Cara Cetak Kartu Login Survey Lingkungan Belajar

Kherysuryawan.id – Cara cetak kartu login ANBK untuk Guru dan Kepala Sekolah untuk pengisian survey lingkungan belajar.

Sahabat pendidikan yang Budiman, seperti kita ketahui Bersama bahwa tidak lama lagi pelaksanaan asesmen nasional berbasis komputer (ANBK) akan dimulai yang mana pelaksanaannya akan berurut sesuai dengan jenjang pendidikan yakni di mulai dari jenjang pendidika menengah hingga jenjang pendidikan dasar.

 

Sebagai bahan informasi bahwa dalam pelaksanaan AKM/ANBK nantinya yang akan menjadi peserta yakni bukan hanya siswa saja melainkan juga guru dan kepala sekolah yang dalam hal ini sebagai kepala satuan pendidikan. perlu kherysuryawan.id jelaskan juga bahwa khusus untuk siswa maka pengisian saat pelaksanaan AKM/ANBK nantinya yaitu soal yang berhubungan dengan soal literasi dan numerasi sedangkan untuk guru dan kepala sekolah yang juga sebagai peserta ANBK maka yang akan diisi nantinya ialah soal yang berhubungan dengan survey karakter lingkungan belajar.

 

Lantas apa tujuan dari pengisian survey lingkungan belajar yang akan diisi oleh guru dan kepala sekolah ??? Berikut ini penjelasannya :


TUJUAN SURVEY LINGKUNGAN BELAJAR

Survei Lingkungan Belajar bertujuan memotret berbagai aspek yang terkait dengan lingkungan belajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan, sehingga hasil asesmen nasional secara komprehensif memberikan profil satuan pendidikan dari input-proses-output. Setiap respon yang bapak/ibu berikan diharapkan dapat mencerminkan kondisi satuan pendidikan sesungguhnya dan menjadi informasi reflektif. Oleh karena itu; kejujuran, keaktifan, serta kelengkapan dalam pengisian survei lingkungan belajar; menjadi kunci kualitas informasi yang akan diterima oleh satuan pendidikan.

 

Setelah memahami akan tujuan dari pengisian survey lingkungan belajar seperti yang telah kherysuryawan.id jelaskan diatas, maka berikut ini kherysuryawan.id kembali akan memberikan penjelasan tentang apa saja yang nantinya akan diukur dalam survey lingkungan belajar.

Berikut ini ada 5 aspek yang akan diukur dalam survey lingkungan belajar, diantaranya yaitu sebagai berikut :

 

5 ASPEK YANG AKAN DIUKUR DALAM SURVEY LINGKUNGAN BELAJAR

1. Iklim keamanan sekolah, yaitu meliputi :

• Keamanan dan well being siswa

• Sikap dan keyakinan guru

• Kebijakan & program sekolah

 

2. Iklim kebhinekaan sekolah, yaitu meliputi :

• Praktik multicultural di kelas

• Sikap & keyakinan guru/kepsek

• Kebijakan & program sekolah

 

3. Indeks sosial ekonomi, yaitu meliputi :

• Pendidikan orang tua

• Profesi orang tua

• Fasilitas belajar di rumah

 

4. Kualitas pembelajaran, yaitu meliputi :

• Manajemen kelas

• Dukungan afektif

• Aktivasi kognitif

 

5. Pengembangan guru, yaitu meliputi :

• Refleksi dan perbaikan pembelajaran

• Dukungan untuk refleksi guru

 

Sama seperti siswa sebelum akan memulai dalam menjawab soal maka terlebih dahulu harus memiliki kartu login untuk bisa mengakses soal di dalam aplikasi exambro yang telah disiapkan dan untuk pengisian survey lingkungan belajar bagi guru dan kepala sekolah juga prosedurnya sama seperti siswa yakni sebelum melakukan pengisian survey lingkungan belajar (SLB) maka guru dan kepala sekolah harus sudah memiliki kartu login.

 

Untuk dapat memiliki kartu login dalam pengisian survey lingkungan belajar (SLB) bagi guru dan kepala sekolah, maka disini kherysuryawan.id akan sampaikan bahwa untuk bisa mendapatkan kartu login bagi guru dan kepala sekolah dalam pengisian AKM nanti maka dapat di peroleh dengan memintanya kepada operator atau proktor yang menangani ANBK di sekolah masing-masing. Hal tersebut telah dijelaskan pada surat pemberitahuan pengisian survey asesmen nasional yang ditujukan untuk Operator/ Proktor Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah Seluruh Indonesia, yang mana bunyinya sebagai berikut :

 

“ Dengan hormat, kami informasikan bahwa dalam pelaksanaan Asesmen Nasional (AN), seluruh kepala satuan pendidikan dan pendidik (guru) diwajibkan mengisi instrumen Survei Lingkungan Belajar. Survei Lingkungan Belajar bertujuan untuk memotret berbagai aspek yang terkait dengan lingkungan belajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan, sehingga diharapkan hasil AN memberikan informasi komprehensif mengenai input dan proses pembelajaran. Pengisian Survei Lingkungan Belajar untuk kepala satuan pendidikan dan pendidik (guru) dilaksanakan sesuai jadwal pada masing-masing jenjang yang sudah ditetapkan melalui POS pelaksanaan AN.

 

Demi kelancaran pengisian survei tersebut, seluruh operator/proktor satuan pendidikan agar melakukan cetak kartu login pengisian survei. Informasi detail mengenai mekanisme cetak kartu login dan hal-hal lain terkait pengisian Survei Lingkungan Belajar dapat diakses melalui laman https://dashboardslb.kemdikbud.go.id.”

 

Lantas bagaimana cara untuk bisa melakukan cetak kartu login survey lingkungan belajar untuk para guru dan kepala sekolah ???

Berikut ini penjelasan yang akan kherysuryawan.id sampaikan mengenai cara untuk bisa mencetak kartu login survey lingkungan belajar yang harus dipahami oleh para operator atau proktor ANBK di sekolah.

 

CARA CETAK KARTU LOGIN SURVEY LINGKUNGAN BELAJAR (SLB)

1.  pertama silahkan kunjungi alamat berikut ini : https://dashboardslb.kemdikbud.go.id/#/login

2.  selanjutnya silahkan klik “login SSO” (seperti tampak pada gambar di bawah ini )



3.  selanjutnya silahkan login menggunakan akun SDM sekolah, dengan cara masukkan “username dan password” lalu klik “LOGIN”



4.  selanjutnya silahkan masukkan NPSN sekolah pada kolom yang telah disiapkan kemudian silahkan klik “CARI NPSN”



5.  selanjutnya akan muncul nama sekolah anda beserta dengan Token, dan juga daftar nama-nama guru dengan kepala sekolah (seperti tampak pada gambar di bawah ini)



6.  untuk melakukan cetak kartu login guru dan kepala sekolah maka silahkan klik “Cetak Individu” pada masing-masing nama guru dan kepala sekolah tersebut

7.  berikut ini contoh kartu login yang nantinya akan digunakan dalam survey lingkungan belajar (lihat gambar di bawah ini)



8.  selesai.

9. UNTUK MELIHAT JADWAL PENGISIAN SURVEI LINGKUNGAN BELAJAR (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai cara mudah untuk melakukan cetak kartu login ANBK bagi guru dan kepala sekolah untuk persiapan pengisian survey lingkungan belajar yang kherysuryawan.id bisa sampaikan pada penjelasan ini, kiranya bagi para operator atau proktor ANBK yang masih kebungungan untuk bisa mencetak kartu login survey lingkungan belajar bagi guru dan kepala sekolah maka dapat dengan mudah melakukannya dengan menggunakan penjelasan yang telah kherysuryawan.id jelaskan diatas.

 

Setalah memahami penjelasan tentang cara mencetak kartu login survey AKM bagi guru dan kepala sekolah maka berikut kherysuryawan.id akan kembali memberikan informasi dan penjelasan tentang prosedur pengisian survey lingkungan belajar. Tentunya informasi ini sangat penting untuk di ketahui bagi guru dan kepala sekolah sebelum akan melakukan pengisian survey lingkungan balajar.

 

Berikut ini prosedur pengisian survey lingkungan belajar

1.  Survei Lingkungan Belajar wajib diisi oleh seluruh Kepala Satuan Pendidikan dan Guru yang terdaftar pada system pendataan Dapodik dan Emis

2.  Kepala Satuan Pendidikan dan Guru dapat login menggunakan data yang tercetak pada kartu Login SLB

3.  Kartu login didapatkan dari proktor/operator pada satuan pendidikan masing-masing yang ditunjuk untuk mengakses dan mencetak kartu login pada halaman dashboard SLB.

4.  Halaman dashboard SLB dapat diakses proktor/operator satuan pendidikan di https://dashboardslb.kemdikbud.go.id/

5.  Waktu pengisian akan aktif sesuai jadwal pelaksanaan Asesmen Nasional di setiap jenjang pendidikan.

6.  Jika Anda bertugas di lebih dari satu satuan pendidikan, pastikan Anda mengisi survei lingkungan belajar untuk setiap tempat penugasan

7.  Kendala selama proses pengisian dapat disampaikan ke tim helpdesk Asesmen Nasional melalui proktor/operator satuan pendidikan

 

Sebagai informasi juga bahwa kherysuryawan.id disini juga akan menyampaikan bahwa aplikasi yang nantinya akan digunakan dalam pengisian survey lingkungan belajar itu berbeda dengan aplikasi yang digunakan oleh siswa saat akan melakukan asesmen nasional.

Lantas bagaimana mekanisme pelaksanaan asesmen nasional untuk para guru dan kepala sekolah nantinya ??? baiklah berikut ini kherysuryawan.id akan memberikan penjelasannya :

 

Pelaksanaan AN Untuk Pendidik dan Kepala Satuan Pendidikan dalam pengisian survey lingkungan belajar :

1.  Pelaksanaan secara mandiri, menggunakan aplikasi berbeda dari peserta didik

2.  Waktu pengisian survey dalam rentang waktu pelaksanaan AN peserta didik

3.  Proktor mencetak kartu login untuk peserta didik dan kepala satuan Pendidikan melalui laman yang disedikan oleh Kemendikbudristek

4.  Pendidik dan kepala satuan Pendidikan melakukan login ke laman Survey Lingkungan Belajar melalui https://surveilingkunganbelajar.kemdikbud.go.id/

 

Bagaimana, apakah anda yang membaca postingan ini sudah jelas tentang pelaksanaan survey lingkungan belajar yang nantinya akan di lakukan oleh guru dan kepala sekolah ??? semoga informasi yang kherysuryawan.id bagikan ini bisa membantu para proktor/operator ANBK dan juga bagi guru dan kepala sekolah yang nantinya akan menjadi peserta dalam pengisian survey lingkungan belajar.

 

LIHAT JUGA :


Demikianlah informasi mengenai cara mencetak kartu login survey lingkungan belajar bagi para guru dan kepala sekolah untuk kegiatan asesmen nasional nantinya, semoga informasi yang bisa kherysuryawan.id bagikan pada kesempatan ini bisa bermanfaat.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel