-->

[ UPDATE ] Download Aplikasi Dapodik Versi 2021 E & VERSI 2021 F

kherysuryawan.id - Rilis Aplikasi dapodik versi 2021.e dan Aplikasi dapodik versi 2021.f untuk semester genap tahun pelajaran 2020/2021.
Berikut ini saya akan membagikan aplikasi dapodik paud versi 2021, dapodik SD versi 2021, dapodik SMP versi 2021, dapodik SMA versi 2021, dan dapodik SMK versi 2021. adapun versi dapodik yang paling terbaru yang baru saja dirilis yaitu aplikasi dapodik versi 2021.e dan bagi anda yang belum memiliki filenya, maka melalui postingan ini anda bisa memilikinya dengan mudah.

Seperti yang kita ketahui saat ini bahwa pada aplikasi dapodik versi 2021 kini semua jenjang dapat menggunakan 1 aplikasi dapodik yang sama yaitu mulai dari jenjang PAUD, jenjang SD, jenjang SMP, jenjang SMA/SMK. Adapun nama dari aplikasi dapodik yang saat ini akan digunakan yaitu aplikasi dapodik paud dikdasmen.




Saat ini admin dapodik paud dikdasmen telah kembali merilis aplikasi dapodik versi terbaru yang akan di gunakan pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021. adapun aplikasi dapodik versi terbaru yang telah di rilis yaitu aplikasi dapodik versi 2021.e namun saat ini kembali di perbaharui menjadi aplikasi dapodik 2021.f hanya saja untuk pembaharuan dan penggunaan pada aplikasi dapodik versi 2021 F khusus untuk jenjang PKBM/SKB.
Aplikasi dapodik versi 2021.e dan aplikasi dapodik versi 2021 f merupakan aplikasi dapodik yang akan digunakan pada semester 2 tahun ajaran 2020/2021.

Salah satu tugas yang terpenting dalam suatu sekolah adalah menjadi seorang operator sekolah, dan salah satu tugas sebagai seorang operator sekolah adalah menginput data menggunakan aplikasi dapodik.
Seperti yang kita ketahui bahwa tugas sebagai seorang operator sekolah khususnya operator dapodik memang tidak mudah sebab mau tidak mau sebagai seorang operator sekolah tentunya harus selalu siap dalam menginput data-data penting untuk kebutuhan sekolah.

Ketika memasuki tahun pelajaran baru maka tugas sebagai seorang operator sekolah juga akan memulai tugas yang baru, yaitu harus siap untuk menginput data – data peserta didik baru ke dalam aplikasi dapodik. Seperti yang kita ketahui juga bahwa di setiap memasuki tahun pelajaran baru maka selalu akan ada pembaharuan atau update aplikasi dapodik untuk versi terbaru.
Bagi anda yang saat ini berprofesi sebagai operator dapodik maka info terbaru, bahwa saat ini telah di rilis aplikasi dapodik versi terbaru untuk tahun pelajaran 2020/2021 yang mana aplikasi dapodik yang telah di rilis dan akan di gunakan saat ini yaitu aplikasi dapodik versi 2021.e.

Bagi anda yang akan melakukan download aplikasi dapodik pauddasmen versi 2021.e maka anda dapat mendownloadnya melalui link yang akan di siapkan pada laman resmi dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id atau dapat juga langsung mendownloadnya melalui link download yang akan saya bagikan di bawah postingan ini.

Aplikasi dapodikdasmen versi 2021.e merupakan aplikasi dapodik versi terbaru yang saat ini telah di rilis dan dapat di gunakan untuk melakukan penginputan data peserta didik semester genap tahun 2021.
Bagi anda operator sekolah dengan adanya aplikasi dapodik versi 2021.e ini maka anda harus siap untuk bisa melakukan penginputan data sekolah serta memperbaharui data-data lama sehingga dapat di update dan di perbaharui dengan menggunakan aplikasi dapodik versi terbaru yaitu aplikasi dapodik versi 2021.e

Ada beberapa hal yang perlu untuk di perhatikan sebelum menggunakan aplikasi dapodikdasmen versi 2021.e dan informasi ini telah di rilis secara resmi melalui web dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id yang bunyinya seperti berikut ini :

Dengan hormat kami sampaikan bahwa dalam rangka pemutakhiran data pokok pendidikan (Dapodik), Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan dasar dan Pendidikan Menengah telah melakukan pemutakhiran aplikasi dapodik versi 2021.e pada versi ini terdapat beberapa pembaruan dan perbaikan aplikasi. Pembaruan dan perbaikan aplikasi dilakukan untuk menunjang pendataan yang lebih baik. Adapun pembaruan dan perbaikan aplikasi dapodik versi 2021.e sebagai berikut:

 

-          [Pembaruan] Penambahan rekap kerusakan per bangunan pada beranda.

-          [Pembaruan] Penambahan alur penginputan NIP dan TMT untuk status kepegawaian PPPPK.

-          [Pembaruan] Penambahan referensi pangkat golongan untuk status kepegawaian PPPPK.

-          [Pembaruan] Penambahan perizinan karakter spesial pada nama, nama ibu kandung, nama ayah, nama wali di formulir peserta didik .

-          [Pembaruan] Penambahan referensi tingkat pendidikan untuk jenjang PKBM dan SKB (Tarik Data.

-          [Perbaikan] Perbaikan pembaruan otomatis secara online.

-          [Perbaikan] Perubahan bisnis proses perubahan data yayasan hanya melalui http://vervalyayasan.data.kemdikbud.go.id.

-          [Perbaikan] Perubahan validasi menjadi warning untuk jumlah karakter pada nama GTK.

-          [Perbaikan] Bugs fixing terkait perhitungan kondisi kerusakan pada Bangunan dan Ruang.

-          [Perbaikan] Bugs fixing terkait pada saat penambahan Peserta Didik baru untuk bentuk pendidikan SPK PG dan SPK TK.

-          [Perbaikan] Bugs fixing terkait mapping anggota rombel untuk bentuk pendidikan SPK PG dan SPK TK.


Untuk memperbarui aplikasi dapodik 2021.d ke versi 2021.e dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini:

1.   Unduh patch 2021.e pada bagian bawah postingan ini

2.   Install patch 2021.e

3.   Refresh browser (ctrl+F5)

4.   Login aplikasi dapodik 

5.   Pastikan tampilan aplikasi sudah menggunakan versi 2021.e

6.   selesai.

 

Dengan adanya informasi tersebut maka diharapkan kepada operator dapodik sekolah untuk bisa memahami hal-hal yang telah di sampaikan tersebut sehingga ketika akan menggunakan aplikasi dapodik versi 2021.e yang saat ini telah di rilis maka sudah tidak lagi menyalahi aturan yang telah di tetapkan.

Bagi anda yang ingin untuk mendownload Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2021.e dan kesusahan dalam melakukan download di laman resmi dapodikdasmen.kemdikbud.go.id maka melalui postingan ini anda dapat melakukan download dengan mudah.

Baiklah berikut ini link Download Aplikasi Dapodik Versi 2021.d dan patch aplikasi dapodik versi terbaru yaitu dapodik 2021.e yang saat digunakan ditahun 2021.

  • Aplikasi dapodik versi 2021.d (Disini)
  • Patch Aplikasi dapodik versi 2021.e Terbaru saat ini (Disini)

KHUSUS UNTUK APLIKASI DAPODIK VERSI 2021 F

Dalam rangka pengisian nilai Ujian Pendidikan Kesetaraan (UPK) dalam data pokok pendidikan (Dapodik) tersebut, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan dasar dan Pendidikan Menengah telah melakukan pemutakhiran aplikasi dapodik versi 2021.f, pada versi ini terdapat beberapa pembaruan dan perbaikan aplikasi. Pembaruan dan perbaikan aplikasi dilakukan untuk menunjang pendataan yang lebih baik. Adapun pembaruan dan perbaikan aplikasi dapodik versi 2021.f sebagai berikut:

-          [Pembaruan] Penambahan menu baru penginputan nilai Ujian Pendidikan Kesetaraan (UPK) bagi jenjang PKBM dan SKB

-          [Perbaikan] Bugs Fixing Layanan Pendidikan Keaksaraan pada jenjang PKBM dan SKB.

 

Untuk memperbarui aplikasi dapodik 2021.e ke versi 2021.f dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini:

Pilih menu pengaturan pada aplikasi dapodik versi 2021.e pada tautan berikut?

1. Pilih menu pengaturan pada aplikasi dapodik versi 2021.e
2. Pilih tombol cek pembaruan
3. Pastikan semua proses pembaruan “Berhasil”
4. Refresh browser (ctrl+F5)
5. Login aplikasi dapodik
6. Pastikan tampilan aplikasi sudah menggunakan versi 2021.f
7. selesai.

 

  • Bagi anda yang juga membutuhkan Buku Panduan mengerjakan Aplikasi Dapodik Versi 2021.e, Maka Silahkan Miliki Buku Panduannya (Disini)
Selamat mengerjakan Aplikasi dapodik versi terbaru 2021.e dan Semoga postingan ini dapat memberikan informasi terkini yang dapat bermanfaat buat anda yang berprofesi sebagai operator dapodik sekolah, sehingga dapat mempersiapkan diri dengan baik dalam melakukan proses pengerjaan pada aplikasi dapodik versi terbaru.

Demikianlah informasi terupdate yang dapat saya bagikan pada postingan kali ini, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya.
Sekian dan Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel