Cara Membuat dan Upload Pakta Integritas ANBK Tahun 2021

Kherysuryawan.id – Cara membuat, mencetak dan mengupload pakta integritas asesmen untuk proktor, teknisi, kepala sekolah dan pengawas ruang dalam pelaksanaan asesmen nasional Jenjang SD, SMP, SMA dan SMK

Salam asesmen, sahabat pendidikan dimanapun berada dalam melakukan pelaksanaan asesmen ada beberapa dokumen penting yang harus di persiapkan untuk kelancaran penyelenggaraan asesmen nasional.

 

Kita ketahui Bersama bahwa setiap satuan pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga menengah akan melakukan asesmen nasional dan hal itu wajib untuk dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pencapaian mutu sekolah. Adapun yang akan menjadi peserta dalam pelaksanaan asesmen nantinya ialah peserta didik, pendidik (Guru) dan kepala satuan pendidikan (Kepala sekolah).

 

Ada beberapa petugas asesmen yang akan menjadi otak atau jantung dalam kegiatan asesmen. Mereka-mereka itu ialah kepala sekolah, proktor, teknisi dan pengawas ruang. Nantinya mereka tersebut akan melakukan tugasnya masing – masing sesuai dengan tugas yang telah diatur dan di teteapkan dalam POS asesmen nasional.

 

Dalam melakukan tugasnya maka kepala sekolah, proktor, teknisi dan pengawas ruang harus dapat melakukan tugasnya dengan baik dan tentunya dengan sikap jujur. Diharapkan agar mereka semua yang terlibat dalam pelaksanaan asesmen harus dapat menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab dan sesuai dengan aturan yang telah di tetapkan. Bagi bapak dan ibu guru serta warga pendidikan yang mungkin ingin mengetahui apa saya tugas dan tanggung jawab dari para kepala sekolah, proktor, teknisi dan pengawas ruang dalam kegiatan ANBK maka anda bisa melihat selengkapnya pada POS ANBK.

 

Sahabat asesmen, dalam pelaksanaan asesmen nantinya maka dalam melaksanakan tugasnya para kepala sekolah, para proktor, para teknisi dan para pengawas ruang ANBK harus dapat mengisi pakta integtitas yang mana dokumen pakta integritas tersebut wajib untuk diisi oleh mereka dalam pelaksanaan asesmen nasional (AN) di sekolah masing-masing.

 

Adapun isi pernyataan dari pakta integritas yang harus ditandatangani oleh masing-masing kepala sekolah, proktor, teknisi dan pengawas ruang dalam pelaksanaan asesmen nasional yaitu sebagai berikut :

1.  Sanggup meningkatkan kualitas, kredibilitas, dan akuntabilitas pelaksanaan Asesmen Nasional untuk peningkatan mutu pendidikan;

2.  Sanggup melaksanakan tugas sesuai Prosedur Operasi Standar penyelenggaraan Asesmen Nasional Tahun 2021;

3.  Sanggup menjaga keamanan dan kerahasiaan bahan Asesmen Nasional; dan

4.  Sanggup melaksanakan Asesmen Nasional secara jujur dan penuh tanggung jawab.

 

Intinya bahwa dalam menandatangani pakta integitas tersebut maka diharapkan para kepala sekolah, pengawas, ptoktor dan teknisi ANBK bisa terlebih dahulu membaca isi dari pernyataan yang ada pada pakta integritas tersebut sehingga nantinya dapat memahami isi pakta integritas tersebut dan dapat menjalankannya sesuai dengan aturan yang berlaku.

 

Lantas bagaimana cara untuk membuat, mencetak dan mengupload pakta integritas ???

Sahabat asesmen mungkin anda yang saat ini bingung tentang bagaimana cara untuk membuat pakta integritas, maka melalui postingan ini kherysuryawan akan memberikan cara untuk membuat, mencetak dan pengupload pakta integritas untuk pelaksanaan ANBK.

 

Sebelum kherysuryawan.id menjelaskannya maka perlu anda ketahui sebelumnya bahwa nantinya untuk membuat, mencetak dan mengupload pakta integritas ANBK maka hanya bisa dilakukan oleh proktor ANBK yang mana nantinya proktor melakukan pengisian data para kepala sekolah, pengawas, teknisi dan proktor melalui web anbk kemdikbud yang hanya dapat diakses oleh proktor sekolah.

 

Setelah proktor berhasil membuat dan mengisi pakta integritas maka selanjtunya proktor mencetak dokumen pakta integritas tersebut lalu membagikannya kepada masing-masing kepala sekolah, proktor, teknisi dan pengawas ruang untuk di tanda tangani dan selanjutnya dokumen pakta integritas yang telah di tanda dangani tersebut di upload melalui laman anbk.

 

Baiklah berikut ini tahapan membuat pakta integitas, mencetak pakta integritas dan mengupload pakta integritas di laman web anbk.

 

CARA MEMBUAT PAKTA INTEGRITAS

 

1.  Pertama silahkan login ke laman ANBK melalui alamat berikut : https://anbk.kemdikbud.go.id/

2.  Setelah berhasil login silahkan klik menu “Asesmen Nasional” dan lanjutkan dengan memilih “Pakta Integritas”



3.  Kemudian pada laman pakta integritas silahkan anda pilih “Isi Pakta Integritas”



4.  Selanjutnya akan muncul kolom NIP, Nama dan Tugas seperti tampak pada gambar di bawah ini :



5.  Silahkan isikan data tersebut sesuai dengan data yang sebenarnya dan silahkan pilih tugas sesuai yang ada dalam pilihan.

6.  Jika data sudah diisi dengan benar silahkan klik “simpan”

7.  Untuk membuat pakta integritas dengan tugas lainnya maka silahkan anda lakukan lagi sesuai cara yang telah saya jelaskan diatas. Intinya bahwa semua yang ada dalam pilihan tugas yakni kepala sekolah, pengawas, proktor dan teknisi harus dibuatkan pakta integritas

 


 CARA CETAK PAKTA INTEGRITAS

1.  Setelah proktor berhasil membuat pakta integritas, maka langkah selanjutnya ialh mencetak pakta integritas yang telah di buat tadi

2.  Caranya yaitu silahkan Pilih nama petugas yang akan dicetak pakta integritasnya

3.  Selanjutnya pada menu pakta integitas, silahkan klik submenu "Cetak Pakta Integritas"



4.  Kemudian akan tampil dokumen pakta integritas dan untuk mencetaknya silahkan klik "cetak"



5.  Kemudian silahkan Pilih driver printer yang terhubung dengan komputer, dan lakukan pencetakan pakta integritas.

 

CARA MENGUPLOAD PAKTA INTEGRITAS

1.  Setelah pakta integritas di tandatangani oleh masing-masing proktor, teknisi, kepala sekolah dan pengawas ANBK maka langkah selanjutnya ialah melakukan upload pakta integritas

2.  Sebelum pakta integritas di upload maka pastikan dokumen pakta integritas sudah di photo dan disimpan dalam format JPG atau PNG

3.  Selanjutnya untuk mengupload klik menu pakta integritas dan pilih submenu “upload pakta integritas”



4.  Kemudian pilih “Browse” dan silahkan anda cari photo dari pakta integritas yang ada di laptop anda masing-masing



5.  Selanjutnya klik “Upload”

6.  Lakukan upload untuk semua pakta integritas yang telah dibuat.

7.  Selesai

 

Demikianlah penjelasan tentang cara untuk membuat, mencetak dan mengupload pakta integritas untuk keperluan asesmen nasional yang bisa kherysuryawan.id bagikan pada postingan ini. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi siapapun yang membutuhkannnya secara khusus untuk proktor ANBK yang menjadi petugas terdepan dalam melakukan hal ini.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel