-->

Soal & Kunci Tryout PPPK Untuk Guru TK/PAUD 2021

Kherysuryawan.id – Kumpulan soal Tryout PPPK untuk guru PAUD/TK versi kemendikbud.

Sahabat Pendidikan yang berbahagia, kembali lagi berjumpa pada blog Pendidikan yang selalu memberikan informasi terupdate dan tentunya bermanfaat bagi para pembaca setia blog ini. Melalui kesempatan kali ini saya akan kembali membagikan beberapa jenis soal latihan yakni soal dan kunci jawaban tryout untuk guru jenjang TK/PAUD.

 


Jika pada postingan saya sebelumnya saya telah banyak membagikan soal dan pembahasan tryout untuk guru jenjang SD, SMP dan SMA maka kali ini saya akan kembali berbagi soal latihan tryout untuk para guru jenjang TK/PAUD. Kumpulan soal tryout PPPK untuk jenjang TK/PAUD ini saya peroleh dari soal tryout versi kemendikbud yang tentunya akan sangat membantu para guru paud dalam mempelarinya.

 

Bagi para guru TK/PAUD yang mungkin selama ini sedang mencari referensi kumpulan soal-soal dan kunci jawaban tryout PPPK Untuk guru PAUD maka disini anda bisa mendapatkannya dengan mudah dan tentunya gratis. Namun perlu anda pahami bahwa semua soal yang saya berikan atau saya tampilkan disini bukanlah berarti bahwa soal ini yang nantinya akan muncul pada saat anda melakukan seleksi ASN PPPK nantinya melainkan soal-soal tryout ini kiranya bisa menjadi bahan untuk belajar bagi para calon seleksi ASN PPPK tahun ini.

 

Dengan semakin banyak belajar maka tentunya akan semakin besar pula pengetahuan anda untuk memahami pelajaran tersebut. Olehnya itu jadikan postingan yang ada di dalam blog Pendidikan ini sebagai sebuah wadah atau sarana untuk bisa mendapatkan info pembelajaran yang sangat penting dan tentunya bermanfaat bagi siapapun.

 

Sebagai informasi awal bahwa semua soal yang ditampilkan disini ialah soal dalam bentuk pilihan ganda jadi di setiap soal tentunya telah ada satu pilihan jawaban yang paling benar, oleh sebab itu usahakan anda jeli dalam membaca soal agar ketika anda akan menjawabnya maka anda dapat menjawabnya dengan benar dan tepat.

 

Oh ya tidak semua soal yang saya tampilkan diisini memiliki kunci jawabannya, sehingga bagi soal yang masih belum memiliki kunci jawabannya, maka anda bisa mencarinya sendiri dan tentunya itu akan menjadi sebuah tantangan bagi anda yang ingin belajar. Semoga dengan anda mempelajari kumpulan soal-soal tryout untuk guru PAUD ini maka anda bisa lulus nantinya dalam menghadapi seleksi ASN PPPK.

 

Baiklah untuk lebih jelasnya mengenai soal-soal tryout PPPK untuk guru TK/Paud maka silahkan anda simak soalnya di bawah ini dan silahkan anda pelajari dengan sebaik-baiknya.

Selamat belajar !!!!

 

BERIKUT INI SOAL TRYOUT PPPK UNTUK GURU TK/PAUD SERI BELAJAR MANDIRI

 

1. Beberapa Siswa memiliki kecenderungan belajar berupa mengerjakan soal atau tugas dengan cepat tetapi hasilnya banyak kesalahan gaya belajar para siswa tersebut adalah

a. Implusive

b. reflektif

c, gaya berfikir terikat

d. gaya berpikir bebas

e. gaya berpikir tingkat atas

KUNCI JAWABAN : a. Implusive

 

2. Proses mendengarkan yang dilakukan dengan sungguh-sungguh disebut ....

a. Membaca intensif

b. membaca langsung

c. membaca deduktif

d. membaca sekilas

e. membaca cepat

KUNCI JAWABAN : a. Membaca intensif

 

3. Dalam kaitannya dengan upaya untuk memotivasi belajar siswa dan agar proses pembelajaran berlangsung efektif maka guru perlu mengacu pada...

a. Metode pembelajaran

b. pendekatan pembelajaran

c. strategi pembelajaran

d. gaya pembelajaran

e. model pembelajaran

KUNCI JAWABAN : c. strategi pembelajaran

 

4. Untuk menunjang kegiatan pembelajaran dan segala hal dalam konteks pendidikan di gunakanlah bahasa Indonesia Hal tersebut merupakan fungsi bahasa Indonesia sebagai...

a. Alatperhubungan tingkat nasional

b. alat pengembangan kebudayaan dan IPTEK Nasional

c. Bahasa yang digunakan dalam peristiwa kenegaraan

d. bahasa pengantar di lembaga Pendidikan

e. Bahasa isyarat  yang mudah di mengerti

KUNCI JAWABAN : d. bahasa pengantar di lembaga Pendidikan

 

5. Dalam pembelajaran membaca permulaan, ada beberapa metode yang dapat digunakan kecuali ...

a. metode kupas rangkai suku kata

b. metode kata lembaga

c, metode Sas

d. metode cerita

e. metode sains

KUNCI JAWABAN : d. metode cerita

 

6. Kegiatan mementaskan lakon atau cerita biasanya guru dan siswa mempersiapkan naskah dan skenario, perilaku dan perlengkapan. kegiatan tersebut mengekspresikan perasaan dan pikiran siswa dalam bentuk bahasa lisan. hal tersebut termasuk hakikat berbicara jenis...

a. bercerita

b. cerita berantai

c. bermain peran

d. dramatisasi

e. dongeng

KUNCI JAWABAN : d. dramatisasi

 

7. Kegemaran anak akan dongeng/cerita yang bersifat kritis Seperti kisah perjalanan riwayat para pahlawan dan sebagainya merupakan ciri-ciri anak berusia....

a. 3 sampai 5 tahun

b. 6 sampai 8 tahun

c. 10 sampai 12 tahun

d. 15 sampai 18 tahun

e. 20 keatas

KUNCI JAWABAN : b. 6 sampai 8 tahun

 

8. Seorang anak dengan kemampuan menggunakan kata secara efektif baik lisan (pendongeng, orator, penerjemah dan sebagainya) maupun tertulis/tulisan (sastrawan, penulis skenario drama/film, fonologi atau bunyi bahasa, semantik atau makna bahasa, dimensi pragmatik atau penggunaan praktis bahasa) menurut Howard gardner anak tersebut mempunyai kecerdasan....

a. kecerdasan bahasa (linguistik)

b. kecerdasan logika matematika (logic-mathematical)

c. kecerdasan ruang (spatial)

d. kecerdasan gerak tubuh

e. kecerdasan biasa

KUNCI JAWABAN : a. kecerdasan bahasa (linguistik)

 

9. Kemampuan bahasa anak mulai berkembang, pemikiran masih statis, belum dapat berfikir abstrak, dan kemampuan persepsi waktu dan ruang masih terbatas merupakan perkembangan anak pada tahap....

a. tahap sensorimotorik

b. tahap praoperasional

c. tahap operasional konkrit

d. tahap praoperasional konkret

e. tahap motorik

KUNCI JAWABAN : b. tahap praoperasional

 

10. Seorang pendidik berusaha mengumpulkan data asesmen yang digambarkan melalui catatan khusus dan detail tentang tingkah laku anak rancangan tersebut termasuk kedalam teknik....

a. catatan spesimen

b. menjalankan rekor

c. pengambilan sampel waktu

d. catatan anekdot

e. pengambilan sampel acara

KUNCI JAWABAN :

 

11. Pada pendidikan abad ke-21 potensi creative thinking and Innovation sangat penting karena peserta didik dapat...

a. bekerja sama dalam sebuah kelompok dalam memecahkan permasalahan yang ditemukan

b. mengidentifikasi, menganalisis, menginterpretasikan dan mengevaluasi bukti-bukti argumentasi data yang luas Melalui pengkajian secara mendalam serta merefleksikannya dalam kehidupan sehari-hari

c. mengomunikasikan ide-ide dan gagasan secara efektif menggunakan media lisan, tertulis maupun teknologi

c. mencari sendiri tanpa bantuan guru dan menemukan alternatif pemecahan masalah dari berbagai sumber belajar dalam rangka mengembangkan pola pikir

d. menghasilkan, mengembangkan dan mengimplementasikan ide-ide mereka secara kreatif baik secara mandiri maupun berkelompok

KUNCI JAWABAN :

 

12. Proses pemeriksaan seorang pendidik PAUD melakukan pemeriksaan untuk mengukur kecerdasan bahasa anak dengan fokus pada kemampuan berbahasa.

sasaran produk yang dilayani pendidik tersebut adalah...

a. Layanan berbasis bermain

b. penguatan kecerdasan jamak

c. layanan berbasis kemampuan anak

d. layanan berbasis perkembangan anak

e. kurikulum

KUNCI JAWABAN :

 

13. Contoh penerapan teori behavioristik yang dapat dilakukan oleh guru dalam praktik pembelajaran adalah

a. memahami tahap perkembangan peserta didik dan menggunakan metode pembelajaran sesuai dengan tahap tersebut

b. memberikan penjelasan tentang pengetahuan baru dengan berbagai metode dan strategi belajar yang menarik

c. memberikan stimulus kepada peserta didik berupa penataan lingkungan belajar

d. memberikan kegiatan yang merangsang keingintahuan peserta didik dan memberi mereka mengekspresikan gagasannya

e. membimbing peserta didik dalam memperoleh pengetahuan baru agar dapat menambah kemampuan peserta didik

KUNCI JAWABAN :

 

14. Fungsi tema dalam perencanaan kegiatan adalah...

a. menyatukan kegiatan

b. mengelompokkan kegiatan

c. menggabungkan kegiatan

d. menjembatani kegiatan

e. mewadahi kegiatan

KUNCI JAWABAN :

 

15. Perhatikan pernyataan berikut !

1) membangun etos kerja guru dengan tepat

2) memilih media pembelajaran yang sesuai

3) menggunakan ceramah yang tegas

4) menggunakan bahasa yang tepat

5) membangun iklim komunikasi dengan peserta didik

6) memberi tugas-tugas kelompok

7) mengembang keberagaman

Strategi komunikasi efektif antara guru dan peserta didik dapat dilakukan dengan cara...

a. 4, 5, 6, 7

b. 1, 2, 3, 4

c. 2, 3, 5, 6

d. 3, 4, 5, 6

d. 1, 4, 5, 7

KUNCI JAWABAN :

 

16. Anak usia dini belum memahami urutan waktu secara baik karena fokus mereka adalah hari ini dan sekarang, namun mereka dapat mempelajarinya melalui jadwal harian mereka, apa yang telah mereka lakukan kemarin, hari ini dan besok hari.

cakupan studi sosial ini tentang...

a. orang-orang dan lingkungan

b. orang-orang dan masa lalu

c. orang, tempat dan waktu

d. tempat dan lingkungannya

e. Orang-orang dan bagaimana mereka hidup

KUNCI JAWABAN :

 

17. Kepala sekolah PAUD Andika memberikan pengarahan dan pembinaan kepada guru tentang pembuatan alat pengumpul data bagi hasil anak yang salah satunya berbentuk lembar kerja anak.

Dalam membuat lembar kerja anak guru harus mengacu pada beberapa aspek berikut kecuali....

a. tema atau subtema

b. alokasi waktu

c. indikator capaian pembelajaran

d. kegiatan pembelajaran yang buat guru

e. aspek pengembangan

KUNCI JAWABAN :

 

18. Pada laporan-laporan disampaikan 2 program yang termasuk....

a. program pengembangan observasi dan portofolio

b. program pengembangan observasi dan kemampuan dasar

c. program pengembangan perilaku dan kemampuan dasar

d. program pengembangan perilaku dan portofolio

e. program pengembangan proses dan hasil belajar anak

KUNCI JAWABAN :

 

19. STEAM membelajarkan anak untuk belajar memecahkan masalah didalam kelas guru menyiapkan berbagai kegiatan untuk anak salah satunya yaitu guru membawa wadah yang berisi air lalu guru menyediakan sebuah batu dan perahu yang terbuat dari kertas. selanjutnya guru mengajak anak melihat benda mana yang mengapung dan tenggelam.

Kegiatan tersebut merupakan pembelajaran berbasis STEAM dalam konsep m

a. mathematics

b. technology

c. literasi

d. sains

e. arts

KUNCI JAWABAN :

 

20. Perhatikan pernyataan berikut!

- kemampuan untuk memprioritaskan merencanakan dan mengelola hasil

- penggunaan alat dunia nyata yang efektif

- produk yang relevan dan berkualitas tinggi

Sebagai bagian dari keterampilan Engauge abad ke-2 pernyataan tersebut merupakan ciri-ciri dari ....

a. effective communication

b. efficiency learning

c. high productivity

d. inventive thinking

e. digital age literacy

KUNCI JAWABAN :

 

21. Di dalam proses pembelajaran, para peserta didik dihadapkan dengan situasi dimana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan atau hipotesis, mencoba-coba(trial and eror), mencari dan menemukan keteraturan(Pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu.

hal ini merupakan penerapan teori belajar....

a. sibernetik

b. humanistik

c. kognitif

d. behavioristik

e. konstruktivistik

KUNCI JAWABAN :

 

22. Anak akan melakukan kegiatan bermain bersama dengan teman-temannya di sekolah yang akan turut mempengaruhi Bagaimana perkembangannya. sebagai contoh bermain dengan teman sebaya dengan relasi yang baik dapat mengurangi tekanan pada anak, meningkatkan perkembangan secara kognitif, dan lain sebagainya.

Menurut teori ekologi sistem lingkungan tersebut termasuk dalam konteks...

a. kronosistem

b. ekosistem

c. mesosistem

d. mikrosistem

e. mesosystem

KUNCI JAWABAN :

 

23. Ketika guru A melakukan proses pembelajaran selalu menggunakan media seperti memutar video pembelajaran, CD audio, dan atau menggunakan poster berwarna, agar peserta didiknya memperhatikan dan tertarik terhadap apa yang dibahasnya serta senang mengikuti pelajarannya sehingga hasilnya sangat baik. pembelajaran dilakukan demikian karena mempertimbangkan.... a. kultural peserta didik

b. minat peserta didik

c. gaya belajar peserta didik

d. gender peserta didik

e. etnik peserta didik

KUNCI JAWABAN :

 

24. Alam sekitar kita merupakan sumber belajar yang dapat kita gunakan untuk mengenalkan konsep sains untuk anak usia dini,Salah satunya yaitu tentang tanaman.

Berikut adalah beberapa konsep yang dapat dikenalkan untuk anak usia dini kecuali...

a. cara dan proses pemeliharaan tanaman

b. proses perkembangbiakan tanaman dari berbagai hal (misalnya biji, akar, batang)

c. jenis beragam tanaman seperti tanaman obat, tanaman hias, dan tanaman liar

d. bagian-bagian tanah, akar, batang, daun dan bunga/buah

e. cara dan proses klasifikasi tanaman berdasarkan genus dan spesies

KUNCI JAWABAN :

 

25. Pernyataan yang paling tepat berikut mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan oleh pendidik PAUD dalam membuat rancangan observasi adalah...

a. menentukan sasaran dan teknik yang dipergunakan

b. menggambarkan pola pola observasi yang sistematis

c. menyusun langkah-langkah pembelajaran

d. menggambarkan prosedur penggunaan observasi

e. membuat data hasil observasi yang otentik dan tepat

KUNCI JAWABAN :

 

26. Di setiap kegiatan pembelajaran guru terus mengajak anak untuk terlibat salah satunya adalah melibatkan minat anak dengan kompetensi dasar yang perlu dicapai. penjelasan tersebut merupakan pengertian dari kegiatan pembelajaran Engage.

Adapun ciri pembelajaran yang membuat anak Engage adalah...

a. inovatif, energi, tekun,

b. kreatif, konsentrasi, energi, tekun

c. explore, tekun, inovatif, energi

d. energi, percaya diri, kreatif, konsentrasi

e. rasa ingin tahu, memecahkan masalah, tekun, Explore

KUNCI JAWABAN :

 

27. Kegiatan yang dapat dirancang guru dalam menilai perkembangan atau ketertarikan anak untuk membaca yaitu....

a. guru meminta anak menggambar benda yang ada di dalam kelas

b. guru mengajak anak berkeliling halaman sekolah

c. guru mengajak anak untuk membaca tulisan yang ada di dalam kelas

d. guru menunjukkan kartu bergambar sesuai dengan tema

e. guru meminta anak menyanyikan lagu teman

KUNCI JAWABAN :

 

28. Individu belum melakukan internalisasi nilai-nilai moral. penalaran moral nya dikendalikan oleh faktor eksternal berupa larangan dan hadiah... menurut teori moral dari kohlberg penalaran moral individu tersebut berada pada tingkat....

a. pascaoperasional

b. prakonvensional

c. konvensional

d. pascakonvensional

e. praoperasional

KUNCI JAWABAN :

 

29. Penyampaian laporan hasil assessment membutuhkan data sebagai bukti...

a. objektivitas

b. otentik

c. kontekstual

d. otoritas

e. observasi

KUNCI JAWABAN :

 

30. Anak dapat menjelaskan bagian tubuh luar, bagian tubuh dalam dan panca indra. setelah anak mengenal bagian tubuh dilanjutkan dengan mengenal cara merawat diri sendiri, seperti membersihkan diri dan grooming. merupakan salah satu konsep pengembangan...

a. motorik

b. makhluk hidup

c. seni

d. konsep diri

e. manusia

KUNCI JAWABAN :

 

Demikianlah beberapa soal latihan dalam bentuk soal tryout untuk jenjang PAUD. Apabila anda masih membutuhkan contoh soal tryout lainnya yang lebih banyak maka silahkan anda kunjungi blog Pendidikan kherysuryawan.id yang mana di dalam blog tersebut telah banyak sekali saya membagikannya untuk semua jurusan dan tentunya akan sangat bermanfaat bagi para calon ASN PPPK.

Sekian dan semoga bermanfaat. Terimakasih

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel