-->

Cara Menggunakan Aplikasi My SAPK BKN Untuk Cek Profil PNS

Kherysuryawan.id – Langkah-langkah menggunakan aplikasi My SAPK BKN untuk melakukan cek kenaikan pangkat terbaru bagi para PNS.

Sahabat pegawai dimanapun berada, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi penting yang bisa di manfaatkan oleh para pegawai negeri sipil dalam melakukan cek kenaikan pangkat terbaru secara online.

 

Informasi ini tentunya akan sangat penting untuk di ketahui oleh para pegawai negeri sipil (PNS) yang selama ini belum mengetahui bahwa sebenarnya untuk melakukan cek kenaikan pengkat terakhir maka dapat dilakukan secara online. Seperti kita ketahui bahwa untuk melakukan cek kenaikan pangkat ASN atau untuk melakukan cek profil PNS maka kita membutuhkan data dari badan kepegawaian negara (BKN).

 

Lantas apakah jika seorang PNS ingin melakukan cek profil PNS atau melakukan cek kenaikan pangkat terakhir maka harus mendatangi kantor BKN???

Hal itu tentunya akan sangat menyulitkan bagi seorang PNS atau ASN yang berada di tempat yang jaraknya sangat jauh dari kantor BKN sehingga pihak BKN melakukan pembaharuan dengan menerbitkan sebuah aplikasi yang bisa memudahkan para PNS untuk bisa melakukan cek profil PNS maupun cek data kepegawaiannya di BKN secara online.

 

Adapun cara yang bisa digunakan untuk setiap PNS dalam melakukan cek data kepegawaian di BKN secara online maka masing-masing pegawai bisa memanfaatkan sebuah aplikasi yang diluncurkan oleh pihak BKN yang mana aplikasi tersebut di beri nama My SAPK BKN. Dengan mengakses aplikasi tersebut maka seorang pegawai dalam hal ini PNS/ASN maka dapat dengan mudah melakukan cek data kepegawaiannya termasuk data pangkat dan golongan terbaru yang telah di terbitkan oleh BKN.

 

Nah sekarang anda sudah tau bahwa untuk melakukan cek data kepegawaian atau cek data profil PNS dapat dilakukan dengan mengakses aplikasi My SAPK BKN maka kini anda pun harus bisa memahami bagaimana cara untuk menggunakan aplikasi tersebut dan apakah aplikasi tersebut bisa di jalankan dengan menggunakan HP atau mobile dan juga di laptop.

 

Sebagai informasi bahwa aplikasi My SAPK BKN dapat diakses dengan menggunakan HP yaitu anda terlebih dahulu harus melakukan download aplikasi My SAPK BKN di play store setelah itu maka nantinya anda bisa melakukan install aplikasi dan baru akan bisa menggunakannya setelah anda berhasil menginstallnya di HP anda masing-masing.

 

Di zaman modern saat ini dengan teknologi yang canggih, hampir semuanya berupa digital untuk memudahkan masyarakat luas. Hampir semua orang saat ini mempunyai smartphone atau ponsel pintar untuk memudahkan aktivitas sehari-hari. Seperti halnya untuk pemerintahan di Indonesia, saat ini menggunakan teknologi digital seperti website dan lainnya. Nah oleh sebab itulah pihak BKN saat ini telah menciptakan sebuah aplikasi untuk memudahkan para pegawai negeri dalam melakukan cek profil PNS hanya dengan mengakses sebuah aplikasi yang bernama My SAPK BKN.

 

Untuk lebih jelas mengenai apa itu MY SAPK BKN  dan apa saja menu yang terdapat pada aplikasi MY SAPK BKN serta bagaimana cara untuk bisa mengaksesnya, maka silahkan anda simak penjelasan di bawah ini :

 

PENGERTIAN MY SAPK BKN

My SAPK BKN merupakan aplikasi milik Badan Kepegawaian Negara yang bertujuan untuk memudahkan PNS dalam mendapatkan pelayanan kepegawaian-nya. My SAPK merupakan aplikasi berbasis android yang mudah dalam penggunaannya.

Secara keseluruhan My SAPK merupakan sebuah sistem aplikasi pelayanan kepegawaian BKN untuk memudahkan kegiatan administrasi para PNS seperti penginputan gaji, PNS, dan lain sebagainya. Aplikasi ini juga sudah bisa di download di play store.

 

FITUR MY SAPK BKN

Sebagai salah satu aplikasi untuk memudahkan pelayanan kepegawaian di BKN, tentu ada banyak fitur di dalamnya. Berikut beberapa fitur yang ada di dalam My SAPK BKN:


 

-          Profil PNS

merupakan sebuah fitur yang di dalamnya berisi data utama pegawai, posisi, jabatan, golongan dan lainnya (Pendidikan, pribadi, keluarga). Fitur ini berisi tentang identitas pribadi mengenai pegawai PNS tersebut secara garis besar.

-          Ubah Data

Fitur ini bermanfaat agar ASN atau pegawai bisa mengubah data yang ada di dalam database Nasional BKN seperti nomor telepon, alamat email, BPJS, NPWP, nomor Handphone, alamat rumah dan lain sebagainya.

-          My KPE

My KPE atau Kartu Pegawai Elektronik di dalam aplikasi ini merupakan versi virtual. Sekarang ASN atau pegawai tidak perlu lagi mencetak Kartu Pegawai Elektronik, Anda hanya perlu menggunakan KPE Virtual yang bisa di download dan dicetak untuk keperluan administrasi kepegawaian seperti Bapertarum, BPJS Kesehatan dan PT. Taspen.

-          Otentifikasi SK

Fitur Otentifikasi SK merupakan fitur yang berisi mengenai Surat Keputusan yang telah dikeluarkan oleh SAPK.

-          E-Lapkin

Merupakan hasil laporan kinerja ASN yang dapat dilihat hasilnya sesuai tahun yang telah di daftarkan/dilaporkan pada BKN. Didalam e-Lapkin anda bisa melihat penilaian SKP anda yang berupa nilai prestasi kerja anda.

-          Pelacakan

Fitur pelacakan ini digunakan oleh ASN untuk mengetahui sejauh mana proses kepegawaian yang dimilikinya. Fitur ini sangat penting untuk para ASN atau pegawai.

-          Personalisasi

Personalisasi merupakan salah satu fitur di dalam aplikasi My SAPK BKN yang berfungsi untuk mengganti password di aplikasi My SAPK BKN.

 

CARA MENGGUNAKAN APLIKASI My SAPK BKN

Dikarenakan aplikasi My SAPK BKN dikhususkan untuk ASN atau pegawai, tentu ada cara tersendiri saat login, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan saat login ke My SAPK BKN.



-        Langkah pertama silahkan anda download terlebih dahulu aplikasi my SAPK BKN melalui HP di google play store

-        Lakukan install aplikasi agar bisa digunakan

-        Setelah berhasil  menginstall aplikasi My SAPK BKN, maka buka aplikasinya untuk masuk atau login dengan klik SIGN IN.

-        Setelah itu akan muncul tulisan untuk memasukkan Username dan Password. Silahkan isi Username menggunakan NIP dan password diisi menggunakan NIK (Password yang menggunakan NIK apabila PNS belum pernah mengakses aplikasi tersebut sebelumnya)

-        Jangan lupa periksa informasi pribadi milik Anda seperti  data utama, golongan, jabatan, posisi, pangkat dan lain sebagainya. Jika di dalam informasi tersebut terdapat beberapa hal yang tidak pas atau sesuai harap hubungi BKN masing-masing atau pengelola kepegawaian instansi.

-        Setelah itu cek sajian Update Data, isi data yang dibutuhkan di dalam aplikasi tersebut guna menyempurnakan atau menambah beberapa informasi milik Anda.

-        Untuk Anda yang sedang mengajukan kenaikan pangkat, jangan lupa membaca fitur notifikasi untuk melacak proses kenaikan pangkat yang Anda ajukan.

-        Jangan lupa cek sajian lainnya dan lengkapi data yang masih kurang semaksimal mungkin.


UNTUK LEBIH JELAS CARA MEMBUKA MY SAPK BKN LIHAT (DISINI)

 

Manfaat Aplikasi My SAPK BKN

Banyak sekali manfaat yang dimiliki aplikasi My SAPK BKN ini untuk para ASN dan BKN. Tidak heran jika aplikasi ini banyak di download dan diinstall oleh para ASN di Indonesia.

Berikut beberapa manfaat dari My SAPK BKN.

1.   Memudahkan ASN dalam menyimpan data atau informasi.

2.   Memudahkan ASN menyampaikan informasi pribadi atau data diri langsung ke database BKN.

3.   Membuat ASN mudah dalam mengubah beberapa informasi dengan lebih cepat.

4.   Memudahkan permasalahan administrasi ketenagakerjaan milik para ASN Indonesia.

5.   Memudahkan ASN dalam mengecek kepegawaian-nya di BKN.

6.   Memudahkan BKN dalam memperbarui informasi dan data milik ASN atau pegawai.

 

Tentunya dengan anda mengetahui informasi ini maka anda tidak perlu lagi pusing untuk bisa mengetahui profil PNS anda atau jika anda ingin melihat data kenaikan pangkat terbaru anda maka kini anda cukup melakukannnya dengan mudah yakni dengan mengakses aplikasi MY SAPK BKN.

 

Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda para ASN yang ingin mengetahui apakah data anda sudah sesuai antara di BKN dengan di BKD tempat anda bekerja.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel