-->

Cara Melihat Nilai Individu Indeks Profesionalitas PNS/ASN

Kherysuryawan.id – Cara cek nilai indeks professional pegawai negeri sipil (PNS) Tahun 2020/2021.

Sebagai seorang ASN atau PNS tentunya ingin mengetahui seberapa besar nilai individu indeks profesionalitas yang di peroleh di setiap tahunnya. Perlu di ketahui bahwa Pengukuran indeks profesionalitas ASN dilaksanakan di seluruh instansi mulai dari instansi pusat hingga instansi daerah yang pelaksanaanya di koordinasikan oleh unit kerja yang bertanggung jawab dalam pengelolaan pegawai ASN di masing-masing instansi.

 

Mengapa pengukuran indeks profesionalitas bagi ASN perlu dilakukan ???

Bagi anda yang masih belum paham tentang apa itu pengukuran indeks profesionalitas ASN, maka berikut ini penjelasannya :

Pengukuran Indeks Profesionalitas ASN adalah suatu instrument yang digunakan untuk mengukur secara kuantitatif tingkat profesionalitas pegawai ASN yang hasilnya dapat digunakan sebagai dasar penilaian dan evaluasi dalam upaya pengembangan profesionalisme ASN.

 

Adapun Standar Profesionalitas ASN adalah kriteria yang digunakan untuk mengukur tingkat profesionalitas ASN yang mencakup dimensi kualifikasi, kompetensi, kinerja, dan disiplin. Pemanfaatan hasil Pengukuran Indeks Profesionalitas ASN bagi Pegawai ASN dapat digunakan sebagai area pengembangan diri dalam upaya peningkatan derajat Profesionalitas sebagai Pegawai ASN.

 

Pengukuran indeks profesionalitas ASN di lakukan bagi ASN yang berada baik di instansi pusat dan instansi daerah. Bagi setiap ASN yang ingin mengetahui nilai indeks profesioanalitasnya maka bisa langsung mengecek sendiri nilainya yang dapat dilakukan secara online.

 

Adapun Kategori tingkat Profesionalitas ASN dibuat dalam rentang nilai sebagai berikut:


  • 91 – 100

Sebutan tingkat profesionalitas yang mendapatkan nilai antara 91 – 100, dapat diartikan bahwa ASN tersebut memiliki profesionalitas yang sangat tinggi

  • 81 – 90

Sebutan tingkat profesionalitas yang mendapatkan nilai antara 81 – 90, dapat diartikan bahwa ASN tersebut memiliki profesionalitas yang tinggi

  • 71 – 80

Sebutan tingkat profesionalitas yang mendapatkan nilai antara 71 – 80, dapat diartikan bahwa ASN tersebut memiliki profesionalitas yang sedang

  • 61 – 70

Sebutan tingkat profesionalitas yang mendapatkan nilai antara 61 – 70, dapat diartikan bahwa ASN tersebut memiliki profesionalitas yang rendah

  • 60 ke bawah

Sebutan tingkat profesionalitas yang mendapatkan nilai 60 kebawah, dapat diartikan bahwa ASN tersebut memiliki profesionalitas yang sangat rendah

 

Setelah memahami kategori tingkat professional ASN yang di tuangkan dalam bentuk nilai seperti penjelasan di atas, maka anda juga perlu mengetahui jenis indikator yang akan dinilai bagi masing-masing ASN.

Berikut ini indikator yang akan dinilai pada pengukuran indeks profesionalitas ASN, diantaranya yaitu :

1.   Kualifikasi (riwayat Pendidikan terakhir)

( penilaian pada indikator Kualifikasi riwayat Pendidikan terakhir Yaitu memiliki nilai maksimal 25)

2.   Kompetensi (Riwayat Pengembangan Kompetensi)

( penilaian pada indikator Riwayat Pengembangan Kompetensi Yaitu memiliki nilai maksimal 40)

3.   Kinerja (Hasil penilaian kinerja)

( penilaian pada indikator Hasil penilaian kinerja Yaitu memiliki nilai maksimal 30)

4.   Disiplin ( Riwayat Hukum Disiplin)

( penilaian pada indikator Riwayat Hukum Disiplin Yaitu memiliki nilai maksimal 30)

 

Lantas bagaimana cara untuk melihat nilai indeks profesionalitas masing-masing ASN???

Melalui postingan ini saya akan menjelaskan bagaimana cara untuk melihat atau mengecek nilai indeks profesionalitas masing-masing ASN dengan sangat mudah yaitu anda cukup mempersiapkan nomor induk pegawai (NIP) dan nama pegawai yang akan di cek nilai indeks profesionalitasnya.

 

Baiklah untuk lebih jelasnya maka berikut ini cara melakukan cek nilai indeks profesionalitas ASN :

1.   Silahkan kunjungi alamat berikut : https://ip-jasn.bkn.go.id/

2.   Setelah itu masukkan username dan password pada kolom yang telah di sediakan, dengan ketentuan sebagai berikut :

-          Username (untuk login sebagai PNS) yaitu menggunakan NIP baru (18 digit)

-          Password (untuk login sebagai PNS) yaitu menggunakan nama depan PNS (sebelum spasi pertama) dengan huruf kecil.

Contoh : untuk PNS atas nama Budi Prayoga maka passwordnya adalah “budi”

Setelah selesai memasukkan username dan password silahkan klik “login”



3.   Selanjutnya akan muncul tampilan “selamat datang” kemudian di bawah menu silahkan anda klik tulisan “Lihat nilai indeks Professionalitas ASN”



4.   Selanjutnya anda akan melihat hasil nilai indeks Professionalitas ASN yang anda peroleh.

Berikut ini contoh hasil nilai indeks Professionalitas ASN

 


Demikianlah informasi mengenai pengukuran nilai indeks Professionalitas ASN serta cara untuk mengetahui nilai indeks Professionalitas ASN, semoga anda yang baru mengetahui informasi ini, dapat segera melakukan cek nilai indeks Professionalitas ASN anda sehingga anda bisa melihat seberapa besar kategori yang anda peroleh sebagai seorang ASN.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel