-->

2 Cara Cek Profil PNS

Kherysuryawan.id – langkah-langkah untuk melakukan cek data PNS di BKN secara online dengan menggunakan 2 cara.

Sahabat PNS yang Budiman, pada postingan kali ini saya akan membahas mengenai cara untuk bisa melakukan cek data pribadi atau individu PNS dengan mudah. Adapun data PNS yang bisa di cek yaitu diantaranya :

·         Nama Lengkap PNS

·         Nomor Induk Pegawai (NIP) Lama

·         Nomor Induk Pegawai (NIP) Baru

·         Tempat lahir

·         Tanggal lahir

·         Golongan

·         Pangkat

·         TMT golongan

·         Pendidikan terakhir

·         Jenis jabatan

·         TMT CPNS

·         TMT PNS

·         TMT Jabatan

·         Unit kerja

·         Instansi kerja

·         Kedudukan hukum

Seluruh data yang telah saya sebutkan diatas dapat dengan mudah anda lihat sesuai dengan profil PNS anda masing-masing dan hanya dapat dilakukan secara online yang dalam hal ini anda harus mempersiapkan paket data agar bisa melakukan akses untuk cek profil PNS anda.

 

Melakukan cek profil PNS biasanya dilakukan oleh para PNS yang baru saja melakukan proses kenaikan pangkat dari pangkat lama ke pangkat yang baru. Untuk memastikan apakah data riwayat kepangkatan yang baru telah terbaca di BKN maka cara mudah untuk mengetahuinya yaitu dengan melakukan cek profil PNS.

 

Bagi seorang guru dan tenaga kependidikan Melakukan cek profil PNS sangat perlu untuk di ketahui sebab jika ada data kepegawaian yang dirasa ingin untuk diketahui secara jelas apakah sudah sesuai antara data yang ada di dalam aplikasi dapodik dengan data yang terentri di BKN maka salah satu caranya ialah dengan melakukan cek profil PNS.

 

Cara melakukan cek profil PNS ini dapat dilakukan secara umum oleh semua pegawai negeri sipil di semua instansi. Bagi anda yang sudah menjadi seorang PNS dan ingin mengetahui data lengkap seputar kepegawaian anda maka anda perlu untuk mencoba mengakses profil PNS.

 

Jika setelah anda melakukan cek profil PNS sesuai dengan langkah-langkah yang akan saya sampaikan melalui postingan ini dan ternyata masih ada data yang tidak sesuai dengan data yang anda miliki maka anda bisa melakukan perbaikan atau perubahan dengan mengunjungi kantor kepegawaian di daerah anda masing-masing.

 

Baiklah bagi anda yang mungkin baru mengenal tentang cara dalam melakukan cek profil PNS maka melalui postingan ini saya akan memberikan 2 alternatif atau 2 cara yang dapat anda gunakan untuk melakukan cek profil PNS secara online.

 

Kedua cara yang saya maksudkan ialah anda bisa melakukan cek profil PNS dengan menggunakan HP android atau tablet dan juga anda bisa melakukan cek profil PNS dengan menggunakan perangkat PC atau laptop atau computer. Untuk anda yang ingin melakukan ck profil PNS maka anda bisa memilih salah satu dari kedua cara tersebut dan anda bisa menyesuaikan dengan selera anda masing-masing apakah anda ingin mengakses melalui media HP atau melalui computer.

 

Baiklah berikut ini penjelasan tentang 2 cara melakukan cek profil PNS :

# CARA 1

1.   DENGAN MENGGUNAKAN HP ANDROID

Apabila anda ingin melakukan cek profil PNS dengan menggunakan HP android, maka anda harus melakukan beberapa langkah-lamgkah seperti yang akan saya jelaskan di bawah ini :

-          Silahkan anda download terlebih dahulu aplikasi “My SAPK BKN”

Caranya yaitu pertama-tama silahkan anda buka Playstore atau Appstore kemudian ketik di kolom pencarian "My SAPK BKN" sehingga nantinya anda akan melihat jenis aplikasi tersebut seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini



-          Selanjutnya silahkan anda install aplikasi “My SAPK BKN” tersebut

-          Setelah anda berhasil melakukan install apliaksi “My SAPK BKN” maka silahkan anda buka aplikasi tersebut

-          Selanjutnya silahkan anda melakukan login kedalam aplikasi tersebut dengan cara memasukkan username dan password, dan jika sudah klik "LOGIN"

Keterangan:

Username : isi dengan Nomor induk pegawai (NIP) anda

Password : isi dengan Nomor induk kependudukan (NIK) anda



-          Kemudian untuk mengecek profil PNS anda, maka silahkan anda klik icon profil PNS



-          Selanjutnya akan tampil beberapa menu dan untuk menampilkan data profil kepegawaian anda maka silahkan klik menu “Data Utama



-          Maka akan tampil hasil profil PNS seperti pada contoh gambar di bawah ini

 


# CARA 2

2.   DENGAN MENGGUNAKAN HP LAPTOP/KOMPUTER

Apabila anda ingin melakukan cek profil PNS dengan menggunakan Laptop atau komputer, maka anda harus melakukan beberapa langkah-lamgkah seperti yang akan saya jelaskan di bawah ini :

-          Pertama silahkan anda kunjungi laman Apps BKN di alamat berikut ini : https://apps.bkn.go.id/ProfilPns/

-          Maka akan tampil seperti pada gambar di bawah ini



-          Selanjutnya untuk bisa login silahkan anda masukkan NIP (tanpa spasi) pada kolom yang telah disiapkan dan klik “NEXT”

-          Selanjutnya silahkan anda masukkan kode captcha yang telah di sediakan oleh system pada kolom yang tersedia, setelah itu klik “OK”



-          Maka akan tampil profil PNS anda seperti terlihat pada contoh gambar di bawah ini

 


Sebagai informasi tambahan bahwa di dalam menu profil PNS tersebut juga telah di berikan sebuah informasi penting yang mana apabila anda merasa bahwa ada ketidak sesuaian pada data yang muncul dengan data anda yang sebenarnya maka diharapkan anda untuk menghubungi Badan Kepegawaian Daerah (BKD) atau biro kepegawaian di instansi anda masing – masing dengan membawa dokumen yang sesuai dengan yang anda miliki atau dengan data dokumen yang otentik.

 

Bagaimana ???

Mudah bukan untuk bisa melakukan cek profil PNS anda !!!

Semoga dengan tutorial ini maka anda yang ingin melakukan cek data kepegawaian atau kepangkatan anda di BKN maka anda bisa melakukannya dengan mudah.

 

Demikian informasi mengenai 2 cara mudah dalam melakukan cek profil PNS secara online, semoga apa yang telah saya jabarkan pada kesempatan kali ini dan melalui postingan ini dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel