-->

Panduan Membuat Formulir PPDB Online Di Google Form


Kherysuryawan.id – Cara mudah membuat formulir penerimaan peserta didik baru secara online dengan menggunakan bantuan google formulir.
Saat ini sekolah mau tak mau harus mengadakan system penerimaan peserta didik baru secara online hal itu di karenakan tidak di perbolehkannya untuk mengadakan perkumpulan yang terdiri dari banyak orang. Seperti yang kita ketahui Bersama bahwa jika kita melakukan proses penerimaan peserta didik baru atau PPDB secara terbuka di sekolah masing-masing maka tentunya hal tersebut akan mendatangkan banyak orang terutama mereka yang akan melakukan pendaftaran di sekolah baru.

Untuk mengatasi adanya perkumpulan saat mengadakan penerimaan peserta didik baru maka oleh sebab itu saat ini hampir semua sekolah menggunakan system penerimaan peserta didik baru secara online. Proses penerimaan peserta didik baru yang dilakukan secara online di harapkan bisa membantu panitia PPDB dan juga peserta siswa baru yang akan melakukan pendaftaran.

Pada waktu-waktu sebelumnya kita mengetahui juga bahwa proses pembelajaran tatap muka juga untuk sementara dialihkan menjadi proses pembelajaran secara daring, maka tentunya dengan PPDB onine sekolah tetap masih bisa melakukan proses penerimaan peserta didik baru meskipun harus dilakukan secara berbeda dengan system tatap muka.

Ada beberapa manfaat yang bisa di ambil dari adanya PPDB secara online yaitu siswa yang akan mendaftar tidak perlu lagi harus datang kesekolah melainkan cukup membuka web atau link yang telah di sediakan untuk melakukan pendaftaran secara online begitu juga guru dan panitia PPDB dimana dalam proses penerimaan peserta didik baru secara online maka dapat memantau pelaksanaannya secara online juga.

Lantas bagaimana cara untuk bisa membuat formulir PPDB secara online ???
Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan tutorial atau sebuah panduan untuk bisa membuat formulir PPDB secara online yaitu dengan menggunakan bantuan google formulir.
Apa itu google formulir ???
Google formulir merupakan sebuah layanan online yang dapat diakses dengan menggunakan email dan melalui google form tersebut kita bisa membuat formulir PPDB atau pun membuat soal online, absen online dan masih banyak lagi manfaat yang bisa di peroleh dengan menggunakan google formulir.

Baiklah untuk mengetahui bagaimana cara membuat formulir PPDB secara online di google form, maka sebelum melakukannya anda terlebih dahulu harus sudah memiliki email aktif yang nantinya akan digunakan untuk mengakses layanan gmail agar bisa membuat formulir PPDB online.
Apabila anda belum memiliki email maka terlebih dahulu silahkan anda membuatnya dan bagi anda yang belum paham membuat email maka silahkan anda cari tutorialnya di google dan disana telah banyak yang membahas mengenai cara membuat email.

Baiklah apabila anda telah memiliki email maka untuk bisa mmebuat formulir PPDB online ikuti langkah-langkah berikut ini :
1.   Silahkan anda masuk ke google drive atau klik alamat di bawah ini :
2.   Selanjutnya silahkan masukkan email anda atau pilih akun email anda jika sebelumnya anda sudah pernah melakukan login ke google drive
3.   Kemudian masukkan kata sandi atau password akun email anda dan lakukan login
4.   Setelah berhasil login maka klik kanan pada menu “New” atau “Baru” kemudian pilih “lainnya” lalu pilih “google formulir” lalu pilih “formulir kosong”

5.   Maka akan tampil sebuah  halaman baru yang nantinya disitu kita akan membuat formulir PPDB online
6.   Pada kolom paling atas silahkan anda ketikkan judul yang akan anda buat.
Sebagai contoh saya menuliskan dengan judul ‘PPDB SMP ONLINE”

7.   Selanjutnya di bawah judul anda bisa menuliskan deskripsi dari judul yang telah anda buat
8.   Pada kolom pertanyaan pertama anda bisa memasukkan “nama siswa”, kemudian pilih “jawaban singkat” sebagai pilihan untuk memasukkan jawaban siswa ke kolom jawaban nantinya dan klik “wajib diisi” jika anda mewajibkan siswa untuk menjawab pertanyaan tersebut.

9.   Untuk menambahkan pertanyaan lainnya pada formulir PPDB yang akan anda buat maka silahkan anda plih tanda “+” seperti pada gambar di bawah

10. Kemudian silahkan anda isi sendiri jenis pertanyaan yang ingin anda buat di dalam formulir PPDB tersebut dan sesuaikan dengan opsi jawaban yang akan di isi nantinya oleh siswa.
Ada beberapa pilihan jawaban yang dapat anda berikan diantaranya seperti pada gambar di bawah ini, jadi anda bisa menyesuaikannya sendiri

11. Adapun pertanyaan umum yang biasa di berikan pada formulir PPDB dan opsi pilihan jawaban yang biasanya di berikan pada masing-masing pertanyaan yaitu di antaranya sebagai berikut :
·         Nama Siswa (Opsi Jawaban Singkat)
·         NISN (Opsi Jawaban Singkat)
·         NIK (Opsi Jawaban Singkat)
·         Tempat Lahir (Opsi Jawaban Singkat)
·         Tanggal Lahir (Gunakan Opsi Kalender)
·         Jenis Kelamin (Gunakan Opsi Kotak Centang)
·         Agama (Jawaban Singkat)
·         Anak ke (Opsi Jawaban Singkat)
·         Jumlah Saudara (Opsi Jawaban Singkat)
·         Asal Sekolah  (Opsi Pragraf)
·         Status Sekolah (Opsi Kotak Centang)
·         Alamat Rumah Siswa (Opsi Pragraf)
·         RT/RW (Opsi Jawaban Singkat)
·         Desa/Keluarahan (Jawaban Singkat)
·         Kecamatan (Jawaban Singkat)
·         Kode Pos (Jawaban Singkat)
·         Penerima KIP (Opsi Kotak Centang)
·         Nomor KIP (Opsi Jawaban Singkat)
·         Nomor Telepon Rumah/HP (Opsi Jawaban Singkat)
·         Bukti Fisik KK (Opsi Upload file)
·         Bukti Fisik KTP orang tua  (Opsi Upload file)
·         Bukti Fisik AKTE KELAHIRAN ( Opsi Upload File)
12. Untuk mengatur tampilan formulir,maka Anda dapat mengganti warna background seperti gambar dibawah ini dengan cara klik icon yang saya lingkari tersebut

13. Sebelum Anda mengirim formulir Anda, Anda dapat melihat pratinjaunya terlebih dahulu dengan mengklik icon seperti pada gambar

14. Jika sudah di rasa sesuai dengan keinginan maka untuk bisa mendapatkan link agar bisa di bagikan kepada setiap calon siswa baru maka silahkan klik “kirim”

15. Kemudian klik icon yg saya lingkari pada gambar, kemudian beri tanda centang pada kotak perpendek url lalu silahkan salin link tersebut.

16. Terakhir silahkan anda bagikan link yang telah anda salin tadi kepada setiap calon siswa baru agar mereka bisa mengisi formulir PPDB tersebut secara online atau anda juga bisa membagikannya melaui media sosial agar siapapun yang melihat dan ingin mendaftar bisa mengetahuinya.

Demikianlah panduan singkat yang bisa saya sampaikan mengenai cara untuk bisa membuat foemulir PPDB secara online, semoga panduan singkat tersebut dapat bermanfaat bagi anda yang baru saja ingin membuat formulir PPDB online.
Apabila ada yang kurang jelas maka anda dapat menyampaikan pertanyaan ataupun masukan melalui kolom komentar yang tersedia.
Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel