-->

Cara Membuat Akun PTK Di Aplikasi Dapodik 2021

Kherysuryawan.id - Cara mudah membuat akun PTK pada aplikasi dapodik versi 2021.
Salam Satu Data,
Sebagai seorang operator dapodik maka kita harus banyak membaca dan belajar dari berbagai sumber tentang cara agar mudah dalam mengerjakan aplikasi dapodik. Salah satu tempat kita untuk bisa belajar dengan mudah yaitu dengan belajar melalui media internet.
Melalui blog ini saya telah banyak memberikan tutorial seputar dapodik dan kiranya melalui postingan ini pun saya dapat kembali memberikan tutorial yang dapat bermanfaat khususnya bagi operator dapodik sekolah dan bagi seluruh Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang namanya telah ada di dalam aplikasi dapodik.

Seperti yang kita ketahui saat ini bahwa melalui media internet kita banyak mendapatkan informasi penting yang dapat menunjang dan membantu pekerjaan kita sehingga kita tidak perlu lagi membuang-buang waktu untuk mengikuti kursus melainkan cukup hanya dengan bermodalkan HP atau laptop dan jaringan serta kuota maka kita dapat mencari apa yang kita butuhkan melalui google.

Sesuai dengan judul pada postingan kali ini, maka saya akan memberikan penjelasan berupa tutorial tentang persoalan yang sering di jumpai oleh seorang operator dapodik sekolah khususnya dalam hal membuat akun guru ataupun membuat akun kepala sekolah di dalam aplikasi dapodik.

Tahun demi tahun dalam penggunaan aplikasi dapodik selalu saja ada perubahan yang terjadi dalam penerapan dan penggunaan aplikasi dapodik. Seperti saat ini pada aplikasi dapodik versi terbaru dimana untuk melakukan perubahan data guru ataupun data kepala sekolah dan data pegawai lainnya sudah tidak lagi dapat dilakukan dengan menggunakan login sebagai operator dapodik sekolah melainkan untuk melakukan perubahan data pegawai baik data guru maupun data kepala sekolah hanya dapat dilakukan oleh guru dan kepala sekolah tersebut dengan menggunakan akun yang mereka miliki masing-masing yang mana akun tersebut dapat di buat melalui bantuan operator dapodik sekolah di dalam aplikasi dapodik.

Dengan adanya perubahan mengenai cara input data dan perubahan data Pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) yang hanya bisa dilakukan oleh PTK yang bersangkutan maka akan dapat mengurangi kesalahan yang terjadi pada data tiap-tiap PTK sebab data yang mereka input jelas merupakan data yang benar-benar mereka miliki sendiri dan apabila terdapat kesalahan maka operator sekolah tidak bisa di salahkan.

Namun demikian masih banyak juga Pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) yang dalam hal ini guru ataupun kepala sekolah yang masih menyerahkan sepenuhnya pekerjaan dalam penginputan dan perbaikan data kepada operator sekolah padahal seharusnya mereka dapat melihat sendiri dan mengecek kebenaran data yang mereka miliki di dalam aplikasi dapodik.

Bagi anda operator sekolah yang belum mengetahui tentang cara membuat Akun PTK di dalam aplikasi dapodik, maka pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorialnya yang akan saya lengkapkan dengan gambarnya sehingga anda dapat dengan mudah memahaminya.

Sebelum saya menjelaskan mengenai bagaimana cara membuat akun guru dan akun kepala sekolah maka terlebih dahulu anda harus menyiapkan email yang akan di gunakan oleh masing-masing PTK sebagai username dan untuk password akun PTK dapat di buat bebas meskipun tidak sama dengan password email yang sesungguhnya.

Perlu di ketahui bahwa untuk dapodik versi terbaru saat ini dalam membuat akun atau melihat akun baik akun PTK maupun akun kepala sekolah sudah tidak bisa lagi di lihat di dalam aplikasi dapodik sebab menu untuk melihat akun ataupun mengganti dan membuat akun sudah di alihkan ke alamat tersebdiri.

Baiklah berikut ini penjelasan menganai cara mudah membuat akun PTK di dalam aplikasi dapodik versi terbaru:
(Perlu di ingat bahwa cara untuk membuat akun PTK ataupun akun kepala sekolah hanya bisa dilakukan oleh operator dapodik sekolah)

1.   Langkah pertama silahkan kunjungi alamat berikut : https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/

2.   Setelah itu silahkan klik tulisan "login menggunakan SSO"

3.   Setelah itu isi username dan password menggunakan akun dapodik dan selanjutnya klik "masuk"

4.   Kemudian klik menu "Akun" dan untuk membuat akun baru maka pilih dan klik "Tambah Akun"

5.   Selanjutnya untuk membuat akun PTK maka silahkan anda isi pada kolom yang telah di sediakan seperti terlihat pada gambar di bawah. ( untuk kolom jenis akun silahkan kalian pilih PTK, kemudian pada kolom nama silahkan kalian pilih sesuai daftar nama yang di tampilkan, kemudian untuk kolom username silahkan kalian masukkan email aktif yang dimiliki oleh PTK yang akan di buatkan akunnnya dan untuk password silahkan masukkan password yang diinginkan oleh masing-masing PTK. khusus untuk kolom password dapat diisikan meskipun tidak sama dengan password email)

6.   Langkah terakhir silahkan anda klik menu “Simpan” yang terdapat pada bagian bawah.

7. Setelah berhasil membuat akun jangan lupa untuk melakukan verifikasi akun agar akun dapat di gunakan untuk melakukan cek info GTK. Untuk mengetahui cara lengkap melakukan verifikasi akun silahkan lihat (DISINI).

Sampai tahapan itu berarti anda telah berhasil membuat akun PTK dan untuk membuktikan apakah akun PTK tersebut benar-benar telah berfungsi maka anda dapat mencobanya dengan cara login kedalam aplikasi dapodik dengan menggunakan akun PTK yang telah anda buat tadi. Apabila anda berhasil login maka anda akan melihat data PTK yang bersangkutan di dalam aplikasi dapodik tersebut dan tidak dapat melihat data PTK lainnya seperti ketika anda login dengan menggunakan akun operator dapodik.

Apabila anda ingin membuat akun PTK untuk guru-guru lainnya ataupun akun kepala sekolah maka caranya sama dengan cara yang telah saya jelaskan di atas yaitu anda dapat memilih nama PTK yang akan di buatkan akun dapodiknya.
Demikainlah postingan tutorial mengenai cara membuat Akun PTK di dalam aplikasi dapodik versi terbaru, semoga postingan ini dapat membantu anda yang sedang mencari informasi mengenai cara membuat akun PTK di dalam aplikasi dapodik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel