-->

[ UPDATE ] Download Aplikasi Dapodik Versi 2021 D

kherysuryawan.id - Rilis Aplikasi dapodik versi 2021.d untuk semester ganjil/genap tahun pelajaran 2020/2021.
Berikut ini saya akan membagikan aplikasi dapodik paud versi 2021, dapodik SD versi 2021, dapodik SMP versi 2021, dapodik SMA versi 2021, dan dapodik SMK versi 2021. adapun versi dapodik yang paling terbaru yang baru saja dirilis yaitu aplikasi dapodik versi 2021.d dan bagi anda yang belum memiliki filenya, maka melalui postingan ini anda bisa memilikinya dengan mudah.

Seperti yang kita ketahui saat ini bahwa pada aplikasi dapodik versi 2021 kini semua jenjang dapat menggunakan 1 aplikasi dapodik yang sama yaitu mulai dari jenjang PAUD, jenjang SD, jenjang SMP, jenjang SMA/SMK. Adapun nama dari aplikasi dapodik yang saat ini akan digunakan yaitu aplikasi dapodik paud dikdasmen.


Saat ini admin dapodik paud dikdasmen telah kembali merilis aplikasi dapodik versi terbaru yang akan di gunakan pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021. adapun aplikasi dapodik versi terbaru yang telah di rilis yaitu aplikasi dapodik versi 2021.d
Aplikasi dapodik versi 2021.d merupakan aplikasi dapodik yang akan digunakan pada semester 2 tahun ajaran 2020/2021.

Salah satu tugas yang terpenting dalam suatu sekolah adalah menjadi seorang operator sekolah, dan salah satu tugas sebagai seorang operator sekolah adalah menginput data menggunakan aplikasi dapodik.
Seperti yang kita ketahui bahwa tugas sebagai seorang operator sekolah khususnya operator dapodik memang tidak mudah sebab mau tidak mau sebagai seorang operator sekolah tentunya harus selalu siap dalam menginput data-data penting untuk kebutuhan sekolah.

Ketika memasuki tahun pelajaran baru maka tugas sebagai seorang operator sekolah juga akan memulai tugas yang baru, yaitu harus siap untuk menginput data – data peserta didik baru ke dalam aplikasi dapodik. Seperti yang kita ketahui juga bahwa di setiap memasuki tahun pelajaran baru maka selalu akan ada pembaharuan atau update aplikasi dapodik untuk versi terbaru.
Bagi anda yang saat ini berprofesi sebagai operator dapodik maka info terbaru, bahwa saat ini telah di rilis aplikasi dapodik versi terbaru untuk tahun pelajaran 2020/2021 yang mana aplikasi dapodik yang telah di rilis dan akan di gunakan saat ini yaitu aplikasi dapodik versi 2021.d.

Bagi anda yang akan melakukan download aplikasi dapodik pauddasmen versi 2021.d maka anda dapat mendownloadnya melalui link yang akan di siapkan pada laman resmi dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id atau dapat juga langsung mendownloadnya melalui link download yang akan saya bagikan di bawah postingan ini.

Aplikasi dapodikdasmen versi 2021.d merupakan aplikasi dapodik versi terbaru yang saat ini telah di rilis dan dapat di gunakan untuk melakukan penginputan data peserta didik semester genap tahun pelajaran 2020/2021.
Bagi anda operator sekolah dengan adanya aplikasi dapodik versi 2021.d ini maka anda harus siap untuk bisa melakukan penginputan data sekolah serta memperbaharui data-data lama sehingga dapat di update dan di perbaharui dengan menggunakan aplikasi dapodik versi terbaru yaitu aplikasi dapodik versi 2021.d

Ada beberapa hal yang perlu untuk di perhatikan sebelum menggunakan aplikasi dapodikdasmen versi 2021.d dan informasi ini telah di rilis secara resmi melalui web dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id yang bunyinya seperti berikut ini :

Dengan hormat kami sampaikan bahwa dalam rangka pemutakhiran data pokok pendidikan (Dapodik), Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan dasar dan Pendidikan Menengah telah melakukan pemutakhiran aplikasi dapodik versi 2021.d yang akan digunakan untuk pengumpulan data semester 2 tahun ajaran 2020/2021. Adapun perubahan dan pembaruan terkait aplikasi dapodik versi 2021.d sebagai berikut:

-          [Pembaruan] Penambahan validasi terkait pemilihan kurikulum yang tidak sesuai untuk jenjang TKLB, SDLB, SMPLB, SMALB, SLB, PKBM dan SKB

-          [Pembaruan] Pembukaan menu pengisian nilai rapor untuk jenjang PKBM dan SKB

-          [Perbaikan] Perubahan validasi hobby dan cita-cita menjadi Warning

-          [Perbaikan] Perubahan bisnis proses untuk penginputan data ayah peserta didik

-          [Perbaikan] Perubahan filter ketika pada saat memetakan anggota rombel pada jenjang PKBM dan SKB

-          [Perbaikan] Perbaikan fitur lanjutkan semester dan kenaikan kelas untuk bentuk pendidikan SPK

-          [Perbaikan] Pembukaan isian terkait nomor rekening lembaga pada jenjang PAUD, PKBM dan SKB


Catatan bahwa aplikasi dapodik versi 2021.d berupa installer, jadi diharapkan kepada setiap satuan pendidikan untuk uninstall terlebih dahulu versi sebelumnya. 

Adapun tahapan Untuk memperbarui aplikasi dapodik 2021.c ke versi 2021.d dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  1. Unduh patch 2021.d (Link download telah saya sediakan di bawah)
  2. Install patch 2021.d
  3. Refresh browser (ctrl+F5)
  4. Login aplikasi dapodik 
  5. Pastikan tampilan aplikasi sudah menggunakan versi 2021.d
  6. selesai.

 

Dengan adanya informasi tersebut maka diharapkan kepada operator dapodik sekolah untuk bisa memahami hal-hal yang telah di sampaikan tersebut sehingga ketika akan menggunakan aplikasi dapodik versi 2021.d yang saat ini telah di rilis maka sudah tidak lagi menyalahi aturan yang telah di tetapkan.
Bagi anda yang ingin untuk mendownload Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2021.d dan kesusahan dalam melakukan download di laman resmi dapodikdasmen.kemdikbud.go.id maka melalui postingan ini anda dapat melakukan download dengan mudah.

Baiklah berikut ini link Download Aplikasi Dapodik Versi 2021.d yaitu versi terbaru yang saat digunakan ditahun 2021.

  • Aplikasi dapodik versi 2021.d Terbaru saat ini (Disini)
  • Bagi anda yang juga membutuhkan Buku Panduan mengerjakan Aplikasi Dapodik Versi 2021.d, Maka Silahkan Miliki Buku Panduannya (Disini)
Selamat mengerjakan Aplikasi dapodik versi terbaru 2021.d dan Semoga postingan ini dapat memberikan informasi terkini yang dapat bermanfaat buat anda yang berprofesi sebagai operator dapodik sekolah, sehingga dapat mempersiapkan diri dengan baik dalam melakukan proses pengerjaan pada aplikasi dapodik versi terbaru.

Demikianlah informasi terupdate yang dapat saya bagikan pada postingan kali ini, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya.
Sekian dan Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel