Contoh Surat Izin Orang Tua Siswa Untuk Mengikuti AKM/ANBK

Kherysuryawan.id – Download Surat Pernyataan orang tua untuk mengikuti AKM/ANBK.

Sahabat Pendidikan, dimasa pendemi seperti sekarang ini sekolah masih tetap melaksanakan aktivitas pembelajaran meskipun ada yang belajar mengajar dengan model daring, luring maupun dengan pembelajaran tatap muka terbatas. Pandemi bukanlah menjadi penghalang bagi warga Pendidikan dalam menuntut ilmu.

 


Saat ini ujian nasional berbasis computer (UNBK) telah dihapus atau dihilangkan, namun ujian yang diadakan oleh pusat untuk setiap sekolah masih tetap ada yakni dengan memberikan ujian asesmen kepada setiap satuan Pendidikan dijenjang SD, SMP, SMA dan SMK. Ujian asesmen nasional berbasis computer (ANBK) atau AKM merupakan pengganti dari UNBK namun ANBK bukanlah sebagai penentu dari ujian nasional.

 

Bagi anda yang membaca postingan ini namun belum memahami apa maksud dan tujuan dari diadakannya ujian asesmen nasional, maka kherysuryawan.id melalui postingan ini akan memberikan sedikit pemahaman tentang pentingnya mengikuti ujian asesmen dan manfaat yang bisa di peroleh dalam pelaksanaan AKM.

 

Berikut ini penjelasannya :

-  Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

-  Asesmen Nasional dilaksanakan dengan 3 (tiga) instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar

-  Hasil AN tidak memiliki konsekuensi terhadap peserta didik yang menjadi peserta AN

-  Hasil AN hanya akan menampilkan skor pada tingkat sekolah ,bukan skor individu peserta didik

 

Setelah memahami beberapa penjelasan diatas,maka kini saatnya sekolah harus bisa mempersiapkan segala sesuatunya untuk menghadapi asesmen nantinya. Salah satu persiapan yang harus dibuat oleh pihak sekolah demi kelancaran pelaksanaan asesmen nantinya yaitu harus menyiapkan administrasi kelangkapan untuk asesmen.

 

Dimasa pendemi seperti sekarang ini, terkadang orang tua tidak berani untuk memaksakan anaknya kesekolah atau ketempat-tempat keramaian yang bisa menyebabkan terpaparnya virus covid-19. Dengan adanya larangan untuk melakukan kegiatan yang dapat mengundang keramaian maka dalam pelaksanaan ANBK/AKM sekolah pun harus bisa memastikan bahwa orang tua dari peserta didik yang akan mengikuti ANBK/AKM sudah memberi izin kepada anaknya untuk bisa mengikuti kegiatan asesmen di sekolah.

 

Olehnya itu, untuk kelancaran pelaksanaan AKM/ANBK nantinya maka pihak sekolah harus membuatkan surat izin untuk orangtua agar bisa memberikan izin kepada anaknya dalam mengikuti pelaksanaan ANBK/AKM. Dengan adanya surat pernyataan atau surat izin dari orang tua maka tentunya akan memperlancar pelaksanaan ANBK/AKM di sekolah.

 

Bagi bapak dan ibu guru yang mugkin membutuhkan format surat pernyataan atau surat izin mengikuti AKM/ANBK untuk di berikan kepada orang tua siswa  maka melalui postingan ini kherysuryawan.id akan membagikan formatnya secara gratis dan format yang di berikan sudah tersimpan dalam bentuk word sehingga dapat diedit dengan mudah sesuai kebutuhan masing-masing sekolah.


Berikut ini isi dari surat pernyataan orang tua siswa untuk mengikuti Asesmen nasional :


SURAT PERNYATAAN

 

Yang bertandatangan dibawah ini :

Nama                                       : ……………………………………………………………………..…..

Alamat                                                 : ………………………………………………………………………….

No Hp Orang Tua/wali                        : ………………………………………………………………………….

Merupakan orang tua / Wali dari siswa yang bernama :

Nama Siswa                             : …………………………………………………………………………

Tempat,Tanggal Lahir             : …………………………………………………………………………

Jenis kelamin                           : …………………………………………………………………………

No HP Siswa                            : ………………………………………………………………………...

Kelas                                       : …………………………………………………………………………

Berdasarkan :

1.      Panduan Penyelenggaraan Kegiatan ANBK pada Hari ……. Tanggal…………. 20 di Masa Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19);

2.      Standar Operasional Prosedur (SOP) Pelaksanaan Pembelajaran Kenormalan Baru pada Satuan Pendidikan Terkait Masa Pandemi Covid-19 yang ditetapkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi ……………..

 

Dengan ini menyatakan bahwa:*

A.   Kami tidak menyetujui, kegiatan AKM (Asesmen Kompetensi Minimal) dengan alasan/pertimbangan …………………………………………..................................................

……………………………………………………………………….…………………………………………………………..

……………………………………………………………………….…………………………………………………………..

B.   Kami menyetujui Penyelenggaraan kegiatan AKM (Asesmen Kompetensi Minimal), mengingat kegiatan tersebut adalah kegiatan yg bersifat nasional. Dan sekolah sanggup mematuhi protokol kesehatan putera/puteri kami selaku peserta didik, seperti: kondisi sehat (tidak memiliki gejala suhu badan lebih dari 37,3 °, atau terdapat keluhan batuk, pilek, sakit tenggorokan dan / atau sesak nafas maupun riwayat obesitas, penyakit diabetes, penyakit jantung, penyakit paru dan pembuluh darah, kanker atau daya tahan tubuh sedang lemah),  sarapan sebelum berangkat ke sekolah atau membawa bekal makanan sendiri, mengenakan masker, disarankan membawa cairan pembersih tangan (hand sanitizer), serta menghindari pinjam-meminjam perlengkapan milik pribadi.

 

Demikian surat pernyataan ini saya tandatangani dengan penuh rasa tanggung jawab bagi kelangsungan pendidikan bagi putera/puteri kami, serta dapat dipertanggungjawabkan sebagaimana mestinya.

 

                                                                                                ……., …………………………20

                                                                                                Orang Tua/Wali Siswa

                                   

 

                                                                                                 Materai 10.000

 

 

                                                                                                ……………………………………….

  *pilih salah satu, dengan cara melingkari opsi/pilihan A atau B



Baiklah Untuk bapak dan ibu guru yang membutuhkan format diatas, maka berikut ini format contoh surat pernyataan orang tua untuk mengizinkan anaknya mengikuti AKM/ANBK :

 

  • Surat Izin Mengikuti AKM/ANBK Untuk Orang Tua Siswa (DISINI)
  • Tata Tertib Pengawas, proktor & Teknisi ANBK (DISINI)


Demikianlah informasi ini kherysuryawan.id bagikan, semoga sekolah yang membutuhkan contoh format surat izin mengikuti AKM/ANBK untuk di berikan kepada orang tua siswa bisa memiliki filenya melalui postingan ini dna semoga bisa bermanfaat.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel