-->

57 Tanya Jawab Seputar Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)

Kherysuryawan.id – Lembar Tanya Jawab AKM.

Informasi kali ini yang akan saya bagikan yaitu informasi yang sangat penting bagi semua kalangan khususnya pada ruang lingkup Pendidikan yang dalam hal ini guru sebagai pendidik, siswa dan juga orang tua atau wali siswa.

 

Bagi anda yang belum mengenal apa itu asesmen kompetensi minimum (AKM) maka tepat sudah anda mengunjungi postingan ini karena semua pertanyaan seputar asesmen kompetensi minimum (AKM) akan dikupas secara lengkap dan juga anda bisa mengetahui berbagai jenis pertanyaa lengkap dengan jawabannya seputar masalah AKM.

Sesuai dengan judul diatas yaitu mengenai 57 tanya jawab seputar AKM, maksudnya ialah ada 57 pertanyaan yang sudah dilengkapi dengan jawaban mengenai persoalan seputar AKM, namun didalam postingan ini saya tidak akan menampilkan semua pertanyaan dan jawaban tersebut melainkan anda bisa melihat semua pertanyaan dan jawaban tersebut melalui buku tanya jawab yang akan saya bagikan kepada anda semua.

 

Buku tanya jawab seputar AKM yang akan saya bagikan di postingan ini yaitu buku yang saya ambil dari laman puspendik AKM yang mana di dalam buku tanya jawab tersebut telah berisikan 57 pertanyaan lengkap dengan jawabannya. Jadi jika anda membaca buku tanya jawab tersebut maka saya yakin keraguan anda tentang AKM dan ketidak tahuan anda mengenai apa itu asesmen kompetensi minimum (AKM) pasti akan terjawab.

 

Buku tanya jawab seputar AKM ini di sajikan dalam bentuk file sehingga anda bisa membukanya melalui perangkat mobile (HP) dan juga bisa anda buka melalui perangkat computer (laptop). File buku tanya jawab ini di tampilkan dalam bentuk file pdf dan anda akan sangat mudah untuk menggunakannya serta anda bisa dengan mudah memahami persoalan tentang AKM itu sendiri.

 

Di dalam file buku tanya jawab seputar AKM nasional yang akan saya bagikan ini, terdiri dari pertanyaan dan jawaban yang meliputi 4 kategori yaitu :

1.   Tanya jawab seputar “TUJUAN AKM” yang berisikan 11 pertanyaan lengkap dengan jawabannya.

2.   Tanya jawab seputar “INSTRUMEN AKM” yang berisikan 15 pertanyaan lengkap dengan jawabannya.

3.   Tanya jawab seputar “PELAKSANAAN AKM” yang berisikan 22 pertanyaan lengkap dengan jawabannya.

4.   Tanya jawab seputar “TINDAK LANJUT AKM” yang berisikan 9 pertanyaan lengkap dengan jawabannya.

Dari ke 4 kategori diatas jika di total maka ada 57 pertanyaan lengkap dengan jawabannya yang membahas tentang seputar asesmen kompetensi minimum (AKM).

 

Bagi anda yang mungkin penasaran dengan apa isi dari tanya jawab yang ada pada buku yang akan saya bagikan disini maka berikut ini saya tampilkan beberapa jenis tanya jawab yang berasal dari buku tanya jawab seputar AKM, dan berikut ini cuplikannya.

 

TANYA :  Apa itu Asesmen Nasional?

JAWAB : Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

 

TANYA :  Apakah Asesmen Nasional menentukan kelulusan peserta didik?

JAWAB : Tidak, Asesmen Nasional tidak menentukan kelulusan. Asesmen Nasional diberikan kepada murid bukan di akhir jenjang satuan pendidikan. Asesmen Nasional juga tidak digunakan untuk menilai peserta didik yang menjadi peserta asesmen. Hasil Asesmen Nasional tidak akan memuat skor atau nilai peserta didik secara individual. Seperti dijelaskan sebelumnya, hasil Asesmen Nasional diharapkan menjadi dasar dilakukannya perbaikan pembelajaran. Dengan demikian, Asesmen Nasional tidak terkait dengan kelulusan peserta didik. Penilaian untuk kelulusan peserta didik merupakan kewenangan pendidik dan satuan pendidikan.

 

TANYA :  Apakah Asesmen Nasional menggantikan UN?

JAWAB : Asesmen Nasional tidak menggantikan peran UN dalam mengevaluasi prestasi atau hasil belajar murid secara individual. Namun Asesmen Nasional menggantikan peran UN sebagai sumber informasi untuk memetakan dan mengevaluasi mutu sistem pendidikan. Sebagai alat untuk mengevaluasi mutu sistem, Asesmen Nasional akan menghasilkan potret yang lebih utuh tentang kualitas hasil belajar serta proses pembelajaran di sekolah. Laporan hasil Asesmen Nasional akan dirancang untuk menjadi “cermin” atau umpan balik yang berguna bagi sekolah dan Dinas Pendidikan dalam proses evaluasi diri dan perencanaan program.

 

TANYA :  Mengapa Asesmen Nasional juga mengukur karakter murid?

JAWAB : Asesmen Nasional bertujuan tidak hanya memotret hasil belajar kognitif murid namun juga memotret hasil belajar sosial emosional. Asesmen nasional diharapkan dapat memotret sikap, nilai, keyakinan, serta perilaku yang dapat memprediksi tindakan dan kinerja murid di berbagai konteks yang relevan. Hal ini penting untuk menyampaikan pesan bahwa proses belajar-mengajar harus mengembangkan potensi murid secara utuh baik kognitif maupun non kognitif.

 

TANYA :  Apakah yang dimaksud dengan minimum pada AKM?

JAWAB : Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dilakukan untuk mengukur literasi membaca dan numerasi matematika murid. Konten yang diukur pada literasi membaca dan numerasi adalah konten yang bersifat esensial serta berkelanjutan lintas kelas maupun jenjang. Tidak semua konten pada kurikulum diujikan, sehingga sifatnya minimum.

 

TANYA :  Apakah instrumen Survei Lingkungan sama untuk murid dan untuk guru?

JAWAB : Tidak. Meskipun Survei Lingkungan Belajar menggali informasi mengenai kualitas proses pembelajaran dan iklim sekolah yang menunjang pembelajaran, namun pertanyaan akan disesuaikan dengan perspektif respondennya.

 

TANYA :  Terdapat berbagai macam literasi, misalnya membaca, sains, digital, dan keuangan. Apakah AKM meliputi semua literasi tersebut?

JAWAB : Tidak. AKM tahun 2021 hanya mencakup literasi membaca dan literasi matematika (numerasi).

 

TANYA :  Siapa saja yang mengikuti AKM?

JAWAB : Peserta AKM adalah semua murid yang menjadi responden Asesmen Nasional. Guru maupun kepala sekolah TIDAK mengerjakan AKM.

 

TANYA :  Bolehkah SMP/MTs, SMA/MA, SMK yang jumlah muridnya kurang dari 45 tidak ikut Asesmen Nasional?

JAWAB : Tidak. Semua satuan pendidikan wajib mengikuti Asesmen Nasional. Jika jumlah murid kurang dari 45, maka semua murid akan menjadi responden. Begitu pula dengan satuan pendidikan di jenjang SD/MI, jika jumlah murid kurang dari 30, maka semua murid akan menjadi responden.

 

TANYA :  Apakah ada nilai/skor minimal dalam AKM?

JAWAB : Tidak. AKM melaporkan persentase murid dalam setiap level kompetensi. Diharapkan semua murid mencapai level kompetensi cakap atau mahir.

 

Itulah beberapa cuplikan hasil tanya jawab yang terdapat pada file buku tanya jawab seputar asesmen kompetensi minimum (AKM) nasional. Bagi anda yang membutuhkan file lengkap dari tanya jawab tersebut maka anda bisa membacanya pada buku tanya jawab AKM nasional yang akan saya bagikan melalui postingan ini.

 

Baiklah bagi anda yang membutuhkan file buku tanya jawab seputar AKM nasional yang berisikan 57 tanya jawab, maka silahkan anda miliki file buku lengkapnya di bawah ini :

  • File Buku Saku Tanya Jawab AKM (DISINI)

Demikianlah informasi ini saya buat dan saya bagikan, semoga anda yang membacanya dapat memeperolah tambahan pengetahuan seputar AKM nasional dan semoga anda yang mengunduh file buku lengkap tanya jawab yang telah saya bagikan di atas, dapat memahaminya dengan baik.

Salam AKM, semoga sukses selalu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel