-->

15 Langkah Merubah Email dan Password Akun PTK Yang Sudah Terverifikasi

Kherysuryawan.id – Tips melakukan pergantian email dan password akun PTK pada laman sp.datadik oleh operator dapodik sekolah tanpa harus melakukan reset akun di operator dinas.

Sahabat OPS dan pendidik yang berbahagia, senang rasanya pada kesempatan kali ini saya bisa kembali berbagi pengalaman seputar informasi tentang hal yang ada hubungannya dengan akun guru dan tugas sebagai seorang operator dapodik sekolah.

 

Seperti kita ketahui bahwa saat ini pendidik dalam hal ini guru sangat penting sekali untuk bisa memiliki sebuah akun dapodik yang sudah harus terverifikasi dengan tujuan agar nantinya akun tersebut dapat digunakan sebagai dasar ketika guru akan melakukan login kedalam aplikasi info GTK.

 

Masih ingatkah anda tentang info GTK???

Yah, laman info GTK saat ini menjadi sebuah laman yang sangat penting untuk selalu dan sering dikunjungi baik oleh guru maupun oleh tenaga kepandidikan. Jika kita ketahui sebelumnya bahwa banyak guru dan tenaga kependidikan yang berbondong-bondong untuk melakukan akses kelaman info GTK dengan tujuan untuk mengetahui tentang data yang ada pada masing-masing PTK yang tertera di laman info GTK tersebut.

 

Laman info GTK juga saat ini menjadi tempat untuk melakukan cek tunjangan baik tunjangan guru maupun tunjangan untuk tenaga kependidikan. Ada beberapa tunjangan yang menjadi sangat penting utnuk di cek dilaman info GTK seperti tunjangan sertifikasi, tunjangan daerah terpencil, tunjangan fungsional guru/inpasing, tunjangan BSU, dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Selain untuk melakukan cek tunjangan dilaman info GTK ada juga hal penting yang harus di ketahui khususnya bagi guru honorer yaitu dimana pada laman info GTK guru honorer dapat mengetahui informasi seputar penerimaan PPPK serta melakukan verval ijazah untuk mengetahui kevalidan data ijazah yang dimiliki oleh setiap masing-masing guru.

 

Pada postingan saya sebelumnya saya telah membagikan postingan mengenai cara untuk login kelaman info GTK, cara untuk mengecek tunjangan di laman info GTK, cara untuk melakukan verval ijazah dilaman info GTK. Jika anda membutuhkan informasi lengkap mengenai hal-hal tersebut maka anda bisa mencari postingan yang sesuai dengan apa yang anda butuhkan seputar informasi yang telah saya sebutkan diatas pada blog kherysurwan.id

 

Perlu anda ketahui bahwa untuk bisa melakukan login kedalam aplikasi info GTK maka setiap guru harus memiliki akun yang sudah terverifikasi dan guru tersebut juga harus memiliki status sekolah induk. Tahukah anda bahwa untuk melakukan verifikasi maka selain dapat dilakukan oleh operator dapodik sekolah, maka dapat pula dilakukan oleh masing-masing PTK.

 

Lantas bagaimana cara untuk melakukan verifikasi akun PTK ???

Untuk melakukan verifikasi akun PTK maka anda harus melalui beberapa tahapan penting yaitu dengan menyiapkan sebuah email aktif serta mempersiapkan sebuah password yang tentunya mudah untuk anda ingat sebab nantinya untuk bisa login kedalam info GTK maka anda harus menggunakan email aktif tersebut serta password yang telah anda siapkan tadi.

Untuk lebih jelasnya mengenai cara melakukan verifikasi akun PTK maka silahakan anda lihat (DISINI)

 

Perlu anda ketahui bahwa untuk melakukan verifikasi akun PTK maka anda harus berhati-hati karena jika salah dalam melakukannya maka biasanya anda tidak akan berhasil menggunakan akun tersebut untuk bisa digunakan sebagai bahan login kedalam laman info GTK.

 

Banyak pertanyaan yang muncul bahwa jika akun PTK telah terverifikasi maka sudah tidak bisa lagi melakukan perubahan email ataupun password akun PTK.

Awalnya saya pun berfikir demikian sebab pada umumnya untuk melakukan perubahan akun PTK maka wajib untuk bisa melakukan reset akun melalui operator dinas.

 

Namun dengan adanya ilmu baru yang saya dapatkan ternyata untuk merubah email dan password pada akun PTK juga dapat dilakukan dengan mudah melalui operator dapodik sekolah.

Berikut ini contoh gambar peringatan akun PTK yang telah terverifikasi

 


Lantas bagamana sih cara merubah email dan password PTK yang sudah di verifikasi ???

 

Baiklah pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips mudah untuk bisa melakukan perubahan pada email dan password PTK yang sudah terverifikasi.

Berikut ini langkah-langkah yang harus anda lakukan untuk bisa melakukan perubahan email dan password pada akun PTK yang telah terverifikasi:

1.   Cara ini hanya bisa dilakukan oleh operator dapodik sekolah

2.   Silahkan kunjungi alamat ini : https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/

3.   Silahkan login dengan klik “login menggunakan SSO”

4.   Silahkan masukkan email dan password dapodik pada kolom yang di sediakan dan lakukan login atau masuk

5.   Klik menu “Akun”

6.   Klik “daftar akun”

7.   Pilih jenis akun “PTK”

8.   Klik “Tampilkan”

9.   Pilih nama PTK yang akan di ganti email dan passwordnya

10. Selanjutnya akan tampil icon pensil di ujung nama PTK dan untuk bisa mengganti email dan password akun PTK tersebut maka silahkan klik kanan icon pensil tersebut dan pilih “inspeksi”

(seperti terlihat pada gambar di bawah ini)



11. Selanjutnya akan tampil sebuah script dan silahkan anda cari tulisan email PTK dan anda ganti angka 1 dengan angka “0” setelah di ubah tekan enter.

seperti terlihat pada gambar di bawah ini :



Sebagai contoh ubah seperti berikut (`nama`,`nama@gmail.com`,`1`,`1`)" maka rubah menjadi `nama`,`nama@gmail.com`,`1`,`0`)"

12. Selanjutnya silahkan pilih kembali nama PTK yang di maksud lalu klik icon pensil yang terdapat pada nama PTK tersebut maka akan tampil seperti gambar berikut

13. Silahkan anda lakukan pergantian email dan password sesuai keinginan

14. Klik “Update”



15. Selesai. (Email dan password telah terganti)

 

Demikianlah cara atau tips mudah untuk melakukan pergantian email dan password PTK yang telah terverifikasi. Hal ini tentunya akan sangat memudahkan para PTK yang akan melakukan perubahan atau pergantian pada akun PTK nya. Apalagi jika tempat untuk melakukan reset akun di OP dinas sangat jauh dan merepotkan PTK yang akan melakukan pergantian akun maka dengan langkah-langkah di atas kiranya bisa memudahkan para PTK untuk melakukan perubahan email maupun password PTK yang telah terverifikasi.

 

Perlu diingat juga bahwa hal tersebut di atas, hanya dapat dilakukan oleh operator dapodik sekolah saja sehingga bagi PTK yang ingin melakukan perubahan data pada akun PTK nya khususnya data email dan password akun PTK maka hendaknya meminta bantuan kepada Oerator dapodik sekolahnya.

Sekian dan Terimakasih, semoga bermanfaat !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel