Cara Backup dan Restore PMP 2020 Covid-19

kherysuryawan.id - 14 Langkah Cara Backup dan Restore Database Aplikasi PMP Offline versi 2020 Covid-19 Secara Manual Tanpa Menggunakan Aplikasi/Software.
Sahabat operator sekolah yang berbahagia dimanapun anda berada, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah tutorial singkat dan menarik khususnya bagi anda yang sedang menjalankan tugas sebagai operator pada aplikasi penjaminan mutu Pendidikan atau yang disingkat dengan PMP. Seperti yang kita ketahui bahwa aplikasi PMP di tahun 2020 ini terdapat sedikit perbedaan dari aplikasi EDS PMP versi sebelumnya. EDS tahun ini di sesuaikan dengan keadaan saat ini yang mana dengan adanya pandemi maka pengisian pada instrumen EDS PMP tahun 2020 hanya di peruntukkan bagi kepala sekolah dan guru saja selain itu proses untuk melakukan pengisiannya pun dapat dilakukan di rumah masing-masing dengan menggunakan HP Android yaitu dengan menggunakan aplikasi EDS yang dapat di download di play store.

Hal baru yang menjadi permasalahan yang di hadapi oleh para operator PMP sekolah yakni susahnya melakukan syncronisasi PMP sehingga ketika operator PMP sekolah melakukan proses syncronisasi rata-rata lebih banyak yang tidak berhasil melakukannya dari pada yang berhasil melakukannya. Bukan hanya itu sebagian operator aplikasi PMP sekolah bahkan mengalami banyak terjadi dimana tampilan pada aplikasi PMP mereka yang menjadi eror dan tiba-tiba blank sehingga mereka menjadi panik dan tidak memiliki jalan keluarnya.


Bagi operator PMP yang telah mengetahui cara yang harus di tempuh agar dapat mengatasi masalah yang sering di alami ketika aplikasi PMP menjadi blank dan eror tentunya tidak akan kebingungan namun bagaimana jika anda yang sedang mengalami hal tersebut lantas tidak tahu bagaimana cara mengatasinya sedangkan pengisian pada kuesioner PMP anda telah hampir 100% terlaksana sedangkan anda belum berhasil melakukan syncronisasi dan sudah terjadi eror.
Jika anda menghadapi hal tersebut maka pastinya jalan satu-satunya yang harus anda lakukan adalah anda harus melakukan install ulang aplikasi PMP anda.

Perlu anda ketahui bahwa aplikasi PMP 2020 covid-19 ini berbeda dengan aplikasi PMP sebelumnya jika pada aplikasi PMP sebelumnya untuk menu backup masih di sediakan maka pada aplikasi PMP saat ini menu tersebut sudah tidak ada lagi padahal menu backup sebenarnya sangat penting untuk disediakan agar data yang telah di masukkan dapat disimpan sebagai bahan arsip agar ketika suatu saat terjadi masalah maka kita dapat memiliki file backup yang menjadi cadangan ketika aplikasi terjadi eror.

Meskipun pada aplikasi PMP 2020 covid-19 tidak tersedia menu backup namun sebenarnya anda masih tetap dapat melakukan backup data pengisian EDS PMP anda melalui beberapa langkah yang akan saya jelaskan pada postingan ini. Bagi anda yang mengalami masalah eror pada aplikasi PMP maka anda tidak perlu ragu lagi karena anda cukup melakukan backup data PMP anda maka anda dapat melakukan install ulang aplikasi PMP anda dan merestore data hasil backup tersebut maka aplikasi akan kembali seperti sedia kala tanpa menghilangkan sedikitpun data yang telah anda isi sebelumnya pada aplikasi PMP.


Dalam melakukan backup sebenarnya dapat di lakukan dengan menggunakan sebuah aplikasi atau sofware namun dapat juga dilakukan tanpa menggunakan aplikasi alias secara manual. Nah pada postingan kali ini yang akan saya berikan yakni cara backup data PMP secara manual.
Bagi anda yang ingin mengetahui bagaimana cara untuk melakukan backup data PMP secara manual tanpa menggunakan aplikasi bantuan maka simaklah penjelasan berikut.

Baiklah berikut ini 14 langkah cara melakukan backup data PMP pada aplikasi PMP 2020 Covid-19 secara manual tanpa menggunakan software/aplikasi lain.
1.   Klik menu start pada desktop/laptop anda
2.   Silahkan anda ketikkan “services” pada menu start di kolom pencarian
3.   Setelah tulisan “services” ditemukan klik tulisan services tersebut
4.   Setelah itu silahkan anda cari file dengan nama “PMPDB” dan PMPWebSrv”
5.   Kemudian silahkan anda stop aktivitas dari kedua file tersebut dengan mengklik tombol “Stop service”
6.   Selanjutnya silahkan anda masuk ke windows eksplorer
7.   Pilih Local Disk C
8.   Kemudian pilih program files, dan pilih folder EDSDikdasmen
9.   Selanjutnya silahkan anda copy folder “database” dan “dataweb”
10. Simpan kedua folder tersebut pada tempat yang mudah untuk diingat
11. Dan anda telah berhasil menyimpan hasil backup data PMP 2020
12. Apabila anda akan melakukan restore maka anda dapat mengulangi langkah-langkah mulai dari nomor 1 hingga nomor 8
13. Dan selanjutnya silahkan anda pastekan hasil backup data PMP kedalam folfer EDSDikdsmen.
14. Selesai

Apabila anda melakukan backup data maka anda akan sangat terhindar dari masalah yang membuat anda menjadi strees ketika aplikasi terjadi eror sehingga sangat di sarankan untuk selalu melakukan backup data khususnya pada aplikasi PMP agar ketika anda menghadapi masalah aplikasi eror atau ingin melakukan update aplikasi maka anda telah memiliki data cadangan untuk bisa di gunakan kembali.
Semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi anda yang sedang melakukan pekerjaan sebagai operator PMP di sekolah. 
Selamat beraktifitas, semoga anda sukses selalu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel