Download Aplikasi Dapodik Versi 2024.c Semester Genap T.P 2023/2024

Kherysuryawan.id - Rilis Aplikasi Dapodik versi 2024 Semester 2 Tahun Pelajaran 2023/2024.
Aplikasi dapodik versi 2024 merupakan aplikasi dapodik yang bisa digunakan oleh sekolah jenjang PAUD, SD, SMP dan SMA di semester ganjil untuk tahun pelajaran 2023/2024, dan bagi anda yang belum memiliki filenya, maka melalui postingan ini anda bisa memilikinya dengan mudah.

Seperti yang kita ketahui saat ini bahwa pada aplikasi dapodik versi 2024 kini semua jenjang dapat menggunakan 1 aplikasi dapodik yang sama yaitu mulai dari jenjang PAUD, jenjang SD, jenjang SMP, jenjang SMA. Adapun nama dari aplikasi dapodik yang saat ini akan digunakan yaitu aplikasi dapodik paud dikdasmen.


Saat ini admin dapodik paud dikdasmen telah kembali merilis aplikasi dapodik versi terbaru yang akan di gunakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. adapun aplikasi dapodik versi terbaru yang telah di rilis yaitu aplikasi dapodik versi 2024. 

Bagi teman-teman OPS yang belum memiliki file aplikasi dapodik versi 2024 dan mungkin kesulitan dalam mengambil aplikasi dapodik versi 2024 melalui laman resminya, maka melalui postingan ini saya akan membagikan filenya yang sekiranya bisa membantu untuk memudahkan OPS dalam mengunduh aplikasi dapodik versi terbaru yang akan di gunakan saat ini.

Salah satu tugas yang terpenting dalam suatu sekolah adalah menjadi seorang operator sekolah, dan salah satu tugas sebagai seorang operator sekolah adalah menginput data menggunakan aplikasi dapodik.
Seperti yang kita ketahui bahwa tugas sebagai seorang operator sekolah khususnya operator dapodik memang tidak mudah sebab mau tidak mau sebagai seorang operator sekolah tentunya harus selalu siap dalam menginput data-data penting untuk kebutuhan sekolah.

Ketika memasuki semester baru ataupun tahun pelajaran baru maka tugas sebagai seorang operator sekolah juga akan memulai tugas yang baru, yaitu harus siap untuk menginput data – data peserta didik baru ke dalam aplikasi dapodik. Seperti yang kita ketahui juga bahwa di setiap memasuki tahun pelajaran baru maka selalu akan ada pembaharuan atau update aplikasi dapodik untuk versi terbaru.

Bagi anda yang saat ini berprofesi sebagai operator dapodik maka info terbaru, bahwa saat ini telah di rilis aplikasi dapodik versi terbaru untuk tahun pelajaran 2023/2024 yang mana aplikasi dapodik yang telah di rilis dan akan di gunakan saat ini yaitu aplikasi dapodik versi 2024.

Bagi anda yang akan melakukan download aplikasi dapodik pauddasmen versi 2024 maka anda dapat mendownloadnya melalui link yang akan telah disiapkan pada laman resmi dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id atau dapat juga langsung mendownloadnya melalui link download yang akan saya bagikan di bawah postingan ini.

Aplikasi dapodikdasmen versi 2024 merupakan aplikasi dapodik versi terbaru yang saat ini telah di rilis dan dapat di gunakan untuk melakukan penginputan data peserta didik semester genap tahun pelajaran 2023/2024.
Bagi anda operator sekolah dengan adanya aplikasi dapodik versi 2024 ini maka anda harus siap untuk bisa melakukan penginputan data sekolah serta memperbaharui data-data lama sehingga dapat di update dan di perbaharui dengan menggunakan aplikasi dapodik versi terbaru yaitu aplikasi dapodik versi 2024.

Ada beberapa hal yang perlu untuk di perhatikan sebelum menggunakan aplikasi dapodikdasmen versi 2024 dan informasi ini telah di rilis secara resmi melalui web dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id yang bunyinya seperti berikut ini :


Yth. Bapak/Ibu

1.       Kepala Dinas Pendidikan Provinsi

2.       Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota

3.       Kepala BBPMP dan BPMP

4.       Kepala Satuan Pendidikan PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, PKBM, SKB dan SLB

di seluruh Indonesia

 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Salam sejahtera bagi kita semua,

Dengan hormat kami sampaikan bahwa dalam rangka pemutakhiran data pokok pendidikan semester genap Tahun Ajaran 2023/2024 di satuan pendidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah telah melakukan pemutakhiran Aplikasi Dapodik versi 2024.c, berikut adalah pokok-pokok pembaruan di Aplikasi Dapodik versi 2024.c:

1.   Sesuai dengan Permendikbudristek nomor 46 tahun 2023 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan, sebagaimana dimaksud agar Satuan pendidikan segera membentuk dan melaporkan Satuan Tugas PPKSP dan TPPK tersebut ke dalam sistem Dapodik dan Portal PPKSP.

2.   Selanjutnya pembentukan Satuan Tugas di Pemerintah Provinsi dan Kabupaten Kota paling lambat 6 bulan, pembentukan TPPK untuk jenjang PAUD dan Pendidikan Nonformal 1 tahun dan jenjang SD, SMP, SMA dan SMK serta SLB sesuai jenjang paling lambat 6 bulan sejak Permendikbudristek Nomor 46 Tahun 2023 diundangkan pada tanggal 4 Agustus 2023.

3.   Selain daripada itu terdapat beberapa laporan terkait adanya bugs pada Aplikasi Dapodik versi 2024.b yang dapat mengganggu kelancaran Satuan Pendidikan dalam melakukan pemutakhiran data semester 1 Tahun Ajaran 2023/2024.

 

Aplikasi Dapodik versi 2024.c dirilis dalam bentuk patch. Satuan pendidikan dapat melakukan pembaruan Aplikasi Dapodik versi 2024.c menggunakan patch dengan syarat pada perangkat sudah terpasang Aplikasi Dapodik versi 2024.b, berikut langkah-langkah pembaruan menggunakan patch:

1.   unduh file patch Aplikasi Dapodik 2024.c pada laman https://dapo.kemdikbud.go.id/unduhan;

2.   instal patch dapodik 2024.c;

3.   refresh peramban web (ctrl+F5);

4.   tutup dan buka Aplikasi Dapodik;

5.   isi username dan password;

6.   pilih semester 2023/2024 Genap;

7.   klik tombol Masuk;

8.   pastikan tampilan Aplikasi Dapodik sudah versi 2024.c;

9.   klik tombol tarik data;

10. pastikan proses tarik data berhasil;

11. lakukan input data sesuai kondisi riil;

12. login akun Kepala Sekolah;

13. klik tombol sinkronisasi.

 

Berikut adalah daftar perubahan pada Aplikasi Dapodik versi 2024.c:

1.   [Pembaruan] Penambahan validasi jika satuan pendidikan mengubah jenis kepanitiaan lama ke jenis kepanitiaan TPPK (wajib membuat kepanitiaan baru).

2.   [Pembaruan] Penambahan pop-up saat satuan pendidikan mendapatkan pesan baru dari pusat.

3.   [Perbaikan] Perbaikan urutan kolom isian NPWP dan nama wajib pajak pada formulir GTK.

4.   [Perbaikan] Perbaikan bugs validasi pengecekan unsur GTK pada keanggotaan TPPK.

5.   [Perbaikan] Perbaikan bugs pada saat import nilai dari file Excel.

 

Panduan penggunaan Aplikasi Dapodik versi 2024.c, yang memuat petunjuk teknis dari setiap perubahan serta perbaikan dapat diunduh melalui laman https://dapo.kemdikbud.go.id/unduhan atau pada bagian lampiran berita ini.

Demikian informasi yang kami sampaikan. Atas perhatian dan kerja sama Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

 

Baiklah bagi anda yang membutuhkan Patch Dapodik versi 2024 maupun aplikasi Installer dapodik 2024 maka silahkan anda download aplikasinya di bawah ini :


  • APLIKASI DAPODIK VERSI 2024.c (DISINI)
  • BUKU PANDUAN APLIKASI DAPODIK 2024.c (DISINI


Untuk mempermudah dalam mengoperasikan Aplikasi Dapodik Versi 2024 diharapkan satuan pendidikan membaca dan memahami buku panduan yang telah disiapkan.

 

Selamat mengerjakan Aplikasi dapodik versi terbaru 2024 dan Semoga postingan ini dapat memberikan informasi terkini yang dapat bermanfaat buat anda yang berprofesi sebagai operator dapodik sekolah, sehingga dapat mempersiapkan diri dengan baik dalam melakukan proses pengerjaan pada aplikasi dapodik versi terbaru.


Demikianlah informasi terupdate yang dapat saya bagikan pada postingan kali ini, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya.
Sekian dan Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel