Laporan Kegiatan ANBK SD SMP SMA SMK

Kherysuryawan.id – Contoh Laporan kegiatan ANBK/AKM tahun 2021/2022 untuk sekolah yang melaksanakan ujian asesmen.

Sahabat pendidikan, pelaksanaan sesmen nasional merupakan sebuah kewajiban bagi sekolah untuk melaksanakannya. Adapun yang menjadi pelaksana asesmen nasional yaitu mulai dari sekolah jenjang SD, jenjang SMP, jenjang SMA hingga jenjang SMK.

 


Untuk sekolah jenjang SD yang akan mengikuti asesmen yaitu siswa kelas 5 SD, untuk jenjang SMP yang akan mengikuti asesmen yaitu siswa kelas 8 SMP dan untuk sekolah jenjang SMA dan SMK maka yang akan mengikuti asesmen adalah siswa kelas 11. Meskipun demikian tidak semua siswa akan dipilih untuk bisa mengikuti pelaksanaan asesmen melainkan hanya dipilih secara acak saja dan itupun di tentukan oleh pusat.

 

Bagi sekolah yang baru saja akan mengikuti asesmen atau mungkin sudah melakukan asesmen maka setidaknya ada yang sudah di persiapkan baik itu berupa administrasi ataupun laporan pelaksanaan asesmen nasional. Pada postingan saya sebelumnya saya telah membagikan contoh administrasi asesmen nasional yang lengkap dan pada kesempatan kali ini saya akan kembali membagikan contoh laporan kegiatan asesmen.

 

Saya membagikan contoh laporan pelaksanaan asesmen atau program kerja asesmen nasional ini dengan tujuan untuk bisa membantu sekolah-sekolah yang membutuhkan format laporan program kerja pelaksanaan asesmen nasional. Adapun contoh laporan program kerja pelaksanaan asesmen yang akan di bagikan hampir sama dengan bentuk proposal yang terdiri dari beberapa item yang meliputi pendahuluan, komponen pelaksana, kendala dan upaya pencegahan serta beberapa lampiran pendukungnya.

 

Berikut ini beberapa hal penting yang harus di ketahui seputar pelaksanaan asesmen nasional :

1.     Asesmen Nasional yang selanjutnya disingkat AN adalah evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah untuk pemetaan mutu sistem pendidikan pada tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah dengan menggunakan instrumen asesmen kompetensi minimum, survei karakter, dan survei lingkungan belajar.

2.     Asesmen Kompetensi Minimum yang selanjutnya disingkat AKM adalah pengukuran kompetensi peserta didik dalam Literasi Membaca dan Literasi Matematika (Numerasi).

3.     Literasi Membaca adalah kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif di masyarakat.

4.    Numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.

5. Survei Karakter adalah pengukuran terhadap sikap, kebiasaan, nilainilai (values) berdasarkan enam aspek Profil Pelajar Pancasila.

6.   Survei Lingkungan Belajar adalah pengukuran kualitas pembelajaran dan iklim sekolah yang menunjang pembelajaran pada satuan pendidikan.

7.     Asesmen Nasional Berbasis Komputer yang selanjutnya disingkat ANBK adalah asesmen yang menggunakan komputer secara daring dan semidaring sebagai media untuk menampilkan dan menjawab soal.

8.   Pelaksana Asesmen Nasional adalah lembaga yang bertugas dan bertanggung jawab melaksanakan kebijakan teknis Asesmen Nasional pada tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, satuan.

 

Laporan atau program kerja untuk pelaksanaan asesmen nasional perlu untuk di buat sebagai bahan kegiatan yang bisa di jadikan sebagai pegangan bagi sekolah dalam melakukan kegiatan asesmen nasional. Dengan membuat program kerja atau laporan maka hal itu dapat meningkatkan kualitas sekolah dalam hal kesiapan dalam melaksanakan asesmen nasional.

 

Sebagai informasi bahwa file contoh laporan kegiatan atau program kerja asesmen nasional ini disajikan dalam format MS Word sehingga bagi anda yang akan menggunakannya atau akan melakukan pengeditan dan pembaharuan maka dapat dengan mudah untuk melakukannya. Contoh file laporan pelaksanaan ANBK ini dapat digunakan oleh sekolah mulai dari jenjang SD, SMP, SMA dan SMK dengan menyesuaikannya agar sesuai dengan sekolah masing-masing.

 

Baiklah berikut ini contoh laporan atau contoh program kerja ANBK yang bisa anda miliki filenya di bawah ini :

 

  • Contoh Laporan Kegiatan ANBK (DISINI)


Demikianlah informasi ini saya sajikan semoga file contoh laporan pelaksanaan ANBK yang telah di bagikan diatas bisa membantu sekolah yang akan membuat lapooran ANBK sesuai kebutuhan masing-masing.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel