-->

CARA CETAK SURAT PINDAH/MUTASI SISWA DI DAPODIK VERSI 2021

Salam Satu Data,
Selamat berjumpa kembali di blog kherysuryawan.id, Blog pendidikan yang selalu berusaha memberikan informasi-informasi penting baik bagi operator dapodik sekolah, bagi guru, bagi siswa maupun bagi masyarakat pada umumnya.
Pada aplikasi dapodikdasmen versi 2021 terdapat beberapa fitur yang kini penggunaannya berbeda dengan aplikasi dapodik versi sebelumnya. Di aplikasi dapodik versi 2021 selain memiliki tampilan yang berbeda juga terdapat beberapa menu yang sudah tidak dapat lagi di gunakan di aplikasi dapodik versi 2021.

Salah satu menu yang sudah tidak bisa lagi dilakukan di aplikasi dapodik versi 2021 yaitu menu “CETAK SURAT MUTASI”. Dengan tidak berfungsinya menu untuk mencetak surat mutasi siswa/peserta didik maka pastinya akan membuat para operator sekolah merasa kebingungan jika akan melakukan cetak surat bukti mutasi siswa/peserta didik.

Jika pada aplikasi dapodik sebelumnya menu untuk mencetak surat mutasi siswa/peserta didik dapat dengan mudah di cetak langsung di aplikasi dapodik dengan catatan nama peserta didik yang akan di mutasikan sudah dikeluarkan terlebih dahulu di aplikasi dapodik . namun hal tersebut kini tidak lagi bisa dilakukan di aplikasi dapodik versi 2021.
Sebenarnya untuk melakukan cetak surat mutasi siswa di dapodik bukan berarti sudah bisa lagi dilakukan melainkan cara untuk melakukan cetak maupun unduh surat mutasi siswa di dapodik masih bisa dilakukan dengan menggunakan sistem login ke manajemen dapodik dan untuk mengetahui caranya maka melalui postingan ini saya akan menyampikan secara detail cara mudah dalam melakukan download surat mutasi siswa di dapodik atau bagi anda yang ingin melakukan cetak mutasi siswa di dapodik versi terbaru.

Perbedaan yang terjadi antara aplikasi dapodik 2021 dengan aplikasi dapodik versi sebelumnya pada bagian cetak surat mutasi siswa yaitu jika pada aplikasi dapodik sebelumnya cara untuk mencetak surat mutasi siswa dapat dilakukan secara offline dengan cara masuk kedalam aplikasi dapodik dan memilih menu pada PD keluar kemudian langsung dapat memilih nama siswa yang sudah di mutasikan kemudian dengan mudah dapat langsung melakukan cetak surat mutasi tersebut.

Berbeda halnya dengan aplikasi dapodikdasmen versi 2021 dimana jika kita akan melakukan mutasi siswa dan mencetak surat mutasi siswa tersebut maka hanya dapat dilakukan dengan cara online dan dapat dilakukan tanpa harus masuk kedalam aplikasi dapodik versi 2021 tetapi dengan catatan siswa yang akan di cetak surat mutasinya sudah terlebih dahulu di keluarkan dari aplikasi dapodik 2021 dengan status pindah/mutasi dan dapodik telah di syncronisasi.

Bagi anda yang bertugas sebagai operator dapodik dan belum mengetahui cara untuk mencetak surat bukti mutasi siswa pada aplikasi dapodik versi 2021, maka pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sedikit cara untuk melakukan proses cetak surat mutasi siswa di aplikasi dapodik versi 2021.

Cara yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini akan saya sajikan lengkap dengan gambar dengan tujuan agar mudah untuk di pahami dan mudah untuk di mengerti.
Sebagai catatan bahwa sebelum melakukan cetak surat mutasi siswa di aplikasi dapodik versi 2021 maka terlebih dahulu anda harus sudah menyiapkan paket data yang nantinya di gunakan untuk login dan mencetak surat mutasi siswa, karena hal itu wajib dilakukan agar proses cetak surat mutasi siswa dapat berlangsung degan lancar.

Berikut ini cara untuk melakukan cetak surat mutasi siswa di aplikasi dapodikdasmen versi 2021.
1. silahkan kunjungi alamat di bawah ini :

2. setelah itu klik tulisan “login menggunakan SSO” seperti pada gambar di bawah ini


3. kemudian silahkan login atau masuk dengan menggunakan username dan password dapodik sekolah anda


4. Selanjutnya pilih menu "Data Pokok" dan pilih menu "Siswa"


5. Selanjutnya pilih menu siswa dengan status "keluar"

6. Maka akan tampil nama-nama siswa yang telah di keluarkan atau di mutasi. untuk melakukan cetak surat mutasi siswa maka silahkan klik pada icon "print" yang terletak di ujung sebelah kanan nama siswa yang dimutasi seperti tampak pada gambar di bawah ini :

7. setelah anda berhasil mendownload surat mutasi siswa tersebut, maka kini anda dapat langsung melakukan cetak surat mutasi dengan mudah sesuai kebutuhan.Cara untuk melakukan cetak secara langsung yaitu anda dapat langsung mengklik tombol cetak seperti pada tampilan gambar di bawah ini


8. Namun jika anda hanya ingin menyimpan data surat cetak siswa mutasi tersebut dan belum ingin mencetaknya maka anda cukup melakukan download saja dan tekan pada icon download yang ada di samping icon printer.

Bagaimana mudah bukan melakukan cetak surat mutasi siswa di dapodik versi terbaru ini, dan bagi anda yang ingin melakukan cetak surat mutasi siswa maka pastikan bahwa data siswa yang akan anda cetak surat mutasinya sudah benar-benar anda keluarkan/dimutasi serta sudah melakukan syncronisasi dapodik agar data siswa yang telah di mutasi dapat muncul di data manajemen dapodik.

Demikianlah cara untuk melakukan cetak surat mutasi siswa di aplikasi dapodik versi 2021, semoga artikel ini dapat membantu anda yang sedang mencari informasi mengenai cara mencetak surat mutasi siswa di aplikasi dapodik versi 2021 dan semoga bermanfaat.
Jangan lupa untuk selalu mengunjungi blog kherysuryawan.id apabila anda masih membutuhkan informasi lainnya seputar dapodik atau seputar dunia pendidikan.
Sekian dan Terimakasih atas kunjungan anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel