-->

Cara Cek Jumlah Siswa Yang Sudah Punya Nomor HP di Dapodik

Saat ini pemerintah telah menyalurkan bantuan berupa paket internet gratis kepada guru, dosen, siswa dan juga mahasiswa. Salah satu syarat yang harus dipenuhi tentunya ialah harus memiliki nomor handphone (HP) dan juga terdaftar di dalam aplikasi dapodik. Meskipun semua siswa yang ada di dalam dapodik berhak untuk memiliki kesempatan mendapatkan paket kuota gratis dari pemerintah namun jika tidak mendaftarkan nomor HP nya melalui aplikasi dapodik atau pada laman vervalponsel maka siswa tidak bisa mendapatkan bantuan paket kuota tersebut.

 

Saat ini kita dapat mengetahui siswa mana saja yang telah memiliki nomor HP dan sudah mendaftarkan nomor HP nya kedalam aplikasi dapodik. Jika ada permintaan data tentang siswa yang sudah memiliki nomor HP di dapodik maka untuk mengetahui jumlah siswa yang sudah mendaftarkan nomor HP nya kedalam aplikasi dapodik kita dapat dengan mudah mengetahuinya secara keseluruhan dari semua siswa yang sudah terdaftar.

 

Cara ini dapat dilakukan oleh operator dapodik sekolah sebab tugas sebagai seorang operator dapodik sekolah ialah salah satunya melakukan penginputan data nomor HP siswa kedalam aplikasi dapodik, dan untuk melihat data siswa yang sudah memiliki nomor HP di dalam aplikasi dapodik maka operator dapat dengan mudah melakukannya melalui aplikasi dapodik.

 

Pada postingan kali ini saya ingin memberikan informasi tentang cara mudah dalam melakukan cek jumlah siswa yang sudah mendaftarkan nomor HP nya kedalam aplikasi dapodik. Sebenarnya untuk mengetahui apakah siswa sudah memiliki nomor HP di dapodik atau belum maka dapat dilakukan pengecekannya dengan cara membuka data siswa yang dimaksud dan melihat apakah pada kolom kontak (nomor HP) siswa tersebut telah diinputkan nomor HP nya atau belum, namun jika kita ingin mengetahui berapa jumlah siswa yang sudah memiliki nomor HP di dapodik secara keseluruhan dari semua jumlah siswa yang ada di dapodik maka tentunya jika cara tersebut dilakukan dengan mengecek satu persatu data siswa pastinya akan sangat meyusahkan bagi operator dapodik.

 

Melalui postingan ini saya akan memberikan tutorial mengenai cara mudah untuk melihat jumlah siswa yang sudah memiliki nomor HP dan sudah diinput kedalam aplikasi dapodik. Cara ini sangat simpel dan sangat mudah untuk dilakukan, namun tentunya harus memiliki akun dapodik sekolah dan biasanya hal ini dilakukan oleh seorang operator dapodik.

 

Baiklah berikut ini cara mudah dalam mengetahui jumlah siswa yang sudah menginput nomor HP di dalam aplikasi dapodik:

1.   Silahkan login kedalam aplikasi dapodik

2.   Klik menu “peserta didik”



3.   Selanjutnya akan muncul nama-nama peserta didik dan pada bagian bawah muncul menu “UNDUH” silahkan klik menu unduh tersebut lalu pilih pada pilihan “Daftar PD”



4.   Selanjutnya silahkan simpan file data siswa yang telah diunduh tersebut, lalu buka hasil unduhan.

5.   Maka pada file tersebut akan terlihat nama-nama siswa yang sudah memiliki nomor HP dan juga yang belum memiliki nomor HP secara keseluruhan

6.   Untuk mengetahui jumlah siswa secara keseluruhan yang sudah memiliki nomor HP pada file hasil download tersebut maka anda bisa melakukan sortir pada data nomor HP sehingga nantinya anda dapat menghitung dengan mudah jumlah keseluruhan siswa yang sudah memiliki nomor HP di dapodik.

 

Demikianlah informasi mengenai cara mudah untuk bisa mengetahui jumlah siswa yang sudah memiliki nomor HP dan sudha menginputkan nomor HP nya kedalam aplikasi dapodik, semoga bagi anda yang mungkin ingin melihat data keseluruhan siswa yang telah memiliki nomor HP di dapodik maka informasi ini bisa membantu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel