Tanya Jawab Aplikasi My SAPK BKN Untuk Pemutakhiran Data ASN

Kherysuryawan.id - Berikut ini Tanya jawab Pemutakhiran Data Mandiri ASN di aplikasi My SAPK BKN Tahun 2021.

Seperti kita ketahui Bersama bahwa mulai bulan juni tahun 2021 seluruh ASN sudah harus melakukan aktivasi akun pada aplikasi My SAPK BKN dan mulai bulan juli tahun 2021 nanti seluruh ASN harus melakukan update data atau pemutakhiran data ASN pada aplikasi My SAPK BKN. Bagi anda yang belum mengetahui bagaimana cara untuk melakukan aktivasi akun di My SAPK BKN maka anda bisa membaca penjelasannya pada postingan yang telah saya bagikan di artikel sebelumnya.

 


Bagi anda yang membutuhkan informasi mengenai cara Login dan Aktivasi akun di My SAPK BKN maka silahkan lihat penjelasannya (DISINI)

Pada penggunaan aplikasi My SAPK BKN masih banyak sekali pertanyaan yang bermunculan yang masih belum di mengerti oleh para ASN baik dalam hal menggunakan aplikasinya hingga tujuan dari pemutakhiran data yang harus dilakukan oleh setiap ASN. Dengan adanya pertanyaan yang hingga saat ini belum mendapatkan jawabannya, maka melalui postingan ini saya akan memberikan informasi tentang tanya jawab seputar aplikasi My SAPK BKN yang sekiranya di dalam ulasan tanya jawab ini terselip pertanyaan yang mugkin sedang di cari-cari oleh para ASN untuk bisa memperolah jawabannya.

 

Baiklah untuk mempersingkat waktu anda membaca postingan ini, maka berikut ini beberapa pertanyaan seputar aplikasi My SAPK BKN yang telah di lengkapi dengan jawabannya yang bersumber dari laman https://pdm-asn.bkn.go.id/faq yang tentunya bisa menjawab keluh kesah seputar My SAPK BKN khususnya tentang pemuktahiran data ASN :

1. Apa itu Pemutakhiran Data Mandiri?

 

JAWABAN :

Pemutakhiran Data Mandiri adalah proses peremajaan dan pembaharuan data secara mandiri yang bertujuan untuk mewujudkan data yang akurat, terkini, terpadu, berkualitas baik sehingga dapat menciptakan interoperabilitas Data.

 

2. Siapa saja yang wajib mengikuti Pemutakhiran Data Mandiri?

 

JAWABAN :

Aparatur Sipil Negara (PNS dan PPPK) dan Pejabat Pimpinan Tinggi Non-ASN

 

3. Apa yang dimaksud dengan ASN?

 

JAWABAN :

Aparatur Sipil Negara yang selanjutnya disingkat ASN adalah profesi bagi pegawai negeri sipil (PNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja yang bekerja pada instansi pemerintah(PPPK).

 

4. Apa yang dimaksud dengan PNS?

 

JAWABAN :

Pegawai Negeri Sipil yang selanjutnya disingkat PNS adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, diangkat sebagai Pegawai ASN secara tetap oleh pejabat pembina kepegawaian untuk menduduki jabatan pemerintahan.

 

5. Apa yang dimaksud dengan PPPK?

 

JAWABAN :

Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja yang selanjutnya disingkat PPPK adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu dalam rangka melaksanakan tugas pemerintahan.

 

6. Apa yang dimaksud dengan PPT Non-ASN?

 

JAWABAN :

Pejabat Pimpinan Tinggi adalah Pegawai Non ASN yang menduduki Jabatan Pimpinan Tinggi.

 

7. Siapa saja yang terlibat dalam PDM-ASN?

 

JAWABAN :

-       Pengguna

-       Verifikator

-       Approval

-       Admin

 

8. Apa saja data yang dimutakhirkan?

 

JAWABAN :

-       Data Personal (Data yang berisi informasi mengenai data diri PNS)

-       Data Riwayat (Data yang berisi informasi riwayat terakhir PNS disertai dengan data dukung)

 

9. Apa saja yang termasuk Data Riwayat?

 

JAWABAN :

-       Riwayat Jabatan

-       Riwayat SKP (2 tahun terakhir)

-       Riwayat Penghargaan

-       Riwayat Pangkat dan Golongan Ruang

-       Riwayat Keluarga

-       Riwayat Peninjauan Masa Kerja

-       Riwayat Pindah Instansi

-       Riwayat CLTN

-       Riwayat CPNS/PNS

-       Riwayat Organisasi

 

10. Aplikasi apa yang digunakan untuk pemutakhiran data mandiri?

 

JAWABAN :

ASN dan PPT Non-ASN dapat menggunakan aplikasi MySAPK berbasis mobile dan web untuk usul pemutakhiran data

 

11. Kapan pemutakhiran data mandiri dilaksanakan?

 

JAWABAN :

Usul Pemutakhiran Data Mandiri dilaksanakan mulai Bulan Juli 2021 sampai Bulan Desember 2021

 

12. Bagaimana cara untuk mengajukan perubahan data dari setiap Riwayat?

 

JAWABAN :

Alur untuk melakukan perubahan data dapat dilihat pada Buku Saku Pemutakhiran Data Mandiri

  

13. Dokumen apa saja yang harus diunggah untuk setiap Riwayat?

 

JAWABAN :

Untuk mengetahui dokumen yang perlu diunggah dapat dilihat pada Buku Saku Pemutakhiran Data Mandiri

  

14. Apa yang harus dilakukan jika belum memiliki dokumen yang akan diunggah?

 

JAWABAN :

Anda dapat mengusulkan pengajuan permasalahan data ke Pejabat Pengelola Kepegawaian di Instansi masing-masing

  

15. Bagaimana jika email yang diinput tidak sesuai?

 

JAWABAN :

Anda dapat menghubungi instansi untuk melakukan perbaikan alamat email

  

16. Bagaimana jika tidak menerima token aktivasi?

 

JAWABAN :

Anda dapat menghubungi instansi untuk melakukan pengecekan alamat email terkini yang terdata pada SAPK

 

17. Bagaimana jika tidak dapat mengakses MySAPK berbasis Mobile?

 

JAWABAN :

Anda dapat menggunakan aplikasi Mysapk berbasis web melalui portal https://pdm-asn.bkn.go.id

  

18. Bagaimana jika tidak bisa login ke MySAPK karena data tidak ditemukan?

 

JAWABAN :

Anda dapat menghubungi Instansi untuk melakukan pengecekan status kepegawaian anda apakah masih aktif, jika status tidak aktif, maka Instansi dapat mengajukan pengaktifkan status kepegawaian sesuai dengan peraturan yang berlaku

 

19. Bagaimana jika dokumen pendukung hilang ?

 

JAWABAN :

Anda dapat menghubungi instansi untuk mendapatkan salinan dokumen pendukung

  

20. Dokumen pendukung yang diunggah apakah dalam bentuk scan asli atau fotokopi?

 

JAWABAN :

Dokumen pendukung yang diunggah adalah scan asli dari dokumen yang ada.


21. Bagaimana Jika tidak bisa melkaukan Login karena Lupa Password Login My SAPK BKN ?


JAWABAN :

Silahkan lihat cara mengatasinya (DISINI)

  


BACA JUGA :

  • CARA MENGATASI LUPA PASSWORD LOGIN MY SAPK BKN (DISINI)
  • CARA LOGIN MY SAPK BKN MELALUI LAPTOP (DISINI)


Demikianlah informasi seputar tanya jawab aplikasi My SAPK BKN khususnya untuk pelaksanaan pemutakhiran data ASN, semoga kumpulan tanya jawab yang telah di paparkan pada penjelasan diatas bisa menjadi solusi yang baik bagi para ASN yang mengalami kendala seputar pelaksanaan pemutakhiran data ASN pada aplikasi My SAPk BKN.

 

Jangan lupa pula untuk membaca buku petunjuk atau buku panduan sebelum melakukan login, aktivasi dan pemutakhiran data ASN di aplikasi My SAPK BKN. Dengan membaca panduan maka tentunya kita akan mudah dalam memahami maksud dan tujuan dari pelaksanaan pemukatahiran data ASN serta dengan membaca buku panduan maka juga akan memudahkan kita dalam melakukan proses pemutakhiran data di aplikasi My SAPk BKN.

 

Untuk anda yang membutuhkan Buku Panduan Pelaksanaan Pemutakhiran Data ASN Tahun 2021 silahkan dapatkan filenya (DISINI).

 

Sekian informasi yang dapat saya bagikan seputar tanya jawab pada pelaksanaan pemutakhiran data ASN di aplikasi My SAPk BKN, semoga bermanfaat.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel