-->

12 Langkah Cara Membuat Pengumuman Kelulusan Melalui WhatsApp


Kherysuryawan.id – Panduan membuat informasi kelulusan jenjang SD, jenjang SMP, jenjang SMA, jenjang SMA secara online dengan menggunakan media WhatsApp.
Saat ini di tahun 2020 hampir semua sekolah untuk sementara waktu tidak bisa melakukan proses pembelajaran secara tatap muka di akibatkan adanya pendemi yang mengaharuskan guru dan siswa belajar dari rumah secara daring atau dalam jaringan.

Meskipun demikian hal tersebut tidak membuat proses pembelajaran terhenti melainkan masih tetap dapat di laksanakan hanya saja metode pembelajaran yang digunakan sedikit berbeda dengan ketika melakukan pembelajaran secara tatap muka.
Dengan adanya proses pembelajaran daring terdapat satu hal yang banyak di bicarakan oleh kalangan sekolah ketika akan dilakukannya proses pemberian informasi kelulusan yang akan dilakukan kepada seluruh siswa yang berada pada tingkat akhir seperti pada kelas 6 SD, kelas 9 SMP dan kelas 12 SMA/SMK.

Jika proses pembelajaran tidak boleh dilakukan secara tatap muka maka tentunya untuk memberikan informasi kelulusan pun tidak bisa di sampaikan secara tatap muka melainkan juga harus di lakukan secara online. Nah bagaimana sih cara untuk bisa memberikan informasi kelulusan kepada siswa dengan menggunakan system online ???
Pada postingan kali ini saya akan memberikan sebuah informasi sekaligus tutorial atau panduan cara untuk bisa menyampaikan informasi kelulusan kepada siswa secara online dan dapat di akses melalui rumah siswa masing-masing sehingga untuk bisa mengetahui informasi kelulusan siswa maka siswa yang ingin mendapatkan kabar informasinya hanya cukup melakukan akses secara online.

Bagi bapak dan ibu guru yang tidak mengetahui akan adanya sebuah aplikasi yang dapat membantu kita dalam menyampaikan informasi kelulusan kepada siswa secara online maka melalui ipostingan ini saya akan menjelaskan caranya agar bisa membuat sebuah informasi kelulusan siswa secara otomatis dan secara online.

Salah satu aplikasi yang akan di gunakan untuk membuat informasi kelulusan siswa yang akan di lakukan secara online yaitu dengan menggunakan aplikasi WhatsApp. Namun perlu anda ketahui dan anda pahami bahwa disini aplikasi WhatsApp yang akan digunakan bukanlah aplikasi WhatsApp biasa melainkan sebuah aplikasi WhatsApp yang dapat menjawab pertanyaan secara otomatis.

Apasih maksudnya bahwa aplikasi WhatsApp dapat menjawab secara otomatis ???
Baiklah, berikut penjelasan mengenai aplikasi WhatsApp yang dapat menjawab pertanyaan secara otomatis. Jika kita menggunakan aplikasi WhatsApp biasa maka tentunya ketika seseorang bertanya melalui WhatsApp tersebut maka kita harus mengetikkan jawaban dari pertanyaan tersebut secara manual, iya khan……
Nah berbeda halnya dengan aplikasi WhatsApp penjawab otomatis dimana ketika ada seseorang yang bertanya melalui nomor WA otomatis tersebut maka secara otomatis tanpa harus lagi mengetikkan jawaban maka pertanyaan yang di tanyakan dapat langsung di jawab secara otomatis.
Aplikasi WhatsApp otomatis ini akan sangat membantu pihak sekolah yang dalam hal ini bapak atau ibu guru yang akan melakukan penyampaian informasi kelulusan siswa secara online.

Sebelum saya memberikan panduan atau tutorial tentang bagaimana cara menggunakan aplikasi WhatsApp penjawab otomatis untuk bisa digunakan dalam penyampian kelulusan secara online maka anda perlu mengetahui nama dari aplikasi WhatsApp tersebut terlebih dahulu.
Nama dari aplikasi WhatsApp penjawab otomatis tersebut ialah “AUTORESPONDER FOR WA” dan untuk bisa menggunakannya maka anda terlebih dahulu harus memiliki aplikasi autoresponder for WA tersebut.

Cara untuk bisa mendapatkan aplikasi autoresponder for WA tersebut sangatlah mudah, yaitu anda cukup masuk ke google play store kemudian silahkan anda ketikkan nama aplikasi autoresponder for WA tersebut lalu silahkan anda download aplikasi tersebut. Setelah anda berhasil mendownload aplikasi autoresponder for WA tersebut maka jangan lupa untuk melakukan proses penginstalannya dengan tuuan aplikasi autoresponder for WA tersebut dapat digunakan di handphone anda.

Jika anda pertanyaan bagaimana jika saya telah memiliki aplikasi WhatsApp biasa dan masih terpasang di handphone yang akan saya gunakan untuk menginstal aplikasi autoresponder for WA. Apakah bisa menginstak 2 aplikasi WA tersebut dalam 1 handphone ???
Jawabannya ialah BISA. Anda dapat memasang 2 aplikasi WA tersebut dalam 1 handpone dan kedua-duanya tetap masih dapat berfungsi dengan baik.

Baiklah setelah saya berpanjang lebar menjelaskan tentang autoresponder for WA tersebut maka kini saatnya saya untuk bisa menjelaskan dan memberikan tutorialnya mengenai bagaimana cara untuk menggunakan autoresponder for WA dalam menyampaikan informasi kelulusan siswa secara online.

Berikut ini penjelasan cara menggunakan aplikasi autoresponder for WA untuk menyampikan informasi kelulusan secara online :
1.   Silahkan download aplikasi AUTORESPONDER FOR WA
2.   Install aplikasi AUTORESPONDER FOR WA tersebut di dalam HP anda
3.   Selanjutnya setelah berhasil di install, maka silahkan anda buka aplikasinya

4.   Maka akan tampil seperti pada gambar di bawah ini, selanjutnya silahkan anda klik “notifiction settings

5.   Selanjutnya silahkan anda aktifkan Autoresponder for WA tersebut dengan cara menggeser tanda yang ada di samping nama Autoresponder for WA tersebut hingga tampil berwarna biru

6.   Apabila muncul notifikasi “Izinkan akses notifikasi untuk Autoresponder for WA?” seperti tampak pada gambar di bawah ini maka silahkan anda klik “IZINKAN”

7.   Selanjutnya untuk membuat auto replay pengumuman kelulusan maka klik tanda + di bawah. (seperti terlihat pada gambar)

8.   Setelah itu silahkan lakukan penyetingan.
Pada isian “Harus dijawab”(Pesan di terima) maka silahkan anda masukkan nomor NISN siswa atau nomor peserta ujian siswa sehingga nantinya ketika siswa yang memiliki nomor tersebut mengirimkan nomor tersebut maka ia akan mmeperoleh jawaban secara otomatis tentang informasi kelulusannya.
(Sebagai Contoh saya memasukkan nomor 122445566)
9.   Pada isian “Harus dikirim” (Balas pesan) maka silahkan anda masukkan informasi kelulusan yang ingin anda sampaikan.
Sebagai contoh saya menuliskan jawaban yang akan muncul nantinya sebagai berikut :
(Anton, Selamat Anda dinyatakan LULUS dari SMP Negeri 1 Jakarta dengan jumlah nilai rata-rata 8,20)
Jika sudah memasukkan kata-kata sebagai jawaban, maka jangan lupa untuk mengklik tanda centang pada bagian bawah.

10. Jadi ketika siswa mengirimkan nomor peserta ujiannya atau NISN nya maka  ia akan mendapatkan balasan secara otomatis.
11. Sebagai contoh berikut di bawah ini contoh hasilnya

12. Untuk memasukkan atau menambah siswa lainnya tinggal anda klik tanda plus ( + ) dan ikuti kembali langkah langkah di atas yaitu dengan cara memasukkan nomor peserta ujian atau NISN masing-masing peserta didik yang akan di berikan informasi tentang kelulusannya.

Perlu anda ketahui bahwa untuk melakukan semua hal tersebut di atas maka jangan lupa untuk menyiapkan data siswa serta nilai rata-rata siswa yang akan di sampaikan dalam informasi kelulusan.
Demikianlah panduan dan tutorial mengenai cara untuk membuat informasi kelulusan siswa secara onine dengan menggunakan aplikasi WhatsApp, semoga dengan informasi ini maka anda dapat memperoleh ilmu dan wawasan yang baru.
Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel