[ UPDATE ] Download Aplikasi Dapodik Versi 2022, 2022.a dan 2022.b

kherysuryawan.id - Rilis Aplikasi dapodik versi 2022 dan Patch Dapodik versi 2022.a untuk semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022.
Berikut ini saya akan membagikan aplikasi dapodik paud versi 2022, dapodik SD versi 2022, dapodik SMP versi 2022, dapodik SMA versi 2022, dan dapodik SMK versi 2022. adapun versi dapodik yang paling terbaru yang baru saja dirilis yaitu aplikasi dapodik versi 2022 dan bagi anda yang belum memiliki filenya, maka melalui postingan ini anda bisa memilikinya dengan mudah.

Seperti yang kita ketahui saat ini bahwa pada aplikasi dapodik versi 2022 kini semua jenjang dapat menggunakan 1 aplikasi dapodik yang sama yaitu mulai dari jenjang PAUD, jenjang SD, jenjang SMP, jenjang SMA/SMK. Adapun nama dari aplikasi dapodik yang saat ini akan digunakan yaitu aplikasi dapodik paud dikdasmen.





Saat ini admin dapodik paud dikdasmen telah kembali merilis aplikasi dapodik versi terbaru yang akan di gunakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. adapun aplikasi dapodik versi terbaru yang telah di rilis yaitu aplikasi dapodik versi 2022. 
Bagi teman-teman OPS yang belum memiliki file aplikasi dapodik versi 2022 dan mungkin kesulitan dalam mengambil aplikasi dapodik versi 2022 maka melalui postingan ini saya akan membagikan filenya yang sekiranya bisa membantu untuk memudahkan OPS dalam mengunduh aplikasi dapodik versi terbaru yang akan di gunakan saat ini.

Salah satu tugas yang terpenting dalam suatu sekolah adalah menjadi seorang operator sekolah, dan salah satu tugas sebagai seorang operator sekolah adalah menginput data menggunakan aplikasi dapodik.
Seperti yang kita ketahui bahwa tugas sebagai seorang operator sekolah khususnya operator dapodik memang tidak mudah sebab mau tidak mau sebagai seorang operator sekolah tentunya harus selalu siap dalam menginput data-data penting untuk kebutuhan sekolah.

Ketika memasuki tahun pelajaran baru maka tugas sebagai seorang operator sekolah juga akan memulai tugas yang baru, yaitu harus siap untuk menginput data – data peserta didik baru ke dalam aplikasi dapodik. Seperti yang kita ketahui juga bahwa di setiap memasuki tahun pelajaran baru maka selalu akan ada pembaharuan atau update aplikasi dapodik untuk versi terbaru.
Bagi anda yang saat ini berprofesi sebagai operator dapodik maka info terbaru, bahwa saat ini telah di rilis aplikasi dapodik versi terbaru untuk tahun pelajaran 2021/2022 yang mana aplikasi dapodik yang telah di rilis dan akan di gunakan saat ini yaitu aplikasi dapodik versi 2022.

Bagi anda yang akan melakukan download aplikasi dapodik pauddasmen versi 2022 maka anda dapat mendownloadnya melalui link yang akan di siapkan pada laman resmi dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id atau dapat juga langsung mendownloadnya melalui link download yang akan saya bagikan di bawah postingan ini.

Aplikasi dapodikdasmen versi 2022 merupakan aplikasi dapodik versi terbaru yang saat ini telah di rilis dan dapat di gunakan untuk melakukan penginputan data peserta didik semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022.
Bagi anda operator sekolah dengan adanya aplikasi dapodik versi 2022 ini maka anda harus siap untuk bisa melakukan penginputan data sekolah serta memperbaharui data-data lama sehingga dapat di update dan di perbaharui dengan menggunakan aplikasi dapodik versi terbaru yaitu aplikasi dapodik versi 2022.

Ada beberapa hal yang perlu untuk di perhatikan sebelum menggunakan aplikasi dapodikdasmen versi 2022 dan informasi ini telah di rilis secara resmi melalui web dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id yang bunyinya seperti berikut ini :

Pemutakhiran data semester 1 tahun ajaran 2021/2022 dilaksanakan menggunakan aplikasi terbaru yang saat ini dirilis yaitu Aplikasi Dapodik versi 2022. Integrasi data dan pembaruan aplikasi telah dilaksanakan agar Aplikasi Dapodik versi 2022 dapat digunakan sebagai alat untuk pengumpulan data dari satuan pendidikan pada jenjang PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, PKBM, SKB, dan SLB.

Yang perlu diperhatikan dalam pemutakhiran data adalah

  1. Cut off untuk program BOS Reguler pada jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK dilakukan pada tanggal 31 Agustus 2021, dan
  2. Cut off untuk program BOP tahap 2 pada jenjang PAUD (TK, KB, TPA, SPS) dan kesetaraan (SKB/PKBM) dilakukan pada tanggal 30 September 2021.

Aplikasi Dapodik versi 2022 telah menggunakan database versi baru yang dirilis dalam bentuk installer (tidak ada versi updater). Untuk itu, secara teknis diharuskan melakukan uninstall Aplikasi Dapodik versi sebelumnya terlebih dahulu. Proses Install Aplikasi Dapodik versi 2022 dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Unduh file installer dan panduan Aplikasi Dapodik 2022 pada laman https://dapo.kemdikbud.go.id/unduhan,
  2. Lakukan instalasi Aplikasi Dapodik yang sudah diunduh.
  3. Lakukan refresh (Ctrl + F5).
  4. Lakukan registrasi Aplikasi Dapodik 2022

Setelah Aplikasi Dapodik versi 2022 terpasang, satuan pendidikan diwajibkan untuk merubah password lama, menjadi password baru dengan ketentuan sebagai berikut.

  1. Memiliki minimal 8 karakter,
  2. Mengandung huruf besar A-Z,
  3. Mengandung huruf kecil a-z,
  4. Mengandung angka 0-9, dan
  5. Mengandung tanda baca yang sesuai ketentuan

 

Berikut adalah daftar perubahan pada Aplikasi Dapodik versi 2022:

  1. [Pembaruan] Penambahan atribut jumlah laik di data alat periodik.
  2. [Pembaruan] Penambahan atribut alamat jalan, RT, RW, nama dusun, desa/kelurahan, kode pos, lintang, bujur, dan wilayah di formulir tanah.
  3. [Pembaruan] Penambahan atribut sub-ruang di formulir ruang khusus jenjang SMK.
  4. [Pembaruan] Penambahan panjang karakter atribut No. SKHUN dan No. Peserta Ujian di formulir registrasi peserta didik.
  5. [Pembaruan] Penambahan beberapa atribut guna keperluan pemangku kepentingan di riwayat sertifikasi GTK.
  6. [Pembaruan] Penambahan atribut jenis bidang usaha di formulir bidang usaha khusus jenjang SMK.
  7. [Pembaruan] Penambahan atribut pekerjaan di formulir peserta didik khusus jenjang PKBM dan SKB (guna mengakomodir warga belajar).
  8. [Pembaruan] Penambahan tabel dinamis guna kepentingan yang bersifat sementara.
  9. [Pembaruan] Penambahan validasi pengisian tugas tambahan kepala sekolah/lembaga atau PLT kepala sekolah/lembaga
  10. [Pembaruan] Penambahan validasi sanitasi.
  11. [Pembaruan] Penambahan validasi pengisian KIP/PIP.
  12. [Pembaruan] Penambahan info terkait pengisian survei PTM.
  13. [Pembaruan] Penambahan validasi batas minimal usia Peserta Didik jenjang TK adalah 4 Tahun.
  14. [Pembaruan] Penambahan validasi batas maksimal usia Peserta Didik jenjang PAUD adalah 7 Tahun.
  15. [Pembaruan] Penambahan validasi batas minimal Warga Belajar jenjang Kesetaraan adalah 72 Tahun.
  16. [Pembaruan] Proses kelulusan bersama tingkat akhir.
  17. [Perbaikan] Perubahan proses bisnis penginputan ruang dan sub-ruang khusus jenjang SMK.
  18. [Perbaikan] Perubahan paksa untuk mengubah password saat pertama kali login.

 

Panduan Aplikasi Dapodik versi 2022, yang memuat petunjuk teknis instalasi, registrasi online/registrasi offline, dan deskripsi dari setiap perubahan serta perbaikan pada Aplikasi, dapat diunduh melalui laman https://dapo.kemdikbud.go.id/unduhan, atau pada postingan ini.


Dengan adanya informasi tersebut maka diharapkan kepada operator dapodik sekolah untuk bisa memahami hal-hal yang telah di sampaikan tersebut sehingga ketika akan menggunakan aplikasi dapodik versi 2022 yang saat ini telah di rilis maka sudah tidak lagi menyalahi aturan yang telah di tetapkan.

Bagi anda yang ingin untuk mendownload Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2022 dan kesusahan dalam melakukan download di laman resmi dapodikdasmen.kemdikbud.go.id maka melalui postingan ini anda dapat melakukan download dengan mudah.

Baiklah berikut ini link Download Aplikasi Dapodik Versi 2022 yang merupakan versi terbaru yang saat digunakan ditahun pelajaran 2021/2022.

  • Aplikasi dapodik versi 2022 (Disini)
  • Buku Panduan mengerjakan Aplikasi Dapodik Versi 2022 (Disini)

RILIS PEMBARUAN APLIKASI DAPODIK VERSI 2022.a

Menindaklanjuti beberapa laporan terkait adanya bugs dan penambahan kurikulum pada Aplikasi Dapodik versi 2022 yang dapat mengganggu kelancaran sekolah dalam melakukan pemutakhiran data semester 1 Tahun Ajaran 2021/2022, maka saat ini dirilis Aplikasi Dapodik versi 2022.a yang telah dilakukan perbaikan.

 

Adapun pembaruan dan perbaikan yang dilakukan pada Aplikasi Dapodik versi 2022.a adalah sebagai berikut:

  1. [Pembaruan] Terakomodirnya pembelajaran untuk sekolah penggerak untuk jenjang SD, SMP, dan SMA
  2. [Perbaikan] Dibukanya inputan untuk nilai UPK bagi jenjang PKBM/SKB (Diperuntukan bagi satuan pendidikan yang belum mengisi nilai UPK peserta didik.
  3. [Perbaikan] Perbaikan bugs pada saat meluluskan bagi jenjang KB, TPA, dan SPS.
  4. [Perbaikan] Perbaikan validasi untuk pengecekan nama peserta didik dan nama ibu kandung yang mengandung char “tab dan enter” (dibuka hanya semester ganjil TA 2021/2022)
  5. [Perbaikan] Penyesuaian validasi pembelajaran paradigma baru

 

Bagi Satuan pendidikan yang sudah Instal Aplikasi Dapodik versi 2022, sekolah tidak perlu melakukan uninstall pada aplikasi tersebut. Agar dapat melakukan pembaruan Aplikasi Dapodik versi 2022.a, Satuan Pendidikan dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Unduh file patch dapodik 2022.a (DISINI)
  2. Install patch dapodik 2022.a;
  3. Refresh browser (ctrl+F5);
  4. Login Aplikasi Dapodik. Pastikan tampilan aplikasi sudah versi 2022.a;
  5. Gunakan fitur tarik data untuk pembaruan referensi aplikasi.

 

Bagi Satuan pendidikan yang belum Instal Aplikasi Dapodik versi 2022, dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Unduh Installer Aplikasi Dapodik 2022 
  2. Unduh file patch Aplikasi Dapodik 2022.a
  3. Instal installer Aplikasi Dapodik versi 2022;
  4. Lalu install patch Dapodik 2022.a;
  5. Registrasi Online / Offline
  6. Lakukan refresh (Ctrl + F5)
  7. Login Aplikasi Dapodik


RILIS PEMBARUAN APLIKASI DAPODIK VERSI 2022.b (Khusus SMK)

Dengan hormat kami sampaikan bahwa berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 165/M/2021 Tentang Program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan. Sehubungan dengan hal tersebut, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi telah melakukan pemutakhiran Aplikasi Dapodik versi 2022.b. Pembaruan dan perbaikan aplikasi dilakukan untuk mengakomodir kebutuhan data vokasi serta Struktur Kurikulum SMK Pusat keunggulan dan perbaikan sinkronisasi untuk SMK Reguler (Non Pusat Keunggulan).

Adapun perbaikan yang dilakukan pada Aplikasi Dapodik versi 2022.b SMK Pusat Keunggulan adalah sebagai berikut:

1. [Pembaruan] Terakomodirnya kurikulum baru yaitu Kurikulum Pusat Keunggulan bagi jenjang SMK.
2. [Pembaruan] Penambahan kolom Nomor Induk Berusaha (NIB) pada Relasi Dunia Usaha dan Industri bagi jenjang SMK.
3. [Pembaruan] Penyesuaian validasi pembelajaran untuk Kurikulum Pusat Keunggulan bagi jenjang SMK

Untuk memperbarui Aplikasi Dapodik 2022 ke versi 2022.b, dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini:
a. Unduh patch 2022.b
b. Install patch 2022.b;
c. Refresh browser (ctrl+F5);
d. Login Aplikasi Dapodik;
e. Pastikan tampilan aplikasi sudah menggunakan versi 2022.b;
f. Gunakan fitur tarik data untuk pembaruan referensi aplikasi.


Untuk Login Aplikasi Dapodik pada SMK Pusat Keunggulan sebagai berikut:
a. Bagi SMK Pusat Keunggulan, pastikan pada menu Kompetensi Dilayani sudah masuk Program Keahlian SMK-PK, jika belum silahkan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan setempat untuk penambahan record Kompetensi Keahlian dilayani pada Manajemen Dapodik Dinas Pendidikan
b. Pilih Menu Rombongan Belajar
c. Klik Tambah Rombongan Belajar
d. Tambahkan Rombongan belajar pada tingkat kelas X dengan memilih Program Keahlian SMK-PK sesuai Program Keahlian sekolah
e. Isi semua kolom dan pastikan kolom kurikulum SMK Pusat Keunggulan
f. Klik Simpan

Bagi SMK Pusat Keunggulan yang sudah Sinkron Dapodik Kelas 10 dengan menggunakan pembelajaran Kurikulum 2013 Revisi lakukan langkah berikut ini:
a. Pilih Menu Rombongan Belajar
b. Pilih tingkat 10
c. Klik tombol anggota rombel dari kelas 10
d. Pilih Peserta Didik dan keluarkan dari anggota rombongan belajar
e. Lalu klik tombol pembelajaran
f. Lalu hapus semua pembelajaran yang ada di kelas 10
g. Jika Anggota Rombel dan Pembelajaran sudah kosong, silahkan Hapus Rombel
h. Silahkan membuat rombel baru dengan Kurikulum SMK Pusat Keunggulan.

Bagi SMK Reguler (Non Pusat Keunggulan) lakukan langkah berikut ini:
a. Unduh patch 2022.b
b. Install patch 2022.b;
c. Refresh browser (ctrl+F5);
d. Login Aplikasi Dapodik;
e. Pastikan tampilan aplikasi sudah menggunakan versi 2022.b;
f. Gunakan fitur tarik data untuk pembaruan referensi aplikasi.
g. Kemudian lakukan sinkronisasi


UNTUK MENGUNDUH FILE APLIKASI DAPODIK VERSI 2022.B, SILAHKAN DAPATKAN FILENYA DI BAWAH INI :



Selamat mengerjakan Aplikasi dapodik versi terbaru 2022 dan Semoga postingan ini dapat memberikan informasi terkini yang dapat bermanfaat buat anda yang berprofesi sebagai operator dapodik sekolah, sehingga dapat mempersiapkan diri dengan baik dalam melakukan proses pengerjaan pada aplikasi dapodik versi terbaru.

Demikianlah informasi terupdate yang dapat saya bagikan pada postingan kali ini, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya.
Sekian dan Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel