CARA MENGGUNAKAN ZIPGRADE

ZipGrade adalah aplikasi program berbasis Android yang dapat memeriksa lembar jawaban seperti layaknya ujian dengan menggunakan lembar jawaban komputer, hanya saja peralatan yang digunakan untuk memeriksanya ialah Handphone/Smartphone yang berfungsi sebagai scanner. 

Dengan menggunakan aplikasi zipgrade maka pekerjaan seorang guru dalam melakukan aktifitas di sekolah akan sangat terbantu karena aplikasi ini dapat langsung memeriksa hasil pekerjaan siswa dalam menscan lembar jawaban zipgrade yang di gunakan dalam melakukan evaluasi baik berupa tugas maupun ulangan.



Dengan berbagai fitur yang ada pada ZipGrade pekerjaan koreksi soal menjadi mudah dan ringan. Apalagi fitur Analisis soalnya yang dapat memudahkan guru untuk melakukan penilaian terhadap soal yang telah dibuatnya, Apakah sudah baik atau masih perlu perbaikan.
Hanya menggunakan Kamera Handphone guru sudah dapat mengoreksi ljk layaknya scanner, yang penting kamera Anda bagus. 

Pada penggunaan awalnya  kita hanya diberikan  jatah memindai sebanyak  100  lembar,dan untuk penggunaan tidak terbatas(unlimited) hanya dapat dilakukan jika pengguna membeli kode aktivasinya. ZipGrade menyediakan 3 Tipel LJK, yaitu : 1. Tipe 20 Soal (tidak pakai nomor id peserta) 2. Tipe 50 Soal (pakai nomor id peserta) 3. Tipe 100 Soal (pakai nomor id peserta).

Berikut ini sedikit penjelasan mengenai cara menggunakan zipgrade.

Pertama download dulu aplikasi zipgrade di play store kemudian instal di smartphone anda Setelah selesai instal maka akan muncul tampilan menu pada aplikasi zipgrade seperti gambar di bawah:


Setelah itu buat kelas dan anggota kelas,Caranya tekan "class" dan klik "new class"



Jika sudah buat kelas, maka selanjutnya tekan menu "student" kemudian klik "new student"


Jika sudah masukkan nama-nama siswa tersebut ke dalam rombel yang telah dibuat tadi sesuai tempatnya masing-masing


Jika langkah diatas sudah dilakukan maka langkah selanjutnya pilih menu "quis" dan klik "new quis", Isi nama kuis dan tanggal atau waktu pembuatan kuis Pilih jenis ljk yang akan digunakan pada menu "select sheet" ( pilihan ada 20 ,50,dan 100)




jika sudah (masih di menu quiz) klik nama kuis yang sudah di buat tadi kemudian klik "edit key" untuk membuat kunci jawaban


Jika sudah maka langkah selanjutnya tinggal memeriksa ljk siswa dengan mengklik "scan papers"


Untuk mengetahui semua nilai siswa yang sudah di scan klik menu "review papers"

Untuk melihat statistik hasil pertanyaan pada tiap soal klik menu ” item analysis”


Aplikasi zipgrade tersebut tidak akan berfungsi dengan baik jika tidak dilengkapi dengan lembar jawaban computer versi Zipgrade. Lembar jawaban yang digunakan pada aplikasi zipgrade ini merupakan lembar jawaban khusus yang telah dirancang untuk bisa di scan menggunakan kamera handphone. Selain itu lembar jawaban tersebut juga dapat di modifikasi sehingga dalam satu kertas HVS dapat menghasilkan satu lembar jawaban atau lebih tergantung bagaimana cara anda untuk memodifikasinya.

Lembar jawaban Zipgrade disediakan dalam bentuk PDF dan PNG yang masing-masing memiliki type jumlah soal yang berbeda-beda yaitu type 20, type 50 dan type 100.
Untuk mendapatkan contoh lembar jawaban zipgrade, silahkan kunjungi alamat di bawah ini :
  • LEMBAR JAWABAN VERSI APLIKASI ZIPGRADE (disini)

Demikianlah cara menggunakan aplikasi zipgrade yang dapat saya bagikan pada postingan kali ini, semoga artikel ini bisa menambah wawasan  dan dapat bermanfaat buat anda yang membutuhkannya.

0 Response to "CARA MENGGUNAKAN ZIPGRADE"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel