-->

Pendaftaran Guru Penggerak Angkatan 2 Telah di Buka

Kherysuryawan.id – Ayo daftarkan diri anda menjadi guru penggerak.

Sahabat pendidik diamana pun berada pada kesempatan kali ini dan melalui postingan ini saya ingin memberikan informasi mengenai pendaftaran guru penggerak Angkatan ke 2. Seperti yang telah kita ketahui bahwa sebelumnya telah di adakan pendaftaran dan perekrutan guru penggerak untuk Angkatan pertama, dan pada kesempatan kali ini dibulan oktober 2020 kemendikbud kembali membuka pendaftaran untuk bisa mengikuti guru penggerak Angkatan ke 2.

 


Bagi anda yang belum mengetahui apa itu guru penggerak, maka perlu anda ketahui bahwa guru penggerak  adalah pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistik, aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid, serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil Pelajar Pancasila. Pejelasan tentang guru penggerak tersebut di ambil dari laman resmi https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id yang menjadi website resmi tentang informasi seputar guru penggerak.

 

Jika anda telah mengetahui apa itu guru penggerak maka tentunya anda juga harus mengetahui tugas apa saja yang harus dilakukan oleh seorang guru penggerak. Untuk menjadi seorang guru penggerak maka tentunya kita harus memahami peran kita yang akan kita lakukan nantinya jika kita terpilih sebagai seorang guru penggerak. Menjadi seorang guru penggerak memanglah tidak mudah namun jika dengan tekad yang bulat dan niat yang tulus untuk menjadi seorang guru penggerak maka pastinya kita bisa melakukannya dengan baik.

 

Berikut ini tugas yang akan dilakukan oleh seorang guru penggerak yang diantaranya ialah :

Guru penggerak akan berperan untuk

 

1.   Menggerakkan komunitas belajar untuk rekan guru di sekolah dan di wilayahnya

2.   Menjadi pendamping bagi rekan guru lain terkait pengembangan pembelajaran di sekolah

3.   Mendorong peningkatan kepemimpinan murid di sekolah

4.   Membuka ruang diskusi positif dan ruang kolaborasi antara guru dan pemangku kepentingan di dalam dan luar sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran

5.   Menjadi pemimpin pembelajaran yang mendorong well-being ekosistem pendidikan di sekolah

Guru penggerak menjadi tonggak keberhasilan dalam menggerakkan guru-guru yang ada di sekolah maupun di wilayahnya masing-masing agar dapat menjadi guru yang lebih mengutamakan kepentingan Bersama khususnya untuk peningkatan kualitas belajar dan menciptakan siswa-siswi yang berbakat dan berkualitas.

 

Guru penggerak juga tentunya bisa menjadi sebuah wadah bagi rekan-rekan guru untuk bisa saling bertukar pikiran dan berbagi informasi yang bermanfaat dalam membangun kualitas Pendidikan yang lebih baik. Untuk menjadi dan terpilih sebagai guru penggerak maka harus melalui beberapa tahapan mulai dari melakukan pendaftaran dan mengikuti kegiatan pelatihan dan pendidikan.

Proses pendidikan meliputi pelatihan daring, lokakarya, konferensi, dan pendampingan selama 9 bulan bagi calon Guru Penggerak. Pelatihan daring dilaksanakan dengan perpaduan moda sinkron (pertemuan virtual) dan asinkron (mengakses materi atau mengerjakan tugas secara mandiri).

Lokakarya dilakukan satu kali setiap bulan di wilayah masing-masing, dengan dipandu oleh pendamping. Topik lokakarya diselaraskan dengan pelatihan daring, sementara pada lokakarya ke-7 ada kegiatan berbagi praktik baik dengan mengundang para pemangku kepentingan di bidang pendidikan daerah tersebut.

Seminggu sebelum lokakarya, pendamping akan berkunjung ke sekolah calon Guru Penggerak. Pendampingan individu ini bertujuan untuk membantu Calon Guru Penggerak menerapkan hasil pembelajaran daring dan lokakarya, serta berdialog untuk merefleksikan proses kemajuan yang telah dijalani.

 

Jika anda tertarik untuk ikut dalam pendaftaran guru penggerak Angkatan ke 2 ini, maka mulai hari ini tanggal 13 oktober pendaftaran guru penggerak akan dibuka. Dilansir dari kompas.com program guru penggerak Angkatan 2 ini akan dibuka mulai dari tanggal 13 oktober hingga tanggal 7 november 2020. Dan Tak hanya Guru Penggerak, tetapi Kemendikbud juga membuka pendaftaran Pengajar Praktik (Pendamping) yang akan dibuka pada 20 Oktober - 13 November 2020.

Untuk mengetahui jadwal lengkapnya maka anda bisa melihat rincian dibawah ini :

·         9 Oktober - 31 Oktober 2020: Informasi rekrutmen calon peserta program guru penggerak

·         13 Oktober – 7 November 2020: Seleksi Tahap 1: Registrasi, Pengisian Biodata, Pengisian Esai

·         1 – 14 November 2020: Verifikasi dan Validasi data pendaftaran

·         20 – 23 November 2020: Seleksi Tahap 1 : Tes Bakat Skolastik

·         24 Desember 2020: Pengumuman hasil seleksi tahap 1 dan penjadwalan seleksi tahap 2.

·         13 Januari – 11 Maret 2021: Seleksi Tahap 2: Simulasi Mengajar, Wawancara

·         20 Maret 2021: Pengumuman calon guru penggerak

·         2 April 2021 – 27 November 2021: Pendidikan Guru Penggerak

 

Bagi para guru atau kepala sekolah yang ingin menjadi Guru Penggerak, maka harus mempersiapkan diri. Jadi, Guru, Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, Praktisi Pendidikan terbaik di 74 Kabupaten/Kota diajak untuk menghadirkan perubahan nyata bagi pendidikan Indonesia melalui Program Guru Penggerak Angkatan 2. Semoga anda yang ingin ikut berpartisipasi menjadi guru penggerak maka anda bisa di terima dan bisa ikut ambil bagian sebagai seorang guru penggerak di daerah anda masing-masing sehingga dapat menjadi contoh bagi teman-teman guru lainnya dan juga bisa meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah anda.

 

Bagi anda yang ingin ikut dalam guru penggerak Angkatan 2 tahun 2020 ini maka anda para guru baik guru PNS maupun guru non PNS dapat ikut berpartisipasi di dalamnya dan untuk mengetahui jenis kriteria yang di harapkan untuk bisa masuk sebagai guru penggerak Angkatan ke 2 tahun 2020 ini maka berikut ini 2 kriteria yang harus anda ketahui :

 

Kriteria Umum

a.   Tidak sedang mengikuti kegiatan diklat CPNS, PPG, atau kegiatan lain yang dilaksanakan secara bersamaan dengan proses rekrutmen dan pendidikan guru penggerak.

b.   Guru PNS maupun Non PNS baik dari sekolah negeri maupun sekolah swasta.

c.    Memiliki akun guru di Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

d.   Memiliki kualifikasi pendidikan minimal S1/D4.

e.   Memiliki pengalaman minimal mengajar 5 tahun.

f.     Memiliki masa sisa mengajar tidak kurang dari 10 tahun.

g.   Memiliki keinginan kuat menjadi Guru Penggerak.

h.   Angkatan pertama program guru penggerak akan ditujukan untuk guru TK, SD, SMP dan SMA.

 

Kriteria Seleksi

a.   Menerapkan pembelajaran yang berpusat pada murid.

b.   Memiliki kemampuan untuk fokus pada tujuan.

c.    Memiliki kompetensi menggerakkan orang lain dan kelompok.

d.   Memiliki daya juang yang tinggi.

e.   Memiliki kompetensi kepemimpinan dan bertindak mandiri.

f.     Memiliki kemampuan untuk belajar hal baru, terbuka pada umpan balik, dan terus memperbaiki diri.

g.   Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan efektif dan memiliki pengalaman mengembangkan orang lain.

h.   Memiliki kedewasaan emosi dan berperilaku sesuai kode etik.

 

Semoga dengan penjelasan di atas maka bagi anda yang ingin ikut dalam program guru penggerak Angkatan 2 tahun 2020 ini, dapat memperoleh informasi yang bisa membantu anda dalam mempersiapkan diri menjadi seorang guru penggerak dan semoga apa yang anda harapkan dalam mengikuti program guru penggerak ini dapat senantiasa berhasil sesuai dengan harapan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel