CARA CETAK SURAT PINDAH/MUTASI SISWA DI DAPODIK VERSI 2020

Salam Satu Data,
Selamat berjumpa kembali di blog kherysuryawan.id
Pada aplikasi dapodikdasmen versi 2020 terdapat beberapa fitur yang kini penggunaannya berbeda dengan aplikasi dapodik versi sebelumnya. Di aplikasi dapodik versi 2020 selain memiliki tampilan yang berbeda juga terdapat beberapa menu yang sudah tidak dapat lagi di gunakan di aplikasi dapodik versi 2020.

Salah satu menu yang sudah tidak bisa lagi dilakukan di aplikasi dapodik versi 2020 yaitu menu “CETAK SURAT MUTASI”. Dengan tidak berfungsinya menu untuk mencetak surat mutasi siswa/peserta didik maka pastinya akan membuat para operator sekolah merasa kebingungan jika akan melakukan cetak surat bukti mutasi siswa/peserta didik.
Jika pada aplikasi dapodik sebelumnya menu untuk mencetak surat mutasi siswa/peserta didik dapat dengan mudah di cetak langsung di aplikasi dapodik dengan catatan nama peserta didik yang akan di mutasikan sudah dikeluarkan terlebih dahulu di aplikasi dapodik . namun hal tersebut kini tidak lagi bisa dilakukan di aplikasi dapodikdasmen versi 2020.
Sebenarnya pada aplikasi dapodik versi 2020 siswa yang sudah pindah/mutasi bukan tidak bisa dilakukan cetak surat mutasinya melainkan hal tersebut dapat dilakukan di aplikasi dapodik 2020 dengan cara yang sedikit berbeda dari aplikasi dapodik versi sebelumnya.

Perbedaan yang terjadi antara aplikasi dapodik 2020 dengan aplikasi dapodik versi sebelumnya pada bagian cetak surat mutasi siswa yaitu jika pada aplikasi dapodik sebelumnya cara untuk mencetak surat mutasi siswa dapat dilakukan secara offline dengan cara masuk kedalam aplikasi dapodik dan memilih menu pada PD keluar kemudian langsung dapat memilih nama siswa yang sudah di mutasikan kemudian dengan mudah dapat langsung melakukan cetak surat mutasi tersebut.

Berbeda halnya dengan aplikasi dapodikdasmen versi 2020 dimana jika kita akan melakukan mutasi siswa dan mencetak surat mutasi siswa tersebut maka hanya dapat dilakukan dengan cara online dan dapat dilakukan tanpa harus masuk kedalam aplikasi dapodik versi 2020 tetapi dengan catatan siswa yang akan di cetak surat mutasinya sudah terlebih dahulu di keluarkan dari aplikasi dapodik 2020 dengan status pindah/mutasi dan dapodik telah di syncronisasi.

Bagi anda yang bertugas sebagai operator dapodik dan belum mengetahui cara untuk mencetak surat bukti mutasi siswa pada aplikasi dapodik versi 2020, maka pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sedikit cara untuk melakukan proses cetak surat mutasi siswa di aplikasi dapodik versi 2020.

Cara yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini akan saya sajikan lengkap dengan gambar dengan tujuan agar mudah untuk di pahami dan mudah untuk di mengerti.
Sebagai catatan bahwa sebelum melakukan cetak surat mutasi siswa di aplikasi dapodik versi 2020 maka terlebih dahulu anda harus sudah menyiapkan paket data yang nantinya di guanakan untuk login dan mencetak surat mutasi siswa, karena hal itu wajib dilakukan agar proses cetak surat mutasi siswa dapat berlangsung degan lancar.

Berikut ini cara untuk melakukan cetak surat mutasi siswa di aplikasi dapodikdasmen versi 2020.
1. silahkan kunjungi alamat di bawah ini :
2. setelah itu klik tulisan “login” seperti pada gambar di bawah ini
3. kemudian pada menu login pilih tulisan “manajemen sekolah”
4. setelah itu untuk bisa login ke menu manajemen sekolah maka silahkan isi username dan password sesuai dengan username dan password dapodik sekolah anda kemudian klik tulisan  “kelola data sekolah”
5. kemudian akan muncul informasi akun sekolah anda dan lanjutkan dengan mengklik tulisan “ kelola data pokok”
6. kemudian klik tulisan “peserta didik” yang terletak di pojok kanan atas
7. pada menu status pilih status : “keluar”
8. kemudian akan di tampilkan beberapa nama-nama siswa yang sudah dikeluarkan dari aplikasi dapodik 2020 baik dengan alasan sudah lulus ataupun mutasi.
Untuk mencetak surat mutasi siswa maka silahkan anda pilih nama siswa yang sudah di keluarkan dengan alasan mutasi kemudian geser scroll ke samping kanan maka akan terlihat gambar icon print
9. selanjutnya klik icon gambar print tersebut sehingga akan terbuka seperti contoh pada tampilan di bawah ini
10. untuk melakukan cetak maka silahkan klik icon printer pada tampilan, dan jika ingin sekedar menyimpannya dan belum mau mencetak maka anda dapat mendownloadnya terlebih dahulu.
 - Jika ingin langsung mencetak / memprint
 - Jika hanya ingin menyimpan dan belum mau di print
Demikianlah cara untuk melakukan cetak surat mutasi siswa di aplikasi dapodik versi 2020, semoga artikel ini dapat membantu anda yang sedang mencari informasi mengenai cara mencetak surat mutasi siswa di aplikasi dapodik versi 2020 dan semoga bermanfaat.
Jangan lupa untuk selalu mengunjungi blog kherysuryawan.id apabila anda masih membutuhkan informasi lainnya seputar dapodik atau seputar dunia pendidikan.

28 Responses to "CARA CETAK SURAT PINDAH/MUTASI SISWA DI DAPODIK VERSI 2020"

  1. maaf min mau tanya klau cma di download apa sekolah tujuan sdh bisa mengambil peserta didik tersebut?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, apabila cetak surat mutasi sudah bisa di download itu artinya peserta didik tersebut telah berhasil di keluarkan dengan status mutasi, dan sekolah tujuan sudah bisa melakukan penarikan data peserta didik yang telah di mutasikan tersebut.

      Delete
  2. Ko siswa yang sudah mutasi, masih ada disataus aktif ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo siswa sudah di mutasikan maka siswa tersebut berada di menu "PD KELUAR" pada aplikasi dapodik. sedangkan pada menu data peserta didik online data siswa mutasi tersebut bukan berada di status aktif melainkan berada di status "KELUAR".

      Delete
  3. Kalau siswa tersebut sudah dimutasi dan mau kembali ke sekolah itu lagi bisa tidak pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, dengan catatan siswa yang di mutasikan tersebut belum melakukan cetak surat mutasi, sebab apabila siswa yang di mutasi tersebut telah melakukan cetak surat mutasi maka secara permanent siswa tersebut sudah tidak bisa lagi di kembalikan ke sekolah asal.

      Delete
  4. Kalau siswa tersebut sudah dimutasi dan mau kembali ke sekolah itu lagi bisa tidak pak?

    ReplyDelete
  5. siswa sudah dimutasi dan di sinkron, di aplikasi sudah masuk PD Keluar tapi di web data dikdasmen masih menjadi siswa aktif. kira2 butuh berapa hari agar surat mutasi bisa di cetak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya membutuhkan waktu sekitar 2 sampai 3 hari setelah melakukan syncron, namun apabila orang tua siswa tersebut mendesak untuk di cetakkan surat mutasinya maka silahkan kunjungi link di bawah ini untuk bisa mendapatkan format surat mutasi versi dapodik asli.

      http://kherysuryawan.blogspot.com/2018/07/format-surat-keterangan-pindah-sekolah.html

      Delete
  6. jika sudah di keluarkan dan sudah disinkron tapi di cek didapodikdasmen masih aktif , solusinya gimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Proses mutasi siswa memang membutuhkan waktu beberapa hari agar terbaca keluar (mutasi), jadi apabila nama peserta didik tersebut telah berhasil di mutasi maka sekolah tujuan pasti akan dapat menarik data siswa mutasi tersebut. Jadi tidak usah khawatir

      Delete
  7. Tks utk infonya yang sangat bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama semoga dapat bermanfaat dan bisa saling berbagi informasi.

      Delete
  8. ada siswa yang mutasi di dapodik sudah berada di DP Keluar dan di data.dikdasmen sudah Keluar tapi ketika data surat mutasinya mau di cetak dibagian atas pencarian "Top-Up-Diblokir"
    jadi bagaimana yah solusinya ?? atau ada kesalahan di server ?? atau memang harus menunggu beberapa hari ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika siswa baru di mutasikan maka untuk bisa mencetak surat mutasinya memang harus menunggu beberapa hari setelah dapodik di syncronisasi.

      Delete
  9. Maaf min, pertengahan november ini SMP kami(trenggalek) ada tamu yang mau memindahkan /mutasi keponakannya yang saat ini kelas 7 ada di SMP Sumatera dan blm ikut UAS/PAS. Krn sesuatu hal harus ikut ke jawa. Dapatkah kami menerimanya tanpa harus ada raport smtr 1? Dan surat2 apa saja yg diperlukan untuk sekolah asal dan penerima? Trs ksh

    ReplyDelete
  10. maaf min, saya sudah coba klik icon print tp kok data nya gak muncul? solusi nya gimana?

    ReplyDelete
  11. Halo,

    kalau saya salah input status'nya bukan mutasi melainkan mengundurkan diri berarti salah ya?

    Terimakasih

    ReplyDelete
  12. Icon gambar printer belum ada, gimana solusinya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Icon cetak akan tampil dalam beberapa hari kemudian setelah data PD di mutasikan

      Delete
  13. Maaf min mau tanya.. kira2 berapa lama ya mengurus surat mutasi..?

    ReplyDelete
  14. Bagaimana cara mengembalikan peserta didik yang kembali bersekolah?

    ReplyDelete
  15. mau tanya min, cara membatalkan siswa yang sudah terlanjur dikeluarkan tetapi blom di cetak surat pindah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Peserta didik yang sudah di keluarkan tidak dapat di batalkan namun apabila anda ingin memasukkannya kembali maka anda dapat melakukan tarik peserta didik.

      Delete
  16. Mohon petunjuk pak.mau cetak surat mutasi online,tp dibuka pagenya blank.selalu begitu pak.gimana solusinya ya..terimakasih pak

    ReplyDelete
  17. Kalo sudah dapat surat keterangan Pindah/keluar dari sekolah asal tapi di oparator sekolah yang dituju tidak keluar namanya

    ReplyDelete
  18. maaf min. solusi siswa telah dimutasi dan telah cetak surat mutasi.untuk dibatalkan kembali. karena permintaan orang tua tidak jadi pindah.

    ReplyDelete
  19. Ma,f min sya mau tanya brpa hari y dta mutasi siswa di kluarkn setelah orang tua wali memenuhi syart

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

<-- -->