-->

Cara Mengatasi Folder Prefill Dapodik Tidak Muncul Di Komputer (Drive C)

Kherysuryawan.id – cara memasukkan prefill dapodik di folder prefill dapodik pada drive C di komputer (cara ini dapat anda lakukan apabila anda pernah mengalami kasus prefill tidak di temukan ketika melakukan registrasi pada aplikasi dapodik).

Sahabat operator sekolah yang berbahagia, menjadi seorang operator dapodik sekolah merupakan sebuah kebanggan tersendiri meskipun harus siap menanggung beban pekerjaan yang cukup melelahkan. Sebagai seorang operator sekolah kita diberi tanggung jawab yang besar dalam mengolah dan menginput data sekolah dengan baik dan benar dan itu tentunya merupakan sebuah tantangan yang mana mau tak mau harus kita kerjakan.

 

Meskipun tugas operator sekolah terasa sangat berat, namun apabila kita sudah mengetahui alur kerja yang sesungguhnya serta pengalaman kerja yang baik dalam mengelola data pokok Pendidikan pada aplikasi dapodik dan aplikasi sekolah lainnya maka pastinya pekerjaan itu akan terasa lebih mudah untuk bisa kita kerjakan.

 

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas sedikit permasalahan yang sering timbul dan sering di hadapai oleh para operator dapodik sekolah. Postingan ini sengaja saya buat dan berasal dari pengalaman pribadi semenjak menjadi operator dapodik sekolah. Dengan berbagi informasi maka tentunya kita akan lebih memiliki pengetahuan yang luas dan bisa membantu sesame yang sedang mengalami kesulitan yang sama dengan apa yang pernah kita alami.

 

Ketika kita akan melakukan install aplikasi dapodik dan melakukan registrasi di aplikasi dapodik secara offline maka tentunya kita akan membutuhkan yang Namanya prefill dapodik. Prefill dapodik merupakan sebuah data yang tersimpan sebagai arsip data milik sekolah masing-masing ketika sekolah telah melakukan pengisian data di daplikasi dapodik dan melakukan sinkronisasi pada periode sebelumnya.

 

Jika kita ingin menggunakan aplikasi dapodik offline untuk pertama kalinya maka hal yang perlu kita lakukan ialah melakukan registrasi dan syarat yang perlu disiapkan salah satunya ialah menyiapkan file prefill dapodik yang nantinya file prefill tersebut di download dan dimasukkan kedalam komputer. Bagi operator dapodik yang sudah sering melakukan hal dalam registrasi aplikasi dapodik offline maka pastinya sudah mengetahui alur dari tugas dalam melakukan registrasi aplikasi dapodik.

 

Selain meregistrasi aplikasi dapodik offline yang harus membutuhkan prefill dapodik, saat ini untuk melakukan registrasi aplikasi PMP offline dengan menggunakan prefill maka juga harus menyiapkan prefill PMP yang nantinya cara kerjanya pun sama dengan saat melakukan registrasi pada aplikasi dapodik.

 

Lantas bagaimana sih caranya untuk bisa memasukkan prefill dapodik di computer agar bisa digunakan untuk melakukan registrasi aplikasi dapodik offline???

Untuk menjawab pertanyaan diatas maka silahkan simak penjelasan di bawah ini :

Jika anda sudah selesai melakukan proses instalasi aplikasi dapodik, maka langkah berikutnya yang harus anda lakukan ialah mendownload file prefill dapodik dan hasil download tersebut nantinya dimasukkan kedalam computer tepatnya pada bagian drive C atau di local disk C.

 

Nah, setelah anda berhasil melakukan unduh atau download file prefill dapodik, maka anda harus memasukkan file prefill dapodik tersebut kedalam drive C, dan berikut ini langkah-langkah yang perlu anda lakukan :

1.   Siapkan file prefill dapodik yang telah berhasil di unduh/download

2.   Masukkan file prefill dapodik tersebut ke dalam Drive C tepatnya pada folder Prefill_dapodik, namun jika pada saat anda ingin memasukkan file prefill dapodik tersebut kedalam folder Prefill_dapodik namun ternyata anda tidak menemukan folder yang dimaksud maka silahkan lakukan hal berikut ini :

·       Buat dahulu folder di Drive C computer yaitu dengan cara klik kanan pada Drive C lalu pilih new dan pilih folder



·       Maka akan tampil New folder, lalu silahkan ubah nama folder tersebut menjadi Prefill_dapodik ( untuk merubah nama folder maka silahkan klik kanan pada new folder dan klik rename, lalu silahkan di ubah)

·       Berikut ini gambar folder Prefill_dapodik yang telah berhasil di buat di Drive C



3.   Setelah anda berhasil membuat folder dengan nama Prefill_dapodik maka silahkan anda pindahkan file prefill yang telah di download kedalam folder Prefill_dapodik tersebut

4.   Jika file prefill dapodik sudah berada di dalam folder Prefill_dapodik maka anda sudah bisa melakukan registrasi pada aplikasi dapodik.

5.   selesai

 

Masalah ini tidak selalunya terjadi sebab jika anda telah melakukan penginstalan pada aplikasi dapodik maka biasanya folder Prefill_dapodik sudah secara otomatis masuk dan terlihat di computer pada Drive C, hanya saja tidak semua yang melakukan hal tersebut mengalami hal yang sama sebab ada juga kalanya folder Prefill_dapodik tersebut tidak secara otomatis muncul di Drive C sehingga kita harus membuatkannya dengan nama folder Prefil_dapodik yang baru.

 

Demikian informasi mengenai cara untuk memasukkan prefill dapodik kedalam computer khususnya pada Drive C apabila folder yang dimaksud tidak ada di dalamnya maka melalui postingan ini kiranya bisa bermanfaat bagi operator dapodik yang mengalami kasus tersebut.

Sekian informasi ini dan semoga menjadi bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel