-->

CARA MENGGUNAKAN APLIKASI KOREKSI LEMBAR JAWABAN KOMPUTER MELALUI HP ANDROID

kherysuryawan.id - Cara Menggunakan Aplikasi Zipgrade.
Saat ini dengan semakin berkembangnya jaman maka semakin berkembang pula teknologi dan aplikasi yang semakin memudahkan seseorang untuk mengakses informasi secara luas.
Hal itu juga berlaku pada dunia pendidikan yang mana saat ini dengan kemajuan teknologi kita dengan mudah dapat belajar dengan menggunakan alat-alat teknologi yang mendukung dunia pendidikan seperti komputer,handphone, dan masih banyak yang lainnya.

Berbicara mengenai teknologi pendidikan dalam artikel ini saya akan menjelaskan sedikit cara untuk memudahkan guru dalam memeriksa ulangan atau ujian dengan menggunakan smartphone dan melalui bantuan aplikasi yang bernama zipgrade.

ZipGrade adalah aplikasi program berbasis Android yang dapat memeriksa lembar jawaban seperti layaknya ujian dengan menggunakan LJK, hanya saja peralatan yang digunakan untuk memeriksanya ialah Handphone/Smartphone yang berfungsi sebagai scanner. Dengan berbagai fitur yang ada pada ZipGrade pekerjaan koreksi soal menjadi mudah dan ringan. Apalagi fitur Analis soalnya yang dapat memudahkan guru untuk melakukan penilaian terhadap soal yang telah dibuatnya, Apakah sudah baik atau masih perlu perbaikan.
Hanya menggunakan Kamera Handphone yang notabenenya guru sudah punya (alias tidak beli lagi) dapat mengoreksi layaknya scanner yang mahal tersebut, yang penting kamera Anda bagus. 

Untuk mendapatkan aplikasinya Anda  bisa  mendownloadnya di Play Store.

Pada penggunaan awalnya  kita hanya diberikan  jatah memindai sebanyak  100  lembar,dan untuk penggunaan tidak terbatas(unlimited) hanya dapat dilakukan jika pengguna membeli kode aktivasinya. ZipGrade menyediakan 3 Tipel LJK, yaitu : 1. Tipe 20 Soal (tidak pakai nomor id peserta) 2. Tipe 50 Soal (pakai nomor id peserta) 3. Tipe 100 Soal (pakai nomor id peserta).
Cara menggunakan aplikasi zipgrade di android yaitu sbb:

Pertama download dulu aplikasi zipgrade di play store kemudian instal di smartphone anda Setelah selesai instal maka akan muncul tampilan menu pada aplikasi zipgrade seperti gambar di bawah:


Setelah itu buat kelas dan anggota kelas,Caranya tekan "class" dan klik "new class"



Jika sudah buat kelas, maka selanjutnya tekan menu "student" kemudian klik "new student"


Jika sudah masukkan nama-nama siswa tersebut ke dalam rombel yang telah dibuat tadi sesuai tempatnya masing-masing


Jika langkah diatas sudah dilakukan maka langkah selanjutnya pilih menu "quis" dan klik "new quis", Isi nama kuis dan tanggal atau waktu pembuatan kuis Pilih jenis ljk yang akan digunakan pada menu "select sheet" ( pilihan ada 20 ,50,dan 100)




jika sudah (masih di menu quiz) klik nama kuis yang sudah di buat tadi kemudian klik "edit key" untuk membuat kunci jawaban


Jika sudah maka langkah selanjutnya tinggal memeriksa ljk siswa dengan mengklik "scan papers"


Untuk mengetahui semua nilai siswa yang sudah di scan klik menu "review papers"

Untuk melihat statistik hasil pertanyaan pada tiap soal klik menu ” item analysis”


Aplikasi zipgrade tersebut tidak akan berfungsi dengan baik jika tidak dilengkapi dengan lembar jawaban computer versi Zipgrade. Lembar jawaban yang digunakan pada aplikasi zipgrade ini merupakan lembar jawaban khusus yang telah dirancang untuk bisa di scan menggunakan kamera handphone. Selain itu lembar jawaban tersebut juga dapat di modifikasi sehingga dalam satu kertas HVS dapat menghasilkan satu lembar jawaban atau lebih tergantung bagaimana cara anda untuk memodifikasinya.

Lembar jawaban Zipgrade disediakan dalam bentuk PDF dan PNG yang masing-masing memiliki type jumlah soal yang berbeda-beda yaitu type 20, type 50 dan type 100.
Berikut ini contoh lembar jawaban aplikasi zipgrade yang boleh anda dapatkan sehingga bisa digunakan  dalam melakukan scan LJK menggunakan kamera handphone.

  • LEMBAR JAWABAN UNTUK 20 SOAL ATAU DI BAWAH 20 SOAL ( disini )
  • LEMBAR JAWABAN UNTUK 50 SOAL ATAU DI BAWAH 50 SOALdisini )
  • LEMBAR JAWABAN UNTUK 100 SOAL ATAU DI BAWAH 100 SOALdisini )
  • LEMBAR JAWABAN UNTUK 20 SOAL ATAU DI BAWAH 20 SOALdisini )
  • LEMBAR JAWABAN UNTUK 50 SOAL ATAU DI BAWAH 50 SOALdisini )
  • LEMBAR JAWABAN UNTUK 100 SOAL ATAU DI BAWAH 100 SOAL ( disini )
Aplikasi zipgrade ini hanya bisa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban dengan bentuk soal pilihan ganda.
  • Jika anda membuat soal berjumlah 20 soal atau kurang dari 20 soal maka anda bisa menggunakan LEMBAR JAWABAN 20 SOAL.
  • Jika anda membuat soal berjumlah 50 atau kurang dari 50 soal maka jenis LJK yang di gunakan adalah LEMBAR JAWABAN 50 SOAL
  • Jika anda membuat soal berjumlah 100 atau kurang dari 100 soal maka jenis LJK yang digunakan adalah LEMBAR JAWABAN 100 SOAL.
Cara penggunaan lembar jawaban agar dapat di scan menggunakan kamera handphone sangat mudah, yaitu anda cukup mengatur jarak posisi kamera handphone kearah lembar jawaban serta mengarahkan empat buah kotak yang muncul di kamera tepat mengenai empat buah titik pada sudut kiri kanan bagian atas dan kiri kanan bagian bawah pada lembar jawaban.
Jika keempat buah titik pada lembar jawaban tersebut berada persisi pada keempat kotak kosong di kamera maka handphone akan melakukan scan lembar jawaban secara otomatis, dan akan langsung memperlihatkan hasil jumlah benar dan salah pada isian jawaban tersebut.
Sekian yang dapat saya share pada kesempatan kali ini, semoga artikel ini bisa menambah wawasan  dan dapat bermanfaat buat anda yang membutuhkannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel