-->

Cara Download Absen Siswa Didapodik Versi 2021

Bagi anda yang ingin memiliki atau mendapatkan absen kelas yang lengkap untuk administrasi di sekolah anda maka anda cukup mengambil filenya yang telah di sediakan secara lengkap di dalam aplikasi dapodik. Biasanya sekolah membuat secara manual atau secara mandiri dengan melakukan ketik nama-nama siswa untuk membuat absen kelas dan tentunya hal tersebut sangat memakan banyak waktu untuk membuatnya apalagi jika jumlah siswa dan rombel yang terdapat di sekolah anda sangat banyak maka akan membuat kepala anda menjadi pening untuk membuatnya.

 

Jika ada yang gampang dan mudah untuk dikerjakan kenapa musti harus mencari yang sulit.  Mungkin kata-kata itu sangat tepat untuk orang yang ingin bekerja secara cepat namun dengan hasil yang baik pula. Bagi anda yang bekerja sebagai operator dapodik maka anda perlu memahami postingan ini karena di dalam postingan ini saya akan memberikan penjelasan mengenai sebuah pekerjaan yang biasanya dilakukan oleh seorang OPS ketika akan membuat daftar hadir siswa di sekolahnya.

 

Meskipun biasanya untuk membuat dan menyiapkan daftar hadir siswa dikelas adalah bagian dari pegawai sekolah yang dalam hal ini bagian staf tata usaha, namun tidak ada salahnya jika anda adalah seorang operator dapodik sekolah juga ikut berpartisipasi di dalamnya dengan cara memeberikan informasi bahwa di dalam aplikasi dapodik telah di sediakan absen siswa yang bisa digunakan untuk melakukan daftar hadir kelas di sekolah anda.

 

Lantas bagaimana cara untuk bisa mendapatkan absen siswa di dalam aplikasi dapodik???

Baiklah melalui postingan ini saya akan memberikan informasi tentang cara mudah untuk mendapatkan file absen siswa secara gratis melalui aplikasi dapodik. Cara ini juga sering saya gunakan untuk membuat absen kelas sehingga teman-teman di sekolah tidak perlu lagi harus membuat absen kelas melainkan di dalam aplikasi dapodik semua kelas atau rombel telah disediakan absen kelas yang bisa di unduh dengan mudah tanpa harus menggunakan paket atau jaringan internet melainkan dapat langsung diunduh secara offline di aplikasi dapodik.

 

Perlu diketahui bahwa hasil download absen siswa yang kita akan ambil dari aplikasi dapodik filenya tersimpan dalam format exel sehingga akan mudah untuk kita sesuaikan dengan kebutuhan disekolah masing-masing bahkan jika ingin melakukan edit data absen tersebut maka kita juga bisa melakukannya dengan mudah.

 

Selain itu semua data siswa mulai dari nama lengkap dan juga nomor induk sekolah serta nomor induk siswa nasional juga terdapat di dalam absen siswa tersebut. Intinya semua nama-nama siswa yang telah di entrikan di dalam aplikasi dapodik dan telah masuk di dalam rombongan belajar sesuai kelasnya masing-masing dapat kita miliki filenya pada absen siswa yang ada di aplikasi dapodik.

 

Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan download dokumen atau data absen siswa melalui aplikasi dapodik.

1.   Silahkan buka aplikasi dapodik sekolah anda dan lakukan login

2.   Setelah berhasil login silahkan klik menu “Pusat Unduhan”



3.   Pilih menu “Manajemen”

4.   Pilih file exel dengan nama “Absensi Peserta didik” seperti pada gambar di bawah ini kemudian untuk mendownloadnya maka klik “UNDUH”



5.   Simpan file absen di folder yang anda inginkan

6.   Selesai.


Berikut ini contoh hasil download absen siswa yang di ambil dari aplikasi dapodik



Selanjutnya silahkan anda cetak absen tersebut untuk di gunakan di setiap kelas masing-masing pada sekolah anda dan anda dapat melakukan edit sesuai kebutuhan.

Demikianlah postingan kali ini semoga anda yang sedang membutuhkan file absen kelas untuk digunakan di sekolah anda bisa dengan mudah mendapatkannya melalui aplikasi dapodik sekolah anda. Dan bagi anda yang mungkin selama ini tidak mengetahui caranya semoga dengan membaca artikel ini kini anda bisa mengetahuinya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel