-->

Cara Verifikasi Akun PTK di Dapodik 2021


Kherysuryawan.id- 10 Langkah Cara mudah melakukan verifikasi akun PTK di Aplikasi Dapodik Versi 2021 melalui laman sp.datadik
Salam sejahtera buat kita semua,
Saat ini untuk para pengguna dapodik terdapat aturan baru yang mengharuskan agar akun pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) wajib di lakukan verifikasi akun tujuannya adalah untuk memastikan agar email yang digunakan oleh masing-masing PTK masih benar-benar aktif sehingga masih dapat menerima kode verifikasi.

Perlu diketahui bahwa untuk melakukan tahapan verifikasi akun PTK maka dapat dilakukan oleh masing-masing PTK tujuannya agar data email yang digunakan oleh masing-masing PTK hanya dapat diketahui oleh PTK itu sendiri sehingga jika ada kendala nantinya maka masing-masing PTK bisa mengetahui apa masalahnya. Namun dilain pihak sering terjadi dimana PTK sendiri tidak mengetahui bagaimana cara untuk melakukan verifikasi akun PTK di dapodik sehingga pada akhirnya tugas untuk melakukan verifikasi akun PTK dilimpahkan kepada operator dapodik sekolah.

Sebenarnya tugas untuk melakukan verifikasi akun PTK dilakukan oleh setiap guru dan tenaga kependidikan itu sendiri namun terkadang jika ada PTK yang tidak bisa atau tidak mengetahui tentang tahapan melakukan verifikasi akun PTK maka tentunya operator dapodik tidak akan tinggal diam sebab pada akhirnya jika ada masalah yang timbul mengenai data PTK yang akan menanggung akibatnya bisa jadi operator sekolah padahal sebenarnya hal tersebut bukanlah wewenang atau tugas dari operator dapodik sekolah melainkan operator dapodik hanya memberikan penjelasan atau penduan tentang tahapan cara melakukan verifikasi akun PTK.

Mengapa saya katakan bahwa untuk melakukan verifikasi akun PTK adalah harus PTK itu sendiri sebab email yang akan digunakan untuk menerima kode verifikasi akun ialah email milik masing-masing PTK itu sendiri yang barang tentu operator dapodik sekolah tidak bisa melihatnya sebab tidak memiliki izin akses untuk membuka atau melihat kode verifikasi yang dikirimkan oleh tim dapodik.
Apabila PTK memang benar-benar tidak memiliki skil atau kemampuan untuk membuat email dan melakukan verifikasi akun maka jalan terakhir tentunya memang harus di tolong oleh operator dapodik sekolah untuk bisa dilakukan verifikasi akun PTK miliknya.

Ada beberapa manfaat yang di peroleh bagi masing-masing PTK yang telah melakukan verifikasi akun PTK diantaranya ialah dapat melihat bahwa akun PTK yang digunakan untuk login sudah terverifikasi dan berwarna biru dan manfaat yang paling penting ialah dengan akun yang telah berhasil di verifikasi maka PTK dapat melaukan pengecekan info GTK untuk melihat data kevalidan sertifikasi atau tunjangan lainnya.

Bagi PTK yang belum melakukan verifikasi akun PTK maka nantinya ia tidak bisa melakukan pengecekan pada laman info GTK di tahun pelajaran 2020/2021 ini sebab syarat untuk bisa melakukan cek info GTK pada versi 2021 ini ialah PTK wajib telah melakukan verifikasi akun PTK. Oleh sebab itu maka diharapkan setiap PTK untuk melakukan verifikasi akun PTK sebelum batas tenggang waktu yang telah ditetapkan.

Pada postingan kali ini saya ingin memberikan tutorial atau sedikit panduan mengenai bagaimana cara untuk melakukan verifikasi akun PTK sehingga bagi PTK ataupun operator dapodik sekolah yang belum melakukan verifikasi akun PTK dapat mengetahui tahapan yang harus dilakukan agar bisa berhasil melakukan verifikasi akun PTK.

Sebelum melakukan verifikasi akun PTK langkah pertama yang harus di persiapkan oleh masing-masing PTK ialah harus menyiapkan email aktif yang nantinya akan di daftarkan untuk dijadikan sebagai username dan sebagai tempat untuk memperoleh kode verifikasi akun yang nantinya akan dikirimkan oleh tim dapodik pusat di email masing-masing PTK yang akan di verifikasi.

Bagi guru atau PTK yang sebelumnya telah menggunakan email yang aktif pada akun PTK di dapodiknya maka masih tetap bisa menggunakan email yang masih aktif tersebut sebagai username yang nantinya digunakan untuk login ke dalam aplikasi dapodik namun untuk melakukan verifikasi akun maka langkah awal yang harus dilakukan ialah melakukan update email dan password.
Sedangkan bagi PTK yang ingin melakukan pergantian email maka dapat melakukannya dengan menghubungi operator dapodik sekolah masing-masing agar email dapat di rubah.

Baklah untuk lebih jelasnya mengenai cara-cara melakukan verifikasi akun PTK pada dapodik versi 2021 maka berikut ini langkah-langkah yang harus dikerjakan untuk bisa melakukan verifikasi akun PTK.
1.   Silahkan anda kunjungi alamat berikut ini : https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/
2.   Kemudian klik “Login menggunakan SSO” seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini

3.   Selanjutnya silahkan login menggunakan email dan password yang telah di daftarkan melalui laman sp.datadik dengan mengisi username menggunakan email aktif dan isi paswordnya kemudian klik “Masuk”

4.    Jika ada pilhan seperti pada gambar di bawah ini itu artinya ada 3 jenis akun ganda dengan nama yang sama yang terbaca dan solusinya ialah silahkan klik pilihan yang paling atas

5.   Selanjutnya klik menu “Biodata” agar menu AKUN dapat terlihat

6.   Kemudian langkah selanjutnya silahkan klik “AKUN” dan untuk melakukan verifikasi akun maka lanjutkan dengan mengklik “VERIFIKASI SEKARANG”

7.   Maka akan muncul email yang telah anda daftarkan sebelumnya di dapodik dan untuk bisa mendapatkan kode verifikasi maka silahkan klik “Lanjutkan”

8.   Setelah itu silahkan anda cek kotak masuk email anda kemudian masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan kepada anda pada kolom “kode verifikasi” dan terakhir klik “simpan”

9.   Jika telah berhasil maka akan terlihat bahwa status verifikasi “SUDAH” seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

10. Langkah terakhir yang tak boleh dilupakan ialah melakukan syncronisasi dapodik agar data verifikasi akun PTK dapat terkirim dan masuk kedalam aplikasi dapodik local. Untuk langkah ini dapat dilakukan oleh operator dapodik sekolah.

Demikianlah informasi mengenai cara untuk melakukan verifikasi akun PTK di dapodik versi terbaru 2021, semoga dengan adanya panduan singkat yang telah saya berikan melalui postingan ini dapat bermanfaat bagi anda yang baru akan melakukan verifikasi akun PTK.
Sekian dan Semoga bermanfaat !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel