Contoh Surat Tugas Pengawas ANBK/AKM Jenjang SD,SMP,SMA,SMK Tahun 2021

Kherysuryawan.id – Download Surat Tugas pengawas asesmen nasional (AN) untuk sekolah dan madrasah tahun pelajaran 2021/2022.

Sahabat Pendidikan, pada pelaksanaan ANBK/AKM nantinya maka sekolah yang ikut dalam kegiatan asesmen tentunya harus menyiapkan daftar nama pengawas ujian asesmen. Adapun daftar nama pengawas ujian asesmen akan di tentukan oleh masing-masing sekolah yang akan mengadakan ujian asesmen nasional.

 


Demi untuk kelancaran pelaksanaan asesmen nasional (AN) maka sekolah harus menyiapkan usulan nama-nama pengawas ujian asesmen yang mana nama pengawas yang telah di pilih tersebut nantinya akan di beri tugas menjaga, mengawasi dan mengontrol siswa yang akan melaksanakan ujian asesmen di sekolah masing-masing.

 

Dalam penetapan Pengawas Ruang Asesmen Nasional (AKM) yang ditetapkan melalui Surat Tugas Pengawas dapat mengacu pada poin-poin berikut sebagai pertimbangan:

-          Satuan Pendidikan pelaksana Asesmen Nasional mengirimkan usulan calon pengawas ke Panitia Asesmen Nasioanl atau AKM Tingkat Provinsi atau Kabupaten/Kota.

-          Panitia Asesmen Nasional/AKM Tingkat Provinsi atau Kab/Kota sesuai dengan kewenangannya menetapkan pengawas ruang ujian Asesmen Nasional/AKM.

-          Penempatan pengawas ditentukan dengan sistem silang (pengawas tidak mengawas peserta didiknya sendiri atau tidak mengawasi pelaksanaan Asesmen Nasional/AKM di Sekolah tempatnya bertugas).

 

 

Pengawas ujian asesmen di usulkan oleh setiap sekolah dengan tujuan Pengawas Asesmen Nasional dapat bertugas mengawasi proses berjalannya kegiatan asesmen nasional. Meskipun saat ini ujian asesmen dilakukan dengan menggunakan ujian berbasis computer namun tetap harus ada yang megawasi jalannya pelaksanaan ujian asesmen.

 

Jika pada tahun sebelumnya ujian yang sering dilakukan yaitu ujian nasional berbasis komputer (UNBK) maka saat ini ujian tersebut telah diganti dengan nama ujian asesmen berbasis computer (ANBK). Tentunya ada perbedaan diantara kedua model pelaksanaan ujian tersebut. Dalam pelaksanaannya, Asesmen Nasional (AN) tidak berbeda jauh dengan UNBK, perbedaan hanya terletak pada pesertanya. Dimana jika Ujian Nasional diikuti oleh setiap siswa pada jenjang akhir, berbeda halnya dengan asesmen nasional (AN) yang pesertanya yaitu siswa kelas 5 SD, kelas 8 SMP dan kelas 11 SMA/SMK.

 

Pengawas Asesmen Nasional harus memiliki kejujuran dan kredibilitas dalam melaksanakan tugas kepengawasannya, sehingga pelaksanaan Asesmen dalam berjalan dengan jujur dan dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Intinya bahwa dengan kejujuran dan kedispilinan pengawas maka akan memberikan hasil yang baik pada pelaksanaan ujian asesmen nantinya.

 

Berbicara mengenai pengawas asesmen nasional (AN) maka bagi yang Namanya tertera atau masuk sebagai calon pengawas asesmen maka harus atau wajib membawa surat tugas dari sekolah untuk dijadikan sebagai dasar atau bukti bahwa yang bersangkutan benar-benar merupakan pengawas ujian asesmen atau pengawas ujian AKM.

 

Nah bagi sekolah yang mungkin ingin membuat surat tugas untuk pengawas AKM/ANBK namun belum memiliki contoh cara membuatnya maka melalui postingan ini kherysuryawan.id akan memberikan contoh file surat penugasan untuk pengawas ANBK/AKM yang terbaru.

 

Melalui blog kherysuryawan.id ini maka saya akan membagikan file contoh surat tugas pengawas ANBK/AKM yang bisa dijadikan sebagai dasar atau referensi bagi anda yang di beri tugas untuk membuat surat tugas tersebut. Dengan adanya contoh surat tugas pengawas AKM maka anda yang masih baru dan awam tentang cara membuat surat tugas untuk pengawas AKM maka bisa terbantu dengan adanya contoh yang akan saya berikan ini.

 

Sebelum kherysuryawan.id membagikan contoh surat tugas pengawas ANBK/AKM maka terlebih dahulu kita harus memahami apa saja kriteria seorang pengawas asesmen nasional dalam menjalankan tugasnya nanti.

Secara ideal, pengawas Asesmen Nasional (AN) adalah guru dengan kriteria dan persyaratan sebagai berikut:

-          Pengawas Asesmen ANBK/AKM harus memiliki sikap disiplin, jujur, bertanggung jawab, teliti, dan memegang teguh kerahasiaan;

-          Dalam keadaan sehat dan sanggup mengawasi AN dengan baik;

-          Bukan guru mata pelajaran yang sedang diujikan;

-          Bersedia datang dan pulang tepat waktu sesuai jadwal.

 

Setelah memahami kriteria tentang pengawas asesmen nasional diatas, maka untuk anda yang akan membuat surat penugasan pengawas untuk kegiatan asesmen nasional berbasis computer(ANBK) maka silahkan anda miliki contoh format surat tugas pengawas AKM/ANBK yang telah kherysuryawan.id siapkan di bawah ini :

 

  • Surat Tugas Pengawas ANBK/AKM Sekolah (DISINI
  • Surat Tugas Pengawas ANBK/AKM Madrasah (DISINI)
  • SK Tenaga Teknisi AKM/ANBK Terbaru (DISINI)
  • SK Proktor AKM/ANBK Terbaru (DISINI)
  • SK Panitia Pelaksanaan AKM/ANBK Terbaru (DISINI)
  • SK Pengawas AKM/ANBK Terbaru (DISINI)
  • Format Surat Izin Orang Tua Siswa Untuk Mengikuti AKM/ANBK (DISINI)
  • Cara Cetak Kartu Login Asesmen Untuk Guru dan Kepala Sekolah (DISINI)


Demikianlah informasi mengenai contoh surat tugas pengawas ANBK atau SK Pengawas AKM/UNBK yang bisa kherysuryawan.id bagikan pada kesempatan kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan file surat tugas yang telah di bagikan diatas bisa digunakan sebagaimana mestinya untuk kebutuhan dan keperluan sekolah dan maising-masing pengawas.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel