Cek Daftar Sekolah Penerima Dana BOS Tahap 2 Gelombang 1&2 Tahun 2020

Kherysuryawan.id – Berikut ini cara untuk melihat daftar nama sekolah yang dana BOS nya pada tahap 2 gelombang 1 dan 2 bisa di salurkan dan di cairkan di tahun 2020.
Sahabat pendidik dimanapun berada, pembahasan pada artikel kali ini yaitu akan membahas mengenai persoalan yang ada hubungannya dengan dana bantuan operasional sekolah (BOS) khususnya untuk tahap 2 gelombang pertama atau gelombang 1 tahun 2020.

Seperti yang kita ketahui bahwa untuk penyaluran dana BOS tahap 1 pemerintah telah melakukan penyaluran dana kepada masing-masing sekolah penerima bantuan dana BOS tahun 2020, dan saat ini pemerintah telah kembali menyalurkan bantuan daan BOS untuk tahap 2 gelombang satu tahun 2020. Adapun penyaluran tahap 2 gelombang 1 ini merupakan kelanjutan dari penyaluran pada tahap 1 yang sebelumnya.

Perlu anda ketahui bahwa tidak semua sekolah keluar Namanya sebagai penerima bantuan operasional sekolah di tahap 2 gelombang 1 ini. Meskipun mungkin saja pada tahap 1 kemarin sekolah telah berhasil melakukan pencairan dana BOS maka di tahap ke 2 ini bisa jadi nama sekolahnya tidak masuk sebagai penerima dana BOS. Mengapa demikian ???
Ada beberapa factor yang menyebabkan dana BOS tidak bisa di salurkan kepada beberapa sekolah di tahap 2 gelombang 1 ini, oleh sebab itu jika sekolah anda pernah mendapatkan penyaluran di tahap 1 tahun 2020  maka bisa jadi di tahap 2 ini sekolah anda juga masuk sebagai penerima dana BOS namun bisa juga tidak masuk atau belum masuk sebagai penerima dana BOS.

Bagi anda yang ingin mendapatkan penjelasan mengenai penyaluran dana BOS tahap 2 gelombang 1 tahun 2020, maka di bawah ini  penjelasnnya :
-        Penyaluran dana BOS tahap 2 gelombang 1 telah dilakukan terhadap sejumlah sekolah, yaitu dengan jumlah 111.140 sekolah untuk seluruh jenjang mulai dari paud, SD, SMP, SMA/SMK
-        Sasaran penerima dana BOS tahap 2 tahun 2020 adalah merupakan kelanjutan dari penerima tahap 1 yang telah di tetapkan melalui keputusan Menteri Pendidikan dan kebudayaan.
-        Penyaluran tahap 2 gelombang 1 merupakan sekolah-sekolah yang rekeningnya tidak mengalami perubahan dan dengan status rekening valid berdasarkan hasil verval antara pihak Bank dan KPPN.

Setelah anda membaca penjelasan di atas, maka tentunya anda bisa memahami penyebab yang terjadi sehingga menyebabkan ada beberapa sekolah yang di tahap 2 gelombang 1 ini nama sekolahnya tidak muncul sebagai penerima dana BOS sehingga perlu menunggu panyaluran di gelombang berikutnya.
Perlu anda ketahui bahwa ada 2 cara untuk bisa melakukan pengecekan daftar nama sekolah penerima dana BOS tahap 2 gelombang 1 tahun 2020.
Bagi anda yang ingin melakukan pengecekkan apakah nama sekolah anda masuk sebagai penerima dana bantuan operasional sekolah di tahap 2 gelombang 1 ini, maka silahkan anda simak penjelasan dari kedua cara dalam melakukan pengecekkan daftar nama sekolah penerima dana BOS tahap 2 gelombang 1 tahun 2020 di bawah ini :
1.   Jika anda ingin melakukan pengecekan nama sekolah tanpa melakukan login terlebih dahulu maka anda dapat lengsung mengunjungi laman atau alamat “https://bos.kemdikbud.go.id
2.   Jika anda ingin melakukan pengecekan dengan cara melakukan login, maka silahkan anda kunjungi laman https://bos.kemdikbud.go.id kemudian silahkan login dengan pilihan prov/kab/kota kemudian masuk menu rekening dan disana sudah ada menu untuk mendownload daftar nama sekolah penerima bantuan BOS tahap 2 gelombang 1

Baiklah untuk memudahkan anda mengecek apakah sekolah anda masuk sebagai penerima dana BOS tahap 2 gelombang 1, maka perhatikan cara di bawah ini:
-          Silahkan kunjungi laman https://bos.kemdikbud.go.id/index.php/home
-          Selanjutnya pilih menu “Penyaluran dana”
-          Klik “laporan penyaluran”
-          Pilih “tahap 2”
-          Klik “Tampilkan”

-          Setelah itu pilih dan klik nama “Provinsi anda”
-          Setelah itu pilih dan sesuaikan kolom dengan data yang ingin anda cek
-          Klik “Submit”
-          Maka akan terlihat nama-nama sekolah yang keluar sebagai penerima dana BOS Tahap 2 gelombang 1.
Demikianlah cara untuk melihat atau mengetahui daftar nama sekolah penerima dana BOS di tahap 2 gelombang 1 tahun 2020, apabila sekolah anda masuk di dalamnya maka silahkan segera lakukan proses pencairan sesuai dengan prosedurnya dan bagi sekolah yang Namanya belum keluar sebagai penerima dana BOS tahap 2 gelombang 1 maka harap bersabar sebab nantinya tetap akan menyusul pada gelombang berikutnya.

Sebagai informasi tambahan dimana saat ini untuk penerima bantuan dana BOS gelombang 2 tahap 2 sudah mulai di SK kan maka bagi sekolah yang sebelumnya di tahap 2 gelombang 1 belum keluar SK sebagai penerima dana BOS maka saat ini sekolah tersebut bisa jadi telah mendapatkan SK untuk penerima bantuan BOS tahap 2 gelombang 2.

Oleh sebab itu untuk mengetahui apakah sekolah anda yang sebelumnya tidak masuk sebagai penerima BOS tahap 2 gelombang 1 maka silahkan anda cek kembali apakah sekolah anda sudah masuk dalam SK penerima tahap 2 gelombang 2 ini atau belum.
Untuk mengeceknya anda cukup masuk ke laman bos.kemdikbud.go.id kemudian lakukan login menggunakan akun dapodik sekolah dan apabila telah berhasil login maka silahkan klik menu daftar rekening dan disana anda bisa melihat apakah sekolah anda masuk sebagai penerima SK untuk pencairan dana BOS di tahap 2 gelombang 2 tahun 2020 ini.

Apabila sekolah anda telah memiliki status salur sudah SK maka itu artinya tidak lama lagi bantuan dana BOS untuk sekolah anda akan di cairkan.
Sekian informasi ini, semoga bermanfaat.

1 Response to "Cek Daftar Sekolah Penerima Dana BOS Tahap 2 Gelombang 1&2 Tahun 2020"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel