Contoh Laporan Kegiatan MPLS Kurikulum Merdeka Tahun 2023/2024

Kherysuryawan.id – Download contoh laporan kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) untuk sekolah SD, SMP, SMA, SMK format word versi terbaru Tahun Pelajaran 2023/2024.

Sahabat pendidikan, pada masa penerimaan peserta didik baru (PPDB) seluruh calon peserta nantinya akan melalui tahapan masa pengenalan lingkungan sekolah.

 


Dulu setelah PPDB selesai maka siswa baru akan dihadapkan oleh yang Namanya masa orientasi sekolah (MOS). Pada kegiatan MOS biasanya siswa baru dihadapkan pada sistem perpeloncoan oleh kakak kelas sehingga sering terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Hal itulah yang menyebabkan kegiatan MOS kini diganti dengan nama MPLS.

 

Pada kegiatan MPLS siswa baru lebih di tekankan pada pengenalan pada lingkungan yang ada di sekolah baru yang nantinya akan mereka gunakan dalam proses pembelajaran, pada kegiatan MPLS siswa juga akan di berikan materi yang mengedukasi dan di sesuaikan dengan kurikuium yang digunakan oleh sekolah.

 

Saat ini telah banyak sekolah yang menerapkan kurikuium merdeka sehingga dalam pemberian materi MPLS maka sekolah bisa memasukkan materi tentang pengenalan kurikulum merdeka belajar. Adapun materi lainnya maka sekolah bisa menyesuaikan dengan kebutuhan di tempat/sekolah masing-masing.

 

Pada kegiatan MPLS yang akan menjadi pemimpin atau yang menjadi pengendali utama ialah ketua panitia MPLS. Ada banyak tugas yang harus di kerjakan oleh ketua panitia MPLS sehingga nantinya ketua MPLS harus bisa mempertanggung jawabkan kegiatan yang telah di jadwalkan dalam pelaksanakan masa pengenalan lingkungan sekolah di sekolah masing-masing.

 

Dinas pendidikan biasanya akan meminta bukti fisik pelaksanaan kegiatan MPLS yang telah di lakukan di sekolah yakni dalam bentuk laporan kegiatan MPLS. Nah disini tugas ketua panitialah yang harus dapat menyiapkan dan membuat laporan pelaksanaan/kegiatan MPLS yang telah di rencanakan dan di lakukan selama kegiatan MPLS berlangsung.

 

Laporan kegiatan MPLS yang telah di lakukan di sekolah sangat penting untuk dibuat oleh sekolah. Selain sebagai arsip untuk sekolah laporan kegiatan MPLS juga akan menjadi bukti fisik bagi sekolah bahwa benar-benar pihak sekolah telah menyelenggarakan dan melaksanakan kegiatan MPLS sesuai jadwal yang telah di buat oleh panitia MPLS.

 

Apa saja tujuan dibuatnya laporan kegiatan MPLS ?

Berikut ini beberapa tujuan dibuatnya laporan kegiatan MPLS di sekolah:

1.       Sebagai bentuk pertanggungjawaban secara tertulis;

2.       Sebagai acuan penyelenggaran MPLS di tahun berikutnya;

 

Bapak / ibu guru yang mungkin saat ini menjadi panitia atau bahkan ketua panitia MPLS di sekolah dan bingung untuk membuat laporan kegiatan MPLS sebab belum memiliki contoh pembuatan laporan kegiatan MPLS, maka tenang saja sebab melalui artikel ini saya sebagai admin akan membagikan contoh laporan kegiatan MPLS yang sudah lengkap.

 

File contoh laporan kegiatan MPLS yang akan admin bagikan disini telah disajikan dalam format word sehingga sangat mudah untuk digunakan dan juga dapat di edit dan di perbaharui sesuai kebutuhan masing-masing. Admin sengaja membagikan file contoh laporan kegiatan MPLS ini agar bisa menjadi referensi bagi siapapun yang ingin membuat laporan kegiatan selama pelaksanaan MPLS di sekolahnya.

 

Didalam laporan MPLS yang akan admin bagikan ini ada beberapa komponen penting yang telah dimuat di dalamnya yakni meliputi :

1.       Judul laporan

2.       Lembar pengesahan

3.       Latar belakang

4.       Tujuan

5.       Uraian kegiatan yang telah di selenggarakan

6.       Susunan kepanitiaan

7.       Rincian penggunaan anggaran biaya kegiatan

8.       Jadwal kegiatan

9.       Penutup

 

Contoh file laporan kegiatan MPLS yang akan admin bagikan ini dapat digunakan baik oleh sekolah jenjang SD, sekolah jenjang SMP, sekolah jenjang SMA/SMK yang sedang menyelenggarakan kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah di sekolahnya masing-masing.

 

Baiklah bagi bapak/ibu guru atau panitia pelaksana MPLS yang saat ini sedang membutuhkan contoh laporan kegiatan MPLS untuk jenjang SD, SMP, SMA maupun SMK maka silahkan anda miliki filenya yang telah admin sediakan filenya di bawah ini :

 

  • Contoh Laporan Kegiatan MPLS (DISINI)
  • Contoh Laporan Kegiatan MPLS Daring & Luring (DISINI)


Demikianlah yang bisa admin sampaikan dan bagikan tentang contoh pembuatan laporan kegiatan MPLS bagi sekolah yang menyelenggarakan MPLS, semoga file yang telah di bagikan tersebutbisa menjadi acuan dan referensi bagi ketua panitia MPLS yang ingin membuat laporan kegiatan MPLS.

Sekian dan semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel