihat hasil unggahan raport mutu anda silahkan klik menu “Raport Mutu Sekolah”


- pada menu raport mutu sekolah terdapat beberapa jenis data yang dapat di lihat antara lain : GRAFIK, STANDAR, INDIKATOR, SUB INDIKATOR.


- Sebagai contoh jika anda ingin melihat raport mutu PMP anda pada tahun 2017 dengan jenis data yang ingin di lihat yaitu mengenai “indikator” maka silahkan pilih tahun dengan tahun yang anda inginkan dan klik menu data “indicator”.
Maka akan terlihat hasilnya seperti pada gambar di bawah ini:



Untuk melihat hasil raport pada tahun-tahun yang lainnya caranya sama dengan cara di atas yaitu anda tinggal memilih tahun yang sesuai dengan keinginan anda kemudian pilih jenis data yang akan di tampilkan nilainya dengan cara mengklik jenis data yang sesuai keinginan anda ( Terdapat 4 jenis data yang dapat di tampilkan yaitu : GRAFIK, STANDAR, INDIKATOR, dan SUB INDIKATOR )

Demikianlah tutorial yang dapat penulis bagikan pada kesempatan kali ini mengenai cara memasukkan nilai rapor mutu ke dalam aplikasi PMP
Semoga tutorial kali ini dapat bermanfaat buat anda yang membutuhkannya.
Sekian dan Terimakasih telah berkenan membaca artikel ini.

0 Response to "CARA MEMASUKKAN NILAI RAPORT MUTU KE DALAM APLIKASI PMP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

<-- -->